4 Investasi Untuk Ibu Rumah Tangga

investor ibu rumah tangga

Investasi merupakan istilah yang tak asing di telinga. Pengertiannya adalah penanaman dana atau aset yang dilakukan oleh perusahaan ataupun individu, dalam jangka waktu tertentu guna mendapatkan keuntungan di masa mendatang. Tak sedikit yang beranggapan bahwa investasi hanya dilakukan oleh orang-orang “berduit”, padahal investasi untuk ibu rumah tangga cukup banyak dilakukan.

Di zaman yang kian modern dan canggih seperti saat ini, wanita dituntut untuk serba bisa, piawai mengerjakan banyak hal, dan juga mandiri. Jika dahulu perempuan terlebih seorang ibu rumah tangga selalu mengandalkan sang suami tak terkecuali persoalan finansial, kini banyak ibu rumah tangga memilih menanam investasi karena menyadari perencanaan keuangan sangat berguna untuk keluarga.

4 Investasi Untuk Ibu Rumah Tangga Paling Mudah

Apa saja? Simak penjelasan lengkap mengenai investasi ideal yang cocok untuk ibu rumah tangga di bawah ini:

1. Emas

Emas menjadi salah satu bentuk investasi yang tidak mudah terdepresiasi sehingga populer dan banyak dilakukan oleh semua kalangan. Pasalnya, alasan emas berharga karena terbilang stabil dan lebih mudah dilakukan jika dibandingkan dengan bentuk investasi lainnya.

Anda tak perlu memiliki kemampuan analisis seperti ketika ingin berinvestasi foreign exchange maupun saham, karena Anda hanya perlu membeli dan menyimpan emas dalam jangka waktu tertentu.

Namun emas yang dimaksud disini bukanlah emas perhiasan, melainkan logam mulia. Ketika membelinya, Anda akan mendapatkan sertifikat keaslian yang dapat digunakan sebagai jaminan jika sewaktu-waktu Anda ingin menjualnya kembali. Investasi yang satu ini disarankan untuk jangka panjang, karena harga emas yang cenderung naik dari waktu ke waktu.

Selain mudah dilakukan, terdapat banyak keuntungan berinvestasi emas seperti kebal inflasi serta likuiditas tinggi atau mudah dicairkan. Sehingga nantinya dapat digunakan ketika sewaktu-waktu Anda membutuhkan dana mendesak. Namun Anda perlu berhati-hati mencari tempat yang aman untuk membeli emas, karena tak sedikit oknum yang memalsukan logam mulia ini.

2. Reksa Dana

Contoh kegiatan investasi dalam keluarga yang menjanjikan adalah reksa dana. Instrumen investasi satu ini adalah salah satu produk finansial yang harus dimiliki keluarga. Alasannya adalah karena terbilang cocok bagi mereka yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu luang untuk memantau grafik pergerakan pasar, tak terkecuali ibu rumah tangga.

Pertama, ketahui dulu apa itu reksa dana. Reksa dana merupakan kumpulan dana dari investor, yang nantinya dikelola oleh MI atau manajer investasi. Pengelolaan tersebut melibatkan portofolio seperti saham, deposito, obligasi, dan lain sebagainya.

Sehingga para ibu rumah tangga tak perlu repot melihat pergerakan pasar modal, karena para MI-lah yang ditugaskan untuk memantau serta mencari tahu mengenai saham terbaik untuk dibeli.

Bagi Anda yang tertarik untuk berinvestasi reksa dana, Anda dapat memulainya dengan modal kecil. Terdapat 4 jenis reksa dana yaitu pendapatan tetap, pasar uang, saham, serta campuran. Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan. Pembelian reksa dana pun tak kalah mudah, dapat dilakukan melalui online, perusahaan sekuritas, maupun bank.

Anda juga dapat memakai jasa manajer investasi untuk membantu Anda, karena semua yang Anda butuhkan terkait dengan reksa dana akan dikelola oleh mereka. Namun Anda harus mau merogoh kocek lebih dalam untuk biaya pembelian, biaya penjualan, bank kustodian, hingga biaya manajemen.

3. Surat Utang Negara

Investasi untuk ibu rumah tangga tanpa ribet selanjutnya adalah Surat Utang Negara atau SUN. SUN sendiri merupakan surat berharga yang diterbitkan pemerintah, yang bertujuan mencari dana untuk pembiayaan APBN.

Sehingga apabila Anda tertarik untuk menjadi investor SUN, Anda seolah memberikan pinjaman kepada pemerintah dan nantinya akan mendapatkan imbal hasil atau keuntungan berupa kupon ataupun bunga.

SUN tergolong investasi aman dan terpercaya, karena pembayaran pokok dan kupon dijamin oleh negara. Produk-produk SUN pun beragam, mulai dari Sukri atau Sukuk Ritel, ORI atau Obligasi Ritel Indonesia, hingga SBR atau Saving Bond Ritel.

Sukuk ritel adalah SBSN atau Surat Berharga Syariah Negara yang menjadi bukti dari kepemilikan aset SBSN yang disewakan. Keuntungan sukuk ritel akan didapatkan dari bagi hasil apabila nilainya sudah tetap.

ORI merupakan jenis obligasi yang dikeluarkan pemerintah dan modalnya terbilang cukup terjangkau. Untuk dapat berinvestasi ORI, Anda perlu menyiapkan dana minimal Rp 5 juta.

Sedangkan investasi SBR terbilang mirip dengan ORI, perbedaannya terletak pada kupon atau bunga yang dibayarkan. Jika ORI menggunakan kupon bunga tetap, SBR menggunakan kupon bunga mengambang atau floating with floor.   

4. Tabungan Berjangka

Tabungan yang cocok untuk ibu rumah tangga adalah tabungan berjangka. Apabila Anda cenderung sulit menyisihkan uang untuk ditabung ataupun untuk berinvestasi, tabungan berjangka dapat menjadi pilihan investasi ideal untuk Anda.

Pasalnya dengan tabungan berjangka Anda tak perlu menyisihkan dan menabung secara manual, karena terdapat fitur auto debet yang akan memotong uang dari rekening sumber dana secara otomatis.

Tabungan berjangka sendiri merupakan produk dari beberapa bank, dimana nasabah menyimpan uang dan menentukan jangka waktu sesuai keinginan. Bentuk investasi yang satu ini pun sangat cocok untuk ibu rumah tangga, karena menawarkan tenor panjang mulai dari 1 hingga 20 tahun. Dengan begitu, Anda dapat menjamin kesehatan keuangan keluarga di masa mendatang.

Selain itu, umumnya tabungan berjangka memiliki setoran awal yang lebih kecil jika dibandingkan dengan deposito. Bahkan tak jarang beberapa bank yang juga menawarkan fasilitas asuransi jiwa yang meliputi perlindungan nasabah ketika terjadi hal-hal tidak diinginkan seperti kecelakaan atau meninggal dunia.

Manfaat Investasi Bagi Ibu Rumah Tangga

Stigma investasi memerlukan uang yang besar perlu dipatahkan, karena faktanya siapa saja bisa melakukannya tak terkecuali para ibu rumah tangga. Dengan modal minim, ibu rumah tangga dapat menanam modal yang aman dan menguntungkan. Sehingga tak perlu gaji sebesar wanita karier untuk dapat memulai, karena terdapat banyak instrumen investasi yang tak memerlukan banyak modal untuk memulai.

Bukan tanpa alasan seseorang melakukan investasi, karena investasi dapat mendatangkan banyak manfaat bagi ibu rumah tangga diantaranya:

Meningkatkan Kekayaan

Tujuan dan manfaat berinvestasi adalah untuk meningkatkan jumlah kekayaan atau aset keluarga yang dimiliki.

Merasakan Kebebasan Finansial

Kebebasan finansial juga menjadi salah satu manfaat yang bisa dirasakan dari berinvestasi. Apabila seseorang dapat memenuhi passive income atau pendapatan di luar gaji, kebutuhan famili pun akan tercukupi dan dapat merasakan kebebasan secara finansial.

Sebagai Dana Darurat

Siapapun tidak dapat memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan. Untuk itu banyak rumah tangga memilih untuk berinvestasi demi mengumpulkan dana darurat (emergency fund) yang dapat digunakan sewaktu-waktu apabila ada keperluan mendesak.

Melindungi Aset

Tak hanya itu, investasi juga bermanfaat untuk melindungi aset Anda dari inflasi. Pasalnya, inflasi yang terjadi terus menerus tentu dapat membuat nilai aset Anda berkurang. Namun dengan berinvestasi aset Anda justru akan berkembang bahkan menghasilkan nilai tambah, sehingga nantinya dapat melindungi dari gerusan inflasi.

Kapan Waktu yang Tepat Bagi Keluarga Untuk Mulai Berinvestasi?

Semakin dini Anda memulai investasi, maka semakin cepat pula keluarga Anda merasakan keuntungannya. Misalnya Anda membutuhkan biaya untuk beberapa tahun ke depan saat buah hati sudah mulai masuk sekolah, maka mulailah sekarang juga. Apabila Anda masih terkendala modal, carilah instrumen investasi yang dirasa cocok dengan dana yang Anda miliki.

Demikianlah jenis investasi yang sesuai untuk ibu rumah tangga sehingga layak untuk dicoba. Karena sejatinya tak semua aset memerlukan modal besar, untuk itu mulai investasi sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *