Lompat ke konten

Review KoinWorks: Cara Daftar, Fitur, Keuntungan, dan Risiko

Pengalaman pemakaian KoinWorks

Salah satu penyedia layanan P2P lending dengan reputasi terbaik di Indonesia adalah KoinWorks. Banyak yang tertarik pada perusahaan financial technology (fintech) ini, baik sebagai calon peminjam maupun calon investor.

Berikut review Koinworks berdasarkan pengalaman investasi di platform ini selama lebih dari 2 tahun.

Apa Itu KoinWorks?

KoinWorks adalah layanan P2P lending dari PT Lunaria Annua Teknologi. Perusahaan ini bergerak di bidang fintech atau layanan pinjam meminjam berbasis teknologi. KoinWorks terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor pendaftaran S-1862/NB.111/2017.

Dalam menjalankan layanan P2P lending, KoinWorks berperan layaknya marketplace yang mempertemukan pembeli (dalam hal ini peminjam) dengan penjual (dalam hal ini pemberi pinjaman). Borrower dapat memperoleh akses ke pinjaman dengan plafon tertentu setelah melalui seleksi oleh tim KoinWorks yang berbasis machine learning.

KoinWorks adalah salah satu pemain besar dalam fintech P2P lending di Indonesia. Saingan terbesarnya adalah Investree, Akseleran, dan Amartha.

Ketika OJK berjibaku menertibkan perusahaan-perusahaan fintech tak berizin yang bergerak di bidang P2P lending, KoinWorks kukuh sebagai platform legal dan terpercaya yang menawarkan alternatif finansial, baik kepada peminjam maupun pemberi pinjaman.

KoinWorks dapat digunakan dalam versi website maupun aplikasi mobile yang mendukung pemasangan pada Android maupun iOS.

Cara Daftar KoinWorks

Mendaftar di KoinWorks terbilang sangat mudah. Tidak seperti mendaftar di platform investasi lain seperti saham atau reksa dana yang membutuhkan banyak persyaratan, bergabung di KoinWorks dapat dilakukan dalam waktu kurang dari 5 menit. Anda hanya perlu menyiapkan berkas digital berupa scan KTP.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan ketika mendaftar di KoinWorks adalah, Anda harus memiliki rekening tabungan yang terdaftar dengan nama Anda, yaitu nama yang sama dengan yang tertera di kartu identitas. Hal ini sebagai bentuk perlindungan KoinWorks kepada nasabahnya untuk menghindari risiko penipuan.

Berikut step by step cara daftar di KoinWorks:

  1. Masuk ke situs resmi koinworks.com.
  2. Isikan alamat email aktif, password, nomor handphone aktif, dan kode promo (jika ada).
  3. Isi data-data pribadi Anda dengan benar dan lengkap.
  4. Unggah berkas KTP digital.
  5. Centang pernyataan persetujuan bergabung ke KoinWorks.
  6. Klik Daftar.
  7. Tunggu sampai tim KoinWorks memverifikasi pendaftaran Anda. Jika akun sudah siap, Anda akan dihubungi lewat email.
  8. Lakukan deposit awal sebesar Rp 100.000 via virtual account, dan Anda sudah bisa mulai berinvestasi.

Keuntungan Investasi di KoinWorks

Ada dua keuntungan yang dijanjikan KoinWorks kepada investor atau lendernya, yaitu:

1. Minimum investasi yang kecil

Nominal investasi minimal yang ditetapkan KoinWorks sangat terjangkau, yakni mulai Rp 100.000 saja. Dengan dana semurah itu, Anda sudah bisa bergabung dengan lender-lender lain untuk membiayai suatu pinjaman. Sebagai perbandingan, minimum investasi di Investree adalah sebesar Rp 1.000.000. Namun jumlah ini setara dengan Akseleran yang juga menetapkan batas pendanaan minimal sebesar Rp 100.000.

2. Return atau bunga yang cukup tinggi

Bunga pengembalian yang dijanjikan KoinWorks sangat memikat, yaitu antara 14% sampai 20% per pinjaman per tahun. Bunga ini bervariasi sesuai peringkat risiko pinjaman.

Misalnya, Anda mendanai sejumlah Rp 10 juta untuk pinjaman dengan bunga 18% per tahun. Dengan demikian per bulan Anda akan mendapat bunga sebesar 1,5% (18% dibagi 12 bulan) atau Rp 150.000 setiap bulannya. Bisa dilihat bahwa jumlah return ini cukup menarik.

3. Tersedianya fitur robo lending

Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus aset investasi tapi tetap ingin menanamkan modal di P2P lending, fitur robo lending dari KoinWorks bisa membantu dana Anda tetap berputar dan menghasilkan keuntungan.

Fitur robo lending merupakan kelebihan Koinworks dibanding pesaingnya seperti Investree dan Akseleran.

Fitur ini dilengkapi dengan dukungan machine learning, sehingga Anda cukup memilih jangka waktu yang diinginkan, maka akan diberikan perkiraan keuntungan yang akan didapatkan. Selanjutnya, Anda tinggak duduk tenang tanpa melakukan apa-apa, dan mendapat keuntungan!

Fitur-fitur KoinWorks

Berikut adalah fitur-fitur yang disediakan KoinWorks untuk investor atau pendana:

Menu website/aplikasi

Setelah melakukan pendaftaran dan login kembali, Anda akan dibawa ke laman akun investasi Anda. Menu-menunya cukup sederhana: Activity (untuk informasi lengkap pendanaan Anda), Portfolio (berisi segala pendanaan yang telah Anda lakukan), Marketplace (untuk mengakses daftar pinjaman yang siap Anda danai), dan Cart (berisi order atau pendanaan yang baru saja Anda lakukan).

Activity

Di menu Activity, Anda bisa melihat dana keseluruhan, dana yang tersedia, dan pengembalian bunga yang telah Anda hasilkan.

Halaman Activity
Tab Activity.

Anda bisa melihat aktivitas selama 30 hari terakhir, tahun lalu, dan 12 bulan terakhir. Pada menu Activity, Anda bisa mengatur cashflow, transfer, serta withdrawal.

Marketplace

Menu ini digunakan untuk melihat daftar pinjaman yang telah disetujui KoinWorks dan siap didanai. Anda dapat menyortirnya berdasarkan jenis pinjaman (bisnis atau pribadi), grade (tingkatan), tenor (jangka pendek atau jangka panjang), metode pengembalian, hingga nominal pendanaan.

Daftar pinjaman di marketplace
Halaman daftar P2P yang siap didanai.

Pinjaman jangka pendek dan panjang

Terdapat dua jenis tenor pinjaman yang dapat dipilih investor di KoinWorks, yakni pinjaman jangka pendek dan jangka panjang. Pinjaman jangka pendek umumnya jatuh tempo dalam 1-3 bulan, sedangkan jangka panjang dalam 1-2 tahun.

Tenor pendek biasanya menawarkan suku bunga yang lebih tinggi, namun dengan nominal pendanaan yang relatif lebih kecil. Sedangkan tenor panjang suku bunganya lebih rendah, nominal pendanaannya lebih besar, namun secara kumulatif lebih menguntungkan bagi investor.

Auto purchase

Auto purchase merupakan fitur yang disediakan KoinWorks untuk membantu investor memilih pinjaman-pinjaman yang akan mereka danai secara otomatis. Tidak semua investor punya waktu untuk menyeleksi pinjaman-pinjaman secara manual. Dengan fitur ini, Anda sebagai lender dapat menyetel kriteria-kriteria pinjaman yang sesuai dengan preferensi Anda, mulai dari jenis, grade, tenor, dan nominal.

Fitur auto purchase juga memudahkan investor untuk mendistribusi pendanaan dan memanajemen portofolio. Syarat untuk mengaktifkan auto purchase yaitu Anda memiliki dana yang cukup pada Available Funds.

Fitur auto purchase di KoinWorks
Contoh setting auto purchase yang kami gunakan.

Kami telah menggunakan fitur auto purchase ini selama lebih dari 1 tahun dengan hasil yang sangat memuaskan. Dengan maintenance yang minimal, kami tetap bisa mendapatkan bunga yang dijanjikan.

Robo lending

Fitur ini hampir sama dengan Auto purchase dalam hal otomatisasi pendanaan. Bedanya, di Auto purchase investor harus menyetel sendiri parameter yang mereka inginkan terkait pinjaman yang bakal mereka danai. Sedangkan pada Robo lending, investor dibantu oleh sistem machine learning KoinWorks untuk memilihkan mana saja pinjaman yang diestimasikan paling menguntungkan untuk investor.

Daftar robo lending yang bisa digunakan pemberi pinjaman
Pilihan robo lending yang bisa digunakan.

Robo lending bekerja berdasarkan estimasi keuntungan bunga tertinggi dan tenor yang dianggap paling menjanjikan. Fitur Robo lending merupakan terobosan dalam dunia P2P lending dan menjadi salah satu keunggulan KoinWorks.

Dana proteksi

Sistem P2P lending membebankan kerugian sepenuhnya kepada investor jika peminjam gagal melunasi kewajiban bayarnya. Namun KoinWorks menerapkan perlindungan dana proteksi untuk investor, di mana pendanaan yang gagal dibayar dapat dikembalikan sejumlah persentase tertentu sesuai grade-nya.

Compounding

Salah satu skema yang cukup menguntungkan di KoinWorks, yakni ketika bunga keuntungan dapat diputar kembali sebagai dana untuk membiayai suatu pinjaman. Bunga yang dialokasikan sebagai dana tersebut nantinya akan menghasilkan bunga kembali, yang disebut sebagai keuntungan bergulung atau compounding.

Promo dan referral

KoinWorks kerap memberikan program promo kepada investornya, juga keuntungan referral ketika investor berhasil mengajak orang lain bergabung di KoinWorks. Promo dan referral ini diganjar dengan KOIN yang dihitung sebagai salah satu komponen Available Funds, dan dapat digunakan untuk mendanai pinjaman.

Alokasi otomatis ke reksa dana

Berdasarkan aturan OJK, saldo kas pada akun KoinWorks tidak boleh menetap (ngendon) selama lebih dari 2 hari. Untuk itu, ada perusahaan yang bekerjasama dengan KoinWorks yaitu Mandiri Manajemen Investasi (MMI), kerja sama ini berfungsi untuk menyalurkan saldo-saldo yang diam tersebut menjadi reksa dana di pasar modal Mandiri Investa Pasar Uang 2 (MIPU2).

Cara Investasi di KoinWorks

Setelah melakukan deposit awal, Anda sudah bisa mulai berperan sebagai lender dengan mendanai pinjaman yang Anda inginkan. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mulai berinvestasi di KoinWorks:

  • Masuk ke menu Browse untuk melihat daftar pinjaman yang bisa Anda danai.
  • Akan muncul daftar panjang pinjaman-pinjaman yang menunggu untuk didanai.
  • Cermati tabel keterangan pada masing-masing pinjaman. Rate menunjukkan grade pinjaman tersebut, semakin besar hurufnya maka semakin besar bunga keuntungan yang diberikan (bunga grade D lebih besar daripada grade A). Term menunjukkan tenor pinjaman dalam bulan, sedangkan Amount menunjukkan jumlah nominal pinjaman yang diajukan Borrower.
  • Pilih salah satu pinjaman yang akan Anda danai.
  • Pada kolom Order, masukkan jumlah dana yang akan Anda investasikan. Jumlahnya tidak boleh melebihi Available Funds (dana tersedia) yang bisa Anda lihat di sebelah kiri atas.
  • Jika sudah yakin akan jumlahnya, tekan Enter.
  • Status Order Anda akan berganti menjadi Successful, dan pada menu Cart akan ada angka 1 yang menunjukkan jumlah order yang baru saja Anda lakukan.
  • Masuk ke menu Cart, lalu Checkout Cart.
  • Selesai, Anda sudah berinvestasi dengan mendanai 1 pinjaman.
Detail halaman Cart serta checkout
KoinWorks menggunakan sistem Cart dan Checkout untuk pendanaan.

Risiko Investasi di KoinWorks

KoinWorks sebagai layanan P2P lending memang menawarkan alternatif investasi yang mudah dan menjanjikan keuntungan tinggi kepada nasabahnya. Namun, sekalipun resmi dan diawasi OJK, namun investasi ini tidak serta merta bebas risiko. Investor tetap perlu berhati-hati dan bijak sebelum menanamkan modalnya dalam skema P2P lending.

Berikut beberapa risiko investasi di KoinWorks yang patut dijadikan pertimbangan bagi investor.

1. Risiko peminjam gagal bayar

Ini adalah risiko yang sangat umum dijumpai dalam fintech P2P lending. Layanan penyedia P2P lending seperti KoinWorks memang tidak bertanggungjawab jika ada peminjam yang gagal bayar, sekalipun hal ini diminimalisir dengan adanya Dana Proteksi.

Namun Dana Proteksi tidak bisa menjamin sepenuhnya kerugian modal yang dialami investor jika ada peminjam yang tidak mampu melunasi hutang, karena tidak semua pinjaman diasuransikan dan besaran pendanaan yang dikembalikan Dana Proteksi sangat bergantung pada grade pinjaman yang didanai.

Dibandingkan dengan Akseleran, fitur Dana Proteksi dari Koinworks masih kurang bisa diandalkan. Tapi ini masih lebih baik dibandingkan Investree yang sering tidak menyediakan asuransi sama sekali.

2. Algoritma KoinWorks yang mungkin tidak akurat

Dalam Auto purchase dan Robo lending, KoinWorks mengandalkan algoritma credit scoring untuk menyeleksi pinjaman-pinjaman yang paling layak didanai. Namun mengingat algoritma sangat mungkin mengalami ketidaktepatan, bisa saja sistem merekomendasikan pinjaman-pinjaman yang sebenarnya berisiko tinggi kepada investor.

3. Fluktuasi suku bunga

Mekanisme pasar dan kondisi ekonomi yang tidak menentu membuat suku bunga dapat bergerak naik turun. Perubahan drastis terhadap suku bunga bisa sangat merugikan investor. Sayangnya, ini adalah risiko yang berada di luar kuasa investor maupun KoinWorks.

4. Informasi sesat dari peminjam

KoinWorks telah berusaha memverifikasi setiap nasabah yang bergabung dengan fintech mereka, baik sebagai borrower maupun lender. Namun tetap ada kemungkinan pemalsuan identitas atau peminjam tidak memberikan data-data yang benar mengenai diri mereka, sehingga peminjam ini terlihat kredibel namun sebenarnya berisiko tinggi.

Apakah Kami Merekomendasikan KoinWorks?

Ya! Menurut penilaian kami berdasarkan pengalaman investasi di KoinWorks selama 2 tahun, KoinWorks pantas menjadi pilihan platform Anda dalam menanam modal di P2P lending. Fitur yang ditawarkan sangat kaya dibandingkan pesaing-pesaingnya.

Namun terdapat beberapa kekurangan KoinWorks yaitu aplikasinya yang cukup membingungkan pemula karena memiliki terlalu banyak fitur, serta asuransi yang tidak mencakup semua pinjaman. Kekurangan lain dari KoinWorks adalah belum menyediakan sistem syariah, padahal beberapa pesaingnya sudah menyediakan platform P2P lending syariah.

Secara umum, pengalaman kami berinvestasi di KoinWorks sangat positif, dan kami tidak ragu menyarankan Anda untuk setidaknya mencoba platform ini.

nv-author-image

Melvern Pradana

Melvern Pradana adalah seorang investor yang aktif menanam modal di pasar saham, cryptocurrency, P2P lending, dan reksa dana. Idolanya adalah Warren Buffett dan Peter Thiel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.