Lompat ke konten
Daftar Isi

Review Permata Mobile X: Kelebihan dan Kekurangan (2023)

Review Lengkap Permata Mobile X

Era digital membuat berbagai sendi kehidupan berbenah diri, tak terkecuali bidang finansial. Menjawab datangnya digitalisasi yang menawarkan kemudahan, kenyamanan, dan efisiensi, Permata Bank meluncurkan tabungan digital PermataMe dengan aplikasinya Permata Mobile X.

Saat meluncurkan aplikasi teranyar ini, Permata Bank menjanjikan tabungan PermataMe bakal penuh fitur dan segudang keuntungan menarik. Apa saja keunggulan tabungan ini dibanding rekening di bank lain?

Silakan simak review Permata Mobile X kami berikut ini.

Apa Itu Permata Mobile X?

Permata Mobile X merupakan aplikasi mobile banking teranyar dari Permata Bank, menggantikan aplikasi yang lebih lawas Permata Mobile. Lewat aplikasi terbaru ini, Anda dapat mendaftar ke tabungan digital PermataMe milik Permata Bank secara gratis dan tanpa memerlukan dokumen fisik, serta akses ke banyak fitur yang tersemat.

Permata Mobile X diluncurkan pada 2 Agustus 2018. Aplikasi ini mengusung gerakan ke arah finansial digital dengan tajuk #IndonesiaTanpaStres, yang salah satu produknya adalah pembuatan rekening bank tanpa perlu datang ke kantor cabang. Produk ini bersaing dengan pemain besar lain seperti Bank Jago, Jenius, blu by BCA Digital, dan Digibank.

Menurut media sosial Permata Bank, nasabah yang membuka rekening melalui Permata Mobile X akan dikirimi langsung kartu debit/kartu ATM ke alamat mereka. Kartu ATM ini dapat digunakan untuk tarik tunai bebas biaya admin pada seluruh ATM yang berlogo ATM Bersama, ALTO, PRIMA, dan PLUS.

Saat ini, Permata Mobile X bersaing dengan tabungan digital lainnya dalam merebut pasar perbankan online.

Aplikasi Permata Mobile X menjadi salah satu faktor yang mengantarkan Permata Bank meraih penghargaan Kategori Teknologi di ajang Digital Banking Awards 2022, yang digelar oleh Majalah Investor – Berita Satu Media Holdings (BSMH) bekerja sama dengan Intellectual Business Community (IBC).

Tampilan antarmuka di aplikasi
Aplikasi didominasi warna hitam.

Permata Mobile X bisa didownload di Play Store atau App Store.

Fitur Permata Mobile X

Dalam website resminya, Permata Bank mengklaim Permata Mobile X memiliki ratusan fitur untuk beragam transaksi perbankan. Beberapa fitur tersebut merupakan fitur standar seperti yang umumnya terdapat pada aplikasi perbankan mobile. Beberapa fitur lagi merupakan ciri khas Permata Mobile X yang jarang ditemukan pada aplikasi perbankan lain.

Berikut fitur-fitur unggulan Permata Mobile X:

  • Buka tabungan online
    Di Permata Mobile X, Anda bisa membuka berbagai jenis tabungan secara online, mulai dari tabungan digital PermataMe, giro, maupun deposito online.
  • Berbagai akun dalam satu aplikasi
    Permata Bank memiliki banyak produk, di antaranya giro, tabungan, deposito, reksa dana, obligasi, kartu kredit, KTA, dan KPR. Semuanya dapat diakses dengan mudah melalui aplikasi Permata Mobile X.
  • Berbagai fitur transfer
    Berbagai jenis transfer dapat dilakukan dengan cepat dan mudah hanya dengan nomor handphone. Selain itu, tersedia fitur transfer terjadwal dan berkala sehingga Anda dapat mengirim dana pada tanggal-tanggal tertentu secara otomatis.
  • Mutasi
    Permata Mobile X memberi penggunanya fasilitas untuk melihat mutasi transaksi semua akun hingga 12 bulan terakhir. Anda tidak perlu lagi mencetak buku tabungan atau giro untuk melihat riwayat transaksi beberapa bulan ke belakang.
  • Investasi
    Nasabah yang ingin berinvestasi reksa dana kini dipermudah dengan layanan investasi reksadana dalam satu aplikasi di Permata Mobile X. Di sini pengguna bisa melakukan pembelian, penjualan, dan switching reksadana secara online tanpa perlu berpindah platform.
  • Kartu kredit
    Permata Mobile X memfasilitasi nasabahnya untuk menaikkan limit sementara kartu kredit serta mengajukan permohonan penambahan kartu kredit melalui aplikasi. Selain itu, Anda juga melakukan pemblokiran kartu kredit, mengganti password, dan melihat sejarah transaksi kartu kredit yang Anda miliki.
  • Pinjaman KTA
    Salah satu keunggulan Permata Mobile X yang sangat memudahkan pengguna di jaman finansial modern ini. Ada fitur pinjaman online (KTA, kredit tanpa agunan) yang mengizinkan penggunanya mengajukan cicilan (simple pay) dan dana tunai (cash on call) melalui aplikasi.
  • Fingerprint
    Permata Mobile X telah mendukung metode login menggunakan teknologi fingerprint. Anda cukup mengaktifkan Touch ID di iPhone atau Fingerprint di smartphone Android Anda, lalu menggunakan fingerprint untuk masuk ke aplikasi.
  • QR Pay
    QR Pay merupakan sistem pembayaran menggunakan barcode QRIS yang tersambung dengan aplikasi dompet digital yang dimiliki pengguna. Saldo di e-wallet akan otomatis terpotong sesuai nominal yang dibayarkan melalui aplikasi Permata Mobile X.
  • Permata Store
    Bagi pengguna yang tertarik membeli berbagai produk perbankan Permata Bank, tersedia fitur Permata Store di aplikasi yang dapat digunakan oleh seluruh nasabah yang memiliki rekening Permata Bank. Fitur ini membuat nasabah tidak wajib mendatangi kantor cabang untuk melakukan pembelian.
  • Face ID
    Salah satu metode login yang cukup berguna, yakni dengan pengenalan wajah melalui fitur Face ID. Fasilitas ini dapat dinikmati oleh pengguna iPhone X.
  • Digital token
    Digital Token + Mobile Pin memberikan pengalaman perbankan yang cepat dan nyaman bagi pengguna. Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu lagi mengingat banyak PIN, membawa-bawa token fisik, maupun menerima SMS OTP setiap kali transaksi.
  • Mobile cash
    Sebagaimana tabungan digital lain, Permata Mobile X memberi fasilitas mobile cash di mana nasabah dapat menarik tunai uangnya tanpa kartu di seluruh gerai ATM Permata Bank.
  • Peeking
    Ingin mengecek saldo tapi ribet harus login terlebih dahulu? Permata Mobile X menjawab kendala ini dengan fitur peeking, di mana Anda dapat melihat saldo tabungan dengan mudah tanpa perlu login ke aplikasi.
  • Single customer view
    Salah satu kelebihan Permata Mobile X adalah fasilitas Single Customer View, yakni tampilan terpadu semua akun produk Permata Mobile X dalam satu wajah aplikasi. Mudah, ringkas, dan sangat membantu.
  • Share receipt
    Jika nasabah ingin membagikan bukti transaksi ke diri sendiri atau orang lain, ada menu Share Receipt yang dapat mengirimkan bukti transaksi melalui Whatsapp, email, dan sms. Ini sangat membantu buat pengguna yang kerap melakukan transaksi dengan sistem split bill.

Cara Registrasi Permata Mobile X

Untuk menikmati berbagai fitur yang telah dijabarkan di atas, Anda perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Berikut cara daftar di aplikasi Permata Mobile X:

  1. Unduh aplikasi Permata Mobile X dari Playstore atau App Store, kemudian pasang pada smartphone Anda.
  2. Setelah instalasi berhasil, buka aplikasi Permata Mobile X.
  3. Pada halaman awal Anda akan menemui menu “Login”. Untuk melakukan pendaftaran, silakan klik tombol “Pengguna Baru? Registrasi di Sini”.
  4. Masukkan nomor rekening Permata Bank berikut PIN ATM yang Anda miliki.
  5. Masukkan nomor telepon yang berfungsi sebagai sebagai penanda akun.
  6. Permata Mobile X akan memberi Anda laman berisi syarat dan ketentuan, silakan centang untuk menyetujui dan beralih ke langkah selanjutnya.
  7. Permata Bank akan mengirimkan SMS berisi kode registrasi ke nomor telepon yang Anda daftarkan. Pastikan SMS tersebut resmi dari Permata Bank dengan nomor 63399.
  8. Masukkan kode registrasi ke aplikasi Permata Mobile X.
  9. Ketik user ID dan password yang nantinya Anda gunakan sebagai identitas untuk login.
  10. Permata Bank akan mengirimkan SMS dari 63399 berisi konfirmasi layanan Permata Mobile, serta melakukan konfirmasi bahwa SMS token telah aktif.

Selamat, kini Anda dapat mengakses digital banking dari Permata Bank. Anda dapat memanfaatkannya untuk membuka rekening baru tanpa perlu ke kantor cabang, melakukan investasi reksa dana, sampai mengajukan pertambahan kartu kredit.

Halaman login
Jika berhasil, Anda bisa login ke aplikasi.

Cara Transaksi di Permata Mobile X

Permata Mobile X dapat Anda gunakan untuk bermacam transaksi, mulai dari transaksi perbankan standar seperti transfer dana, hingga transaksi keuangan modern seperti pengajuan kredit tanpa agunan (KTA), dan masih banyak lagi.

Pada ulasan ini kami akan menjelaskan cara melakukan transfer ke sesama akun Permata Bank melalui aplikasi Permata Mobile X, transfer ke rekening bank lain, mengajukan pinjaman online, dan melakukan pembayaran listrik sederhana.

Cara transfer ke rekening sesama Permata Bank

  1. Buka aplikasi Permata Mobile X, lalu login ke dalam aplikasi.
  2. Ketuk menu Transfer.
  3. Pilih opsi Antar Rekening Permata Bank.
  4. Masukkan nomor rekening tujuan dan nominal yang akan dikirim.
  5. Masukkan tanggal uang tersebut akan ditransfer, jika Anda ingin menjadwal transfer di hari lain. Jika tidak, secara default tanggal akan diatur pada hari ini.
  6. Masukkan token yang dikirim ke nomor telepon Anda untuk mengkonfirmasi pengiriman.
  7. Klik tombol Konfirmasi, maka transfer akan langsung diproses.
  8. Selesai, Anda akan memperoleh bukti transfer dalam bentuk image yang dapat Anda simpan atau kirim ke orang lain.
Menu transfer yang terdiri dari tombol pilihan nomor akun, email, nomor hape, atau akun My Permata
Halaman transfer

Cara transfer ke rekening bank lain

  1. Buka aplikasi Permata Mobile X.
  2. Buka menu Transfer.
  3. Pilih opsi Nomor Rekening.
  4. Masukkan nomor rekening tujuan, lalu klik Lanjut.
  5. Masukkan nominal yang akan Anda transfer, lalu klik OK.
  6. Pilih opsi Online, lalu klik Konfirmasi Transfer untuk memproses pengiriman.
  7. Selesai, Anda sudah bisa mengunduh bukti transfer melalui aplikasi.

Cara mengajukan KTA/pinjaman online tunai

  1. Buka aplikasi Permata Mobile X.
  2. Pilih menu KTA, kemudian klik Ajukan Pinjaman Tunai.
  3. Anda akan dibawa ke laman KTA reguler yang berisi limit pinjaman yang dapat Anda ajukan dan pilihan tenor atau jangka waktu pinjaman.
  4. Klik Apply Now untuk mengajukan pinjaman.
  5. Permata Mobile X akan meminta izin untuk mengakses data-data di ponsel pintar Anda. Berikan izin jika Anda yakin akan mengajukan pinjaman.
  6. Unggah foto KTP dan NPWP Anda, ambil menggunakan kamera yang telah terhubung ke aplikasi.
  7. Masukkan jumlah pinjaman dan pilih tenor.
  8. Isi formulir pinjaman yang disediakan aplikasi. Formulir antara lain berisi tujuan pengajuan KTA, data rekening, jumlah tanggungan, dan informasi pekerjaan.
  9. Setujui atau beri centang pada syarat dan ketentuan.
  10. Klik Konfirmasi untuk mengajukan pinjaman.
  11. Klik Simpan Nomor Pengajuan pinjaman Anda, lalu klik Selesai.
  12. Tunggu paling lambat 24 jam selama pinjaman Anda diproses. Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui aplikasi.

Cara melakukan top up PLN

  1. Masuk ke aplikasi Permata Mobile X.
  2. Buka menu Pembayaran Tagihan.
  3. Klik opsi Listrik & Air.
  4. Pilih rekening sumber pembayaran Anda. Jika aplikasi terhubung ke lebih dari satu rekening Permata Bank, pilih salah satu.
  5. Masukkan nomor pelanggan PLN Anda.
  6. Masukkan nominal voucher listrik yang akan diisikan.
  7. Input token yang dikirim ke nomor handphone Anda.
  8. Selesai, dan aplikasi akan memunculkan bukti pembayaran Anda.
Halaman top up di Permata Mobile X
Berbagai menu top up yang bisa dipilih.

Kelebihan Permata Mobile X

Sebagai aplikasi mobile banking yang mengusung ratusan fitur, Permata Mobile X menawarkan banyak kelebihan kepada penggunanya. Berikut kelebihan yang dapat Anda nikmati ketika menggunakan aplikasi Permata Mobile X dan rekening bank PermataMe.

1. Cashback rutin

Aplikasi Permata Mobile X menyediakan cashback rutin untuk transaksi-transaksi dengan jumlah minimum tertentu. Misalnya, saat membuka rekening PermataMe pertama kali, Anda akan mendapatkan cashback senilai Rp 50 ribu, meskipun belum melakukan setoran awal sekalipun.

2. Fitur investasi menyatu dalam akun

Aplikasi Permata Mobile X mengusung tampilan single customer view sehingga nasabah dapat langsung mengakses segala akun dalam satu aplikasi, salah satunya adalah fitur-fitur investasi. Anda dapat melakukan pembelian reksadana dan deposito langsung melalui aplikasi.

3. Dua akun tabungan bisa menyatu dalam m-banking

Anda dapat menautkan lebih dari satu akun tabungan Permata Bank dalam aplikasi. Selain itu, Anda juga dapat mengakses produk-produk perbankan Permata Bank lainnya dengan sangat mudah.

4. Bisa download e-statement

E-statement adalah laporan transaksi bulanan dari nasabah yang terdaftar pada bank. Anda dapat mengunduh e-statement rekening Anda melalui aplikasi Permata Mobile X.

Halaman unduh riwayat transaksi
Riwayat transaksi bisa diunduh.

Kekurangan Permata Mobile X

Sedangkan kekurangan aplikasi Permata Mobile X yang dapat kami lihat antara lain:

1. Fitur terlalu banyak sehingga sedikit membingungkan

Permata Bank mengklaim telah “mempersenjatai” Permata Mobile X dengan 200 fitur keuangan. Hal ini tentu sangat memanjakan konsumen. Namun di sisi lain, fitur ini juga kadang dianggap terlalu banyak sehingga membingungkan, atau bahkan ada beberapa fitur yang kurang maksimal digunakan oleh nasabah.

Dalam hal UI/UX, menurut kami Permata Mobile X masih kalah dengan Livin’ dari Bank Mandiri.

2. Menyimpan rekening harus menggunakan nama panggilan

Saat melakukan transfer, aplikasi meminta Anda menyimpan rekening terlebih dahulu dengan nama tertentu. Hal ini kadang merepotkan pengguna.

3. Tidak gratis transfer antar bank

Berbeda dengan pesaingnya, Permata tidak menyediakan bebas biaya transaksi antar bank. Jadi, Anda harus menggunakan aplikasi tambahan seperti Flip agar tidak mengeluarkan biaya lebih.

Ini merupakan kekurangan yang sangat krusial mengingat tingginya transaksi antar bank di tengah banyaknya pilihan tabungan saat ini.

Demikian ulasan kami mengenai aplikasi Permata Mobile X, semoga bermanfaat.

nv-author-image

Melvern Pradana

Melvern Pradana adalah seorang investor yang aktif menanam modal di pasar saham, cryptocurrency, P2P lending, dan reksa dana. Idolanya adalah Warren Buffett dan Peter Thiel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *