Dari banyaknya bank berbasis digital yang menyediakan jasanya di Indonesia, Digibank merupakan layanan yang memiliki reputasi paling baik. Meskipun tidak memiliki fitur terlengkap, namun ada beberapa hal yang membedakan bank online besutan DBS ini dibanding pesaing-pesaingnya.
Simak review Digibank berdasarkan pengalaman pemakaian selama setahun.
Tentang Digibank by DBS
Digibank adalah produk tabungan digital dari Bank DBS Indonesia. Bank DBS merupakan anak dari perusahaan perbankan The Development Bank of Singapore Limited (DBS Group) yang bermarkas di Singapura.
Sebagai salah satu bank terbesar di Asia Tenggara, DBS telah mengantongi banyak penghargaan, di antaranya Euromoney Awards for Excellence 2021, Best Digital Bank in Asia, Best Bank in Singapura, dan Best Bank in Asia selama tiga tahun: 2016, 2019, dan 2021. Selain terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Digibank by DBS juga terdaftar di Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).
Meskipun bukan merupakan pionir di bidangnya, Digibank telah menegakkan statusnya sebagai salah satu bank berbasis digital terbaik di Indonesia.
Syarat Menjadi Nasabah Digibank
Digibank menerapkan beberapa syarat berikut sebagai kriteria calon nasabahnya:
- Berusia di atas 17 tahun, dibuktikan dengan kepemilikan KTP.
- Memiliki pekerjaan tetap baik sebagai abdi negara, profesional, maupun wirausaha. Sehingga pelajar atau mahasiswa belum bisa mendaftar ke bank digital yang satu ini.
- Punya nomor HP yang aktif untuk kepentingan verifikasi data.
- Memiliki waktu untuk verifikasi pendaftaran ke agen bank DBS atau booth DBS, yang sayangnya baru terdapat di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, dan Medan.
Jika Anda telah memenuhi syarat-syarat di atas, berarti Anda dapat bergabung menjadi nasabah di Digibank.
Cara Daftar di Digibank by DBS
Berikut cara daftar Digibank:
- Unduh dan pasang aplikasi Digibank Indonesia di smartphone Anda.
- Aplikasi Digibank akan meminta Anda mengizinkan akses mengelola dan melakukan panggilan telepon, serta persetujuan Anda untuk mengakses ponsel, lokasi, SMS, dan kamera dari smartphone Anda. Jika Anda tidak keberatan dengan ini semua, silakan klik “OK, SAYA SETUJU!”.
- Anda akan dibawa ke laman pendaftaran akun baru. Ada pertanyaan apakah Anda sudah punya produk Digibank atau DBS. Karena statusnya Anda baru mendaftar, klik “BELUM. YUK, MULAI!”.
- Pilih produk Digibank yang akan Anda buka: Tabungan Digibank (untuk menabung, investasi, dan transaksi) atau KTA (Kredit Tanpa Agunan, pengajuan pinjaman). Karena tujuan Anda untuk membuka rekening, klik opsi pertama.
- Isi informasi dasar mengenai Anda dan kontak Anda.
- Anda akan dikirimi 6 digit One Time Password (OTP) melalui SMS ke nomor HP yang Anda masukkan. Input kode OTP ini di aplikasi.
- Buat username dan password untuk akun Anda di Digibank.
- Setelah username dan password selesai dibuat, berarti Anda telah memiliki akun di aplikasi Digibank. Anda dapat langsung mengajukan pendaftaran rekening atau menunggu lain waktu. Jika akan mendaftar sekarang, klik Lanjut.
- Isi detail pekerjaan, sumber dana, pendapatan bulanan, jumlah transaksi bulanan, tujuan membuka rekening di Digibank by DBS, dan informasi tempat kerja. Klik Lanjut tiap selesai mengisi masing-masing bagian.
- Akan muncul deklarasi wajib pajak serta syarat dan ketentuan di Digibank. Jika Anda setuju, klik Setuju.
- Terakhir, Anda akan diminta melakukan verifikasi pendaftaran. Ada dua opsi, yaitu bertemu agen Bank DBS atau mengunjungi booth DBS yang tersebar di beberapa kota. Anda dapat mengatur janji dengan agen DBS jika memilih opsi pertama, sedangkan untuk opsi kedua, Anda dapat melihat daftar alamat booth DBS dari website resmi bank ini.
Dari pengalaman kami mendaftar Digibank, pegawai yang mensurvey melayani dengan ramah dan menyelesaikan semua persyaratan dengan baik. Semua prosesnya selesai dalam waktu kurang dari 15 menit saja, mulai dari verifikasi identitas hingga pengambilan sidik jari.
Fitur dan Layanan Digibank
Digibank menyediakan fitur-fitur yang sangat menarik dibanding rekening bank konvensional pada umumnya.
Beberapa fitur andalan Digibank antara lain:
Pembelian produk investasi
Anda dapat melakukan pembelian berbagai produk investasi langsung melalui aplikasi, yakni deposito, obligasi, dan reksa dana. Deposito bisa dibuka dalam 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Deposito dibuka di dua sektor yaitu obligasi pasar perdana dan pasar sekunder, mulai dari Rp 1 juta dan tenor mulai 1 bulan.
Sedangkan produk reksa dana Digibank cukup lengkap mulai dari reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham.
Atur kartu kredit
Melalui aplikasi Digibank, nasabah dapat melakukan aktivasi kartu kredit utama dan tambahan, cek transaksi dan informasi kartu kredit, ubah tagihan dan transaksi menjadi cicilan (hingga 60 bulan), dan penukaran poin reward dengan mudah.
Gratis transfer ke dalam dan luar negeri
Di Digibank, transfer ke segala jenis bank bisa dilakukan secara gratis, baik ke bank di dalam maupun luar negeri. Untuk menikmati fasilitas ini, pastikan saldo Anda di atas Rp 1 juta. Sementara jika saldo Anda di bawah Rp 1 juta, biaya sebesar Rp 5.000 akan dikenakan untuk transfer antar bank.
Sementara bank konvensional seperti BRI, BCA, dan Mandiri menerapkan biaya admin untuk transfer ke rekening lain selain dari bank yang bersangkutan. Biayanya biasanya sebesar Rp 6.500.
Gratis biaya admin
Biaya admin Digibank adalah gratis untuk untuk saldo di atas Rp 5 juta. Selain itu, Anda juga dibebaskan dari biaya-biaya tambahan seperti biaya saldo minimum, pelunasan dipercepat, penutupan rekening, penarikan sebelum jatuh tempo, dan lain-lain.
Jika saldo Anda kurang dari Rp 5 juta, maka akan dikenai biaya admin Rp 10.000 per bulannya. Jumlahnya sama dengan Bank Jenius yang juga membebankan biaya admin sebesar Rp 10.000.
Gratis tarik tunai di ATM mana saja
Fasilitas cek saldo dan tarik tunai gratis dapat Anda nikmati tanpa batas alias selamanya di ATM DBS. Untuk ATM yang berada di bawah jaringan ALTO/ATM Bersama/PRIMA, Anda juga bisa melakukan tarik tunai gratis dengan saldo minimal Rp 1 juta.
Bagaimana dengan ATM bank-bank lain? Tenang, Anda masih dapat menggunakan fitur tarik tunai gratis ini hingga 5x dalam sebulan. Untuk penarikan keenam dan seterusnya, akan dikenakan biaya Rp 7.500. Sementara untuk mengecek saldo akan dikenakan biaya Rp 4.500 jika saldo Anda di bawah Rp 1 juta.
Kami telah mencoba menarik duit menggunakan ATM Digibank di ATM bank lain seperti BNI dan Mandiri. Tidak ada error yang kami temukan, serta jatah gratis tarik tunai terbukti benar adanya.
Kredit Tanpa Agunan (KTA)
Anda dapat mengajukan KTA dengan mudah dan cepat di aplikasi. Plafon pinjaman sangat fleksibel mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 300 juta, dengan bunga flat per bulan 0,95%-3,29%. Jika tenor pinjaman lebih dari 12 bulan, maka tahun pertama akan dikenai bunga 1,75% dari total pinjaman, sedangkan tahun kedua dan seterusnya dibebankan biaya Rp 65.000.
Digibank menjamin persetujuan pengajuan KTA Anda akan diproses dalam satu menit, jika keseluruhan syarat dan ketentuan telah terpenuhi. Syarat utama pengajuan KTA adalah berusia 21-55 tahun dengan pendapat kotor sedikitnya Rp 10 juta tiap bulan. Untuk pinjaman berplafon besar, ada syarat tambahan yaitu pemegang kartu kredit dengan limit minimal Rp 15 juta.
Rekening valas
Digibank menyediakan fasilitas rekening valuta asing (valas) bagi Anda yang ingin menabung dengan mata uang selain Rupiah. Anda bisa menabung sampai 10 jenis mata uang berbeda dalam satu rekening valas. Untuk transfer valas pun bisa dikirim dan diterima pada hari yang sama dengan kurs kompetitif.
Pembayaran dan pembelian
Tidak lengkap rasanya fitur perbankan modern tanpa dukungan ke produk-produk keuangan lainnya. Anda bisa melakukan top-up ke berbagai e-wallet, melakukan pembayaran ke hampir segala jenis tagihan, dan pembelian e-voucher melalui aplikasi Digibank.
Pencairan cashline
Pencairan cashline melalui Digibank dapat dilakukan ke rekening Bank DBS atau bank lain dengan nama Anda sendiri. Minimun jumlah pencairan dana adalah Rp 1 juta, dan tidak dikenakan biaya apapun alias gratis.
Spending tracker
Ingin memantau pengeluaran dan mengatur keuangan? Digibank punya fitur Spending Tracker yang dapat Anda manfaatkan untuk mengendalikan neraca keuangan Anda tiap bulannya. Fitur ini merekap transaksi keuangan dalam beberapa kategori, sehingga Anda dapat mengatur anggaran dengan lebih efisien.
Virtual assistant
Jika Anda menemukan kendala dalam menggunakan Digibank, Anda bisa langsung menghubungi Virtual Assistant yang tersedia sepanjang waktu. Virtual Assistant ini berbentuk chatbot. Jika Anda ingin dihubungkan langsung dengan agen, tersedia fitur Chat dengan Live Agent yang juga dapat diakses 24 jam sehari.
Kelebihan Digibank
Ini adalah keunggulan Digibank yang akan Anda dapatkan jika menjadi nasabah:
1. Aplikasi mudah digunakan
Aplikasi Digibank sangat user friendly bahkan untuk nasabah awam sekalipun. User interface-nya sudah menggunakan ilustrasi simpel dengan font sans-seriff, sehingga memberikan kesan dinamis dan fresh.
Memang aplikasi Digibank tidak secantik blu by BCA maupun Bank Jago, namun menurut saya aplikasinya lebih responsif dibandingkan Jenius. Pengaturan menu-nya juga tertata dengan rapi dan memudahkan pengguna pemula. Saya tidak pernah mengalami kesulitan dari segi antarmuka selama menggunakan aplikasinya.
2. Sistem keamanan berlapis
Selain password, Anda dapat mengamankan akun dengan menambahkan opsi login menggunakan sidik jari (fingerprint) atau pengenalan wajah (face ID). Digibank juga menerapkan keamanan ganda dengan meminta Anda memasukkan password sebelum melakukan eksekusi transaksi.
3. Mengatur uang, mengelola tabungan dan investasi dalam satu aplikasi
Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah, dengan Digibank by DBS, Anda bisa mengelola uang, tabungan dan investasi hanya dalam satu aplikasi saja. Sebab, di aplikasi ini Anda juga bisa membeli surat berharga negara (SBN). Hal ini khususnya, jika Anda sudah menggunakan aplikasi ini secara penuh, seperti membeli pulsa dan membayar listrik melalui aplikasi dan mencatat pengeluaran melalui aplikasi ini.
4. Transfer mata uang asing
Anda memiliki keluarga atau kolega yang tinggal di luar negeri dan membutuhkan bantuan? Tenang, aplikasi Digibank bisa membantu Anda untuk mengirim uang ke luar negeri dengan mudah tanpa unduh aplikasi tambahan. Tidak hanya transfer, Digibank dari DBS juga menggunakan kartu kredit yang diterbitkan oleh Visa. Ini artinya, Anda bisa menggunakan kartu kredit tersebut di negara lain yang juga menggunakan jasa Visa.
Kekurangan Digibank
Beberapa kelemahan Digibank yang patut Anda perhitungkan sebelum bergabung dengan bank digital DBS ini, antara lain:
1. Sulitnya verifikasi
Sistem verifikasi Digibank mengharuskan calon nasabah bertemu agen atau mengunjungi booth DBS. Hal ini cukup menyulitkan terutama bagi pendaftar yang kota tinggalnya tidak memiliki perwakilan DBS.
Dibandingkan dengan Bank Jago yang hanya memerlukan verifikasi lewat mengunggah swafoto, Digibank mengharuskan verifikasi langsung untuk alasan keamanan. Hal ini bisa menjadi hal positif maupun negatif.
2. Tidak gratis biaya admin tanpa minimal saldo
Digibank memang memberikan gratis biaya admin jika saldo di atas Rp 5 juta, namun jika dibandingkan bank digital lain seperti Bank Jago dan Blu by BCA, fasilitas ini masih terasa kurang karena bank lain bisa memberi Rp 0 biaya admin untuk saldo berapa saja.
3. Tidak ada fitur kantong/pocket
Digibank belum memiliki pocket savings atau kantong nabung, yaitu sub-rekening yang bisa digunakan untuk menabung, tidak seperti beberapa bank digital lain. Dalam hal ini, Digibank masih kalah dengan Jenius, Bank Jago, dan blu by BCA yang memiliki fitur kantong.
4. Bunga deposito bukan yang paling besar
Bunga deposito yang diberikan Digibank adalah 3,5% untuk 12 bulan, sayangnya jumlah ini bukan yang paling besar dibanding bank-bank digital lain. Dibandingkan dengan Bank Jago yang memberikan bunga 3,5% pada tabungan non-deposito, Digibank belum memberikan penawaran yang menarik dalam hal ini.
5. ATM Digibank terhitung langka
ATM DBS rata-rata hanya dijumpai di kota-kota besar. Untuk nasabah dari kota-kota kecil, harus mengandalkan fitur transaksi gratis yang terbatas dari Digibank pada bank-bank lain. Dalam hal ini, Digibank masih kalah dengan blu by BCA yang menumpang fasilitas ATM dari BCA yang jaringannya sudah sangat luas di Indonesia.
6. Membutuhkan agen untuk proses verifikasi
Saat mendaftar Digibank, Anda perlu melakukan verifikasi sidik jari yang mana hal ini dilakukan melalui cabang (branch) atau melalui agen. Masalahnya adalah, tidak semua daerah memiliki cabang atau gerai Bank DBS. Menurut beberapa sumber, verifikasi melalui branch ini hanya bisa dilakukan di 3 daerah, yaitu Jabodetabek, Bandung dan Surabaya.
Adapun tantangan verifikasi melalui agen adalah penyesuaian jadwal dengan agen terkait dan masa expired pendaftaran. Masa expired pendaftaran Anda adalah selama 2 minggu, sehingga dalam 2 minggu tersebut Anda harus melakukan verifikasi entah itu melalui agen atau ke branch. Jika Anda memilih menggunakan agen, maka Anda harus melakukan penyesuaian jadwal dengan agen terkait yang mana dalam waktu 2 minggu, penyesuaian jadwal ini mungkin susah terjadi.
Apakah Kami Merekomendasikan Digibank?
Ya! Menurut kami, Digibank memberikan sesuatu yang berbeda dibandingkan pesaingnya seperti Jenius, Bank Jago, dan blu by BCA. Jika Anda mencari bank online yang sangat mementingkan keamanan, maka Digibank pantas menjadi pilihan Anda.
Meskipun fiturnya bukan yang terlengkap, namun menurut kami merupakan layanan bank online terbaik untuk profesional dan pemilik bisnis.
Apakah digibank sudah mendukung pembayaran by qris? Jadi tinggal scan code qris yang ada di merchant dan langsung pembayaran. Sama seperti bca mobile atau e-wallet gopay, dana, dll?
Ya, sudah mendukung QRIS.