Manfaat Investasi Sejak Dini Bagi Investor

berinvestasi sejak dini akan memberikan banyak manfaat

Jika berbicara tentang persiapan keuangan jangka panjang atau persiapan di hari tua, mungkin sebagian besar akan menyebutkan aktivitas menabung. Padalah, ada satu kegiatan yang lebih baik dari hanya sekadar menabung saja, yaitu adalah investasi. Memang masih tidak terlalu banyak yang paham tentang investasi, baik dari segi cara, bentuk-bentuk, dan manfaatnya. Oleh karena itu, berikut akan dijelaskan tentang beberapa manfaat investasi.

10 Manfaat Investasi Sejak Dini

Berikut manfaat investasi yang bisa diraih jika Anda memulai sejak dini:

1. Meningkatkan nilai sebuah uang

Disadari atau tidak, jika Anda menyimpan uang, misalnya di bank, nilai dari uang tersebut semakin lama akan semakin menurun. Hal ini karena bunga yang diperoleh dari tabungan akan tergerus oleh berbagai macam biaya administrasi. Di sisi lain, berbagai harga barang juga pasti akan terus meningkat. Lain halnya jika Anda berinvestasi di emas misalnya. Harga emas akan terus naik dalam jangka panjang.

2. Terhindar dari inflasi

Salah satu alasan uang yang Anda tabung akan menyusut nilainya adalah karena adanya inflasi. Inflasi hampir bisa terjadi setiap tahun dan mengakibatkan nilai uang semakin menurun. Bahkan, pada beberapa kasus, suku bunga pada tabungan malah lebih rendah dan tidak bisa menutupi inflasi. Salah satu keuntungan investasi adalah kebal dari inflasi tersebut sehingga Anda tidak perlu takut nilai investasi akan berkurang.

3. Memperoleh efek compounding

Perkembangan investasi yang Anda miliki bukanlah bertambah sejumlah nilai yang sama terus-menerus, namun terdapat efek compounding atau bergulung. Inilah yang menyebabkan investasi dalam jumlah kecil pun jika dilakukan secara konsisten selama jangka panjang akan menghasilkan sesuatu yang besar.

4. Memperoleh penghasilan tambahan

Prinsip penghasilan yang paling umum terjadi di masyarakat saat ini adalah menukarkan waktu dan tenaga untuk uang. Padahal, ada jalur lain yang sebenarnya bisa dilakukan, yakni menukarkan uang dengan uang atau investasi. Artinya, untuk mendapat penghasilan, Anda tidak harus mengorbankan waktu dan tenaga, namun uang yang Anda miliki saja. Sebagai contoh adalah nilai properti yang terus naik setiap tahun adalah penghasilan yang Anda dapatkan, hanya saja berbentuk pertambahan nilai.

5. Lebih siap pensiun

Tidak mungkin Anda akan terus bekerja seumur hidup. Ada waktunya Anda harus menikmati hari tua. Investasi sejak usia muda bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk mempersiapkan hari tua yang cerah. Ketika mendapat penghasilan, cobalah untuk menyisihkan sebagian kecil gaji untuk berinvestasi dan Anda akan merasakannya ketika di usia senja nanti.

6. Mempersiapkan kebutuhan di masa mendatang

Ada beberapa kebutuhan yang mungkin harus Anda penuhi di masa mendatang seperti biaya pendidikan anak, kesehatan, biaya pernikahan, dan masih banyak lagi. Sebenarnya menabung saja sudah cukup untuk mempersiapkan kebutuhan ini. Namun, akan lebih baik jika Anda juga berinvestasi agar tidak terlalu kaget ketika tiba-tiba harus mengeluarkan sejumlah uang yang besar.

7. Menambah wawasan

Pendidikan finansial memang jarang atau bahkan tidak diajarkan di bangku sekolah. Padalah, pengetahuan ini sangat penting untuk dimiliki setiap orang. Berinvestasi adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menambah wawasan tentang dunia finansial. Jika memahami dengan baik, Anda bisa menjadi seorang yang andal dalam merencanakan keuangan.

8. Mencapai kebebasan finansial

Kebebasan atau finansial freedom adalah impian setiap orang di mana Anda tidak harus bekerja lagi karena uang sudah bekerja untuk Anda. Seluruh kebutuhan dan gaya hidup Anda bisa dipenuhi tanpa Anda harus bekerja. Cara terbaik untuk mencapai kondisi ini adalah dengan rajin berinvestasi. Ketika investasi Anda sudah cukup besar, maka investasi tersebut yang akan membiayai seluruh kebutuhan Anda.

9. Melatih tanggung jawab

Melatih tanggung jawab bisa Anda lakukan dengan mulai berinvestasi. Bukan hanya bentuk tanggung jawab terhadap masa tua, namun Anda juga dilatih untuk bertanggung jawab terhadap instrumen investasi yang Anda pilih. Sebagai contoh Anda berinvestasi saham di sebuah perusahaan. Anda harus dapat bertanggung jawab jika ada kerugian dan mempersiapkan back up.

10. Latihan mengambil keputusan

Dalam berinvestasi, terkadang Anda harus dihadapkan dengan berbagai pilihan yang masing-masing memiliki risiko tersendiri. Oleh karena itu, kemampuan untuk menentukan keputusan sangat penting di sini. Namun, semakin lama, kemampuan mengambil keputusan ini akan semakin terasah dan terlatih.

Jenis-Jenis Instrumen Investasi Yang Bisa Dimulai Sejak Dini

1. Saham

Manfaat investasi saham adalah untuk penanaman modal dalam jangka Panjang yang menguntungkan. Saham memang sudah cukup dikenal oleh masyarakat sebagai aset investasi jangka panjang. Namun, banyak yang menganggap bahwa yang bisa berinvestasi di saham hanyalah orang yang kaya saja. Padahal, saat ini terdapat cukup banyak perusahaan yang menawarkan saham mulai dari Rp15.000,00 saja per lembar.

2. Reksa dana

Jika masih dirasa perlu modal yang besar untuk berinvestasi di saham, Anda bisa mencoba investasi reksa dana dengan nilai yang jauh lebih kecil. Bahkan, dengan Rp5.000,00 saja Anda sudah bisa memulai berinvestasi di sini. Namun, salah satu tantangan yang harus Anda hadapi ketika berinvestasi di saham atau reksa dana adalah harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang pembacaan kondisi perusahaan di masa depan.

3. Logam mulia

Logam mulia seperti emas bisa menjadi alternatif investasi yang mudah. Meskipun cenderung naik turun, namun jika dilihat lebih luas, nilai emas semakin lama akan semakin naik setiap tahun sehingga bermanfaat. Anda bisa menyimpan dalam bentuk emas batangan atau membuka tabungan emas. Emas adalah salah satu investasi untuk anak muda yang menarik dan menguntungkan.

4. Properti

Terakhir adalah properti. Bisa dikatakan bahwa modal untuk berinvestasi properti cukup besar. Namun, keuntungannya pun juga sangat menggiurkan. Nilai properti setiap tahun akan semakin naik. Selain itu, properti juga bisa Anda sewakan untuk mendapatkan penghasilan pasif.

Tips Memulai Investasi Untuk Investor

Berikut adalah tips memulai investasi agar investor dapat memperoleh manfaat maksimal:

1. Menanamkan mindset yang tepat

Pertama, pastikan Anda memiliki mindset yang tepat. Tanamkan pikiran bahwa investasi yang Anda lakukan adalah untuk keperluan jangka panjang. Namun, tidak masalah jika ingin investasi jangka pendek, meskipun keuntungannya lebih kecil.

Anda tidak bisa mengharapkan hasil investasi yang besar dalam waktu yang singkat. Jika Anda tidak sabar untuk mendapatkan hasil, maka cara paling baik adalah berjualan, dan bukan berinvestasi.

2. Memilih instrumen investasi yang tepat

Ada beberapa jenis instrumen investasi yang bisa Anda pilih. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu, cobalah untuk memperhitungkan mana yang paling sesuai dengan Anda, baik dari segi cara kerja maupun modal. Jika Anda memiliki modal yang cukup besar, berinvestasi di bidang properti sangat direkomendasikan.

3. Memulai dari kecil

Anda tidak harus langsung berinvestasi dalam jumlah yang besar. Mulailah untuk berinvestasi dari jumlah yang kecil namun konsisten. Setelah bisa konsisten, barulah Anda mulai meningkatkan jumlah investasi tersebut, baik dari nilai atau bertambah ke jenis investasi lainnya.

Kerugian Tidak Memulai Investasi Sejak Dini

Tentu saja Anda akan memperoleh kerugian jika tidak memulai investasi dari sekarang. Salah satu kerugian yang akan paling terasa adalah kerepotan di bidang keuangan saat masa tua. Anda tidak tahu akan ada kebutuhan mendadak apa di masa depan. Anda juga tidak tahu apakah kondisi keuangan negara akan tetap stabil atau akan terjadi krisis. Semua risiko tersebut tidak akan Anda alami jika melakukan investasi sejak dini.

Jadi, jika Anda sudah memulai berinvestasi saat ini, maka Anda melakukan langkah yang tepat. Sebaliknya, jika Anda masih belum berinvestasi, sekarang adalah waktu yang paling tepat untuk memulainya dan rasakan berbagai manfaat investasi di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *