Lompat ke konten

Cara Menghapus Data di Pinjaman Online

Cara menghapus data di pinjaman online

Cara menghapus data di pinjaman online memang cukup rumit, namun tetap bisa dilakukan. Menghapus data dilakukan agar tidak terjadi penyalahgunaan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab karena ada kebocoran data. 

Karena jika sudah terjadi penyalahgunaan, Anda harus lebih rumit lagi karena bisa jadi identitas Anda dijaminkan pada pihak P2P lainnya, sehingga Anda harus membayar hutang yang tidak pernah diajukan sebelumnya. Tentunya hal ini akan sangat merugikan.

Maka dari itu, meski sudah pernah berurusan dengan pinjaman online, Anda bisa melakukan permintaan untuk penghapusan data, agak dikemudian hari tidak ada penyalahgunaan. Nah, berikut cara menghapus data di pinjaman online.

1. Lunasi utang terlebih dahulu

Cara pertama yang harus dilakukan adalah Anda harus melunasi seluruh pinjaman Anda, termasuk di dalamnya pokok kredit dan bunga, juga denda apabila Anda pernah terlambat membayar. Ketahui cara cek utang di pinjaman online dan pastikan tidak ada pinjaman yang tersisa.

Hal ini akan memudahkan menghapus data di pinjaman online karena artinya memang tertib dan disiplin dalam membayar utang, sehingga terdapat hubungan yang baik dengan perusahaan penyedia layanan pinjaman online. Tidak ada permasalahan atau perseteruan yang membuat enggan untuk saling berkomunikasi.

2. Hubungi call center untuk menghapus data Anda 

Cara selanjutnya, setelah memastikan bahwa telah melunasi seluruh utang, atau merasa tidak memiliki pinjaman namun tetap ditagih oleh pihak penyelenggara pinjaman online illegal, maka cara yang dilakukan adalah menghubungi call center untuk menghapus data.

Memang, penyalahgunaan dan kebocoran data merupakan risiko dari penggunaan pinjaman online yang harus diperhatikan, akan tetapi Anda bisa mencegahnya dengan melakukan penghapusan data. Supaya tidak lebih banyak lagi kebocoran data yang terjadi, dan Anda bisa lebih tenang. 

Hubungi customer service online, sampaikan keluhan Anda apabila terjadi penyalahgunaan, dan minta customer service untuk menghapus seluruh data. Anda juga bisa melakukan pengajuan penghapusan data saja, apabila khawatir akan penyalahgunaan di kemudian hari.

3. Menghapus seluruh data data aplikasi pinjaman online

Apabila Anda sudah melaporkan namun tetap tidak tenang pada data Anda, atau tetap ditagih pinjaman online ilegal, Anda mungkin bisa melakukan penghapusan seluruh data pada aplikasi pinjaman online. 

Langkah-langkah menghapusnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama, buka pengaturan pada ponsel pintar Anda.
  2. Apabila pengaturan telah terbuka, selanjutnya adalah memilih ‘Pengaturan Aplikasi’.
  3. Dari sekian aplikasi yang ada, cari hingga aplikasi pinjaman online yang Anda gunakan ditemukan.
  4. Selanjutnya, Anda bisa menghapus data dengan memilih ‘Hapus data dan cache’.
  5. Data berhasil dihapus, Anda bisa sedikit lebih tenang.

Berikut di atas merupakan langkah yang bisa ditempuh sebagai cara menghapus data Anda dari ponsel. Memang, risiko penyalahgunaan masih ada karena bisa jadi pihak perusahaan P2P ilegal menyimpannya di tempat lain, namun hal ini bisa dilakukan sebagai langkah antisipasi.

4. Uninstall aplikasi pinjaman online 

Cara lainnya, agar data Anda bisa terhapus adalah uninstall aplikasi pinjaman online dari handphone Anda. Dengan melakukan cara itu, pihak perusahaan P2P tidak bisa lagi mengakses ponsel Anda yang menunjukkan pada identitas diri Anda. Misalnya foto-foto dan data pribadi yang tersimpan dalam gadget.

Caranya cukup mudah, Anda cukup memencet pop up aplikasi yang ada di beranda, kemudian akan muncul beberapa pilihan seperti pilih, tambah ke depan dan hapus aplikasi. Anda bisa memilih pilihan ketiga, hapus atau uninstall aplikasi.

Dengan begitu, oknum penyalahgunaan data yang tidak bertanggungjawab tidak bisa lagi untuk mengakses seluruh data yang ada pada ponsel Anda. Sehingga penyebaran data menjadi lebih terminimalisir.

5. Mengganti SIM card 

Supaya tidak ada jejak, maka Anda bisa mengganti SIM card, Hal ini bertujuan supaya misalnya ada pinjaman online ilegal tidak bertanggungjawab, ia tidak bisa menghubungi Anda lagi. Jikalau pun setelahnya ia menyebarkan lagi nomor ponsel Anda, pihak lain tetap tidak bisa menghubungi Anda.

Mengganti SIM adalah salah satu cara paling ampuh dalam mengamankan kontak HP dari pinjol ilegal.

Sehingga secara otomatis, data mengenai nomor telepon menjadi terhapus karena sudah tidak aktif dan tidak bisa dihubungi. Ini juga cukup efektif jika Anda terus diteror pinjaman online ilegal sampai mengganggu aktivitas.

Tidak perlu melakukan pembayaran apalagi kepada pinjaman online ilegal, karena pinjaman online ilegal hanya bergerak secara online, sehingga mereka akan jarang sekali yang mendatangi tempat tinggal Anda. Jadi selama tidak ada komunikasi berlanjut, mereka juga tidak akan terus meneror Anda, dan mungkin hanya akan mencari mangsa baru. Jadi jangan terlalu khawatir soal hal ini. 

6. Menonaktifkan semua sosial media

Untuk sementara waktu, agar data tidak tersebar dengan cepat maka nonaktifkan semua sosial media. Agar tidak ada data-data yang terdapat pada media sosial Anda ditemukan oleh perusahaan pinjaman online ilegal.

Sebisa mungkin nonaktifkan seluruh sosial media seperti Twitter, Facebook, Instagram, dan lain sebagainya untuk sementara waktu, dan pastikan bahwa tidak ada data yang terpampang di media sosial yang membuat penagihan pinjaman online ilegal bisa menghubungi Anda lagi.

Namun jika masih terdapat teror dan ancaman, Anda bisa menonaktifkannya secara permanen. Supaya tidak ada lagi penyalahgunaan identitas diri di kemudian hari. Sedangkan untuk media sosial, Anda bisa membuatnya lagi nanti.

7. Reset handphone 

Alternatif cara lainnya agar data yang ada pada gadget tidak tersebar atau terjadi kebocoran data adalah melakukan reset handphone. Mereset handphone membuat seluruh data hilang, bahkan data penting sekalipun.

Dengan begitu, apabila penipu hendak meretas handphone, ia tidak akan menemukan data apapun sehingga lebih aman. Ini bisa dilakukan apabila benar terjadi penyalahgunaan yang mengganggu Anda.

Reset telepon berarti mengembalikannya ke setelah pabrik, sehingga tidak ada lagi data yang bisa diretas yang membuatnya terjadi kebocoran. Data berhasil dihapus dan tidak ada nada lagi penyalahgunaan.

Nah, berikut di atas merupakan 7 cara menghapus data di pinjaman online yang bisa dilakukan. Sebisa mungkin apabila tidak terdesak, hindari menggunakan pinjaman online karena risiko dan bahaya pinjaman online yang sangat mengerikan apabila tidak digunakan dengan bijak.

Apabila tidak berhasil melakukan penghapusan data dan KTP disalahgunakan serta terjadi peneroran dan penagihan sehingga mengganggu aktivitas, lakukan pelaporan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Lakukan pengajuan pemblokiran aplikasi pinjaman ilegal kepada Satgas Investasi yang memang mengurusi adanya aplikasi ilegal yang sering melakukan penipuan dan penyalahgunaan identitas debiturnya.

Anda bisa menghubungi Satgas Investasi melalui situs resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di www.ojk.go.id atau melalui alamat email di waspada investasi@ojk.go.id . Bisa juga menghubungi di whatsapp 081-157-157-157, atau kontak resmi OJK di nomor 157. 

Sekali lagi, lebih bijak dalam menggunakan pinjaman online, jangan sampai penggunaannya merugikan diri sendiri dan orang-orang terdekat Anda. Segera laporkan jika ada penyalahgunaan identitas diri oleh oknum tidak bertanggung jawab dan tetap waspada!

nv-author-image

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota A'yun adalah mahasiswa Ekonomi di UPN Veteran Yogyakarta yang senang menulis topik-topik seputar literasi finansial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.