Lompat ke konten

7 Penyebab Pinjaman BRI Ceria Ditolak dan Cara Mengatasinya

Penyebab pinjaman BRI Ceria Ditolak

BRI Ceria adalah aplikasi pinjaman online yang disediakan oleh BRI. Berbeda dengan pinjaman online lainnya, aplikasi ini menawarkan pinjaman dengan suku bunga rendah dan flat yaitu sekitar 1,42% saja. 

Limit pinjaman aplikasi ini juga terbilang rendah yaitu hanya sekitar Rp 500.000 sampai  Rp 2.000.000 dan memiliki periode jatuh tempo yang ketat yaitu hanya 1 tahun. Tidak hanya itu, pinjaman dari fasilitas kredit ini juga hanya bisa dipakai untuk belanja online dan tidak bisa dicairkan. 

Terlepas dari beberapa keterbatasan tersebut, aplikasi ini masih memiliki cukup banyak peminat. Hal ini terbukti dengan aplikasi ini sudah didownload oleh lebih dari 1 juta pengguna di Google Play Store. 

Namun, ternyata banyak nasabah yang tidak bisa mengajukan pinjaman karena proses pengajuannya ditolak oleh sistem. Ketahui penyebab pinjaman BRI Ceria ditolak dan cara mengatasinya berikut. 

Penyebab Pinjaman BRI Ceria Ditolak

Ada beberapa penyebab pinjaman BRI Ceria Anda ditolak:

1. Persyaratan belum lengkap

Ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi saat mengajukan pinjaman ke BRI Ceria. Syarat-syarat tersebut seperti:

  1. Diajukan melalui aplikasi Ceria.
  2. Sudah merupakan nasabah BRI.
  3. Minimal berusia 21 tahun maksimal 50 tahun.
  4. Hanya bisa diajukan oleh WNI dan individu (tidak bisa perusahaan).
  5. Nasabah harus mengunggah KTP dan hasil swafoto di aplikasi. 

Meskipun terlihat mudah, namun banyak nasabah yang gagal pada fase ini. Alasannya bisa bermacam-macam mulai dari belum genap berusia 21 tahun hingga hasil swafoto atau unggahan KTP yang buram sehingga tidak bisa dideteksi oleh sistem.

2. Data diri kurang lengkap

Saat mengajukan pinjaman, Anda juga akan diminta untuk melengkapi data diri dengan baik dan benar. Apabila data diri yang Anda tulis kurang lengkap atau bahkan tidak sesuai dengan kenyataan, maka jangan heran kalau pengajuan pinjaman Anda akan ditolak. 

Sebaiknya sebelum mengklik tombol submit, Anda pastikan kembali telah mengisi data diri secara benar untuk mencegah penolakan.

3. Skor kredit buruk

Skor kredit adalah skor yang menggambarkan kemampuan nasabah dalam melunasi pinjaman. Skor kredit ini berlaku secara nasional dan menyeluruh sehingga apabila ada pinjaman di bank lain yang belum Anda lunasi, Anda akan tetap kesulitan mendapatkan pinjaman di BRI Ceria. 

Untuk mengatasinya, Anda bisa menyelesaikan pinjaman Anda yang lain terlebih dahulu. Baru setelah lunas Anda bisa mengajukan pemutihan BI Checking (SLIK) di OJK. Setelah skor kredit Anda diputihkan, baru Anda bisa mengajukan pinjaman lain. 

4. Ada tagihan pinjaman lain di BRI yang belum Anda selesaikan

Jika skor kredit Anda masih baik dan persyaratan Anda sudah lengkap tapi pengajuan kredit masih belum juga disetujui, maka bisa jadi Anda masih memiliki tagihan yang masih berjalan di Bank BRI entah itu tagihan BRI Ceria juga atau program pinjaman BRI yang lain. 

Pihak Bank BRI tentunya akan mempertimbangkan hal seperti ini untuk mencegah nasabah tidak bisa melunasi pinjaman mereka karena total cicilan kredit yang harus dibayarkan cukup banyak. Sama seperti poin 3, cara menyelesaikan masalah ini adalah dengan melunasi pinjaman yang lain terlebih dahulu. 

5. Adanya pelanggaran

Sebagaimana yang telah dijabarkan di atas bahwasanya fasilitas pinjaman BRI Ceria hanya untuk transaksi di toko online khususnya di merchant-merchant tertentu. Fasilitas pinjaman ini tidak boleh dicairkan dengan cara apapun, termasuk gesek tunai (gestun)

Oleh sebab itu, untuk menghindari penolakan saat pengajuan pinjaman BRI Ceria yang baru, usahakan Anda tidak pernah mencoba untuk mencairkan pinjaman ini. Hindari juga tindakan-tindakan pencairan kredit lainnya yang berujung pada penipuan supaya pengajuan pinjaman yang Anda lakukan bisa cepat di-acc bank.

6. Belum mencapai batas minimal penghasilan

Mirip dengan kartu kredit pada umumnya, untuk mengajukan BRI Ceria juga ada batas minimum penghasilan. Penghasilan ini menjadi salah satu faktor penting yang dipertimbangkan bank untuk menentukan limit kredit Anda. 

Dalam konteks BRI Ceria, minimum pendapatan yang harus Anda tuliskan untuk mendapatkan kredit adalah sebesar Rp. 3.000.000. Anda tidak dianjurkan untuk melakukan mark-up pendapatan. Hal ini karena walau bagaimanapun, pendapatan ini juga menggambarkan batas kemampuan Anda dalam melunasi pinjaman. 

7. Sistem eror

Problem lain yang sering dihadapi nasabah yang ingin mengajukan pinjaman di BRI Ceria adalah sistem eror. Entah itu karena gagal login atau karena sistem gagal melakukan scan pada data yang telah dimasukkan nasabah. 

Cara Mengatasi Pinjaman BRI Ceria yang Ditolak

Agar pinjaman BRI Ceria tidak ditolak lagi, ikuti cara berikut:

1. Perbaiki kualitas foto

Kualitas hasil swafoto dan foto KTP yang kurang jelas seringkali menjadi masalah dalam transaksi digital apapun, termasuk BRI Ceria. Untuk mengatasinya, coba Anda mengambil foto di tempat yang memiliki paparan cahaya yang cukup seperti, di dekat jendela atau dengan menyalakan lampu. 

Pastikan juga tangan Anda tidak bergetar saat mengambil foto sehingga hasil foto tidak blur. Untuk mengatasinya, Anda bisa meminta tolong teman atau keluarga untuk membantu. 

2. Perbaiki skor kredit

Skor kredit adalah aspek penting saat Anda mengajukan kredit dalam bentuk apapun mulai dari KUR, KPR hingga BRI Ceria. Oleh sebab itu, sebelum mengajukan kredit tambahan, pastikan Anda telah memperbaiki skor kredit Anda. 

Caranya adalah dengan melunasi pinjaman yang telah lalu baik pinjaman di fasilitas ini sendiri, fasilitas pinjaman BRI yang lain atau program kredit di bank lain. Setelah itu, ajukan pemutihan skor kredit di kantor OJK terdekat. Ini adalah salah satu cara efektif agar pinjaman disetujui bank yang bisa Anda lakukan sekarang juga.

3. Hindari penggunaan BRI Ceria untuk transaksi Pre order

Meskipun hanya bisa dilakukan untuk belanja online, akan tetapi tidak semua transaksi online bisa di-acc saat mengajukan BRI Ceria. Salah satunya adalah transaksi pre order (pesanan). Karena penggunaan fasilitas ini pada transaksi PO bisa mempengaruhi akun Anda. Sebaiknya, Anda menggunakan fasilitas ini untuk membeli barang yang ready stock saja. 

4. Hubungi call center BRI Ceria

Jika kegagalan pengajuan pinjaman yang Anda lakukan karena masalah sistem seperti gagal login, proses melebihi 30 menit atau sistem gagal memproses data Anda, maka yang bisa Anda lakukan hanyalah menghubungi call center BRI Ceria di  14017. 

Coba tanyakan apakah kredit Anda disetujui atau tidak kepada customer service. Kalau ternyata ditolak, tanyakan juga apa sebabnya. Dengan demikian Anda bisa mengirim persyaratan dengan lebih baik lagi. 

Jika pinjaman yang Anda ajukan telah disetujui, jangan lupa membayar tagihan tepat waktu dan menggunakan fasilitas pinjaman sebijak mungkin.

nv-author-image

Farichatul Chusna

Setelah lulus dari Ilmu Ekonomi Universitas Gadjah Mada, Farichatul Chusna aktif sebagai penulis artikel ekonomi, investasi, bisnis, dan keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.