Lompat ke konten

Cara Mencairkan Reksa Dana Dengan Mudah

Cara Mencairkan Reksa Dana Dengan Mudah

Reksa dana disebut sebagai instrumen investasi yang cocok untuk pemula bukan dengan tanpa sebab. Selain tidak perlu melakukan analisis karena uangnya akan dikelola oleh manajer investasi, instrumen ini juga mudah dicairkan. Apalagi saat ini banyak aplikasi  Agen Penjual Reksa Dana (APERD) yang sudah terhubung dengan dompet digital dan mobile banking. 

Lantas, bagaimana cara mencairkan reksa dana dengan mudah? Simak pembahasannya berikut ini:

Apakah Reksa Dana Bisa Dicairkan?

Ya! Reksa dana bisa dicairkan dengan mudah.

Hanya saja, pencairan masing-masing reksa dana membutuhkan durasi waktu yang berbeda. Untuk reksa dana pasar uang (RDPU), Anda bisa langsung mendapatkan hasil pencairan dalam kurun waktu kurang lebih 2 hari kerja, sedangkan untuk reksa dana obligasi dan saham membutuhkan waktu 2-7 hari kerja. Hal ini karena ini artinya, Manajer Investasi perlu menjual instrumen terkait dan proses penyelesaian transaksi ini cukup lama.

Oleh sebab itu, reksa dana pasar uang (RDPU) cocok untuk dana darurat, sementara RDO dan RDS tidak. 

Bagaimana Cara Mencairkan Reksa dana?

Berikut ini cara mencairkan instrumen ini di beberapa aplikasi. Mekanisme pencairan instrumen ini melalui agen lain, seperti perbankan atau perusahaan sekuritas bisa jadi memiliki mekanisme yang berbeda.

Cara mencairkan reksa dana di Bibit

  1. Buka aplikasi Bibit. 
  2. Pilih produk yang ingin Anda jual. 
  3. Pilih persentase penjualan (100% jika Anda ingin menjual semua). 
  4. Pilih rekening bank tujuan. 
  5. Klik jual. 
  6. Centang kalimat persetujuan. 
  7. Klik jual. 
  8. Masukkan PIN. 
  9. Transaksi selesai dan tunggu sampai uang pencairan instrumen ini masuk ke dalam rekening bank Anda. 

Saat ini Bibit juga menyediakan layanan pencairan instan untuk beberapa produk reksa dana tertentu bagi pengguna Bank Jago.

Cara mencairkan reksa dana di Bareksa

  1. Buka aplikasi Bareksa.
  2. Klik ikon gambar di kanan atas. 
  3. Masukkan email dan password.
  4. Klik lihat portofolio.
  5. Pilih produk yang ingin Anda jual.
  6. Klik jual.
  7. Pilih jumlah reksa dana yang ingin Anda jual. 
  8. Klik jual.
  9. Baca ketentuan penting, lalu klik konfirmasi.
  10. Masukkan kode OTP /Token yang telah dikirim melalui SMS. 

Cara mencairkan reksa dana di IPOTGO

  1. Buka aplikasi. 
  2. Login.
  3. Klik portofolio.
  4. Pilih produk yang ingin Anda jual.
  5. Klik sell.
  6. Isi nominal penjualan atau pilih all untuk menjual semuanya.
  7. Baca dan setujui terms and condition.
  8. Perhatikan lagi detail transaksi, lalu klik confirm.
  9. Klik OK.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mencairkan Reksa dana?

Tidak ada waktu yang pasti mengenai kapan waktu yang tepat untuk mencairkan reksa dana. Sebab, pencairan instrumen ini tergantung dengan kebutuhan Anda masing-masing.

Apabila, Anda menggunakan instrumen ini untuk menyimpan dana pernikahan misalnya, maka instrumen ini bisa dicairkan beberapa bulan sebelum event tersebut berlangsung. 

Namun, ada baiknya Anda mencairkan instrumen ini sebelum pukul 13.00 pada hari Senin-Kamis atau dua hari sebelum hari libur. Hal ini karena menurut peraturan OJK, transaksi yang dimasukkan sebelum jam 13.00 akan dieksekusi pada hari itu juga dengan harga hari tersebut. Selain itu, apabila Anda mencairkan instrumen ini pada Jumat sore atau satu hari sebelum hari libur, ada kemungkinan proses pencairan akan lebih lama.

Misalnya, Anda mencairkan RDPU pada hari Senin pukul 10.00 dan hari Selasa tidak libur. Maka, kemungkinan uang yang Anda cairkan akan masuk rekening pada hari Rabu. Sebaliknya, kalau hari Selasa libur atau baru menjual reksa dana pukul 13.00 ke atas, kemungkinan uang tersebut baru akan masuk rekening pada hari Kamis. Ini artinya, kalau Anda memasukkan order jual pada Jumat sore, transaksi Anda baru akan dikerjakan paling cepat Senin pagi dan baru akan masuk rekening pada hari Rabu. 

Apakah Pencairan Reksa Dana Membutuhkan Biaya?

Untuk mencairkan reksa dana, setidaknya Anda membutuhkan uang 3.500 rupiah per produk yang dicairkan. Misalnya, Anda mencairkan 3 reksa dana yang berbeda, maka besaran biaya yang harus Anda tanggung adalah sebesar Rp10.500 (3.500 x 3).

Karena adanya biaya ini, sebaiknya Anda mencairkan instrumen ini ketika jumlah keuntungan masing-masing produk reksa dana yang Anda cairkan sudah mencapai 3.500 rupiah supaya investasi Anda menguntungkan. Biaya ini berasal dari biaya yang dibebankan oleh Bank Kustodian, sementara pihak agen penjual sendiri sebenarnya tidak mematok biaya penjualan dan pembelian.

Biaya ini akan semakin besar apabila Bank Kustodian tempat menyimpan dana investasi Anda berbeda dengan bank yang Anda pakai sehari-hari. Menurut pengalaman penulis, pencairan beda bank ini menambah biaya sekitar 3.500 juga. 

Contohnya, Anda mencairkan satu reksa dana yang disimpan di HSBC, sementara rekening yang Anda daftarkan di aplikasi adalah rekening Bank BCA. Maka, biaya yang harus Anda tanggung kurang lebih sebesar Rp7.000 (Rp3.500 untuk penjualan + Rp3.500 untuk transfer bank). Apabila Anda mencairkan beberapa produk sekaligus, nilai ini tinggal dikalikan saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *