7 Investasi Aman dan Terpercaya di 2021, Return Terbaik

Investasi Aman & Terpercaya

Sudah bisa dipastikan Anda tidak bisa memprediksi keadaan finansial di masa depan. Untuk itu, Anda harus melakukan satu hal penting agar keadaan finansial Anda tetap stabil dan aman. Satu hal penting yang perlu Anda lakukan adalah investasi. Di sini, Anda bisa melakukan salah satu dari 7 investasi aman dan terpercaya dan cocok bagi pemula.

Lalu, apa saja aset menarik tersebut? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda perlu membaca dan menyimak artikel ini hingga akhir. Namun, sebelumnya, tahukah Anda apa itu investasi beserta manfaatnya?

Investasi adalah suatu kegiatan di mana orang atau perusahaan menanamkan sejumlah dana yang untuk dikembangkan. Pengembangan dana ini diharapkan mampu memberikan manfaat berupa return atau hasil yang besar. Namun, untuk mendapatkan keuntungan besar dari investasi Anda perlu membutuhkan waktu yang tidak singkat.

Selain mendapatkan return, keuntungan atau manfaat lain dari investasi adalah dalam menjalankannya Anda tidak perlu terjun untuk mengembangkan investasi tersebut. Di sini, Anda bisa mengawasi saja perkembangannya.

Nah, setelah mengetahui arti dan manfaat dari investasi, kini saatnya Anda mengetahui 7 pilihan investasi aman dan terpercaya yang bisa dipilih:

1. Reksa dana

Jika Anda ingin mencoba untuk melakukan investasi untuk pertama kalinya, Anda perlu mencoba reksa dana. Kenapa reksa dana adalah pilihan yang recommended bagi pemula? Hal ini karena reksa dana adalah salah satu jenis investasi yang bermodal kecil sehingga cocok untuk kaum pemula yang ingin mencoba berinvestasi.

Bukan hanya bermodal kecil saja, reksa dana juga tidak mengharuskan penanaman investasi permanen untuk mengelola dana. Dengan begitu reksa dana sangat cocok untuk kaum pemula yang ingin berinvestasi, tetapi belum paham bagaimana mengelola dananya.

Lantas, siapa yang akan mengelola uang di reksa dana? Jika Anda berinvestasi reksa dana , dana yang Anda tanamkan akan dikelola oleh Manager Investasi (MI). Di mana nantinya, reksa dana yang Anda investasikan akan ditampilkan dalam bentuk portofolio efek yang sangat dibilang menjanjikan.

Nah, dengan keuntungan dari investasi reksa dana tersebut, tak heran jika investasi reksa dana banyak digandrungi kaum milenial. Oh ya sebagai informasi tambahan, modal atau dana yang Anda tanamkan bisa dimulai dari 10 ribu rupiah saja.

2. Saham

Selanjutnya, investasi saham juga dikenal sebagai bentuk investasi yang aman dan terpercaya. Hal ini karena investasi saham memberikan return atau hasil yang menguntungkan dalam jangka panjang. Anda juga perlu tahu jika saham memiliki risiko yang sebanding dengan keuntungannya.

Nah, untuk menghindari masalah risiko yang terjadi, Anda tidak perlu khawatir. Dalam hal ini, Anda hanya perlu pengetahuan dasar pasar modal. Dengan begitu, saat ada masalah yang terjadi, Anda bisa menemukan solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Namun, Anda harus tahu bahwa saham ini termasuk dalam jenis investasi jangka panjang sehingga Anda perlu kesabaran yang besar dalam berinvestasi. Kemudian, return atau hasil dari saham tergantung pada inflasi. Untuk itu, hasil yang maksimal dari investasi saham bisa diperoleh maksimal dalam kurun waktu 5 tahun.

3. Emas

Salah satu alasan memulai investasi emas sehingga banyak dipilih adalah karena emas termasuk dalam jajaran aset yang aman dan tentunya menguntungkan. hal ini bisa dilihat dari harga emas yang cukup stabil, dan bisa mengan laju gejolak inflasi. Dengan begitu, tak heran emas bisa mudah dijual dan nilai jualnya cukup tinggi.

Nah, jika Anda tertarik dengan investasi emas, sekarang ini modal yang Anda keluarkan untuk emas tidaklah tinggi. Di sini, Anda bisa melakukan pembelian emas di marketplace. Alasannya tentu saja karena sudah banyak marketplace yang menawarkan investasi emas dengan modal mulai dari Rp. 5.000 saja, sangat murah bukan?

Namun, jika Anda tidak ingin berinvestasi emas di marketplace, Anda bisa melakukan pembelian emas online di lembaga bernama Pegadaian Digital maupun Brankas LM Antam. Nah, untuk membeli emasnya sendiri, di kedua lembaga tersebut juga melayani pembelian emas yang bisa dilakukan secara online.

Jika Anda ingin melakukan investasi di salah satu dari kedua lembaga tersebut, Anda akan dimudahkan proses investasinya loh. Hal ini karena setelah Anda membeli emasnya, emas tersebut langsung bisa tersimpan dengan aman tanpa takut akan terjadi pencurian.

4. Properti

Sama halnya dengan emas, sekarang sudah banyak yang tertarik dengan investasi properti berupa rumah hingga kos-kosan. Bahkan properti termasuk dalam investasi yang cocok untuk anak muda. Hal ini karena properti tergolong investasi yang aman dan menguntungkan.

Terbilang aman karena Anda bisa mengelolanya sendiri sehingga hal tersebut bisa meminimalisir kecurangan. Lalu, bagaimana Anda bisa tahu jika investasi properti sangat menguntungkan?

Properti termasuk investasi yang menguntungkan karena nilai jual dari properti sendiri terus mengalami kenaikan. Hal ini tentu saja karena kebutuhan dan permintaan akan properti juga terus meningkat.

5. Obligasi

Pernahkah Anda mendengar apa itu obligasi? Investasi obligasi adalah penanaman modal yang berupa surat utang berjangka menengah hingga jangka panjang yang bisa dipindahtangankan. Obligasi sendiri dikeluarkan oleh pemerintah dan koperasi.

Nah, obligasi termasuk investasi yang menguntungkan dan cocok bagi pemula karena aset ini memiliki nilai return yang cukup tinggi. Selain itu, Anda juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan capital gain dari penjualan obligasi di pasar sekunder. Keuntungan selanjutnya, investasi yang satu ini dibilang tidak memiliki risiko apalagi jika obligasi dikeluarkan pemerintah.

6. Unit Link

Ada yang bilang perbedaan asuransi dan investasi itu banyak sehingga sulit disatukan. Namun, jika dilihat dari perkembangannya saat ini, asuransi juga bisa dikatakan sebagai investasi loh. Hal ini karena selain membayar premi sebagai proteksi diri dan keluarga, kini pihak asuransi juga menawarkan sebuah produk yang bernama Unit Link.

Dengan Unit Link ini, selain Anda bisa memproteksi diri terhadap resiko yang tidak terduga di masa datang, Anda juga bisa melakukan investasi. Hal ini karena dalam produk Unit Link, sebagian dari premi yang Anda bayar akan ditempatkan sebagai investasi.

7. Tabungan Berjangka

Apakah Anda takut berinvestasi karena modal dan risiko yang ada? Jika iya, Anda bisa memulai investasi melalui tabungan berjangka. Hal ini karena tabungan berjangka adalah salah satu investasi jangka pendek yang paling aman dan menguntungkan.

Kenapa demikian? Tabungan berjangka bisa memberikan Anda keuntungan berupa bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan dan deposito. Kemudian, tabungan berjangka ini termasuk investasi yang minim akan risiko sehingga Anda tidak akan pernah mengalami kerugian seperti melakukan saham yang nilainya bisa naik-turun.

Nah, itulah 7 investasi dengan return terbaik dan terpercaya yang bisa menjadi pilihan. Mana yang akan Anda pilih?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *