Lompat ke konten

Review TMRW by UOB: Kelebihan dan Kekurangan

review lengkap TMRW

Laju bank digital di Indonesia boleh dibilang sangat cepat. Dalam 5 tahun terakhir, tak terhitung banyaknya bank digital yang lahir dari ekosistem digital murni maupun bank konvensional yang melebarkan sayap ke ranah digital. Salah satu yang disebut terakhir ini adalah TMRW yang dimiliki oleh Bank UOB.

Sebagai bank konvensional yang telah beberapa dekade eksis di dunia perbankan tanah air, Bank UOB tak mau ketinggalan meramaikan persaingan bank digital yang disebut-sebut memiliki potensi amat tinggi di masa depan.

Berikut review TMRW by UOB berdasarkan pemakaian selama 2 tahun terakhir.

Sekilas tentang TMRW by UOB

TMRW adalah bank digital dari United Overseas Bank Ltd (UOB) yang bermarkas di Singapura. TMRW by UOB pertama kali diluncurkan di Thailand pada 2019. Di Indonesia, bank konvensional UOB Indonesia telah melayani nasabah sejak 1956, dan resmi menambah cabang layanan bank digital pada Agustus 2020.

Saat ini TMRW by UOB tercatat berada pada kategori Kelompok Bank dengan Modal Inti 3 (KBMI 3) dengan kisaran modal inti antara Rp 14 triliun hingga RP 70 triliun.

Sejak diluncurkan pada 2020, TMRW by UOB telah menyabet tidak kurang dari 19 penghargaan tingkat Asia. Beberapa di antaranya adalah Bank Digital Terbaik di Indonesia dari 16th Annual Alpha Southeast Asia Best Financial Institutions Awards 2022, Peringkat 1 Bank Digital KBMI 3 dari Infobank Digital Brand Awards 2022, dan Peringkat 1 Satisfaction Index pada Mobile Banking dari Infobank SLE Award 2022.

Pada daftar Global Top 100 Digital Bank Ranking 2022 yang dirilis The Asian Banker, TMRW by UOB menduduki peringkat 80, bersanding dengan tiga bank digital lainnya asal Indonesia yakni Blu dari Bank BCA, Jenius dari Bank BTPN, dan Line Bank dari Bank KEB Hana.

Halaman login

TMRW bukan penipu dan aman digunakan karena telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta menjadi peserta Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Secara hukum, TMRW by UOB sangat mumpuni menjalankan fungsi perbankan secara digital, sehingga calon nasabah tidak perlu khawatir.

Produk TMRW by UOB

Bank TMRW by UOB memiliki banyak produk yang dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh nasabah. Produk ini sudah terintegrasi di aplikasi dan dapat langsung digunakan setelah Anda mendaftar pembukaan rekening.

1. TMRW Everyday Account

Everyday Account adalah akun rekening standar yang dimiliki TMRW. Keuntungan dari Everyday Account adalah tidak ada minimal saldo, bebas biaya admin untuk transfer dan bayar tagihan, serta telah mendukung transaksi QRIS dan transfer menggunakan BI-Fast. Untuk rekening standar ini, nasabah mendapat bunga 0,5% per tahun.

Menu "Eveneryday Account", berisi informasi jumlah saldo.

2. Kartu debit TMRW

Untuk setiap rekening yang terdaftar di TMRW, Bank UOB memberi fasilitas kartu debit atau kartu ATM, yang dapat digunakan untuk bertransaksi secara gratis di ATM UOB dan ATM Bersama. Pengeluaran yang berasal dari transaksi kartu debit dapat Anda pantau langsung dari aplikasi, sehingga mudah untuk melacak jika kartu debit Anda disalahgunakan pihak tak bertanggungjawab. Anda juga dapat menyetel limit harian untuk penarikan dan penggunaan kartu. Transaksi menggunakan kartu debit TMRW berpeluang mendapatkan diskon hingga 20% di merchant-merchant tertentu.

3. TMRW Savings Account

Savings Account adalah sub-rekening dari Everyday Account yang khusus diperuntukkan bagi tabungan dan memiliki nomor rekening sendiri. Sama seperti Everyday Account, tidak ada minimal saldo dan gratis biaya admin pada Savings Account. Untuk mengisi sub-rekening ini, Anda cukup mentransfer dana melalui Everyday Account. Bunga yang diberikan lebih tinggi, yakni 3,5% per tahun.

4. City of TMRW

City of TMRW adalah game savings interaktif. Sejatinya, ‘kota’ dalam City of TMRW hanyalah visualisasi dari tabungan yang Anda simpan. Semakin banyak Anda menabung, semakin berkembang pula ‘kota’ yang Anda bangun. Anda dapat mengisi dana City of TMRW sebesar Rp 20.000 hingga Rp 100 juta per harinya. Untuk mengisinya, Anda dapat melakukan transfer dari TMRW Everyday Account ke Savings Account via City of TMRW.

Fitur City ini yang menjadi pembeda antara TMRW dengan aplikasi bank digital lainnya. Belum ada bank lain yang memiliki fitur serupa.

5. Kartu kredit TMRW

Nasabah dapat langsung mengajukan kartu kredit melalui aplikasi setelah memiliki rekening TMRW. Benefit yang didapat dari kartu kredit TMRW adalah cashback 1% untuk kategori restoran, supermarket, minimarket, dan transportasi, serta cashback 0,2% untuk belanja pada kategori lain.

Anda bisa mengatur limit harian untuk transaksi belanja dan penarikan tunai. Selain itu, ada fasilitas Flexi Repayment di mana nasabah dapat mengubah pembelian bernilai besar menjadi cicilan dalam jangka 3, 6, atau 12 bulan.

Detail kartu kredit mengenai jumlah digunakan dan informasi jatuh tempo.

Pengguna kartu kredit TMRW juga berkesempatan mendapatkan cashback 6% setiap bulannya, dengan ketentuan membayar 2x tagihan/top up dengan TMRW Everyday Account dan 2x transaksi QRIS dengan aplikasi TMRW.

Informasi cashback yang ada di aplikasi.

Bunga yang dibebankan pada kartu kredit TMRW sebesar 1,75% per bulan atau 21% per tahun. Iuran tahunan sebesar Rp 300.000 dan digratiskan sebagai bonus pada tahun pertama.

6. TMRW Power Saver

Power Saver adalah produk deposito berjangka dari TMRW. Jumlah minimum deposito adalah Rp 8 juta dan maksimum Rp 500 juta, waktu penempatannya bisa dipilih mulai dari 1, 3, 4, 6, 9, dan 12 bulan. TMRW Power Saver menggratiskan biaya penarikan, dan jika Anda menarik deposito lebih awal dari jangka waktu, tetap tidak ada penalti yang perlu dibayar.

Bunga yang diberikan untuk deposito cukup tinggi dengan jangka waktu paling sedikit 1 bulan. Untuk jangka waktu 1 bulan, bunga yang diberikan adalah 3,5% per tahun, sedangkan untuk 3 dan 4 bulan masing-masing 3,65% dan 3,85%. Bunga untuk jangka waktu 4 dan 6 bulan adalah 3,95% dan 4,1% per tahun, sementara bunga tertinggi 4,25% diberikan jika Anda menempatkan deposito dalam waktu 12 bulan.

7. TMRW Pay

TMRW Pay adalah produk paylater atau kredit instan pembelian yang bisa digunakan untuk berbelanja di marketplace dengan sistem cicilan. Persetujuannya cepat, TMRW bahkan memberi bonus cicilan hingga Rp 300 ribu untuk pembelian pertama menggunakan TMRW Pay di aplikasi.

Menariknya, TMRW memberlakukan bunga 0% dan gratis biaya layanan jika nasabah melunasi tagihan dalam tenor 1 sampai 3 bulan. Untuk tenor 6 dan 9 bulan, bunga paylater sebesar 3% per bulan dengan biaya layanan 2%, cukup murah dibanding produk paylater fintech lain.

Biaya dan Limit TMRW by UOB

Ketentuan biaya TMRW by UOB sangat spesifik tergantung jenis, tujuan, dan platform berlangsungnya transaksi. Namun secara umum, biaya TMRW dapat diringkas sebagai berikut:

  • Untuk rekening TMRW Everyday Account, tidak ada biaya apapun yang dikenakan untuk administrasi per bulan, minimum saldo, rekening dormant, dan penutupan rekening.
  • Transaksi menggunakan aplikasi TMRW hampir seluruhnya gratis, seperti transfer dana, pembayaran tagihan, top up, dan e-statement. Sedangkan jika memakai internet banking, ada biaya admin Rp 6.500 per transaksi untuk transfer menggunakan RTOL, selain dari itu bebas biaya.
  • Transaksi di ATM UOB Indonesia dan ATM UOB Regional (Singapura, Thailand, dan Malaysia), gratis pengecekan saldo dan penarikan tunai. Ada biaya admin sebesar Rp 6.500 untuk transfer RTOL ke bank lain, Rp 2.000 untuk pembayaran tagihan Telkom, dan Rp 2.500 untuk pembayaran tagihan PLN. Selebihnya, gratis.
  • Transaksi di ATM Bersama dan Prima dikenakan biaya Rp 4.000 untuk pengecekan saldo dan Rp 6.500 untuk transfer dana. Penarikan uang tunai gratis jika saldo Anda sebelum penarikan lebih dari Rp 1.000.000, dengan kuota gratis 15x tarik tunai dalam sebulan. Jika saldo Anda kurang dari Rp 1.000.000 atau kuota gratis telah habis, dikenakan biaya Rp 7.500 tiap tarik tunai.
  • Penggunaan kartu debit TMRW gratis untuk pergantian kartu dan pergantian PIN melalui aplikasi.

Sedangkan ketentuan limit transaksi TMRW adalah:

  • Transfer dari TMRW Everyday Account ke TMRW Savings Account maksimal 1x per hari, maksimum per transaksi Rp 100 juta. Limit harian Rp 500 juta dan tidak ada limit bulanan.
  • Sebaliknya, tidak ada batasan jumlah transaksi harian untuk transfer dari TMRW Savings Account ke TMRW Everyday Account, dan maksimum per transaksi bisa sampai Rp 500 juta. Sehari paling banyak transfer sebanyak Rp 500 juta namun tidak ada limit bulanan.
  • Jika Anda punya rekening UOB atas nama sendiri, limit harian transfer dari akun TMRW ke rekening UOB Anda adalah Rp 500 juta. Tidak ada batasan jumlah dan nominal transaksi bulanan, Anda dapat transfer sebanyak yang Anda mau.
  • Untuk transfer dana ke rekening UOB lain, paling banyak Anda bisa transfer Rp 500 juta sehari, dan batas atas transfer sebulan adalah Rp 1,5 miliar.
  • Untuk transfer ke rekening bank lain menggunakan RTGS, ketentuannya sama dengan transfer ke sesama rekening UOB.
  • Untuk transfer ke rekening bank lain menggunakan RTOL, Anda dapat transfer sampai 50x sehari dengan limit Rp 50 juta per transfer. Limit harian adalah Rp 500 juta dengan limit bulanan Rp 1,5 miliar.
  • Transfer BI-Fast maksimal Rp 25 juta per transaksi, sehari Anda dapat mengirim dana hingga Rp 50 juta. Batas transfer selama satu bulan adalah Rp 1 miliar.
  • Pembayaran menggunakan QR paling banyak adalah Rp 2 juta tiap transaksi. Anda bisa membayar hingga Rp 15 juta dalam satu hari. Tidak ada limit bulanan untuk pembayaran QR.

Fitur TMRW by UOB

TMRW menyematkan fitur-fitur yang dianggap akan bermanfaat untuk nasabah dalam menyimpan dan mengelola dananya di TMRW. Berikut fitur-fitur yang tersedia:

1. Reminders

Reminders atau pengingat adalah bagian dari fitur Smart Insight. Fungsinya untuk mengingatkan Anda akan tagihan yang segera jatuh tempo. Fitur ini berguna jika tagihan-tagihan Anda belum terbayar secara autodebet, sehingga Anda tidak melewatkan masa tenggat pembayaran.

2. Alerts

Alerts atau peringatan memberi Anda pemberitahuan jika aplikasi menemukan ada transaksi yang dicurigai atau dianggap tidak wajar. Fitur ini merupakan bagian dari Smart Insight, sangat berguna jika Anda memegang rekening dengan jumlah saldo yang cukup besar, atau menggunakan berbagai platform transaksi (aplikasi, internet banking, ATM, kantor cabang), atau kerap melakukan transaksi dengan pihak lain.

3. Analisis cash flow

Cashflow analysis merupakan fitur Smart Insight yang memungkinkan aplikasi mencatat segala bentuk pemasukan dan pengeluaran bulanan yang Anda lakukan melalui rekening TMRW, lalu menyajikannya dalam bentuk data visual yang mudah dimengerti agar Anda semakin baik dalam mengelola keuangan.

4. Prediction

Fitur ini mengandalkan kecerdasan buatan (artificial intelligence, AI) yang membaca kebiasaan dan kecenderungan Anda dalam membelanjakan uang, sehingga aplikasi TMRW dapat memberi saran finansial supaya Anda tetap dapat melunasi tagihan, melakukan pembelian, dan transfer rutin setiap bulannya.

5. Personalized advice

Hampir sama seperti Prediction, fitur Personalized Advice sebagai bagian dari Smart Savings akan membaca pola finansial bulanan Anda, lalu memberikan saran agar Anda tetap bisa menyisihkan uang untuk menabung.

6. Pembelian dan pembayaran

Ini adalah fitur standar yang dipunyai bank digital. Rekening TMRW by UOB memungkinkan Anda untuk melunasi kebutuhan sehari-hari seperti membayar tagihan listrik, internet, dan telepon pascabayar. Anda juga bisa menggunakan rekening untuk membeli pulsa prabayar, top up token listrik, maupun top up dompet digital (e-wallet).

7. QRIS dan BI-Fast

TMRW by UOB sudah mendukung transaksi menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) sehingga Anda bisa tetap cashless saat berbelanja di merchant-merchant yang memakai QRIS sebagai metode pembayaran. Di lini transfer, TMRW juga sudah support BI-Fast, di mana Anda dapat transfer secara real time dan aman, kapanpun dan di manapun.

Ini menjadi salah satu fitur paling menarik dari TMRW, karena pembayaran QRIS masih belum terintegrasi di fitur Bank Jago.

8. Chat in app

TMRW adalah salah satu bank digital yang menyematkan fitur chat bantuan di dalam aplikasi. Secara default Anda memang akan berkomunikasi dengan bot terlebih dahulu, namun jika nasabah ingin dilayani Customer Service manusia, aplikasi akan menyambungkannya dengan Agen Live Chat TMRW.

9. Kelola kartu debit

Fasilitas kartu debit yang diberikan TMRW dapat dikelola melalui aplikasi. Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan kartu, mengganti PIN, sampai mengajukan penerbitan kartu baru.

Cara Daftar Rekening di TMRW by UOB

Sebelum mengajukan pembukaan rekening di TMRW, pastikan Anda telah memenuhi syarat sebagai nasabah. Syarat nasabah TMRW adalah:

  1. Berusia minimal 21 tahun.
  2. Warga Negara Indonesia, tidak lahir di Amerika Serikat atau berkewarganegaraan Amerika Serikat.
  3. Jika hanya mendaftar untuk rekening TMRW, tidak ada pendapatan minimum yang disyaratkan. Namun jika Anda ingin mendaftar rekening dan kartu kredit TMRW, maka penghasilan Anda minimal adalah Rp 4.000.000 per bulan.

Setelah memastikan diri memenuhi syarat, Anda dapat langsung melakukan pendaftaran rekening. Prosesnya 100% online dari gawai Anda.

Berikut langkah-langkah mendaftar TMRW:

  1. Unduh dan install aplikasi TMRW by UOB. Buka aplikasi setelah berhasil terpasang di smartphone Anda.
  2. Pilih dua produk TMRW yang ingin Anda daftarkan. Produk 1 adalah rekening TMRW + kartu debit/ATM + kartu kredit. Produk 2 adalah rekening TMRW + kartu debit/ATM saja.
  3. Setelah memilih, klik tombol Daftar Sekarang.
  4. Masukkan nomor HP dan email yang aktif, tunggu hingga kode OTP masuk melalui SMS.
  5. Masukkan kode OTP yang Anda terima ke dalam aplikasi.
  6. Ambil foto selfie dan foto e-KTP dengan kamera yang telah terhubung ke aplikasi.
  7. Isi formulir pembukaan rekening, yang kurang lebih mencakup data diri dan data pekerjaan.
  8. Isi alamat lengkap sebagai tujuan pengiriman kartu debit TMRW Anda.
  9. Jika Anda memilih produk 1 (beserta kartu kredit), Anda akan diminta mengunggah bukti penghasilan bulanan atau slip gaji.
  10. Buat username dan password untuk keperluan login ke aplikasi dan rekening Anda.
  11. Atur secure PIN untuk mengamankan transaksi dan sebagai kode pengaman jika Anda lupa username/password.
  12. Anda akan disuguhi rangkuman formulir pendaftaran Anda. Jika sudah yakin, klik tombol Semua Sudah Benar.
  13. Konfirmasi via chat dengan Live Agent TMRW untuk melakukan verifikasi video.
  14. Verifikasi diri Anda via Live Chat (video call) dengan Live Agent TMRW, pastikan wajah dan e-KTP Anda dapat terlihat jelas oleh kamera.
  15. Pembukaan rekening Anda selesai. Kini Anda sudah memiliki rekening digital dan tinggal menunggu kartu debit dikirim ke rumah. Proses pengiriman biasanya membutuhkan waktu 2-7 hari kerja.

Setelah membuka rekening dan menerima kartu debit, langkah selanjutnya adalah mengaktifkan kartu ATM tersebut di aplikasi. Caranya cukup mudah, yaitu:

  1. Buka aplikasi TMRW.
  2. Lihat rekening TMRW Everyday Account yang terhubung dengan kartu debit Anda.
  3. Tekan Aktifkan Sekarang.
  4. Anda akan diminta memasukkan 6 digit PIN kartu debit.
  5. Konfirmasi dengan Secure PIN aplikasi yang Anda buat saat mendaftar.
  6. Selesai, kartu debit Anda sudah bisa digunakan untuk bertransaksi di ATM maupun EDC.

Promo TMRW by UOB

TMRW by UOB hampir selalu memiliki promo yang mereka tawarkan kepada nasabah atau calon nasabah. Untuk periode 1-30 September 2022, promo yang berlaku adalah gratis saldo Gopay untuk pembukaan rekening TMRW. Detailnya sebagai berikut.

Gratis saldo Gopay Rp 100.000:

  • Pendaftaran menggunakan kode promo/referral.
  • Menabung minimal Rp 1,5 juta dalam waktu 7 hari setelah rekening disetujui.
  • Lakukan 2 transaksi dalam waktu 30 hari setelah rekening dibuat.

Gratis saldo Gopay Rp 200.000:

  • Menabung minimal Rp 2 juta dalam jangka waktu 5 hari setelah rekening dibuka.
  • Setelah menabung minimal Rp 2 juta, jaga saldo Anda agar tetap di atas Rp 2 juta setidaknya dalam 7 hari berikutnya.
  • Lakukan sedikitnya 2 transaksi menggunakan aplikasi/QR dalam 7 hari setelah rekening dibuka. Setidaknya salah satu dari 2 transaksi tersebut adalah menabung di City of TMRW.

Gratis saldo Gopay Rp 300.000:

  • Transaksi minimal Rp 1,5 juta menggunakan kartu kredit dalam waktu 45 hari setelah kartu kredit disetujui.

Kelebihan TMRW by UOB

Dengan menjadi nasabah TMRW by UOB, ini keuntungan-keuntungan yang bisa Anda dapatkan:

1. Bebas biaya admin

Salah satu keunggulan bank digital yang juga ditemukan pada TMRW, yakni bebas biaya admin bulanan sehingga tidak perlu khawatir saldo Anda terpotong tiap 30 hari.

Dalam hal ini, TMRW unggul dibandingkan biaya admin Jenius yang adalah sebesar Rp10.000.

2. Tidak ada minimum setoran awal dan saldo mengendap

Anda bisa membuka rekening tanpa setoran awal. Juga, tidak ada saldo minimum yang harus ditahan dalam rekening.

3. Bundling rekening dan kartu debit

Mendaftar rekening TMRW akan langsung mendapat kartu debit. Bahkan, Anda juga bisa memilih bundling rekening, kartu debit, dan kartu kredit sekalian. Efisien dalam satu kali pendaftaran.

4. Gratis top-up uang digital

Top-up saldo OVO, GoPay, i.Saku, dan LinkAja selalu gratis. Tidak banyak bank digital yang menggratiskan top-up e-money tanpa limit seperti ini, kebanyakan menerapkan kuota gratis per bulan.

5. Ada paylater

Salah satu keuntungan memakai rekening TMRW adalah fasilitas paylater dalam aplikasi. Saat melakukan pembelian bernilai besar, Anda dapat langsung mengubah pembayaran dari sekali lunas menjadi cicilan 1-12 bulan.

6. Pengelolaan keuangan

Fitur Smart Insight dan Smart Savings didesain untuk Anda yang ingin memanajemen keuangannya dengan lebih baik lagi.

7. Desain aplikasi simpel namun maksimal

UI dan UX aplikasi TMRW simpel dan tidak neko-neko namun padat dengan fitur, sehingga tidak menyulitkan nasabah yang belum familier dengan bank digital.

Kekurangan TMRW by UOB

Beberapa kelemahan TMRW by UOB untuk Anda pertimbangkan sebelum mendaftar:

1. Syarat usia nasabah minimal 21 tahun

Adanya syarat usia nasabah 21 tahun merupakan hambatan tersendiri bagi calon nasabah yang ingin menabung di TMRW, mengingat usia dewasa di Indonesia sudah dimulai di umur 17 tahun.

2. Verifikasi video call

Verifikasi live chat dengan Live Agent bisa agak merepotkan, Anda harus menyiapkan jaringan internet yang sangat stabil, kamera yang jernih, dan ruangan dengan pencahayaan baik, agar proses verifikasi lancar.

Dibandingkan dengan Bank Jago, proses registrasi di TMRW masih lebih Panjang.

3. ATM UOB sangat terbatas

Jumlah ATM UOB masih amat terbatas, hanya 191 ATM yang tersebar di 54 kota dan 18 provinsi, sehingga nasabah harus siap untuk lebih banyak melakukan tarik tunai di ATM Bersama. Sedangkan untuk tarik tunai di ATM Bersama tidak selamanya gratis, hanya ada kuota 15x penarikan gratis per bulan.

Minimnya ATM adalah kekurangan TMRW dibandingkan dengan aplikasi blu yang bisa melakukan penarikan di semua ATM BCA.

4. Ada saldo minimum untuk tarik tunai gratis

Jika ingin menikmati tarik tunai gratis, saldo Anda harus di atas Rp 1.000.000 sebelum penarikan. Jika tidak, akan ada charge Rp 7.500 per transaksi.

5. Tidak bisa top up ShopeePay dan DANA

Ini adalah kekurangan yang cukup kentara dari TMRW, yakni tidak adanya opsi untuk top-up saldo ShopeePay dan DANA. Padahal keduanya tergolong e-wallet dengan jumlah pengguna yang besar di Indonesia.

Demikian ulasan kami mengenai bank digital TMRW by UOB, semoga bermanfaat.

nv-author-image

Melvern Pradana

Melvern Pradana adalah seorang investor yang aktif menanam modal di pasar saham, cryptocurrency, P2P lending, dan reksa dana. Idolanya adalah Warren Buffett dan Peter Thiel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.