Lompat ke konten

Cara Investasi di Bibit: Daftar dan Membeli (2022)

Membeli reksa dana di Bibit

Sejak diluncurkan pada awal 2019, Bibit telah menjadi aplikasi investasi reksa dana terpopuler di Indonesia. Bibit aman digunakan karena resmi terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Saat ini nasabah Bibit mencapai lebih dari 1 juta pengguna, di mana 90% di antaranya merupakan kaum muda atau milenial. Meskipun hanya menyediakan reksa dana (pembelian saham bisa dilakukan di perusahaan saudaranya Stockbit), aplikasi ini tetap banyak digunakan investor di Indonesia.

halaman utama aplikasi Bibit

Salah satu alasan mengapa aplikasi ini jadi favorit para investor muda adalah nominal investasinya yang murah meriah. Minimal investasi di Bibit adalah sebesar Rp 100.000 saja. Jadi, nasabah sudah bisa membeli reksa dana dengan biaya rendah, sehingga milenial yang gajinya sebesar UMR pun tetap bisa berinvestasi. Itu lah alasan mengapa Bibit merupakan salah satu aplikasi reksa dana top di Indonesia.

Form pembelian
Pembelian minimal yaitu sebesar Rp100.000

Berikut penjelasan lengkap mengenai cara investasi di Bibit yang mudah dilakukan pemula.

Cara Daftar Bibit

  1. Buka aplikasi Bibit di smartphone Anda. Jika belum terpasang, unduh terlebih dahulu di Play Store atau App Store.
  2. Klik Register.
  3. Isi kuesioner singkat mengenai tujuan Anda berinvestasi. Ini akan digunakan Bibit untuk memetakan profil risiko Anda.
  4. Isi data-data diri Anda dengan lengkap. Anda akan diminta informasi mengenai tanggal lahir, pendidikan, pendapatan per tahun, sumber penghasilan, dan sebagainya.
  5. Unggah foto KTP serta foto selfie Anda dengan memegang KTP.
  6. Ada kolom untuk membubuhkan tanda tangan. Coretkan tanda tangan Anda di sana.
  7. Atur PIN yang kelak Anda gunakan untuk bertransaksi di Bibit.
  8. Cek email Anda, lalu verifikasi pendaftaran.
  9. Registrasi Anda akan diproses Bibit dalam waktu kurang dari 24 jam. Setelah selesai, Bibit akan mengkonfirmasi Anda melalui email.
  10. Selesai. Anda bisa mulai berinvestasi.

Cara Investasi Reksa Dana di Bibit

Setelah akun Bibit Anda siap digunakan, langkah selanjutnya adalah mulai investasi. Ada dua cara untuk membeli reksa dana, yaitu membeli reksa dana berdasarkan rekomendasi Bibit atau membeli reksa dana berdasarkan pilihan Anda sendiri.

Cara membeli reksa dana dengan rekomendasi Bibit

Bibit memiliki fitur yang disebut Robo Advisor, yaitu algoritma yang dapat merekomendasikan reksa dana pilihan kepada investor berdasarkan usia, tujuan hidup dan berinvestasi, serta profil risiko investor itu sendiri.

Fitur ini disediakan Bibit untuk membantu investor pemula yang masih bingung memilih reksa dana yang baik, bingung menentukan reksa dana yang cocok dengan profil risiko, atau tidak tahu kapan waktu yang tepat untuk berinvestasi.

Rekomendasi alokasi investasi di Bibit
Alokasi otomatis sesuai profil risiko

Robo Advisor akan mempelajari profil risiko Anda dan merekomendasikan alokasi investasi yang dianggap paling optimal. Misalnya jika Anda dinilai berprofil konservatif, Bibit akan menyarankan reksa dana di pasar uang dan obligasi. Jika Anda tergolong agresif, bisa jadi Bibit akan memilihkan reksa dana saham. Semua ini sifatnya sekadar rekomendasi, Anda bebas mau menuruti saran Bibit atau tidak.

Jika Anda ingin membeli reksa dana berdasarkan rekomendasi Bibit, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke aplikasi Bibit.
  2. Di halaman depan, ada keterangan Rekomendasi Robo Kamu, klik Investasi Sekarang yang berada di bawahnya.
  3. Masukkan nominal investasi yang ingin Anda lakukan, paling sedikit adalah Rp 100.000.
  4. Baca keseluruhan isi prospektus. Jika Anda setuju, centang pada bagian persetujuan pembelian reksa dana, lalu klik Bayar Sekarang.
  5. Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan. Bibit memberikan opsi pembayaran melalui Gopay, OVO, LinkAja, virtual account (BNI, Permata, BRI, CIMB Niaga), atau transfer manual dengan banyak pilihan bank.
  6. Klik Bayar untuk menyelesaikan transaksi.

Cara membeli reksa dana di Bibit sesuai keinginan

Jika Anda tidak menggunakan rekomendasi Robo Advisor dan lebih suka berinvestasi pada reksa dana pilihan Anda sendiri, berikut cara yang bisa Anda tempuh:

  1. Masuk ke aplikasi Bibit.
  2. Klik ikon Search di bagian atas, lalu cari reksa dana yang Anda inginkan.
  3. Bibit akan menampilkan informasi singkat mengenai reksa dana tersebut. Pelajari terlebih dahulu data-data reksa dana tersebut sebelum memutuskan membeli.
  4. Jika yakin, klik Beli.
  5. Masukkan nominal investasi. Untuk pembelian reksa dana berdasarkan pilihan sendiri (bukan rekomendasi Bibit), nominal terkecilnya adalah Rp 10.000.
  6. Baca isi prospektusnya, lalu centang bagian persetujuan.
  7. Klik Bayar Sekarang. Pilih metode pembayaran antara Gopay, OVO, LinkAja, virtual account, atau transfer manual.
  8. Klik Bayar agar transaksi dapat diproses.

Umumnya reksa dana akan masuk ke Portofolio dalam 2-3 hari kerja setelah Anda melakukan pembayaran.

Daftar reksa dana yang dijual
Pilihan reksa dana yang bisa dibeli

Cara Mencairkan Reksa Dana Bibit

  1. Di halaman utama aplikasi Bibit, masuk ke menu Portofolio.
  2. Akan muncul daftar kategori reksa dana yang Anda miliki.
  3. Pilih kategori reksa dana yang akan Anda cairkan. Akan muncul keterangan mengenai nilai portofolio, keuntungan, dan imbal hasil yang Anda punyai dari reksa dana ini.
  4. Pilih aset alokasi yang hendak Anda jual, misalnya pasar uang atau obligasi.
  5. Klik Jual.
  6. Muncul laman produk reksa dana dari alokasi yang telah Anda pilih, yang menunjukkan harga-harga dan unit produk reksa dana tersebut.
  7. Klik Jual sekali lagi.
  8. Masukkan jumlah unit dan harga reksa dana. Anda bisa mengisi secara manual atau menggeser bilah persentase. Jika disetel 100%, berarti Anda menjual secara maksimal.
  9. Jika sudah yakin, klik Jual.
  10. Laman konfirmasi penjualan akan menampilkan detail penjualan reksa dana. Statusnya ordernya berjenjang antara order jual diterima, menunggu verifikasi bank kustodian, dan order jual berhasil.
  11. Setelah order jual berhasil, tunggu beberapa hari kerja sebelum dana penjualan masuk ke rekening Anda untuk dapat ditarik. Waktu tunggunya bervariasi, untuk pencairan dari kategori pasar uang rata-rata membutuhkan 2-3 hari kerja, reksa dana pendapatan tetap memakan waktu 4-5 hari kerja, dan reksa dana saham bisa sampai 7 hari kerja.

Bagaimana, mudah bukan berinvestasi di Bibit? Semoga penjelasan singkat ini bermanfaat.

nv-author-image

Pratomo Eryanto

Pratomo Eryanto memiliki motto "Investasi tidak harus membosankan". Sebagai penggiat dunia pasar saham, Pratomo memiliki misi meningkatkan literasi finansial masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.