Lompat ke konten
Daftar Isi
ForexIMF leaderboard banner ads.

Daftar Altcoin Terpopuler (2022)

Altcoin Terpopuler

Beberapa Altcoin terkenal digandrungi oleh para investor karena mampu menghasilkan keuntungan yang menyaingi Bitcoin. Alternatif tersebut memiliki nilai yang juga cukup baik di dunia virtual.

Altcoin adalah semua cryptocurrency selain Bitcoin. Jenis-jenisnya yaitu governance token, stablecoins, cryptocurrencies, dan juga utility token.

Sudah terdapat puluhan ribu altcoin yang beredar di pasar internasional. Namun tidak semuanya berstatus legal di Indonesia.

Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) hanya memberikan izin terhadap 229 jenis mata uang kripto saja yang boleh beredar di Indonesia. Sedangkan sisanya belum diberikan izin yang mana memang dilihat dari track recordnya belum bisa dipastikan. Beberapa jenis dari Altcoin yang mendapatkan izin Bappebti adalah Litecoin, Polkadot, Tether, dan lain-lain.

Berikut daftar altcoin terpopuler dan menjanjikan yang bisa dipertimbangkan investor.

1. Ethereum (ETH)

Ethereum adalah cryptocurrency terpopuler nomor 2 setelah Bitcoin. Ethereum yang biasa disingkat dengan ETH saat ini memiliki kapitalisasi pasar senilai lebih dari 340 miliar Dollar AS.

Bisa dibilang tahun ini ETH juga menjadi salah satu platform mata uang digital terpercaya dan terpopuler. Ini disebabkan karena mempunyai founder dengan track record baik yaitu Vitalik Buterin dan saat ini juga telah dibantu oleh banyak developer.

ETH tidak hanya populer sebagai platform cryptocurrency dan blockchain, namun juga menjadi rumah banyak sekali aplikasib berbasis blockchain. ETH memiliki sistem kontrak pintar dan juga mendukung non-fungible (NFT).

2. Shiba Inu (SHIB)

Apabila Anda sudah lama menjadi pengamat di dunia crypto, pasti tidak asing dengan Shiba Inu. Dulunya Shiba Inu sendiri banyak dipakai menjadi bahan olok-olokan para investor sehingga banyak sekali meme nyeleneh yang beredar. SHIB pernah mengalami lonjakan menjadi 1000% dalam waktu sebulan saja.

Tidak bisa dipungkiri juga bahwa meme coin banyak beredar karena kemiripan juga terhadap Dogecoin. Tidak heran bila nilainya bisa terus naik di tahun 2022 ini walaupun memang tetap perlu proses pemantauan lebih lanjut.

3. Tether (USDT)

Setiap kali membicarakan uang virtual maka kita juga tidak akan lepas dari Tether. Cryptocurrency berjenis stalbecoin yang satu ini memiliki track record yang cukup baik juga. Anda akan mengenal Tether juga dengan singkatan USDT yang harga per keping sudah menyentuh angka 1,0002. Harganya terus berubah seiring waktu.

Namun mata uang yang satu ini diprediksi akan punya nilai yang baik di tahun 2022. Berdasarkan website Capital, nilai dari kripto bisa naik sampai dengan $1.27 untuk setiap kepingnya. Kenaikan puncak dari kriptonya sendiri mampu mencapai angka $1.6 yang tentunya akan sangat menguntungkan para pemiliknya.

4. Polkadot (DOT)

Crypto yang satu ini memang sudah mendapatkan izin edar di Indonesia dari Bappebti. Polkadot dikabarkan akan mengalami nilai meroket di tahun 2022. Meskipun usia dari Polkadot tergolong baru tetapi tetap saja punya popularitas tinggi yang membuatnya berhasil menduduki peringkat ke-13.

Pertumbuhan dari Polkadot saking pesatnya sampai-sampai dijuluki sebagai Ethereum Killer karena memang bisa saja mengejar nilai Ethereum. Mata uang kripto satu ini berasal dari foundation Swiss yang memang menggarapnya sebagai kripto desentralisasi. Kinerja baik dari Polkadot sudah dimulai sejak 2021 silam sehingga menjadikan Polkadot sebagai alat trading yang terbaik.

5. Binance Coin (BNB)

Binance Coin yang sering disebut juga sebagai BNB adalah merupakan sebuah cryptocurrency populer yang bisa digunakan untuk bertransaksi di Binance.

Binance Coin pertama kali dirilis ke publik pada tahun 2017 dengan jumlah total 100 juta BNB. Tahun 2019 BNB terus menunjukkan perkembangan yang baik dan kenaikan nilainya dapat mencapai 150%.

BNB dirilis pada tahun 2017 dan berkembang pesat untuk  memfasilitasi perdagangan di platform pertukaran Binance yang merupakan salah satu crypto exchange terbesar di dunia. BNB ini bisa digunakan untuk diperdagangkan atau ditukar dengan Bitcoin dan Ethereum.

Nilainya pernah naik dengan tajam di tahun yang sama juga yang mana mampu mencapai $690. Tentu saja para pemegang koinnya panen keuntungan di masa tersebut. Sampai dengan artikel ini dibuat saat nilainya sudah mencapai $448,80. Setiap harinya BNB terus mengalami kenaikan nilai secara perlahan tapi pasti.

6. Cardano (ADA)

Mata uang selanjutnya yang juga dinilai bisa naik drastis tahun 2022 adalah Cardano. Prospek masa depannya sangat baik karena merupakan crypto generasi ke-3 yang bertujuan lebih baik dibanding Ethereum dan Bitcoin.

Menurut pengamat pasar, nilai dari ADA berpotensi meroket sampai ke angka $1.5. Nilai puncak diprediksi bisa sampai $2 untuk setiap kepingnya. Berdasarkan website Investing juga nilai dari Cardano juga terus mengalami kenaikan dalam 7 hari terakhir. Nilai kenaikan dari Cardano sendiri sudah mencapai +3,39%.

7. Dogecoin

Tadi kita sudah membahas seputar Shiba Inu sehingga giliran mengupas tentang Dogecoin. Popularitas dari Dogecoin sendiri sudah beberapa tingkat di atas Shiba Inu. Dalam 7 hari terakhir nilai dari Dogecoin mengalami kenaikan +3,07. Sedangkan dalam 24 jam terakhir peningkatan dari Dogecoin mencapai +4,40 per kepingnya sehingga membuat Dogecoin termasuk altcoin terpopuler.

8. Solana (SOL)

Solana merupakan cryptocurrency populer yang bersaing dengan Ethereum dan Polkadot. Kapitalisasi pasarnya sudah melebihi 30 miliar dollar AS. Mata uang Solana ini bisa digunakan untuk Decentralized Finance (DeFi), aplikasi terdesentralisasi (DApps), serta kontrak pintar.

Solana diluncurkan dari tahun 2020 dan berkembang dengan pesat sampai sekarang.

9. Tezos (XTZ)

Pertama-tama kita akan membahas tentang kripto yang bernama Tezos. Mata uang kripto ini diprediksi akan melejit di tahun 2022 ini menurut banyak ahli keuangan. Sejumlah prediksi beredar dimana kelak nilai XTZ bisa naik sampai $6 untuk setiap kepingnya.

Dengan demikian nilai kenaikan berpotensi menyentuh angka 2 kali lipat. Sistem keamanan dari Tezos juga dirancang khusus sehingga aman dan bisa dipercaya. Berdasarkan situs Tezos sendiri, proses penambangan dari Tezos tidak menghabiskan banyak energi seperti yang terjadi pada penambangan Bitcoin dan Ethereum.

nv-author-image

Melvern Pradana

Melvern Pradana adalah seorang investor yang aktif menanam modal di pasar saham, cryptocurrency, P2P lending, dan reksa dana. Idolanya adalah Warren Buffett dan Peter Thiel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *