11 Aplikasi Reksa Dana Terbaik, Cocok Untuk Pemula (2021)

Platform reksa dana terbaik

Beberapa tahun belakangan, minat akan melakukan investasi untuk jangka panjang semakin tinggi di kalangan masyarakat dan mungkin Anda juga menjadi salah satunya yang tertarik untuk bisa melakukan investasi ini dengan sukses dan membawa banyak keuntungan.

Membeli reksa dana secara online bisa dilakukan melalui aplikasi yang beredar di pasaran. Namun, pastikan layanan yang Anda gunakan terdaftar OJK dan memiliki izin resmi dan legal.

Berikut rekomendasi aplikasi reksa dana terbaik untuk pemula.

1. Ajaib 

Dari hasil tes yang kami lakukan, Ajaib adalah aplikasi reksa dana terbaik di 2021. Bagi Anda yang masih pemula, aplikasi ini bisa digunakan untuk investasi reksa dana dan saham yang diinginkan. Sayangnya, produk yang dimiliki terbilang masih cukup sedikit dibandingkan dengan aplikasi yang lainnya.

Karena Ajaib juga merupakan sekuritas saham, Anda bisa membeli ETF (exchange traded fund) melalui platform ini. Jadi, dalam satu layanan terdapat banyak produk investasi yang bisa dibeli.

Keunggulan yang dimiliki oleh Ajaib yaitu aplikasinya terbilang lebih ringan dan menarik untuk Anda gunakan dalam mengoperasikan melalui smartphone. Proses pendaftaran untuk melakukan investasi yang perlu untuk Anda lakukan juga terbilang lebih mudah dan cepat untuk diselesaikan. Selain itu, Anda bisa menggunakan fitur konsultasi seputar melakukan investasi pada aplikasi ini yang tersedia secara gratis.

2. XDana 

XDana adalah marketplace reksa dana baru namun memiliki fitur lengkap dan tampilan yang mudah digunakan pemula. Tidak hanya menyediakan untuk penjualan reksa dana saja, tetapi juga tersedia edukasi keuangan yang bisa untuk Anda gunakan agar bisa mengambil keputusan transaksi yang tepat. Ada beberapa manajer investasi yang disediakan mulai dari Mandiri, Danareksa, AXA, hingga Ciptadana dan masih banyak lagi yang lainnya.

Memang aplikasi satu ini masih belum lama berdiri tetapi cukup terpercaya untuk Anda gunakan. Anda bisa memilih salah satu dari aplikasi di atas yang sesuai dengan kebutuhan serta budget investasi yang sedang Anda miliki sekarang.

3.  Bareksa 

Bareka adalah aplikasi reksa dana terpercaya karena merupakan layanan pertama di Indonesia. Aplikasi satu ini sudah mendapatkan izin operasi yang dikeluarkan oleh OJK sehingga dijamin aman untuk digunakan. Anda bisa mulai melakukan investasi reksa dana hanya dengan Rp 10 ribu atau lebih sesuai budget.

Kelebihan yang dimiliki oleh Bareksa yaitu terdapat begitu banyak produk yang bisa menjadi pilihan investasi. Banyak reksa dana Syariah yang bisa dibeli di apliaksi ini.

Selain itu, Bareksa sudah berdiri sejak 2013 sehingga memiliki pengalaman yang begitu banyak. Anda juga bisa mengaksesnya dengan mudah melalui PC maupun aplikasi di smartphone yang ringan digunakan.

Fiturnya terbilang lebih lengkap dibandingkan dengan Bibit, namun antarmuka pengguna yang kurang nyaman membuatnya lebih cocok untuk investor profesional dibanding pemula.

4. TanamDuit 

TanamDuit adalah aplikasi reksa dana online yang sudah memiliki izin dan mendapatkan pengawasan langsung dari OJK. Tidak hanya reksa dana, Anda juga bisa berinvestasi dengan menggunakan emas, Surat Berharga Negara, dan juga melakukan pembelian asuransi. Anda bisa melakukan investasi dengan mudah mulai dari Rp 10 ribu saja atau 0,1 gram emas.

Banyak kelebihan yang dimiliki TanamDuit seperti tampilan aplikasi yang mudah untuk digunakan sehingga tidak membuat Anda bingung. Selain itu, ada banyak metode pembayaran yang bisa untuk Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Bahkan, dalam pelaksanaan proses jual beli reksa dana tidak perlu mengeluarkan biaya sedikit pun.

5. Bibit 

Bibit adalah aplikasi reksa dana terbaik untuk pemula karena memiliki antarmuka pengguna yang sangat mudah digunakan. Desainnya sangat mudah dengan proses yang sangat sederhana untuk membeli reksa dana.

Platform ini diluncurkan pada bulan Januari 2019. Meskipun terbilang baru, tetapi aplikasi satu ini bahkan sudah mendapatkan izin dari OJK. Anda bisa menggunakan fitur Robo Advisor yang membantu untuk memberikan arahan dalam melakukan investasi bagi yang masih pemula.

Di aplikasi Bibit, Anda bisa membeli produk dari manajer investasi dengan performa terbaik. Caranya tinggal buka software-nya di smartphone Anda, kemudian urutkan reksa dana berdasarkan performa.

Anda bisa melakukan investasi mulai dari Rp 10 ribu, Rp 50 ribu, dan juga Rp 100 ribu sesuai dengan manajer investasi yang ingin digunakan. Kelebihannya yaitu Bibit memiliki customer service yang cepat dalam membantu Anda Selain itu, Anda terbebas dari biaya tambahan ketika melakukan proses jual beli reksa dana.

6.  IPOTFUND

Indopremier memiliki salah satu aplikasi reksa dana online terbaik yaitu IPOTFUND. Anda bisa memilih dari total 243 produk reksa dana yang ada untuk digunakan sebagai investasi. Anda juga bisa memilih untuk melakukan investasi melalui konvensional maupun syariah.

Kelebihan dari aplikasi IPOTFUND ini yaitu sudah terdaftar di OJK sehingga aman dan terpercaya untuk Anda gunakan dalam berinvestasi. Anda juga bisa mendapatkan informasi edukasi seputar investasi reksa dana yang bermanfaat secara gratis. Selain itu, Anda bisa memilih dengan bebas mengenai reksa dana yang diinginkan dari jenis, kategori, dan berbagai indikator lain yang digunakan sesuai dengan kebutuhan yang Anda miliki.

7. Poems ID 

Terdapat aplikasi reksa dana terpercaya dari Phillip Sekuritas dengan nama Poems ID yang menjadi salah satu sekuritas top yang bisa Anda temukan di Indonesia. Anda bisa memilih untuk melakukan investasi reksa dana dan saham secara berbarengan. Pembeliannya sendiri bisa dengan mudah Anda lakukan melalui fitur yang dinamakan dengan Profunds dengan lebih dari 100 produk yang tersedia.

Anda bisa mulai untuk melakukan investasi dengan hanya Rp 50 ribu saja dan dilengkapi dengan SmartStart yang mempermudah pemula. Anda akan dibantu mendapatkan rekomendasi jika masih baru dalam dunia reksa dana ini. Nantinya Anda akan mendapatkan rekomendasi berdasarkan profil risiko yang akun yang Anda miliki dengan mendalam.

8. Tokopedia 

Tidak hanya menjadi situs e-commerce saja, Tokopedia juga memiliki app reksa dana yang mudah digunakan pemula. Pembelian reksa dana juga akan menjadi lebih mudah dan cepat karena Anda hanya perlu untuk memiliki akun Tokopedia saja. Setelah membuat akun, maka Anda bisa melakukan pembelian melalui fitur Tokopedia Reksa dana Online.

Tidak hanya berkutat pada pembelian reksa dana saja, tetapi juga bisa mengajukan klaim atas pencairan dana investasi. Prosesnya juga cepat dan bisa selesai hanya perlu beberapa menit saja. Hal ini cukup menguntungkan karena proses ini bisa memakan waktu sampai dua hari kerja pada aplikasi yang lainnya.

9. Bukareksa 

Kali ini terdapat e-commerce lainnya yang juga menjadi rekomendasi aplikasi reksa dana terbaik terpercaya yaitu dengan melalui Bukareksa dari Bukalapak. Anda bisa melakukan transaksi dengan lebih mudah dan cepat melalui fitur Bukareksa yang menjadi layanan khusus untuk melakukan investasi reksa dana saja. Uniknya, produk yang dijual melalui fitur satu ini didapatkan dari aplikasi lain seperti Bareksa dan juga Tanamduit.

Bukareksa sangat cocok untuk digunakan bagi Anda yang masih cukup awam dan pemula dalam hal yang berkaitan dengan investasi ini sendiri. Hanya dengan mulai dari Rp 10 ribu saja, Anda sudah bisa melakukan pembelian investasi reksa dana dengan mudah. Selain itu, terdapat pula pencairan instan.

10. Invisee 

Produk aplikasi reksa dana terpercaya untuk pemula yang bisa digunakan yaitu dari Invisee yang hanya perlu Rp 10 ribu saja untuk bisa memulai belajar untuk investasi. Ada banyak kemudahan dan kelebihan yang bisa Anda dapatkan melalui aplikasi satu ini yaitu seperti adanya fitur pengingat. Menggunakan fitur satu ini, Anda tidak perlu lagi lupa untuk melakukan investasi sesuai dengan jadwal yang ada.

Tentunya fitur pengingat akan mempermudah Anda untuk melakukan investasi sesuai dengan kondisi finansial yang Anda miliki saat itu. Misalnya yaitu ketika setiap tanggal gajian per bulannya atau waktu lainnya yang Anda rasa pas dan tepat untuk melakukan investasi kembali.

11. Raiz 

Rekomendasi aplikasi reksa dana bagus terakhir yang tidak kalah menarik untuk digunakan adalah Raiz. Aplikasi satu ini mempermudah Anda bagi yang masih pemula untuk melakukan investasi reksa dana mulai dari Rp 10 ribu saja. Metode pembayaran yang disediakan juga cukup banyak dan mudah untuk Anda gunakan dalam melakukan investasi reksa dana kapan saja dan di mana saja.

Ada banyak portofolio yang ditawarkan untuk Anda gunakan dan masing-masing memiliki satu jenis reksa dana. Seperti investasi konservatif yang menggunakan pasar uang, moderat dengan pendapatan tetap, dan agresif dengan indeks saham LO45. Selain itu juga terdapat pilihan produk pasar uang syariah dan Sukuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *