Review OVO PayLater: Fitur, Kelebihan, dan Kekurangan (2021)

Ulasan lengkap OVO PayLater

OVO PayLater merupakan fitur PayLater dari OVO yang menyediakan layanan beli sekarang bayar nanti yang bisa digunakan pengguna untuk membeli barang dari merchant online dan offline. Selain itu, berbagai tagihan rumah tangga juga dapat dibayarkan dengan limit kredit yang tersedia.

Saat ini, OVO PayLater masih berstatus “maintenance” sejak September 2020 sehingga sementara tidak bisa digunakan. Namun, bukan tidak mungkin layanan ini diluncurkan kembali di masa depan.

Jika Anda tertarik untuk mencoba fitur PayLater dari OVO, maka ada baiknya Anda memperhatikan keunggulan dan kekurangan dari layanan ini. Selain itu, Anda juga harus jeli dalam menggunakan batas pinjaman yang diberikan.

Artikel ini akan mengupas lebih jelas keuntungan yang akan Anda dapatkan serta hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menyelesaikan transaksi dengan limit kredit OVO PayLater.

Fitur OVO PayLater

Dianggap sebagai salah satu aplikasi PayLater terbaik, ini berbagai fitur yang ditawarkan OVO PayLater:

1. Jaringan merchant yang luas

Fasilitas limit kredit yang disediakan oleh OVO PayLater menjadi menarik karena dapat digunakan di berbagai merchant online dan offline di Indonesia. Pengguna tidak hanya bisa melakukan transaksi pembelian di Tokopedia, namun saldo kredit yang ada juga bisa digunakan pada berbagai gerai dan toko offline yang memiliki kerja sama dengan OVO.

Jadi, tidak harus kredit handphone di Shopee, Anda bisa menggunakan layanan pinjaman dari OVO untuk membeli smartphone impian di berbagai gerai yang menerimanya.

2. Tersedia berbagai promo menarik

OVO sendiri memiliki kerja sama yang cukup lengkap dengan berbagai perusahaan di Indonesia. Ini artinya pengguna OVO PayLater juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan berbagai promo menarik setiap harinya. Dengan layanan peminjaman yang tersedia, pengguna tidak hanya bisa melakukan transaksi dengan mudah, namun promo yang berlaku juga akan membuat harga menjadi lebih menarik.

3. Manajemen keuangan lebih terkontrol

Pengguna yang memiliki saldo kredit dapat membeli barang tanpa harus memiliki uang tunai terlebih dahulu. Artinya, pengguna dapat merencanakan keuangan dengan lebih baik dengan tetap memperhatikan kemampuan finansial masing-masing.

Selain itu, OVO PayLater juga menyediakan fitur untuk memantau transaksi pada satu periode tertentu. Jadi, pengguna dapat melihat dengan rinci seberapa besar pengeluaran dan pemasukan mereka setiap bulannya.

4. Metode pembayaran yang lebih cepat

Jika pengguna menggunakan limit kreditnya untuk berbelanja pada merchant online dan offline, maka pengguna juga tidak harus melakukan transfer bank terlebih dahulu. Transaksi juga akan menjadi jauh lebih cepat dengan adanya fitur verifikasi instan dari pihak merchant dan OVO. Artinya, pembelian akan langsung diselesaikan jika menggunakan layanan PayLater dari OVO.

Dari pengalaman pemakaian pada 2020 lalu, kecepatan aplikasi OVO PayLater setara dengan Shopee PayLater.

5. Tetap mendapatkan OVO points

Pembayaran transaksi yang dilakukan dengan menggunakan limit kredit OVO PayLater tetap akan memberikan OVO Points bagi para pengguna. Semakin besar transaksi yang dilakukan, maka semakin banyak pula bonus poin yang bisa dikumpulkan. OVO Points tersebut pun masih bisa digunakan untuk mendapatkan berbagai hal menarik dari aplikasi OVO sesuai dengan promo yang berlaku.

Kelebihan OVO PayLater

Berikut berbagai keuntungan memakai OVO PayLater:

1. Persetujuan dan aktivasi yang cukup cepat

Berdasarkan pengalaman dari pengguna yang sudah menggunakan layanan kredit dari OVO PayLater, dapat ditarik kesimpulan bahwa proses persetujuan serta aktivasinya cukup cepat. Dimulai dari proses pendaftaran, pengajuan aplikasi, upload dokumen pribadi, hingga mendapatkan limit kredit hanya memerlukan waktu beberapa jam saja.

Artinya, pengguna sudah langsung bisa mendapatkan fasilitas kredit tanpa harus menunggu lama. Ini tentunya bisa menjadi pilihan menarik ketika pengguna ingin segera mendapatkan barang yang dibutuhkan dengan fasilitas kredit.

Dari tes yang kami lakukan, proses aktivasi OVO PayLater memakan waktu kurang dari 24 jam. Hal ini sudah termasuk verifikasi OVO Premier yang harus mengunggah kartu identitas seperti KTP.

2. Limit kredit langsung dapat digunakan

Segera setelah pengajuan diverifikasi dan pengguna diberikan limit kredit, maka layanan PayLater tersebut sudah bisa digunakan untuk transaksi di berbagai channel e-commerce. Dengan limit tersebut, pengguna bisa membeli barang dengan harga yang sesuai atau kurang dari batas pinjam yang tersedia.

Selain itu, salah satu hal menarik lainnya adalah kemungkinan untuk menggunakan OVO untuk membayar tagihan rumah tangga. Misalnya, limit kredit yang tersedia langsung bisa digunakan untuk membayar tagihan listrik, air, internet, telpon, dan lain-lain.

3. Diterima di berbagai e-commerce dan merchant

Saat ini, sudah banyak e-commerce online serta gerai offline yang menerima OVO PayLater sebagai metode pembayaran. Hal ini akan sangat mempermudah pengguna untuk melakukan transaksi pembelian, baik secara online maupun offline.

Sebagai tambahan, OVO juga menjadi salah satu metode pembayaran utama pada berbagai e-commerce terbesar di Indonesia seperti Tokopedia. Artinya, limit kredit bisa digunakan untuk membeli barang jenis apa saja yang tersedia.

Namun, tidak ada yang menjamin kelanjutan PayLater dari OVO di platform Tokopedia sejak mergernya Tokopedia dengan Gojek. Status mereka yang sekarang menjadi pesaing memungkinkan terdepaknya OVO dan digantikan GoPayLater.

4. Limit kredit yang disediakan cukup besar

Limit kredit yang diberikan oleh OVO PayLater akan didasarkan sesuai informasi pengguna itu sendiri serta riwayat pembayaran yang pernah dilakukan. Semakin baik informasi finansial pengguna, maka semakin tinggi pula limit kredit yang akan diberikan. Hal ini juga berlaku pada kualitas pembayaran yang dilakukan oleh pengguna.

Batasan limit kredit OVO PayLater yang disediakan biasanya berkisar antara Rp. 500.000 hingga Rp. 10.000.000. Namun, hal ini tentu akan berbeda pada setiap pengguna. Seperti yang kami informasikan di ulasan Shopee Paylater, nilai ini masih kalah dibanding batas atas dari Shopee yaitu sebesar Rp 15 juta.

5. Tersedia minimum pembayaran

OVO PayLater sendiri memberikan pilihan bagi pengguna untuk membayar sebagian cicilan yang ditagihkan. Hal ini bisa menjadi pilihan yang menarik ketika pengguna kesulitan untuk membayar keseluruhan tagihan pada saat jatuh tempo. Hanya saja, pengguna yang membayar minimum tetap harus memperhatikan tingkat bunga dan denda yang diperhitungkan untuk tagihan yang belum dibayar.

6. Tingkat bunga dan denda yang rendah

Besaran bunga dan denda yang diperhitungkan untuk tagihan yang belum dibayar saat jatuh tempo akan didasarkan pada besaran tagihan. Pada umumnya, besaran denda yang dikenakan adalah sekitar 0.10% dari total tagihan.

Angka tersebut memang terlihat cukup kecil, namun jumlah yang dikenakan akan cukup memberatkan jika tagihan tidak segera dibayarkan. Jadi, selalu perhatikan tanggal jatuh tempo dan selalu bayarkan tagihan sesuai dengan jumlah dan waktu pembayarannya.

7. Metode pembayaran mudah

Untuk membayarkan tagihan OVO PayLater, pihak perusahaan juga menyediakan banyak channel pembayaran untuk para pengguna. Anda cukup melakukan top up saldo OVO Cash seperti biasanya. Saldo yang terisi kemudian akan dapat digunakan untuk membayarkan tagihan melalui layanan PayLater dari OVO.

Untuk melakukan top up sendiri, pengguna bisa melakukan transfer melalui rekening bank. Bagi pengguna yang tidak memiliki rekening bank, pilihan top up melalui gerai minimarket bisa menjadi pilihan yang praktis.

Kekurangan OVO PayLater

Meskipun terdapat banyak kelebihan, terdapat beberapa kekurangan dari aplikasi OVO PayLater:

1. Limit kredit tidak tersedia untuk semua pengguna OVO

Perusahaan akan tetap memiliki kriteria pengguna OVO yang akan diberikan limit kredit. Artinya, tidak semua pengguna yang telah melakukan aktivasi OVO Cash akan mendapatkan limit kredit. Selain itu, pendaftaran juga harus dilakukan jika pengguna sudah memiliki riwayat transaksi aktif dalam 6 bulan terakhir.

Jika pengguna baru saja melakukan aktivasi OVO Cash dan belum sering melakukan transaksi, maka kemungkinan mendapatkan limit kredit dari OVO PayLater juga akan menjadi relatif kecil. Jadi, Anda harus cukup sabar terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan fitur ini.

Karenanya, verifikasi akun Anda menjadi berstatus OVO Premier agar segera bisa menggunakan fasilitas beli sekarang bayar nanti.

2. Peningkatan limit kredit relatif jarang

Limit kredit yang diberikan OVO PayLater sangat jarang untuk menjadi lebih besar dalam waktu yang singkat. Bahkan, banyak pengguna yang mengeluhkan bahwa limit kredit mereka masih tetap kecil meskipun memiliki riwayat pembayaran yang baik.

Selain itu, limit kredit yang diberikan di awal juga cukup kecil, yaitu di bawah Rp. 1.000.000,-. Jadi, walaupun batas maksimal adalah Rp. 10.000.000,-, akan cukup lama bagi Anda untuk mendapatkan jumlah limit kredit tersebut.

3. Biaya admin yang dikenakan cukup besar

Untuk setiap transaksi yang dilakukan dengan menggunakan OVO PayLater, Anda akan dikenakan biaya admin sebesar 3% dari total tagihan. Besaran tersebut memang tidak akan terlalu memberatkan untuk transaksi yang cukup kecil. Namun, jumlah biaya admin akan menjadi lebih memberatkan jika Anda ingin melakukan transaksi yang berjumlah besar.

4. Akun OVO PayLater rentan suspensi

Dibandingkan dengan layanan kredit sejenis, OVO PayLater menerapkan penagihan yang cukup ketat dan disiplin, Jika pengguna pernah memiliki keterlambatan pembayaran tagihan, maka akun akan lebih mudah untuk disuspensi. Jika hal ini terjadi, maka aplikasi OVO PayLater tidak akan bisa lagi digunakan untuk melakukan transaksi.

Tips Menggunakan Limit Kredit OVO PayLater

Keberadaan OVO PayLater memang memudahkan untuk transaksi online dan offline. Namun, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal agar terhindar dari masalah finansial ke depannya. Beberapa tips yang perlu Anda coba antara lain:

  1. Hindari membeli barang yang tidak terlalu diperlukan dengan menggunakan OVO PayLater. Anda harus bisa bijak menentukan mana barang yang memang Anda perlukan sebelum melakukan transaksi. Ada baiknya jika limit kredit hanya digunakan untuk membeli barang yang bisa Anda gunakan untuk usaha.
  2. Gunakan limit kredit yang tersedia hanya sebagai pengganti uang tunai. Artinya, Anda hanya menggunakan fitur ini untuk mengurangi kerumitan ketika membayar dengan uang tunai, misalnya ketika membayar tagihan listrik ataupun air.
  3. Selalu perhatikan besaran biaya admin, bunga, serta denda yang akan dikenakan sebelum Anda menyetujui dan menyelesaikan transaksi. Pastikan bahwa biaya-biaya yang dikenakan tidak terlalu memberatkan bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *