Lompat ke konten

Review Allo Bank: Kelebihan dan Kekurangan (2022)

review lengkap allo bank

Persaingan bank digital di Indonesia sendiri semakin ketat. Selain perusahaan yang benar-benar murni digital sedari awal, banyak bank konvensional juga mulai melebarkan sayap dengan meluncurkan lini perbankan online mereka. Salah satunya adalah Allo Bank.

Berikut review Allo Bank yang membahas fitur serta kelebihan dan kekurangannya.

Mengenal Allo Bank

Allo Bank adalah sebuah bank digital yang diluncurkan oleh Mega Corp pada 20 Mei 2022.

Sebelum menjadi Allo Bank, mula-mula perusahaan keuangan ini bernama PT Bank Arta Griya yang didirikan pada 1992 dan berganti nama menjadi PT Bank Harda Griya pada 1993. Bank Harda mulai beroperasi pada 1994 untuk kemudian melakukan rebranding diri dengan nama PT Bank Harda Internasional (BHI) pada 1996.

BHI mulai melantai bursa dengan menawarkan IPO pada 2015. Tahun 2021, Bank Harda resmi diakuisisi oleh PT Mega Corpora, perusahaan investasi, perbankan, dan asuransi yang dimiliki oleh Chairul Tanjung. Di bawah Mega Corp, pada 2021, Bank Harda International kembali berganti nama menjadi PT Allo Bank Indonesia Tbk.

Dalam 5 tahun ke depan, Mega Corp menargetkan akan menggaet 50 juta nasabah.

Antarmuka aplikasi Allo Bank
Tampilan halaman utama aplikasi.

Sebagai bank digital yang belum lama mengudara, Allo Bank (dengan kode saham BBHI) mencatatkan prestasi yang cukup impresif. Pada kuartal ketiga tahun 2021, Allo Bank mengantongi laba bersih Rp 85,73 miliar, menyalurkan kredit sebesar Rp 2,07 triliun, dan memiliki total aset sebanyak Rp 6,9 triliun. Sepanjang kuartal pertama tahun 2022, Allo Bank berhasil mencetak pertumbuhan laba bersih senilai 746,35% secara tahunan.

Allo Bank bukan penipuan karena terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta merupakan peserta program penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Jadi, Allo Bank aman digunakan oleh nasabah tanpa perlu khawatir adanya penipuan.

Produk Allo Bank

Ada beberapa produk keuangan Allo Bank yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Secara umum, Allo Bank memiliki produk tabungan, dompet digital, deposito, paylater, dan pinjaman online. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

1. Dompet digital Allo Pay

Allo Pay merupakan produk e-wallet Allo Bank yang praktis karena langsung dapat digunakan begitu selesai registrasi. Keunggulan Allo Pay adalah gratis biaya admin dan saldo minimum dapat ditekan sampai Rp0. Namun, Allo Pay dibatasi pada saldo maksimal Rp 2 juta.

2. Dompet digital Allo Pay+

Allo Pay+ juga produk dompet digital Allo Bank dengan fasilitas yang sama persis seperti Allo Pay. Selain gratis biaya admin dan tak ada minimum saldo, Allo Pay+ juga sudah dilengkapi QRIS untuk bertransaksi. Perbedaannya, saldo maksimal bisa longgar sampai Rp 10 juta. Limit incoming bulanan untuk Allo Pay+ adalah Rp 20 juta.

3. Tabungan Allo Prime

Allo Prime merupakan tabungan yang sepenuhnya digital. Anda dapat membuka rekening Allo Prime langsung melalui aplikasi, tanpa perlu datang ke kantor.

Tabungan Allo Prime menawarkan bunga menarik, sampai 4% per tahun. Rekening ini bebas biaya apa pun, mulai dari biaya admin bulanan, biaya di bawah saldo minimum, biaya dormant, sampai biaya penutupan rekening, semuanya gratis.

Allo Prime juga tidak memberlakukan saldo minimum, alias saldo Rp0 pun rekening tetap aktif tanpa dikenai denda. Di Allo Prime juga tidak ada saldo ditahan, Anda bisa menarik semua uang dari tabungan jika diperlukan.

4. Deposito Allo Bank

Deposito Allo Bank menawarkan suku bunga yang cukup kompetitif.

Untuk saldo Rp 10 juta hingga Rp 100 juta, suku bunga flat yang diterapkan adalah 4% per tahun.

Jika saldo antara Rp 100 juta hingga Rp 500 juta, maka suku bunga 1 bulan adalah 4% per tahun, seterusnya sebesar 4,25% per tahun.

Saldo Rp 500 juta sampai Rp 1 miliar memperoleh suku bunga tahunan 4,75% pada 1 bulan pertama, dan selanjutnya flat 5%.

Sedangkan untuk tabungan di atas Rp 1 miliar, suku bunga tahunan yang diberlakukan adalah 5,75% untuk 1 bulan, dan jangka selanjutnya adalah 6%.

Angka bunganya masih lebih tinggi dibandingkan dengan deposito dari Digibank DBS.

5. Paylater Allo Bank

Allo Bank menyediakan produk paylater yang dapat digunakan nasabah untuk membayar belanja secara cicilan. Pengajuan paylater dilakukan melalui aplikasi dengan limit yang cukup besar, yakni sampai Rp 100 juta. Bandingkan dengan paylater bank lain yang rata-rata memberi limit kurang dari Rp 30 juta. Tenor paylater Allo Bank bervariasi dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga 1 tahun.

6. Pinjaman online Allo Bank

Kredit tanpa agunan (KTA) merupakan produk finansial yang amat krusial pada era keuangan modern ini. Allo Bank memberikan fasilitas pinjaman online instant cash yang secara teknis adalah tarik tunai pada limit paylater yang telah disetujui. Dana yang telah ditarik akan otomatis masuk ke dompet digital Allo Pay atau Allo Pay+ dan dapat digunakan untuk bertransaksi. Bunga instant cash bervariasi sesuai tenor yang dipilih, yakni antara 1 sampai 12 bulan.

Biaya-biaya di Allo Bank

Rekening bank tentu akan digunakan untuk bertransaksi, dan tidak jarang transaksi ini melibatkan rekening bank lain maupun pembelian/pembayaran ke luar. Berapa biaya yang ditetapkan Allo Bank untuk transaksi-transaksi ini, serta berapa limit transaksi per harinya? Berikut data lengkapnya.

  • Untuk transaksi ke sesama nasabah Allo Bank, jumlah minimum tiap transaksi yang diperbolehkan adalah Rp1, maksimum Rp 1 juta. Per hari dibatasi nominal transaksi Rp 1 miliar. Gratis biaya admin.
  • Untuk transfer online ke Bank Mega dan Bank Mega Syariah, jumlah minimum per transaksi adalah Rp 10 ribu, maksimum Rp 500 juta. Batas transaksi per hari adalah Rp 500 juta. Untuk transaksi ke Bank Mega juga gratis biaya admin.
  • Untuk transfer online ke bank lain, paling sedikit transaksi adalah Rp 10.000, paling banyak Rp 50 juta, untuk sekali transaksi. Limit transaksi harian sebesar Rp 100 juta. Biaya admin yang dikenakan adalah Rp 6.500.
  • Untuk transfer BI-FAST ke bank lain, minimum transaksi adalah Rp 10 ribu dan maksimum Rp 250 juta, dengan limit harian Rp 500 juta. Biaya admin sebesar Rp 2.500.
  • Untuk pembayaran tagihan dan pembelian produk prabayar maupun pascabayar, tidak ada jumlah minimum, namun ada jumlah maksimum Rp 20 juta untuk sekali transaksi. Per hari Anda dapat melakukan pembelian hingga Rp 20 juta, dengan biaya admin menyesuaikan jenis transaksinya.

Fitur Allo Bank

Berikut ini adalah fitur-fitur yang ditawarkan oleh Allo Bank:

1. Daftar rekening paperless

Pembukaan rekening Allo Bank kini tidak memerlukan segepok dokumen yang merepotkan. Anda cukup menyiapkan identitas diri dan melengkapi formulir, dan pendaftaran rekening bisa dilakukan langsung melalui aplikasi.

2. Bayar dengan QRIS di merchant

Bagi Anda yang terbiasa cashless, Allo Bank dengan produk e-walletnya dapat Anda gunakan untuk melakukan pembayaran tanpa uang tunai di berbagai merchant seluruh Indonesia. Anda tinggal memproses pembayaran menggunakan QRIS.

3. Bayar online di e-commerce

Allo Bank terhubung dengan sistem pembayaran e-commerce seperti Bukalapak, Grab, dan Traveloka. Anda dapat memanfaatkan e-wallet maupun paylater Allo Bank sebagai alat pembayaran di e-commerce ini.

Tombol pengisian pulsa dan paket data.
Anda juga bisa mengisi pulsa dan paket data.

4. Top up saldo

Fitur top up saldo Allo Bank dapat dilakukan melalui ATM, mobile banking, maupun ekosistem CT Corp (misalnya jaringan Transmart dan Trans Hotel). Semuanya gratis biaya admin.

5. Transfer dana

Sebagaimana rekening tabungan pada umumnya, rekening tabungan Allo Prime di Allo Bank dapat mengirimkan dana ke rekening tabungan lain maupun melakukan pembelian/pembayaran. Demikian pula dengan dompet digital Allo Pay dan Allo Pay+.

6. Tarik tunai tanpa kartu

Salah satu fasilitas dasar yang harus dimiliki bank digital di manapun, yakni tarik tunai tanpa kartu. Anda dapat melakukan penarikan tunai langsung melalui aplikasi dan kode QR ke ATM bersama. Bahkan fitur ini belum dipunyai oleh bank digital terkenal seperti Jago.

7. Bayar dengan poin di CT Corp

Pengguna Allo Bank berkesempatan mendapatkan poin pada tiap transaksi dengan nominal tertentu. Poin-poin ini dapat dimanfaatkan sebagai metode pembayaran pada ekosistem CT Corp, seperti Transmart dan Trans Studio Mall. Nilai tukarnya adalah 1 poin sama dengan Rp1.

8. Login dengan biometrik

Allo Bank telah dilengkapi dengan fitur biometrik untuk memudahkan nasabahnya login dengan cepat dan aman.

9. Benefit menarik dari CT Corp

Dengan aplikasi Allo Bank, Anda hanya dikenai biaya parkir Rp1 pada Trans Studio Mall, Trans Park Mall, Transmart Mall, dan Trans Icon Mall di seluruh Indonesia. Selain itu, untuk pembelanjaan di CT Corp, pengguna Allo Bank bisa memperoleh cashback untuk pembayaran menggunakan paylater, kupon potongan belanja harga khusus, hingga bonus poin.

Cara Daftar Allo Bank

Agar dapat menikmati produk dan fitur Allo Bank, berikut cara daftar di aplikasi Allo Bank:

  • Unduh aplikasi Allo Bank dari Play Store atau App Store, lalu pasang pada smartphone Anda.
  • Buka aplikasi, lalu akses menu Register yang berada di halaman paling awal.
  • Isi data-data diri Anda seperti nama, nomor handphone, alamat email, dan password. Lalu klik Create My Account.
  • Anda akan ditunjukkan syarat dan ketentuan yang diberlakukan di Allo Bank. Setujui syarat dan ketentuan ini dengan mengklik tanda centang.
  • Allo Bank akan mengirim 6 digit kode OTP ke nomor handphone yang Anda daftarkan. Masukkan kode ini ke aplikasi, lalu klik Continue.
  • Aplikasi akan meminta Anda membuat 6 digit PIN untuk keperluan verifikasi tiap transaksi. Jika sudah, klik Selesai.
  • Pendaftaran Anda sudah selesai, Anda kini memiliki akun di Allo Bank.

Akun default di Allo Bank adalah dompet digital Allo Pay. Anda dapat mengupgradenya menjadi Allo Pay+ atau menjadi tabungan Allo Prime. Begini caranya:

  • Buka aplikasi Allo Bank.
  • Pada halaman Home, Anda akan mendapati nama pemilik akun beserta saldo Allo Pay dan jumlah poin yang dimiliki. Tepat di bawahnya, akan ada ajakan untuk mengupgrade akun ke Allo Prime. Klik Upgrade Now.
  • Masukkan PIN transaksi yang tadi Anda atur ketika mendaftar.
  • Unggah KTP dengan meletakkan KTP di depan kamera smartphone yang telah tersambung ke aplikasi.
  • Setelah KTP berhasil diidentifikasi, lakukan verifikasi wajah sambil memegang KTP. Ikuti instruksi yang diberikan oleh aplikasi.
  • Lengkapi data-data diri Anda. Nama Anda akan otomatis diambil dari nama yang terdeteksi di unggahan KTP. Jika sudah, klik Selesai.
  • Selamat, kini akun Allo Bank Anda dapat digunakan sebagai dompet digital dan rekening bank sekaligus.

Cara Mengajukan Paylater di Allo Bank

Jika Anda ingin memanfaatkan fitur paylater di Allo Bank untuk metode pembayaran secara cicilan, ajukan paylater melalui aplikasi dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Allo Bank.
  • Pada laman Home, buka menu Apply Paylater.
  • Anda akan diminta mengisi formulir berupa data diri dan data pekerjaan.
  • Unggah KTP sebagai dokumen yang disyaratkan.
  • Tunggu proses persetujuan. Allo Bank akan memproses pengajuan Anda dalam 24 jam.
  • Jika disetujui, Anda akan mendapatkan limit paylater yang dapat Anda akses dari menu paylater. Gunakan limit ini untuk metode pembayaran pada merchant rekanan Allo Bank.

Kelebihan Allo Bank

Berikut ini adalah keunggulan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan tabungan Allo Bank.

1. Gratis transfer dan biaya admin

Allo Bank menggratiskan biaya transfer untuk pengiriman dana secara online. Juga tidak ada potongan biaya admin per bulan. Anda juga dapat menarik seluruh simpanan yang Anda miliki tanpa khawatir ada saldo tertahan.

2. Banyak promo dari jaringan CT Corp

Sebagai anak perusahaan dari Mega Corp yang berada di bawah naungan CT Corp, pengguna Allo Bank mendapat keistimewaan jika menggunakan aplikasi bank digital ini pada ekosistem CT Corp. Anda berkesempatan mendapat cashback, diskon, dan berbagai promo dari jaringan CT Corp.

Daftar promo yang bisa dinikmati nasabah.
Promo menarik bagi nasabah.

Apa saja jaringan ekosistem CT Corp ini?

Untuk retail, Allo Bank mendukung pembayaran pada Transmart, Transliving, Transmart Hardware, Electronic Pro, Spord, Multi Mart, Oki Doki, Metro, Aigner, Boss, Furla, Canali, Geox, Find Kapoor, Seen, The Coffee Bean and Tea Leaf, Baskin Robbins, Wendy’s, Tasty Kitchen, Warung Wardani Bali, Gyu Katsu Nikaido, dan Sakura Japanese Cuisine.

Pengguna Allo Bank juga bisa memanfaatkan statusnya sebagai nasabah pada kluster lifestyle CT Corp seperti Antavaya, The Trans Luxury Hotel, The Trans Resort, Ibis Trans Studio Bandung, Fashion Hotel Legian, Four Star by Trans Hotel, Aston Tanjung Pinang, Trans Studio, Trans Snow World, Kidcity, Transpark, Transmart, Trans Studio Mall, Trans Studio Mini, dan Trans Studio Garden.

Bank online lain seperti Jenius BTPN tidak menawarkan promo eksklusif dari CT Corp.

3. Mendukung transfer BI-FAST

BI-Fast merupakan layanan transfer dana dan pembayaran ritel yang cepat, aman, dan dapat diakses setiap saat. Allo Bank telah membekali nasabahnya dengan fitur untuk melakukan transfer BI-Fast sehingga transaksi tetap aman dan efisien.

4. Ada poin yang dapat dipakai untuk pembayaran

Allo Bank memberi reward poin untuk transaksi-transaksi tertentu. Poin yang terkumpul akan difasilitasi dalam bentuk membership dan dapat ditukarkan sebagai alat pembayaran.

Status membership dalam aplikasi.
Untuk mendapat level membership, Anda harus mengumpulkan poin.

Kekurangan Allo Bank

Ini adalah hal-hal yang masih perlu ditingkatkan dari Allo Bank, mengingat aplikasi bank digital ini belum terlalu lama diluncurkan.

1. Fitur aplikasi masih terbatas

Fitur keuangan Allo Bank boleh dibilang merupakan fitur standar bagi bank digital. Belum banyak fitur khusus yang menjadikan Allo Bank menonjol dibanding bank digital terpopuler lain, selain keistimewaan bertransaksi di ekosistem CT Corp.

2. Suku bunga per tahun masih kalah dibanding kompetitor

Allo Bank menawarkan bunga 4% per tahun, jumlah ini masih kalah dibanding beberapa bank digital lain yang berani memberi 7% per tahun kepada nasabahnya.

3. Harus login ulang tiap buka aplikasi

Aplikasi Allo Bank belum dilengkapi fitur untuk login otomatis, sehingga jika Anda keluar dari aplikasi dan baru mengaksesnya lagi setelah beberapa waktu, aplikasi akan meminta Anda login ulang. Hal ini cukup merepotkan, apalagi jika waktu Anda sangat terbatas.

Demikian ulasan kami mengenai Allo Bank, semoga bermanfaat.

nv-author-image

Melvern Pradana

Melvern Pradana adalah seorang investor yang aktif menanam modal di pasar saham, cryptocurrency, P2P lending, dan reksa dana. Idolanya adalah Warren Buffett dan Peter Thiel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.