Apa itu PayLater: Pengertian, Contoh dan Keunggulannya

Mengenal PayLater

PayLater sebagai produk kredit digital bisa membantu Anda untuk mendapatkan produk kebutuhan saat ini, namun pembayarannya dalam beberapa waktu kemudian. Selain menawarkan proses persetujuan yang cepat, syaratnya juga mudah dan memberikan limit cukup besar. Bagi Anda yang suka belanja online, sekarang bisa pakai banyak aplikasi PayLater seperti SPayLater, Ovo PayLater dan GoPaylater.

Untuk lebih jelas mengenal apa itu PayLater, simak artikel ini sampai habis. Karena kami juga memberikan contoh Paylater terbaik di Indonesia beserta informasi bunga dan persyaratannya.

Pengertian PayLater

PayLater adalah metode pembayaran yang memungkinkan Anda membeli barang secara online sekarang, namun bayarnya bisa di kemudian hari. PayLater mirip dengan kartu kredit, namun dalam bentuk digital.

Jadi, meskipun Anda belum memiliki uang dalam bentuk saldo digital, Anda tetap bisa bertransaksi di situs jual beli online.

PayLater saat ini banyak diminati, karena prosesnya yang mudah, tidak seperti pengajuan kartu kredit atau pinjaman bank. Jika Anda ingin menggunakan metode PayLater, biasanya Anda cukup memberikan informasi pribadi dan dibuktikan dengan dokumen seperti KTP atau SIM. Persetujuan dari pihak penyedia PayLater juga cepat sehingga bisa langsung digunakan untuk transaksi.

Pada saat pertama kali pengajuan PayLater, biasanya pengguna akan dibatasi jumlah pembelian pertamanya, misalnya maksimal Rp 1 juta. Namun seiring waktu batas pembelian akan meningkat, jika pengguna bisa rutin membayar dan tidak melakukan pelanggaran perjanjian.

Meskipun dalam proses pengajuannya mudah, namun sebaiknya Anda juga memperhatikan seperti syarat dan ketentuan dari masing-masing PayLater. Misalnya informasi bunga, biaya administrasi, tanggal jatuh tempo atau syarat lain. Pasalnya Anda akan dikenakan denda jika melewati batas pelunasan pembayaran.

Kelebihan PayLater

1. Metode pembayaran efektif

PayLater punya beberapa keunggulan sebagai metode pembayaran yang murah, cepat dan efektif dibandingkan jenis metode lain. Misalnya, saat ini semua marketplace menyediakan opsi pembayaran PayLater dalam 1 aplikasi. Jadi beli barang dengan cicilan semakin mudah, Anda tidak perlu menambah aplikasi lain yang bisa bikin hp lemot atau harus install dan melakukan verifikasi yang merepotkan.

2. Banyak promo menarik

PayLater masih jadi layanan baru bagi sebagian besar E-Commerce, sehingga banyak tersedia promo menarik seperti potongan harga atau cashback. Hal ini bertujuan untuk mengajak lebih banyak pengguna merasakan kemudahan belanja dengan PayLater. Pilihan PayLater yang sangat beragam, bisa Anda manfaatkan untuk mendapat harga produk spesial dengan PayLater, dibandingkan menggunakan transfer bank biasa.

3. Banyak pilihan pembelian

PayLater tidak hanya bisa digunakan untuk beli barang fisik, melainkan untuk bayar produk layanan seperti sewa mobil, bayar ongkos ojek motor maupun mobil, bayar tiket pesawat, bayar sewa hotel dan masih banyak lagi.

Beberapa kelebihan PayLater lainnya seperti:

  • Tenor pelunasan fleksibel, bisa mencapai 15 bulan
  • Bisa memberikan limit hingga puluhan juta rupiah
  • Beberapa PayLater, bahkan tidak perlu daftar seperti GoPayLater

Kekurangan PayLater

1. Bisa menjebak pelanggan

Pembayaran PayLater dengan bunga rendah dan tenor panjang terkadang membuat pihak pengguna sedikit ceroboh. Banyak contoh kasus yang merasa terjebak saat menggunakan metode pembayaran PayLater. Alasannya, karena jumlah pengembalian membengkak akibat timbulnya biaya langganan, bunga atau denda keterlambatan.

Padahal kebanyakan dari pengguna kurang terkadang kurang memperhatikan informasi mengenai limit, denda dan biaya-biaya lainnya. Meskipun biaya maupun bunga yang ditawarkan pihak PayLater rendah, namun jika diakumulasikan tentu akan semakin banyak.

2. Biaya tersembunyi

Informasi yang disediakan penyedia layanan PayLater umumnya bisa diakses melalui website dan aplikasi resmi. Namun beberapa penyedia layanan ini tidak memberikan nilai pasti dari biaya yang akan muncul atau kurang jelas dalam menyampaikan informasi. Misalnya hanya dalam bentuk persenan misalnya 2.5% dst atau dengan rentang nilai 2.5 – 4.5%. Hal ini bisa menyebabkan pelanggan tidak mengetahui jika terdapat biaya layanan dan sejenisnya.

3. Menimbulkan perilaku impulsive buying

Selain itu karena proses pengajuan mudah dan limit kredit besar, pengguna tidak lagi merasa kekurangan ketika menginginkan suatu barang. Perilaku ini juga disebut dengan impulsive buying, yaitu keadaan di mana seseorang menghabiskan uang dengan belanja tanpa perencanaan. Hal ini bisa menyebabkan kecanduan, sehingga daya beli yang meningkat akan sekaligus juga menambah hutang.

Tips Memilih PayLater

Berdasarkan uraian sebelumnya, timbulnya permasalah dalam PayLater umumnya disebabkan oleh pengambilan keputusan atau perilaku penggunanya. Jika Anda tertarik untuk menggunakan layanan ini, Anda bisa menerapkan tips menggunakan PayLater di bawah ini, untuk menghindari masalah-masalah PayLater yang sering terjadi.

1. Membaca dan memahami kontrak perjanjian

Kontrak perjanjian sangat penting untuk dipahami, supaya Anda bisa mengetahui informasi seperti bunga, denda dan biaya langganan. Hal ini berfungsi untuk menghindari tagihan membengkak dan potensi gagal atau telat bayar.

2. Mencatat tanggal jatuh tempo

PayLater umumnya akan memberikan tenggat waktu setelah tenor pinjaman Anda berakhir, namun membuat pengingat seperti mencatat tanggal jatuh tempo bisa jadi solusi ampuh untuk menghindari telat bayar. Karena setiap aplikasi PayLater tidak sama dalam menentukan waktu pelunasan, bisa setiap akhir bulan atau awal bulan berikutnya.

3. Mempersiapkan dana tak terduga

Dana tak terduga adalah alokasi dana untuk persiapan kejadian yang tidak biasa, seperti kendaraan rusak, dana berobat atau dana lainnya. Sering kali pengguna mengandalkan sisa gaji bulanannya untuk membayar pelunasan kredit di aplikasi PayaLater, namun tidak mempersiapkan dana tak terduga. Hal ini akan berisiko mengalami gagal atau telat bayar.

Contoh Aplikasi PayLater terdaftar OJK

Shopee PayLater (SPayLater)

Shopee PayLater merupakan produk kredit digital milik Shopee. Jadi jika Anda ingin membeli barang di Shopee, ada metode pembayaran cicilan dengan SPayLater. Aplikasi ini juga merupakan salah satu aplikasi PayLater terbaik pasalnya menawarkan tenor cicilan hingga 12 kali.

Dengan menggunakan SPayLater, Anda bisa membeli berbagai jenis barang atau produk digital seperti pulsa, listrik, BPJS yang ada pada aplikasi E-Commerce Shopee. Namun sayangnya, Shopee PayLater belum bisa untuk transaksi produk E-money, Emas dan Zakat.

Bagaimana cara mengaktifkan Shopee PayLater? Anda cukup menggunakan aplikasi Shopee mobile > pilih menu SPayLater pada halaman profil > unggah dokumen KTP > Selesai (permohonan sedang diproses).

Jika permohonan Anda disetujui, akan muncul pemberitahuan di Shopee atau melalui Email yang terdaftar.

Bunga Shopee PayLater untuk cicilan dan biaya-biaya adalah minimal 2.95%. Denda keterlambatan 5% dan biaya penanganan setiap transaksi adalah 1%.

Namun jika Anda mengalami kesulitan atau ingin menanyakan informasi terkait produk, Anda bisa menghubungi customer service Shopee di (021) 80864285 atau melalui email customerservice@cmf.co.id.

Gojek PayLater (GoPayLater)

GoPayLater merupakan metode pembayaran yang bisa digunakan untuk bayar biaya layanan yang Anda gunakan pada aplikasi Gojek. Seperti membeli makanan di GoFood, bayar ongkos kirim barang di GoSend, bayar ongkos transport GoRide / GoCar dan layanan lain di aplikasi Gojek. Anda tidak perlu khawatir jika akhir bulan dan gajian belum masuk, karena bisa pesan apapun di Gojek dan bayar di kemudian hari dengan GoPayLater.

Keunggulan GoPayLater di antaranya tidak perlu daftar untuk bisa menikmati layanan ini, khusus bagi pelanggan terpilih. Tanpa perlu install aplikasi tambahan, karena sudah masuk dalam aplikasi Gojek. Terdapat halaman konfirmasi pembayaran untuk mencegah transaksi tak sengaja.

Ketika menggunakan GoPayLater, ada biaya yang perlu diperhatikan seperti biaya administrasi dan denda keterlambatan. Biaya GoPayLater adalah biaya bulanan jika Anda menggunakan fitur tersebut dan biaya denda keterlambatan sebesar Rp 2 rb per hari setelah lewat masa tenggang atau 5 hari setelah tanggal jatuh tempo.

OVO PayLater

Ovo PayLater adalah produk PayLater yang bisa digunakan di aplikasi, situs yang melayani pembayaran menggunakan OVO, misalnya Tokopedia dan Grab.  Ovo PayLater memungkinkan Anda untuk membeli berbagai jenis produk kecuali untuk produk digital seperti donasi, tagihan kartu kredit, e-money dan produk keuangan seperti reksa dana dan emas.

Untuk melakukan pendaftaran bisa menggunakan Aplikasi Ovo atau melalui Tokopedia. Proses pengajuan OVO PayLater juga mudah dan cepat. Maksimal verifikasi hanya 2×24 jam setelah pengajuan permohonan, bahkan di beberapa pengguna hanya membutuhkan waktu belasan menit saja.

Keunggulan OvoPayLater adalah tidak ada biaya bulanan/tahunan dan biaya lain yang murah. Anda hanya akan dikenakan biaya layanan maksimal 5% dari total transaksi dan biaya denda 0.1% per hari dari sisa tagihan yang belum lunas. Jadi seandainya jumlah sisa tagihan Anda Rp 100 rb, artinya Anda akan dikenakan biaya Rp 100 per hari, sangat kecil bukan?.

Tokopedia PayLater

Tokopedia PayLater adalah metode pembayaran PayLater yang disediakan Tokopedia, melalui kerjasama dengan berbagai pihak. Saat ini tercatat Tokopedia memberikan kemudahan bayar dengan PayLater untuk GoPayLater, Kredivo dan Indodana.

Jika menggunakan Kredivo, Anda akan mendapat limit belanja hingga Rp 3 juta bahkan jika mencapai Kredivo Premium Anda bisa mendapat limit hingga Rp 30 juta. Bunga 0% jika membayar dalam 30 hari ke depan. Namun sayangnya belum semua daerah terjangkau fasilitas PayLater dari kredivo, hanya daerah seperti Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali dan kota besar lainnya.

Sedangkan jika menggunakan Indodana PayLater, Anda bisa mendapat limit kredit mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 25 juta. Anda bisa mendaftar melalui Tokopedia saat memilih metode bayar, atau melalui aplikasi Indodana. Syarat untuk mengajukan cicilan di Indodana cukup mudah yaitu usia 21 – 50, WNI, minimal penghasilan Rp 3 juta dan tinggal di daerah yang terjangkau layanan Indodana (umumnya di kota besar).

Traveloka PayLater

Traveloka PayLater yaitu fasilitas kredit untuk semua transaksi pembelian dalam aplikasi Traveloka dan merchant lain yang ditunjuk Traveloka. Anda bisa membayar tiket pesawat, bayar hotel, bayar kereta api, bayar bus, rental mobil dengan cicilan. Namun memang belum  bisa untuk bayar beberapa produk tagihan dan top up pulsa.

Kelebihan Traveloka PayLater adalah bisa untuk usia hingga 70 tahun. Limit belanja di awal hingga Rp 10 juta, sedangkan PayLater lain limit awal umumnya hanya Rp 500 ribuan. Anda juga bisa mencicil hingga 12 bulan dengan Bunga yang ditawarkan Traveloka PayLater sifatnya flat, berkisar antara 2.14% – 5%.

Proses verifikasi Traveloka PayLater juga lebih cepat dibandingkan PayLater lain, hanya 60 menit saja. Syarat mudah hanya dengan KTP sah dan usia 21-70 tahun. Supaya tidak ditolak saat pendaftaran, pastikan Anda telah mengisi formulir sesuai dengan dokumen asli, Anda belum pernah mengajukan PayLater sebelumnya, memberikan kontak keluarga yang bisa dihubungi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *