Lompat ke konten

Review Maucash: Kelebihan dan Kekurangan (2022)

Review Lengkap Maucash

Pengajuan kredit saat ini semakin mudah dengan hadirnya perusahaan financial technology (fintech). Kebutuhan finansial yang mendesak dapat ditalangi dengan cepat tanpa ribet melalui teknologi pinjaman online. Kelonggaran belanja atau pengadaan barang juga bisa ditolong dengan paylater. Dua layanan inilah yang diusung oleh platform Maucash.

Sebagai perusahaan fintech, Maucash memfasilitasi layanan kredit online yang aman dan menjanjikan.

Berikut review Maucash berdasarkan percobaaan pemakaian yang telah kami lakukan.

Apa Itu Maucash?

Maucash adalah platform pinjaman online dan paylater milik PT Astra Welab Digital Arta (AWDA). AWDA sendiri adalah perusahaan ventura bersama (joint venture) antara PT Sedaya Multi Investama (anak perusahaan PT Astra International Tbk) dengan WeLab (perusahaan P2P lending asal Hongkong).AWDA didirikan pada April 2018.

Maucash berstatus legal karena resmi beroperasi di Indonesia dan telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bernomor KEP-84/D.05/2019 tanggal 30 September 2019.

Per Februari 2022, Maucash telah menyalurkan pinjaman sebesar total Rp 2,9 triliun sejak pertama kali berdiri. Sepanjang tahun 2022 saja ada Rp 214 miliar pinjaman yang aktif. Jumlah individu dan institusi yang telah menikmati manfaat Maucash mencapai 978 ribu entitas.

Aplikasi Maucash memanfaatkan big data dan machine learning untuk memberikan nilai kredit dan persetujuan pinjaman dengan cepat. Hal ini merupakan kelebihan kompetitifnya dibandingkan layanan pinjaman online dan paylater lain.

Produk, Plafon dan Tenor Maucash

Maucash memiliki dua produk utama, yaitu Dana Tunai dan Mau Paylater. Berikut penjelasan untuk masing-masing produk tersebut.

1. Dana Tunai

Dana Tunai merupakan produk pinjaman online dari Maucash. Limit yang diberikan sampai Rp 15 juta dengan tenor sampai 12 bulan.

Ada beberapa produk turunan Dana Tunai yang dibedakan berdasarkan plafon dan tenornya, yaitu:

  • Maucepat: merupakan produk pinjaman dana tunai sekali bayar. Kredit yang dapat diajukan sejumlah Rp 500 ribu hingga Rp 3,5 juta. Pembayaran dilakukan satu kali secara sekaligus dengan jatuh tempo sampai 61 hari. Biaya layanan yang dibebankan mulai 0% per hari.
  • Mauringan: merupakan pinjaman dana tunai yang dibayar dengan cara dicicil. Plafon yang dapat diajukan mulai dari Rp 1,5 juta sampai Rp 10 juta. Tenor dapat dipilih sampai 12 bulan dengan biaya layanan 2,2% per bulan.
  • Mauringan Xtra Jumbo: secara teknis hampir sama dengan Mauringan, perbedaannya pada jumlah pinjaman yang bisa didapat lebih besar, yaitu Rp 10 juta sampai Rp 15 juta. Tenornya juga lebih lama, hingga 18 bulan, dengan biaya layanan mulai 3,75% per bulan.
Informasi limit hingga 15.000.000 di aplikasi Maucash
Informasi limit bisa dilihat di aplikasi

Layanan Dana Tunai dari Maucash layak dipertimbangkan karena memiliki berbagai pilihan tenor, plafon, dan bunga yang kompetitif dengan produk pinjaman online terbaik saingannya.

2. Mau Paylater

Sesuai namanya, Mau Paylater adalah produk beli sekarang bayar nanti (paylater) yang bisa dipasangkan dengan dompet digital Astrapay. Ada tiga pilihan pembayaran yang bisa dilakukan, yaitu:

  • One time payment: pilihan pembayaran ini mengharuskan Anda melunasi tagihan paylater dalam sekali pembayaran. Nominal pinjaman yang dapat ditalangi adalah Rp 15 ribu hingga Rp 3,5 juta. Anda akan mendapat jangka waktu pembayaran paling lama 61 hari dan biaya layanan mulai 0,073% per hari.
  • Cicilan Mau Paylater: nominal pinjaman untuk pilihan pembayaran ini adalah Rp 500 ribu hingga Rp 12,5 juta. Kredit ini dapat Anda cicil dalam 12 bulan dengan biaya layanan mulai 2,2% per bulan.
  • Cicilan Mau Paylater Xtra Jumbo: Mau Paylater Xtra Jumbo dapat diangsur dalam waktu maksimal 18 bulan. Nominal pinjaman adalah Rp 10 juta sampai Rp 15 juta. Biaya layanan untuk opsi ini adalah 4% per bulan.

Jika Anda mengembalikan dana tunai atau paylater melebihi jatuh tempo, maka nasabah akan dikenai denda 0,8% per hari dari total pinjaman yang belum dibayar.

Layanan paylater dari Maucash belum seterkenal aplikasi paylater terbesar lainnya, namun memiliki plafon tinggi dan bunga yang rendah sehingga layak dipertimbangkan oleh pengguna.

Cara Daftar Maucash

Kelebihan fintech adalah syarat pengajuan kreditnya yang tidak bertele-tele, cukup dengan beberapa dokumen ringkas yang diambil fotonya dengan kamera, Anda sudah dapat mengajukan pinjaman.

Untuk mendaftar Maucash, pastikan Anda telah mengunduh aplikasinya serta memenuhi syarat yang ditetapkan.

Syarat untuk menjadi nasabah Maucash adalah:

  • Warga Negara Indonesia (WNI.
  • Berusia 21-65 tahun (usia produktif), atau minimal 18 tahun untuk yang sudah menikah.
  • Berdomisili di Indonesia.
  • Memiliki kartu identitas yang masih berlaku (e-KTP).
  • Memiliki email aktif.
  • Memiliki penghasilan tetap.
Form data pribadi untuk pendaftaran
Proses pendaftaran Maucash dengan mengisi data pribadi
Proses upload KTP untuk pembuatan akun
Anda juga harus memberikan foto KTP

Umumnya syarat-syarat di atas sudah cukup untuk pengajuan kredit, namun dalam kondisi tertentu, kadang ada dokumen lain yang diperlukan sebagai tambahan persyaratan. Biasanya dokumen lain yang diminta adalah slip gaji (untuk karyawan) atau SIUP (untuk wirausahawan), bisa juga ditambah cashflow rekening 3 bulan terakhir.

Cara Pinjam Dana Tunai di Maucash

Pengajuan pinjaman dana tunai dapat dilakukan di aplikasi Maucash yang tersedia di Play Store dan App Store. Ikuti langkah-langkah berikut sebagai panduan Anda secara garis besar.

  • Unduh aplikasi Maucash lalu pasang di smartphone Anda.
  • Pada halaman depan aplikasi, akan ada nominal limit pinjaman yang dapat Anda ajukan. Klik Ajukan Limit, kemudian klik Mulai.
  • Masukkan nomor HP Anda untuk mendapatkan kode OTP. Input kode OTP di aplikasi, lalu klik Lanjut.
  • Baca dan setujui syarat ketentuan Maucash, lalu tekan Lanjut.
  • Aplikasi Maucash akan meminta Anda mengambil foto kartu identitas. Tekan Mulai Foto KTP, lalu ambil foto KTP dengan kamera belakang yang telah terhubung ke aplikasi ini.
  • Selanjutnya, Anda akan diminta mengisi data diri. Isikan dengan benar dan lengkap mulai dari nama, nomor kontak, alamat rumah, status pernikahan, hingga alasan mengajukan pinjaman. Klik Simpan.
  • Setelah itu, Anda akan diminta memasukkan data-data pribadi seperti yang tertera pada KTP Anda. Pastikan data yang Anda input sama dengan yang tercetak di kartu identitas, agar meminimalisir resiko penolakan oleh sistem.
  • Berikutnya adalah data pekerjaan. Isikan data-data pekerjaan Anda dengan jujur dan lengkap mulai dari nama dan alamat kantor, jumlah gaji, lamanya bekerja, hingga tanggal gajian.
  • Kemudian yang perlu diisikan adalah kontak darurat Anda. Biasanya yang tercantum di sini adalah pasangan, orangtua, atau saudara kandung, untuk memastikan perusahaan Maucash dapat mencapai Anda seandainya Anda sendiri tidak dapat dihubungi.
  • Tekan Lanjutkan untuk mulai mengambil foto selfie sebagai autentifikasi wajah. Jika verifikasi muka berhasil, Anda akan langsung diarahkan ke langkah selanjutnya.
  • Terakhir adalah pemberitahuan bahwa pengajuan Anda sedang dikirim. Klik Tutup untuk konfirmasi permohonan pinjaman.

Sampai di sini, Anda telah berhasil mengajukan permohonan pinjaman namun belum dapat memilih limit (plafon) dan tenor, karena machine learning Maucash masih memproses penilaian kredit Anda. Anda dapat mengecek status pengajuan Anda melalui aplikasi. Jika Pengajuan Selesai telah tercentang hijau, maka Anda sudah dapat memilih limit dan tenor pinjaman.

Setelah menentukan jumlah dan lamanya waktu kredit, Maucash akan melakukan verifikasi via telepon kepada Anda. Waktu maksimal verifikasi adalah 24 jam sejak kredit disetujui. Setelah itu, dana pinjaman akan dicairkan ke rekening Anda.

Cara Menggunakan Paylater di Maucash

Untuk menikmati produk paylater Maucash, Anda perlu memasang dan menggunakan e-wallet Astrapay terlebih dahulu. Menu Mau Paylater akan tersedia di Astrapay sebagai metode pembayaran.

Begini cara mendapatkan limit Mau Paylater melalui dompet digital Astrapay.

  • Unduh dan pasang aplikasi Astrapay pada ponsel pintar Anda.
  • Untuk menikmati layanan paylater, Anda diwajibkan mengupgrade akun dari Classic menjadi Preferred Member.
  • Setelah menjadi Preferred Member, tombol Paylater akan otomatis aktif di beranda aplikasi.
  • Klik Register Paylater. Masukkan nomor HP, kemudian tekan OK.
  • Isi data-data diri Anda. Data-data yang diminta sebagian besar mirip dengan pengajuan pinjaman online di Maucash.
  • Setelah pengisian data diri lengkap, klik Selesai untuk mengajukan limit Mau Paylater.
  • Tunggu 1×24 jam hingga pengajuan limit Mau Paylater disetujui.
  • Jika telah disetujui, Mau Paylater langsung dapat Anda gunakan sebagai metode pembayaran di e-wallet Astrapay.

Kelebihan Maucash

1. Mudah dan cepat

Proses pengajuan kredit di Maucash boleh dibilang mudah, cepat, dan tanpa ribet. Mayoritas hanya membutuhkan foto KTP dan verifikasi wajah. Jarang sekali memerlukan dokumen lain seperti slip gaji.

2. Menggunakan machine learning untuk credit scoring

Maucash menggunakan machine learning untuk melakukan penilaian kredit Anda secara otomatis. Sehingga proses credit scoring dapat dilakukan lebih cepat dan Anda dapat segera mengajukan limit dan tenor pinjaman.

3. Kemungkinan disetujui cukup tinggi

Selama performa kredit Anda baik, kemungkinan besar pengajuan pinjaman Anda akan disetujui. Limit mula-mula mungkin tidak terlalu banyak, namun jika Anda mempertahankan performa pembayaran dengan baik, bisa saja limit Anda akan ditambah.

Kekurangan Maucash

1. Bunga dan biaya admin besar

Bunga pinjaman yang diterapkan Maucash cukup tinggi, yaitu 0,4% per hari atau 12% sebulan. Ini adalah jumlah bunga tertinggi yang diperbolehkan oleh OJK dan Asosiasi Fintech. Tentu saja angka tersebut masih kalah dengan layanan pinjaman online dengan bunga rendah yang umumnya menawarkan bunga di bawah 2% per bulan.

2. Persetujuan kredit tidak instan

Jika Anda dalam kondisi terdesak dan membutuhkan dana hari itu juga, maka Maucash kurang bisa mengakomodasi hal ini, karena verifikasi yang dibutuhkan untuk pencairan kredit rata-rata adalah 1 hari kerja. Sehingga jika pengajuan Anda disetujui hari ini, maka paling cepat dana akan masuk ke rekening Anda pada esok hari.

3. Paylater hanya dapat dipakai di e-wallet tertentu

Karena berada di bawah payung perusahaan besar yang sama, Mau Paylater hanya bisa digunakan secara eksklusif pada e-wallet Astrapay. Sehingga jika Anda tidak menggunakan dompet digital besutan Astra ini, maka otomatis yang dapat Anda nikmati dari Maucash hanya produk dana tunainya.

Demikian ulasan singkat kami mengenai platform pinjaman online dan paylater Maucash. Semoga bermanfaat.

nv-author-image

Melvern Pradana

Melvern Pradana adalah seorang investor yang aktif menanam modal di pasar saham, cryptocurrency, P2P lending, dan reksa dana. Idolanya adalah Warren Buffett dan Peter Thiel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.