Lompat ke konten
Daftar Isi

Apa itu Perusahaan Sekuritas?

Apa itu Perusahaan Sekuritas

Salah satu pihak yang harus terlibat dalam investasi di pasar modal adalah perusahaan sekuritas. Tanpanya, investor dan trader tidak akan bisa membeli saham di bursa dan perusahaan private juga tidak akan bisa melakukan IPO.

Apa itu perusahaan sekuritas dan bagaimana lembaga ini berperan penting dalam investasi dan trading di pasar modal Indonesia? Simak ulasannya berikut ini.

Apa itu Perusahaan Sekuritas?

Perusahaan sekuritas adalah lembaga yang telah mendapatkan izin dari OJK untuk membuka kegiatan bisnis sebagai perantara perdagangan efek (broker-dealer) dan bisnis penjaminan emisi efek (underwriter). Adapun yang dimaksud efek adalah berbagai macam surat berharga seperti saham, obligasi dan reksa dana atau ETF.

Perbedaan Perusahaan Sekuritas Dengan Manajer Investasi

Manajer investasi bisa menerbitkan reksa dana atau ETF dan secara legal bisa mengelola dana investasi investor (pooling investment), sementara perusahaan sekuritas tidak diperbolehkan. 

Jadi, pastikan Anda berhati-hati jika ada oknum yang mengaku dari sekuritas dan menawarkan jasa pengelolaan saham. Walau bagaimanapun, trading dan investasi saham, forex maupun instrumen lainnya selain reksa dana dan ETF harus dilakukan oleh investor secara langsung. Pastikan membeli dari manajer investasi dengan rekam jejak baik.

Namun demikian, manajer investasi dan perusahaan sekuritas adalah dua jenis dari perusahaan efek. Sebuah perusahaan efek, bisa membuka jasa sebagai manajer investasi dan sekuritas sekaligus. 

Saat ini terdapat lebih dari 124 perusahaan sekuritas yang secara sah beroperasi di Indonesia. Dari jumlah tersebut, 1 diantaranya masih dalam proses pencatatan sementara 1 lainnya merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Berikut ini beberapa contoh perusahaan sekuritas terpercaya yang beroperasi secara legal di Indonesia:

  1. Mirae Asset Sekuritas Indonesia
  2. Trimegah Sekuritas
  3. Indo Premier Sekuritas
  4. Mandiri Sekuritas
  5. BNI Sekuritas
  6. BRI-Danareksa Sekuritas
  7. Ajaib Sekuritas Asia
  8. BCA Sekuritas
  9. Buana Capital Sekuritas
  10. CGS-CIMB Sekuritas Indonesia

Kegiatan Yang Dilakukan Perusahaan Sekuritas

Seperti yang telah disebutkan di atas, secara umum kegiatan bisnis perusahaan sekuritas ada dua yaitu:

1. Broker-dealer

Dalam tugasnya yang satu ini, sekuritas menjembatani antara investor institusi maupun retail yang ingin berinvestasi dengan Bursa Efek Indonesia. Termasuk di antara rincian kerjanya adalah:

  1. Menyediakan aplikasi trading saham yang bagus
  2. Melayani investor yang ingin berinvestasi secara offline (tidak lewat aplikasi). 
  3. Menyediakan layanan pembuatan rekening dana nasabah dan rekening saham. Dan lain sebagainya. 

Selain itu, perusahaan ini juga bisa membeli saham atas nama dirinya sendiri. Maka dari itu, jangan heran kalau ada nama sekuritas yang Anda gunakan sebagai pembeli atau penjual saham di aplikasi trading Anda.

Pergerakan lembaga ini sebagai pembeli atau penjual saham ini juga patut untuk Anda awasi. Sebab, modal mereka banyak sehingga kalau membuka order atau menutup order, seringkali bisa mempengaruhi harga pasar secara langsung. 

2. Menjadi underwriter

Kegiatan bisnis perusahaan sekuritas yang kedua adalah menjadi lembaga penjamin emisi efek atau underwriter. Tugasnya adalah membantu persiapan perusahaan private yang ingin melakukan initial public offering (IPO). Tidak jarang, dalam tugasnya yang satu ini perusahaan ini juga wajib membeli saham perusahaan yang tidak laku ketika IPO. 

Dengan demikian, sumber utama pendapatan perusahaan sekuritas berasal dari biaya jasa yang diberikan perusahaan publik kepada mereka setelah mereka menjadi underwriter dan berasal dari biaya transaksi serta komisi yang dibayarkan investor atas pelayanan yang mereka sediakan. 

Anda tidak bisa memperjualbelikan efek dengan tanpa bantuan perusahaan ini dan langsung ke sistem bursa. Sebab, perusahaan ini menyediakan aplikasi trading yang menghubungkan Anda dengan sistem BEI. 

Cara Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik

1. Cek legalitasnya

Tidak dapat dipungkiri bahwasannya seiring dengan meningkatnya animo masyarakat mengenai investasi, saat ini banyak oknum yang tidak bertanggung jawab mengaku dari perusahaan sekuritas palsu. 

Untuk mencegah hal tersebut, Anda perlu ingat bahwasanya tidak ada perusahaan yang akan menghubungi diri Anda terlebih dahulu. Selain itu, Anda dapat melihat legalitas perusahaan melalui tautan berikut ini:

Cek legalitas 1 / Cek legalitas 2.

2. Lihat rekam jejaknya

Untuk melihat rekam jejak sebuah sekuritas, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Membuka website resmi perusahaan tersebut. 
  2. Melihat data aset yang telah dikelola oleh perusahaan dalam satu tahun terakhir melalui laman resmi Otoritas Jasa Keuangan. 
  3. Melihat review-review pengguna jasa sekuritas terkait. Saat ini Anda bisa mencari review tentang perusahaan ini dalam format tulisan, video maupun audio podcast. Silahkan dipilih sesuai dengan keinginan.
  4. Melihat berita di internet mengenai selentingan-selentingan baik atau buruk mengenai perusahaan tersebut. 

3. Lihat jumlah biaya dan setoran minimum

Setiap perusahaan pasti menerapkan biaya transaksi dan setoran awal minimum yang berbeda. Oleh karena itu, Anda sebaiknya melihat berapa jumlah deposit minimum yang disyaratkan dan biaya transaksi yang ditetapkan perusahaan. Karena walau bagaimanapun, biaya transaksi tersebut akan mempengaruhi jumlah keuntungan yang bisa Anda bawa pulang.

Anda bisa mengecek perusahaan sekuritas dengan biaya transaksi terjangkau di artikel perusahaan sekuritas dengan biaya termurah.

4. Cek fasilitas trading yang disediakan

Fasilitas trading ini seperti, bagaimana aplikasi trading yang disediakan, apakah akun trading yang ada juga bisa dipakai melalui website dan desktop, apakah data yang ada di dalam aplikasi tersebut akurat, real time atau tidak.

Untuk mengecek hal ini, Anda bisa membaca review tentang perusahaan tersebut yang ada di internet maupun membaca ulasan aplikasi yang disediakan oleh perusahaan tersebut. Penting bagi seorang investor untuk memilih aplikasi trading terbaik sebab dalam trading dan investasi, khususnya saham, harga aset akan berubah dengan sangat cepat dan membutuhkan analisis matematis yang cukup untuk bisa membuat strategi trading yang menguntungkan. 

5. Cek fasilitas penunjang yang disediakan

Selain fasilitas trading utama, Anda juga perlu mengecek fasilitas penunjang seperti:

  1. Kualitas layanan pelanggan. 
  2. Kualitas berita trading yang disediakan. 
  3. Kualitas analisis saham yang tersedia. Beberapa perusahaan menyediakan layanan tambahan berupa analisis saham untuk investor-investor tertentu. 
  4. Fasilitas layanan belajar yang ada seperti, artikel-artikel penunjang, webinar dan lain-lain. Fasilitas seperti ini penting untuk investor pemula. 

Kesimpulan

Perusahaan sekuritas adalah salah satu jenis perusahaan efek yang bertugas untuk menjembatani investor dengan Bursa Efek Indonesia dan membantu perusahaan private untuk bisa listing di bursa dengan membuka layanan penjaminan emisi efek (underwriting).

nv-author-image

Farichatul Chusna

Setelah lulus dari Ilmu Ekonomi Universitas Gadjah Mada, Farichatul Chusna aktif sebagai penulis artikel ekonomi, investasi, bisnis, dan keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *