Lompat ke konten
Daftar Isi
ForexIMF leaderboard banner ads.

Apa Itu Reksa Dana Endowment Fund?

Reksa dana endowment fund

Pernahkah Anda mendengar konsep berinvestasi sambil sedekah? Meskipun tampak membingungkan, namun ada loh mekanisme investasi yang memungkinkan investor berinvestasi sekaligus bersedekah. Salah satunya adalah investasi di reksa dana endowment fund ini. Penasaran? Yuk simak lengkapnya:

Pengertian Reksa Dana Endowment Fund

Reksa dana endowment fund adalah instrumen investasi yang sebagian keuntungan dan biaya operasinya disisihkan untuk pembiayaan kegiatan di organisasi nirlaba.

Secara bahasa, endowment merupakan kata Bahasa Inggris yang berarti sumbangan. Adapun dalam Bahasa Indonesia, Endowment Fund berarti dana abadi.

Organisasi nirlaba disini bisa bermacam-macam sesuai dengan kerjasama antara pihak manajer investasi dan lembaga terkait. Instrumen ini ada yang dibuat untuk keperluan pelestarian lingkungan, ada juga yang sebagian keuntungannya diberikan untuk universitas dan berbagai lembaga kemanusiaan lainnya.

Konsep instrumen ini sebenarnya hampir mirip dengan konsep cleansing pada reksa dana syariah. Namun menurut Rudiyanto (direktur Panin Asset Management), perbedaannya terletak pada jenis uang yang disalurkan. Pada instrumen ini, uang yang disalurkan untuk NGO adalah bagian dari pendapatan atau biaya operasional, sedangkan pada reksa dana syariah, yang disalurkan adalah pendapatan dari sumber yang tidak halal, sehingga pada endowment fund sumbangan tersebut selalu ada, tapi di reksa dana syariah tidak. 

Cara Kerja Endowment Fund

Terdapat dua mekanisme pembelian reksa dana endowment fund. Mekanisme yang pertama adalah Anda menghubungi organisasi nirlaba atau manajer investasi terkait untuk mendaftar sebagai donatur reksa dana tersebut. Uang investasi lantas Anda akan dikelola oleh manajer investasi tersebut. Besaran donasi dan keuntungan yang bisa Anda peroleh nantinya disesuaikan dengan kontrak yang telah Anda tanda tangani sebelumnya. 

Mekanisme yang kedua adalah membeli instrumen ini di aplikasi marketplace reksa dana. Sama seperti mekanisme sebelumnya, uang yang Anda investasikan pada reksa dana ini akan dikelola oleh manajer investasi terkait. Namun, tidak ada penjelasan lengkap mengenai porsi keuntungan dan donasi investasi melalui mekanisme ini. 

Jenis-Jenis Endowment Fund

1. Term endowment

Term endowment adalah jenis endowment fund yang pokok investasinya tidak bisa digunakan oleh organisasi nirlaba terkait hingga periode waktu tertentu atau ketika terjadi hal-hal tertentu. Ketentuan mengenai periode dan kejadian ini telah ditentukan dalam kontrak yang ditandatangani investor/donatur. 

2.Restricted endowment

Seperti namanya, jenis endowment fund ini hanya boleh digunakan oleh organisasi nirlaba terkait untuk keperluan-keperluan tertentu seperti yang diinginkan oleh investor/donatur. Misalnya, investor hanya memperbolehkan hasil investasinya hanya digunakan untuk beasiswa kuliah, maka NGO terkait hanya boleh menggunakanannya untuk beasiswa saja dan bukan untuk keperluan lainnya. 

3.Unrestricted endowment

Kebalikan dari jenis yang kedua, unrestricted endowment memperbolehkan organisasi nirlaba terkait untuk memakai uang investor untuk keperluan apa saja. Jenis ini relatif lebih banyak ditemukan dibandingkan dengan jenis yang kedua. 

4. Quasi endowment

Umumnya, sebuah lembaga nirlaba dan manajer investasi membuat endowment fund dengan tanpa batas waktu tertentu (selamanya). Namun, untuk jenis yang satu ini, endowment fund terbentuk untuk membiayai proyek tertentu yang sebelumnya telah ditentukan oleh organisasi nirlaba terkait. Oleh sebab itu, ada kebijakan penarikan dana investasi pada endowment fund jenis ini.

Manfaat Reksa Dana Endowment Fund

1. Berinvestasi sambil beramal

Keuntungan utama dari investasi pada instrumen ini adalah Anda bisa berinvestasi sambil beramal. Sebab, sebagian keuntungan investasi Anda dapat digunakan untuk berbagai kegiatan sosial.

Endowment fund juga merupakan salah satu sumber pendapatan organisasi nirlaba. Pasalnya, karena tidak mengejar laba, seringkali organisasi seperti ini kesulitan untuk membiayai kegiatan operasi mereka. Dengan adanya reksa dana jenis ini, mereka bisa mendapatkan bantuan uang untuk beroperasi dan tetap berkontribusi untuk masyarakat.

2. Mendapatkan passive income

Sama seperti halnya instrumen investasi pada umumnya, berinvestasi pada instrumen ini juga membuka peluang passive income untuk Anda. Passive income ini bisa berasal dari capital gain (hasil penjualan di pasar sekunder) atau sebagian keuntungan yang diperoleh dari dividen dan kupon (tergantung dengan komponen investasi). 

Contoh Reksa Dana Endowment Fund di Indonesia

Boleh dibilang bahwasannya konsep endowment fund ini kurang populer di Indonesia dan tidak banyak diantaranya yang bisa dibeli di aplikasi supermarket reksa dana. Namun demikian, berikut ini beberapa contoh instrumen investasi jenis ini di Indonesia:

  1. First State Indoequity PEKA Fund yang diterbitkan oleh PT First State Investments Indonesia. Investasi pada instrumen ini akan dialokasikan untuk saham dan sebagian keuntungannya untuk berbagai program kemanusiaan dan konservasi lingkungan. 
  2. Panin Dana Teladan yang diterbitkan oleh PT Panin Asset Management. Sama dengan nomor 1, Panin Dana Teladan adalah reksa dana saham, namun keuntungannya akan dialokasikan untuk pendidikan di perguruan tinggi. 
  3. Makara Prima. Instrumen ini diterbitkan oleh Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) bekerja sama dengan PT Bahana TCW Investment Management. Mayoritas alokasi investasi instrumen ini akan digunakan untuk obligasi, sementara keuntungannya dipakai untuk pemberian beasiswa, dan berbagai program pengembangan kampus di Universitas Indonesia. 
  4. Ganesha Abadi. Instrumen ini juga dikelola oleh PT Bahana TCW Investment Management dengan bekerja sama dengan Ikatan Alumni ITB. Keuntungan dari instrumen ini juga akan dialokasikan untuk pengembangan dan beasiswa di kampus terkait. 
  5. Kehati Lestari. Selain menerbitkan indeks Sri-Kehati, Yayasan Kehati juga menerbitkan reksa dana Kehati Lestari dengan bekerja sama dengan PT Bahana TCW Investment Management untuk mendukung program-program pelestarian lingkungan yang mereka lakukan. 
  6. Bahana MES Syariah Fund. Bahana MES Syariah Fund adalah hasil kerja sama antara PT Bahana TCW Investment Management dan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES). Keuntungan investasi pada instrumen ini akan digunakan untuk pengembangan ekonomi syariah di Indonesia. 
  7. Reksa Dana Syariah Bahana PTS Generasi Gemilang. Selain dengan UI dan ITB, PT Bahana TCW Investment Management juga bekerja sama dengan Yayasan alumni IPB (Institut Pertanian Bogor) untuk menerbitkan reksa dana endowment fund. Sebagian besar uang yang terkumpul pada instrumen ini akan dialokasikan ke sukuk dan investasi syariah lainnya. 

Nah, itu tadi pembahasan mengenai reksa dana endowment fund. Selain menggunakan instrumen ini, Anda juga bisa menyisihkan sebagian pendapatan investasi Anda dalam bentuk zakat saham. Dengan demikian, konsep investasi sambil sedekah bukan mitos lagi.

nv-author-image

Farichatul Chusna

Setelah lulus dari Ilmu Ekonomi Universitas Gadjah Mada, Farichatul Chusna aktif sebagai penulis artikel ekonomi, investasi, bisnis, dan keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *