Lompat ke konten
Daftar Isi
ForexIMF leaderboard banner ads.

Cara Investasi Emas Antam Untuk Pemula Agar Untung

Cara Investasi Emas Antam Untuk Pemula Agar Untung

Antam (Aneka Tambang) adalah salah satu perusahaan produsen emas terkemuka di Indonesia. Perusahaan BUMN ini didirikan pada tahun 1968 dari merger beberapa perusahaan tambang milik negara hingga saat itu. 

Lebih dari 60 tahun setelah pendiriannya, Antam kini memproduksi berbagai logam mulia, hingga bauksit dan nikel. Namun demikian, perusahaan yang satu ini tetap terkenal dengan produksi emasnya. Beberapa produk yang diproduksi Antam antara lain emas batangan berbagai ukuran, emas dalam bentuk bezel hingga gift series. 

Untuk menjual produknya ini, Antam kini tidak hanya memiliki butik di 11 kota di seluruh Indonesia, tetapi juga telah membuka toko online di Tokopedia dan membuka layanan pembelian online di logammulia.com. Tidak hanya itu, Antam juga bekerjasama dengan institusi-institusi terkait untuk menyediakan emas yang disimpan dalam bentuk tabungan. 

Boleh dikatakan bahwasanya Antam menguasai mayoritas market share industri logam mulia ini di Indonesia. Oleh sebab itu, tidak jarang Anda membeli produk emas apapun dapatnya tetap dari Antam. Jika Anda ingin berinvestasi emas khusus menggunakan produk dari perusahaan ini, berikut ini cara investasi emas antam untuk pemula:

1. Tentukan Tujuan Investasi Emas

Langkah pertama adalah dengan menentukan tujuan investasi emas. Dalam pembahasan mengenai keuntungan emas dalam satu tahun sebelumnya, kita telah tahu bahwasanya logam mulia ini merupakan instrumen investasi yang lebih cocok untuk jangka menengah atau panjang. 

Maka dari itu, sebaiknya tujuan investasi emas juga bukan untuk investasi jangka pendek atau untuk investasi yang membutuhkan tingkat likuiditas yang bagus, untuk dana darurat misalnya. Hal ini karena baik emas tabungan maupun batangan memerlukan waktu untuk dicairkan (dijual kembali). 

2. Tentukan Anggaran Investasi

Langkah yang kedua adalah tentukan besaran anggaran investasi Anda terlebih dahulu. Besaran anggaran investasi ini akan membantu Anda untuk memilih jenis investasi emas yang seperti apa yang cocok untuk Anda, apakah emas digital, membeli emas batangan atau perhiasan?

Setiap opsi investasi memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Misalnya, tabungan emas mungkin bisa dimulai dengan uang Rp10.000 atau Rp100.000, tapi lebih rawan kejahatan digital. Di sisi lain, emas batangan Antam tersedia dalam ukuran 0,5 gram atau sekitar Rp500.000. Namun tantangannya, Anda harus menyimpan produk tersebut sebaik mungkin.

Salah satu pilihan terpercaya adalah dengan menabung emas di bank yang terpercaya, seperti Bank BRI atau BCA.

3. Beli Di Tempat Terpercaya

Setelah menentukan besaran anggaran investasi, kini saatnya Anda harus menentukan mau beli di mana emas Antam. Kini tidak hanya bisa dibeli di butik, pegadaian atau toko emas, tetapi juga bisa melalui online seperti toko online Antam di online marketplace. 

Kelebihan dari membeli emas Antam secara offline adalah Anda dapat memeriksa keaslian dan sertifikat emas tersebut, cuma kekurangannya Anda harus keluar rumah dan bisa jadi stoknya sedang habis. Kelebihan pembelian online adalah Anda bisa pesan kapan saja dan dimana saja, kekurangannya akan ada ongkos kirim. 

4. Simpan di Tempat Yang Aman

Tantangan membeli emas dalam bentuk fisik adalah Anda harus dapat menyimpannya di tempat yang aman. Tantangan lainnya adalah emas dalam bentuk fisik lebih rawan rusak entah karena suhu ruangan atau reaksi kimia lain. 

Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak orang yang menggunakan safe deposit box (SDB) untuk menyimpan aset yang satu ini. Hanya saja tentu untuk membuat safe deposit box juga diperlukan tambahan biaya. 

Tidak hanya fisik emas itu sendiri, tetapi juga Anda harus menjaga sertifikat atau surat bukti pembeliannya. Pasalnya, kehilangan sertifikat dan surat bukti pembelian ini akan membuat harga emas Anda turun ketika dijual.

Jika menabung emas di Pegadaian, Anda tidak perlu pusing mengatur penyimpanannya karena akan diurus oleh pihak Pegadaian.

5. Pantau Perkembangan Harga

Terdapat dua jenis harga emas, yaitu harga jual dan harga buyback. Harga jual akan Anda dapatkan ketika Anda membeli logam mulia ini dari toko, sementara harga buyback adalah harga yang akan Anda dapatkan ketika menjualnya kembali. Umumnya, harga jual lebih besar dibandingkan dengan harga buyback. 

Baik harga jual maupun harga buyback akan sangat fluktuatif tergantung dengan banyak hal, seperti kondisi ekonomi nasional dan internasional, jumlah produksi emas dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, Anda harus memantau pergerakan harga emas ini setiap hari. 

Untungnya, Antam adalah patokan harga emas di Indonesia. Informasi mengenai perubahan harga logam mulia yang diproduksi perusahaan ini dapat Anda akses di logammulia.com, tabungan emas pegadaian maupun di aplikasi jual beli emas. Dengan demikian, Anda bisa memilih waktu yang tepat kapan harus membeli dan kapan harus menjual emas Anda. 

6. Pahami Faktor Yang Bisa Membuat Harga Emas Naik Turun

Supaya investasi yang Anda lakukan menguntungkan, pelajari juga faktor-faktor yang bisa membuat harga logam mulia ini naik turun. Mempelajari faktor-faktor ini bisa Anda lakukan dengan membaca pergerakan harga aset secara langsung dan membandingkannya dengan berbagai indikator ekonomi atau dengan membaca berbagai penelitian. 

Emas adalah instrumen investasi safe haven. Oleh sebab itu, tidak jarang harga instrumen yang satu ini akan naik kalau sedang resesi. Hal ini karena saat resesi banyak orang yang membeli logam mulia ini untuk jaga-jaga. Sebaliknya, kalau ekonomi sudah membaik lagi, kondisi pembelian emas akan menurun karena investor pasti memilih instrumen lain yang lebih berisiko dan mendatangkan keuntungan yang lebih tinggi, seperti saham.

Selain berbagai faktor di atas, harga buyback emas Antam juga bisa turun apabila Anda kehilangan surat bukti pembelian, kondisi fisik emas yang tidak lagi bagus atau kalau dalam kasus perhiasan, ada pasangan perhiasan tersebut yang hilang. 

7. Membeli Saham Antam

Cara investasi emas antam yang ketujuh adalah dengan membeli saham perusahaan tambang tersebut. Hal ini karena 67% pendapatan perusahaan ini diperoleh dari jual beli emas, sehingga boleh dikatakan apabila harga emas naik maka pendapatan dan harga saham ANTM juga akan naik, begitupun sebaliknya meskipun tentunya ada faktor-faktor lain yang bisa membuat pendapatan dan harga saham Antam naik. 

Opsi ini dapat Anda pilih dengan catatan bahwasanya investasi saham dan emas secara langsung tetap merupakan dua hal yang berbeda. Risiko cara investasi ini juga berbeda satu sama lain. Oleh sebab itu, perhatikan risiko dan potensi keuntungan investasi saham terlebih dahulu sebelum akhirnya membeli instrumen yang satu ini. 

Nah, itu dia beberapa cara investasi emas Antam untuk pemula supaya untung. Perlu diingat bahwasanya meskipun emas adalah instrumen safe haven, namun investasi pada logam mulia yang satu ini juga memiliki risiko tersendiri. Pelajari resikonya dan cara mitigasinya untuk mendapatkan keuntungan investasi maksimal.

nv-author-image

Farichatul Chusna

Setelah lulus dari Ilmu Ekonomi Universitas Gadjah Mada, Farichatul Chusna aktif sebagai penulis artikel ekonomi, investasi, bisnis, dan keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *