Lompat ke konten

Apa Itu Financial Freedom dan Bagaimana Cara Mencapainya?

Financial Freedom

Finansial adalah salah satu aspek paling penting dalam kehidupan, karena hidup pasti membutuhkan uang supaya dapat tercukupi dengan baik. Semua orang selalu berusaha agar bagaimana caranya kehidupannya dapat berjalan dengan baik, sehingga di masa depan bisa merasa lebih tenang karena sudah merdeka secara finansial.

Merdeka secara finansial atau biasa disebut financial freedom adalah kondisi yang pasti diinginkan oleh setiap orang, terutama para pekerja. Lalu, bagaimana cara mencapainya? Yuk, simak tipsnya di sini!

Pengertian Financial Freedom

Financial freedom adalah kondisi di mana seseorang telah mencapai kebebasan atau kemerdekaan secara finansial, sehingga di masa mendatang tidak khawatir merasa kekurangan uang. Sebenarnya kondisi seperti ini bisa saja diperoleh oleh siapapun, asalkan harus mau bekerja keras supaya bisa mencapainya.

Proses mencapai financial freedom atau kebebasan finansial yang dilakukan dengan bekerja keras, terutama saat masa mudah bisa terbilang cukup panjang, tidak bisa secara instan. Cara paling sederhana bisa dimulai dengan mengatur gaji bulanan sebaik mungkin, kemudian jika mempunyai dana lebih bisa diinvestasikan.

Bayangkan saja misalnya Anda memiliki gaji bulanan sebesar 5 juta, tetapi tidak dapat mengelolanya dengan baik bahkan sampai susah menabung? Tentu kebiasaan tersebut nantinya dapat menyusahkan diri sendiri karena tak memiliki dana tambahan di tabungan, kemudian nantinya sangat susah pula untuk mencapai kebebasan keuangan.

Contoh-Contoh Financial Freedom

Merdeka secara finansial tidak sebatas mampu membeli apapun dengan mudah karena sudah memiliki banyak uang di masa depan yang sebelumnya sudah ditabung. Adapun contoh-contoh financial freedom lainnya berikut ini.

1. Mempunyai dana pensiun cukup

Banyak orang mengkhawatirkan bagaimana nanti kehidupan masa tuanya setelah pensiun dari pekerjaan, apakah nanti hidupnya akan tercukupi atau mungkin malah kekurangan? Maka dari itu, memiliki dana pensiun cukup termasuk contoh financial freedom karena Anda tak perlu khawatir mengenai kehidupan setelah tidak bekerja lagi nantinya.

Mempunyai tabungan pensiun cukup, bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu mengikuti program BPJS Jaminan Pensiun dan menabung tambahan di luar BPJS. Melakukan kedua hal ini dapat membuat Anda lebih tenang dalam menghadapi masa tua setelah pensiun nanti karena sudah memiliki banyak tabungan.

2. Memiliki investasi untuk jangka panjang

Salah satu contoh lainnya dari merdeka keuangan yaitu telah memiliki investasi untuk jangka panjang. Investasi memang tidak dapat dilihat dalam jangka waktu pendek, misalnya sebulan maupun setahun karena hasilnya baru bisa benar-benar terlihat dalam lima tahun atau lebih.

Mempunyai investasi menjadikan Anda memiliki jumlah tabungan lebih banyak karena nilainya akan lebih tinggi pada tahun mendatang. Contoh instrumen investasi yang bisa dijadikan sebagai tabungan jangka panjang, misalnya emas, properti, saham, reksadana, tanah, serta jenis aset produktif lainnya.

3. Tidak bingung memikirkan biaya pendidikan anak

Ciri seseorang telah mencapai financial freedom juga bisa dilihat dari tidak bingungnya mereka untuk memikirkan biaya pendidikan anak-anaknya. Biaya pendidikan setiap tahunnya hampir selalu mengalami kenaikan, sehingga menyisihkan dana tersebut sebaiknya dilakukan jauh hari.

4. Mempunyai asuransi (jiwa, kesehatan, dan lain-lain)

Melindungi diri sebisa mungkin perlu dilakukan supaya kehidupan lebih terjamin, baik itu terkait dengan kesehatan maupun jiwa. Oleh karena itu, mempunyai asuransi sedikit banyak cukup membantu kehidupan, sebab ada risiko yang tidak bisa diprediksi dalam kehidupan lalu menjadi tak produktif untuk bekerja kembali. Contohnya sakit, kecelakaan, bencana, dan lain sebagainya.

Langkah Mencapai Financial Freedom

Setelah membaca contoh financial freedom yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, pasti setiap orang menginginkan hal tersebut agar tidak perlu terlalu khawatir mengenai kehidupannya di masa mendatang. Lalu bagaimana cara mendapatkan kondisi tersebut? Berikut ini merupakan langkah mencapai financial freedom supaya hidup lebih tenang.

1. Tentukan tujuan 

Tujuan financial freedom adalah supaya bisa hidup dengan tenang tanpa ada kekhawatiran masalah keuangan di masa mendatang. Sehingga untuk memperolehnya, tentukan rencana tujuan Anda terlebih dahulu dan bertanyalah kepada diri sendiri mengapa Anda harus mencapai kebebasan keuangan tersebut?

Contohnya misalkan Anda hendak membeli tanah di pinggiran kota, maka tetapkan tujuan tersebut secara lebih spesifik. Jabarkan mulai dari berapa gaji yang harus ditabung, hendak dijadikan sebagai apa tanah tersebut, sampai melakukan riset harga.

2. Buat anggaran keuangan sekaligus manajemennya

Pengelolaan anggaran belanja dari gaji sangat penting dilakukan untuk mencapai kemerdekaan secara finansial. Bayangkan jika Anda mendapatkan gaji tetapi akhirnya selalu berakhir tidak bisa menabung, apakah kebebasan keuangan itu bisa diperoleh?

Mengatur gaji bulanan perlu dilakukan, dan sebaiknya harus memiliki tabungan serta dana darurat setidaknya 10% hingga 30% pendapatan. Usahakan selalu mencatat berapa banyak pengeluaran sekaligus pemasukan setiap bulannya, tujuannya supaya lebih tahu berapa uang masuk dan keluar.

Apabila Anda mampu mengatur gaji dengan baik dan tidak bersikap konsumtif ataupun latah mengikuti gaya hidup orang lain, dipastikan dapay memperoleh kehidupan baik ke depannya nanti. Hindari pula membeli barang tidak perlu maupun terlalu memprioritaskan keinginan dibandingkan kebutuhan sehari-hari.

3. Lakukan investasi aset finansial maupun aset riil untuk jangka panjang

Investasi merupakan salah satu cara mencapai financial freedom di usia muda karena merupakan jenis tabungan untuk jangka panjang. Jika menginvestasikan sebagian uang, maka nilainya akan terus bertambah setiap tahunnya atau pada periode tertentu.

Contoh investasi yaitu aset finansial (reksadana, pasar uang, saham, P2P lending) dan aset riil (properti, tanah, emas, dan sebagainya. Kedua jenis investasi tersebut jika dilaksanakan dengan baik akan membantu Anda mengumpulkan dana lebih beberapa tahun kemudian. Namun hal paling penting adalah melakukan investasi untuk financial freedom yang sesuai kemampuan terlebih dahulu dan pastikan memiliki dana lebih agar tidak mengganggu kehidupan.

4. Jika punya pinjaman, prioritaskan untuk melunasinya

Apabila ingin memperoleh kebebasan finansial, sebaiknya prioritaskan untuk melunasi hutang dan pinjaman terlebih dahulu, baik ke orang lain maupun suatu lembaga. Adanya hutang akan menghambat proses untuk mencapainya, sehingga fokuskan diri untuk melunasinya satu per satu.

5. Usahakan menghindari hutang

Cara mencapai financial freedom adalah usahakan menghindari hutang karena justru nantinya akan menghambat proses tersebut. Apabila terpaksa harus melakukannya, sebaiknya pertimbangkan secara matang terlebih dahulu dan pastikan bahwa Anda memang sedang dalam keadaan mendesak dan tidak ada cara lain lagi.

Berhutang memang sangat merepotkan diri sendiri maupun orang lain, sehingga sebaiknya tidak meminjam uang hanya demi memprioritaskan gaya hidup. Jika sudah terlanjur memiliki pinjaman kepada orang lain, segera lunasi dan bertanggung jawab.

6. Harus mempunyai dana darurat

Meskipun telah mempunyai asuransi, keberadaan dana darurat memiliki peran penting dan tak boleh disepelekan. Adanya dana darurat ini sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan tak terduga, misalnya tiba-tiba jatuh sakit lalu butuh dana berobat, kekurangan biaya hidup di tempat baru, serta biaya mendadak lainnya yang perlu dikeluarkan.

Tanpa memiliki dana darurat, Anda pasti akan merasa kelabakan ketika ada kejadian secara tak terduga. Setidaknya coba sisihkan dana tersebut sebesar 5-10% dari gaji.

7. Cari pendapatan tambahan

Supaya bisa mencapai merdeka finansial, cobalah mencari pendapatan tambahan lainnya, misalnya dengan menjalankan bisnis dan bisa dimulai dahulu secara kecil-kecilan. Pastikan cara Anda mendapatkan penghasilan tambahan tidak mengganggu waktu bekerja (jika mempunyai pekerjaan utama).

Penghasilan tambahan tidak hanya diperoleh dari berjualan atau bisnis saja. Anda pun bisa melakukannya tanpa modal, tetapi harus memiliki kemampuan bidang tertentu, misalnya freelance (kerja lepas).

8. Pahami kondisi finansial pribadi

Merdeka secara finansial bukan selalu tentang banyaknya uang, tetapi tentang apakah uang tersebut cukup jika digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di masa depan. Pertimbangkan bahwa penghasilan saat ini mampu melunasi segala dana pengeluaran, jika belum berarti kebebasan finansial belum tercapai. Cara sederhana melakukannya yaitu pahami kondisi pribadi, selalu usahakan pendapatan lebih besar dibandingkan pengeluaran.

9. Jangan latah mengikuti gaya hidup orang lain

Terlalu berkeinginan mengikuti gaya hidup orang lain akan menghambat diri sendiri mencapai financial freedom di usia muda karena merasa harus memiliki apa yang orang lain punya. Padahal jika tak memilikinya tentu tidak ada masalah sama sekali, sebab pasti tiada habisnya. Prioritaskan kebutuhan dahulu daripada keinginan yang sebenarnya tidak terlalu mendesak.

Kebebasan finansial atau financial freedom dapat dicapai dengan adanya usaha. Oleh karena itu agar bisa mencapainya, coba terapkan cara tersebut. Semoga membantu!

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah seorang yang memiliki minat pada informasi edukasi tentang finansial, maupun memberikan informasi penting lainnya seputar produk keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.