Lompat ke konten

Review Mandiri Sekuritas: Cara Daftar, Fitur, Kelebihan, dan Kekurangan

Review lengkap Mandiri Sekuritas

Banyaknya broker dan sekuritas di Indonesia memang memberi pilihan beragam bagi investor, namun menentukan mana yang terbaik membutuhkan ulasan mendalam mengenai fitur serta kelebihan dan kekurangannya. Salah satu sekuritas paling terkenal di Indonesia adalah Mandiri Sekuritas, dengan aplikasinya bernama MOST (Mandiri Online Securities Trading).

Di artikel ini kami menyajikan review Mandiri Sekuritas berdasarkan pengalaman pemakaian selama setahun terakhir.

Apa Itu Mandiri Sekuritas dan MOST

PT Mandiri Sekuritas adalah anak perusahaan Bank Mandiri yang bergerak di bidang sekuritas atau pasar modal, berdiri sejak 1991. Mandiri Sekuritas mengantongi izin pialang saham dengan SK Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam) No. 12 Tahun 1992, serta izin penjamin emisi dengan SK Bapepam No. 13 Tahun 1992. Tidak lupa, Mandiri Sekuritas terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Mandiri Sekuritas menawarkan produk investasi yang lengkap, yakni saham, reksa dana, obligasi, dan Initial Public Offering (IPO). Selain itu, perusahaan ini juga kerap mengadakan pelatihan pasar modal secara online dan offline. Di website mereka, tersedia secara gratis bahan-bahan pelatihan investasi saham, termasuk riset harian dan analisa saham.

MOST adalah layanan trading saham milik Mandiri Sekuritas. Selain berupa aplikasi saham online yang dapat dipasang di gawai, MOST dapat juga diakses di website yang menyediakan fitur kurang lebih sama.

Cara Daftar Mandiri Sekuritas

Menurut pengalaman kami, proses pendaftaran Mandiri Sekuritas terhitung mudah meskipun harus menyiapkan berbagai dokumen yang disyaratkan. Memang tidak secepat pendaftaran di sekuritas lain, namun semua tahap bisa kami lalui dengan mulus.

Contohnya, dibanding dengan Ajaib Sekuritas, proses pendaftaran di Mandiri Sekuritas berjalan lebih lama dilihat dari waktu pembuatan akun yang memakan waktu lebih Panjang.

Untuk terdaftar di Mandiri Sekuritas, Anda diwajibkan memiliki rekening tabungan pribadi di Bank Mandiri. Rekening pribadi ini bisa dimiliki sebelum Anda mendaftar, atau Anda buat bersamaan dengan mendaftar di Mandiri Sekuritas.

Mengapa harus memiliki rekening pribadi? Karena investor yang memiliki rekening Mandiri akan bisa melakukan top up dan penarikan dana dengan lebih cepat dan tanpa biaya. Juga bisa mengecek rekening dana nasabah saham secara online untuk memantau saldo dan mutasi.

Mandiri Sekuritas melayani pendaftaran rekening saham dalam dua opsi, yakni online dan offline. Untuk pendaftaran online, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah registrasi di laman website MOST.

Berikut cara daftar Mandiri Sekuritas:

  • Berkas yang diperlukan adalah KTP-el, swafoto sambil memegang KTP, NPWP, dan buku tabungan Bank Mandiri
  • Isi formulir pada laman pembukaan rekening online
  • Unggah berkas yang telah Anda siapkan
  • Pilih metode video call untuk memverifikasi berkas dan diri Anda
  • Submit pendaftaran
  • Tunggu sampai pihak Mandiri Sekuritas menghubungi Anda via telepon/video call
  • Formulir pembukaan rekening Anda yang telah disetujui Mandiri Sekuritas akan dikirim ke email
  • Cetak email ini dan bawa ke cabang Mandiri Sekuritas terdekat
  • Rekening Dana Nasabah (RDN) dan Rekening Efek (RE) Anda akan diterbitkan, lalu Anda mulai bisa berinvestasi

Pendaftaran offline ke kantor cabang lebih mudah lagi. Anda tinggal pergi ke kantor cabang Mandiri Sekuritas terdekat, dengan membawa berkas KTP, NPWP, dan buku tabungan bank Mandiri. Di sana Anda akan diminta mengisi formulir, dan selanjutnya akan dibantu oleh customer service.

Minimal setoran awal untuk pembukaan akun adalah Rp 2.000.000 untuk mahasiswa, Rp 5.000.000 untuk umum, dan Rp 100.000.000 untuk full service.

Jenis dan Layanan Mandiri Sekuritas

Ada tiga pilihan akun Mandiri Sekuritas, yaitu:

  • Reguler
  • Syariah
  • Full Service

Ketiga jenis tersebut berbeda dari segi skema, pelayanan, dan fee transaksi.

Review di artikel ini akan mengulas akun Mandiri Sekuritas Reguler saja, karena kami tidak menggunakan layanan full service.

  • Akun reguler adalah akun yang mengakomodasi transaksi mandiri (tanpa bantuan broker) melalui aplikasi dan website. Fee untuk akun reguler adalah 0,18% untuk pembelian dan 0,28% untuk penjualan. Terdapat minimum fee Rp 5000, artinya sekecil apapun transaksi yang dilakukan, fee yang harus dibayar minimal adalah Rp 5000.
  • Akun full service adalah kombinasi layanan transaksi saham online (aplikasi dan website) dan konvensional (via telepon) dengan bantuan broker. Untuk akun full service, fee pembelian adalah 0,25% dan penjualan 0,35%.

Fitur MOST dari Mandiri Sekuritas

Aplikasi MOST yang disediakan Mandiri Sekuritas dapat Anda akses melalui website atau aplikasi smartphone.

Website most.co.id

Website MOST dapat Anda akses melalui peramban (browser) di desktop maupun smartphone. Cukup ketikkan URL pada bilah alamat di browser. Anda dapat menggunakan software browser apa saja: Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Safari, dan sebagainya. Sebaiknya gunakan browser versi terbaru untuk mendukung semua fitur yang diusung website.

Website MOST di halaman login
Halaman login MOST.

Setelah masuk ke laman most.co.id, langkah selanjutnya adalah login dengan memasukkan username dan PIN Anda. Dan aplikasi MOST berbasis web Anda siap digunakan.

Untuk melakukan transaksi saham, menu yang Anda akses adalah “Trade”. Di dalam menu ini terdapat fitur-fitur penting untuk memastikan kelancaran transaksi saham Anda, di antaranya:

  • Stock search: untuk mencari saham yang Anda kehendaki, cukup ketikkan ticker saham pada bilah pencarian.
  • Order book: untuk melihat volume Bid (antrian transaksi beli) dan Offer (antrian transaksi jual) serta harga masing-masing. Anda juga dapat melihat harga tertinggi dan terendah dalam sesi perdagangan lewat fitur ini.
  • Order form: formulir singkat yang harus diisi ketika Anda memutuskan akan membeli atau menjual saham. Untuk melakukan transaksi, Anda perlu mengisi stock code (kode saham), price (harga, tanpa simbol Rp), dan lots (jumlah saham), kemudian klik submit.
  • Order list: untuk melihat order transaksi yang telah dilakukan. Di sini Anda dapat melakukan perubahan pada order, misalnya mengubah jumlah dan harga atau membatalkan order, asalkan order tersebut masih berstatus terbuka.

Untuk memantau transaksi yang telah Anda lakukan, portofolio saham Anda, serta seluk beluk yang berhubungan dengan akun Anda di Mandiri Sekuritas, menu yang Anda akses adalah “My Account”. Beberapa fitur di dalamnya yaitu:

  • Historical transaction: jika ingin melihat catatan semua transaksi saham yang pernah Anda lakukan dengan akun ini.
  • Summary: menampilkan resume transaksi apa saja yang Anda lakukan dalam hari ini.
  • Chart: untuk menampilkan grafik pergerakan saham pada bursa yang Anda ikuti. Fitur ini membutuhkan sinkronisasi yang cukup sering.
  • View portofolio: untuk melihat portofolio saham Anda, yakni menampilkan saham apa saja yang Anda miliki, juga obligasi dan reksa dana yang transaksinya menggunakan akun tersebut.
  • View cash: untuk menampilkan jumlah receivable (piutang) dan payable (hutang) yang dimiliki oleh akun Anda. Di sini Anda juga bisa melihat cash dan net cash pada rekening saham yang Anda miliki.
  • Fund withdrawal: untuk menarik dana berupa uang tunai yang terdapat dalam rekening.

Menurut kami, website MOST memiliki tampilan yang sangat bersih meskipun tidak terkesan terlalu modern. Dari pengalaman pemakaian selama setahun belakangan, kami mendapati beberapa kesulitan untuk mencari fitur yang tersedia namun bisa terselesaikan dengan menghubungi customer service.

Aplikasi MOST

MOST Mobile mendukung penggunaan pada platform smartphone Android, iOS, dan PC. Mengakses fitur-fitur di aplikasi MOST juga cukup mudah, Anda tinggal memasukkan username ID dan password, kemudian mengisi PIN verifikasi yang dikirim ke nomor telepon Anda.

Uniknya, aplikasi MOST memfasilitasi Anda jika belum memiliki rekening saham. Anda dapat membuka rekening saham langsung melalui smartphone Anda. Namun tentu saja untuk penerbitan RDN perlu verifikasi ke kantor cabang Mandiri Sekuritas.

Beberapa menu yang dapat diakses di MOST Mobile antara lain:

  • Home: berisi composite pergerakan saham yang Anda ikuti. Di bagian bawah terdapat info-info singkat dari Mandiri Sekuritas, seperti jadwal livestreaming dan materi-materi pasar modal yang dapat Anda akses gratis.
  • Portfolio: terdapat dua fitur di sini, yaitu Portfolio dan Cash. Portfolio berisi ringkasan saham-saham yang Anda miliki, sedangkan Cash menunjukkan kas dalam rekening saham Anda, termasuk jumlah receivable, payable, withdraw, cash, dan net cash.
  • Quote saham: untuk melihat harga jual dan harga beli suatu saham, termasuk limit high (batas tertinggi) dan limit low (batas terendah).
  • Order (buy & sell): di fitur Quote Saham terdapat tombol Buy dan Sell yang jika diklik akan langsung membawa Anda ke laman order. Untuk melakukan pembelian, masukkan harga (price) tanpa satuan mata uang (misalnya 5500, bukan Rp 5500) lalu isi kuantitas saham yang akan dibeli (lot). Demikian pula jika Anda ingin menjual saham.
  • Filter: untuk menyeleksi atau memilih saham berdasarkan kriteria tertentu, seperti range harga, volume, value, dan sebagainya.
  • Order list: berisi daftar order yang telah Anda lakukan, baik penjualan maupun pembelian. Anda dapat melihat daftar order Anda dalam hari ini, minggu ini, bulan ini, 3 bulan ke belakang, bahkan dalam setahun. Selama status order masih open, Anda masih bisa melakukan penyesuaian seperti mengganti harga dan lots.
  • Fund transfer: untuk menarik dana Anda dari rekening dana nasabah.
  • News: berisi berita-berita terkini seputar pasar modal, seperti pergerakan saham milik perusahaan-perusahaan besar.
  • Corporate action: berisi kegiatan yang dilakukan perusahaan-perusahaan pemilik saham. Anda dapat memantau corporate action untuk membantu Anda mengambil keputusan akan bertransaksi dengan saham dari perusahaan tersebut atau tidak.

Dari pendapat kami, aplikasi MOST masih kalah dengan beberapa aplikasi sekuritas lain seperti Sinarmas dan Ajaib. Memang MOST bukan perangkat lunak yang jelek, tapi fitur navigasi dan order book-nya masih perlu peningkatan dari segi fitur.

Namun, dari segi UI/UX, Mandiri Sekuritas masih lebih mudah digunakan dibanding aplikasi BIONS dari BNI Sekuritas.

Mekanisme Transaksi Saham

Setelah melakukan pembelian saham, Anda perlu membayar lots-lots yang Anda akuisisi tersebut dengan dana dari rekening. Sistem jual beli saham menggunakan Mandiri Sekuritas berbeda dengan jual beli barang konvensional di mana Anda harus melunasi pembayaran saat itu juga agar transaksi bisa terlaksana. Dengan MOST, Anda diberi waktu 2 hari untuk menyelesaikan transaksi saham.

Trading limit yang diterapkan Mandiri Sekuritas adalah “3x cash + 2x portofolio”, di mana Anda dapat melakukan transaksi tanpa perlu setor dana terlebih dulu, asalkan nilai totalnya tidak melebihi trading limit ini.

Mekanisme transaksi pembelian saham di Mandiri Sekuritas dapat dijelaskan dalam urutan seperti ini:

  • Hari di mana Anda membeli saham (hari bursa) disebut T+0. Anda belum berkewajiban melunasi pembayaran saham Anda.
  • T+2 adalah batas hari di mana Anda harus menyetor dana ke rekening untuk membayar sejumlah pembelian saham.
  • Jika sampai T+3 Anda belum melakukan kewajiban, maka Mandiri Sekuritas akan mulai menerapkan bunga 0,1% per hari, dan Anda dikenai Suspend Buy (dilarang melakukan pembelian) sampai T+5.
  • Anda diberi kesempatan melunasi pembayaran sampai T+5, tentunya dengan ditambah bunga 0,1% per hari.
  • Jika setelah T+5 Anda belum juga membayar, maka Mandiri Sekuritas akan melakukan Forced Sell (penjualan paksa) terhadap saham yang Anda beli.
  • Hasil penjualan paksa saham Anda akan masuk ke rekening pada T+6. Dengan dana ini, Anda diwajibkan membayar saham awal yang masih tertunggak. Baru kemudian Suspend Buy akan dicabut dan Anda bebas melakukan transaksi saham kembali.

Sedangkan untuk mekanisme penjualan saham, umumnya dana hasil penjualan akan masuk ke rekening Anda pada T+2 setelah hari bursa.

Menu buy order pada aplikasi PC di Mandiri Sekuritas
Menu buy order di software PC.

Kami tidak menemui adanya permasalahan dalam melakukan transaksi saham di Mandiri Sekuritas. Semua transaksi baik itu jual maupun beli selalu dieksekusi dengan baik oleh pihak sekuritas. Kami sempat mengalami crash saat mengeksekusi transaksi namun terhitung sangat jarang.

Kelebihan Mandiri Sekuritas

Berdasarkan pengalaman kami dalam memakai, berikut beberapa kelebihan Mandiri Sekuritas:

1. Kemudahan aplikasi

Aplikasi MOST mudah diakses dari mana saja, baik itu dari web browser, aplikasi desktop, maupun aplikasi mobile. Fasilitas login pun sangat mudah sehingga Anda bisa membuka portofolio saham Anda dari smartphone, laptop, bahkan warnet sekalipun. Catatan penting lainnya adalah MOST sangat jarang sekali mengalami eror pada aplikasinya, meskipun kami beberapa kali mengalami crash di aplikasi ini.

2. Kelengkapan fitur

Fasilitas auto-order yang dimiliki MOST tergolong sangat lengkap, relatif lebih lengkap ketimbang aplikasi sekuritas lain. Terdapat fitur Book Order yang memudahkan nasabah belanja saham di preopening. Ada pula fitur analisis chart dan fitur basic indicator untuk mendukung pemantauan pergerakan saham.

Tampilan chart saham di MOST
Analisis chart saham bisa dilakukan di MOST.

Aplikasi MOST mendukung pencetakan rekapan transaksi untuk keperluan pelaporan pajak SPT berupa detail dividen dan pajak transaksi. MOST juga mendukung pergantian port ala VPN untuk koneksi yg kadang memblokir akses ke port tertentu. Selain itu, stock withdraw (transfer saham ke sekuritas lain) pun dapat dilakukan dengan gampang.

Bagian yang memperlihatkan portofolio di Mandiri Sekuritas
Bagian portofolio di aplikasi PC Mandiri Sekuritas.

Terdapat juga fitur analisis saham yang bisa menyediakan chart tiap emiten pada investor.

3. Kelengkapan produk

Tidak hanya jual beli saham, MOST pun memfasilitasi Anda yang ingin melakukan pembelian obligasi, SBN ritel, dan reksa dana. Nasabah Mandiri Sekuritas dapat prioritas untuk masa bookbuilding dalam transaksi saham saat ada IPO.

4. Layanan nasabah

Limit yang disediakan Mandiri Sekuritas untuk margin buy cukup besar untuk akun full service yang memiliki nilai aset lebih dari Rp 100 juta. Untuk mendukung berkembangnya ekosistem pasar modal, tiap minggu Mandiri Sekuritas menerbitkan artikel-artikel yang berisi hasil riset tim mengenai dunia bursa.

Mandiri Sekuritas juga sering mengadakan seminar dan pelatihan pasar modal, dari basic sampai advanced. Setiap hari selalu ada trading idea dan morning notes yang dipublikasikan di aplikasi untuk membantu nasabah yang memerlukan insight seputar bursa. Layanan nasabah juga didukung dengan grup Telegram dan WhatsApp yang lengkap dan aktif.

5. Keamanan terjamin

Mandiri Sekuritas termasuk top dalam menjaga keamanan nasabahnya, termasuk keamanan transaksi dan data-data pribadi.

Pengisian user ID dan password sebelum masuk ke aplikasi saham MOST.
Halaman login.

6. Pendaftaran mudah

Selain memfasilitasi pendaftaran via aplikasi, penerbitan rekening saham akan diprioritaskan jika Anda mendaftar melalui Sekolah Pasar Modal (SPM), yang hanya dikenai biaya Rp 100.000.

Kekurangan Mandiri Sekuritas

Menurut pengalaman pemakaian kami, masih ada beberapa kekurangan yang masih perlu diperbaiki dari Mandiri Sekuritas, yaitu:

  • Kewajiban untuk mengganti password setiap 6 bulan, tidak boleh dengan password yang sama atau berulang.
  • Fee broker berada di angka normal namun kurang kompetitif dibanding sekuritas lain. Fee pada Mandiri Sekuritas masih lebih tinggi dibanding Ajaib Sekuritas dan Mirae Sekuritas, namun hampir setara dengan BNI Sekuritas.
  • User interface untuk aplikasi MOST masih kurang friendly untuk beberapa bagian, sehingga user experience-nya masih di bawah beberapa aplikasi sekuritas lain seperti Neo HOTS dari Mirae Sekuritas.
  • Penarikan dana (fund withdrawal) hanya dapat dilakukan antara pukul 09.30-11.30 pada jam kerja. Di luar waktu tersebut, penarikan dana akan ditolak.
  • Rekening dana nasabah memang mendukung untuk transaksi ke bank lain, namun MOST memprioritaskan transaksi dari dan ke akun sesama Bank Mandiri.

Apakah Kami Merekomendasikan Mandiri Sekuritas?

Ya! Kami puas dengan layanan yang diberikan oleh Mandiri Sekuritas. Meskipun demikian, sulit untuk menyebutnya sebagai sekuritas terbaik di Indonesia saat ini, karena aplikasi MOST masih memiliki kekurangan fitur serta fee transaksi yang cukup mahal.

Namun, jika Anda bukanlah seorang trader yang aktif, MOST bisa menjadi pilihan yang baik bagi Anda.

nv-author-image

Melvern Pradana

Melvern Pradana adalah seorang investor yang aktif menanam modal di pasar saham, cryptocurrency, P2P lending, dan reksa dana. Idolanya adalah Warren Buffett dan Peter Thiel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.