Lompat ke konten
Daftar Isi

Review BSI Mobile: Fitur, Kelebihan, dan Kekurangan

Review lengkap BSI Mobile

Aplikasi mobile banking hadir untuk memudahkan transaksi nasabah masa kini yang menginginkan segalanya serba efisien, tanpa harus antri di ATM atau bahkan mengunjungi kantor cabang. Hampir setiap bank konvensional memiliki aplikasi mobile bankingnya tersendiri, dan diupayakan sedemikian rupa untuk mengakomodir kebutuhan nasabah yang semakin kompleks.

Review di bawah ini akan membahas mengenai BSI Mobile, aplikasi mobile banking milik Bank Syariah Indonesia. Jika Anda adalah nasabah BSI yang ingin mulai menggunakan mobile banking, atau calon nasabah yang tertarik bergabung dengan BSI, semoga ulasan berikut bermanfaat untuk Anda.

Tentang BSI dan BSI Mobile

Bank Syariah Indonesia (BSI) merupakan gabungan dari tiga entitas bank syariah yang berada di bawah Himbara (Himpunan Bank-bank Milik Negara), yakni Bank BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri, dan Bank BNI Syariah. Ketiga bank ini resmi melakukan merger yang disahkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 27 Januari 2021 melalui surat Nomor SR-3/PB.1/2021. Dengan demikian, Bank Syariah Indonesia dikenal sebagai bank syariah nomor 1 di Indonesia.

Untuk memfasilitasi nasabah dari tiga bank yang bergabung menjadi satu ini, BSI meluncurkan aplikasi BSI Mobile pada 1 Februari 2021. BSI Mobile digadang-gadang menjadi mobile banking berkarakter ‘super app’ (aplikasi super) dengan ekosistem digital yang terus dikembangkan dari waktu ke waktu.

Menurut laman resmi BSI Mobile, aplikasi ini memiliki tiga fungsi sekaligus, yakni fungsi finansial, fungsi spiritual, dan fungsi sosial. Fungsi finansial berarti BSI Mobile berusaha menghadirkan aplikasi perbankan yang mendukung transaksi keuangan nasabahnya secara aman dan nyaman. Fungsi spiritual diwujudkan BSI Mobile melalui fitur-fitur Islami yang membantu nasabah melakukan amalan sehari-hari. Sedangkan fitur sosial merupakan kemudahan yang ditawarkan BSI Mobile untuk nasabahnya dalam hal berbagi kepada sesama.

Tampilan antarmuka aplikasi BSI Mobile.

Keberadaan BSI Mobile terbukti krusial bagi transaksi finansial nasabahnya. Pada semester pertama 2022, BSI Mobile melalui metode pembayaran QRIS mencatatkan sebanyak 2,7 juta kali transaksi, dengan nilai mencapai Rp 524 miliar. Pada periode yang sama, pengguna BSI Mobile mencapai 4,07 juta nasabah, melonjak 81% dibanding tahun sebelumnya. Transaksi kumulatif menggunakan BSI Mobile per Juni 2022 melampaui 117,72 juta kali transaksi, serta menyumbang fee based income sebesar Rp 119 miliar.

Fitur BSI Mobile

Fitur-fitur yang tersemat dalam aplikasi BSI Mobile antara lain:

1. Info rekening

Merupakan fitur standar yang berisi informasi rekening yang dimiliki nasabah serta aktivitas-aktivitas keuangan yang melibatkan rekening tersebut. Dalam fitur ini, Anda dapat melihat informasi saldo, daftar mutasi, tanggal mutasi, informasi portofolio, sampai daftar transaksi terjadwal.

2. Transfer

Fitur yang juga wajib ada dalam setiap akun perbankan, yakni transfer atau pengiriman dana. Fitur transfer di aplikasi BSI Mobile memungkinkan nasabah untuk melakukan pengiriman uang dari rumah, tanpa repot pergi ke kantor cabang atau ke ATM. Transfer bisa dilakukan secara online maupun secara SKN/kliring. Untuk memastikan transaksi tetap aman, BSI Mobile menerapkan 6 digit PIN yang harus diinput nasabah setiap akan bertransaksi.

Karena masih dikenakan biaya transaksi, pertimbangkan menggunakan aplikasi transfer gratis antar bank agar saldo Anda tidak dipotong.

3. Pembayaran

Daftar pembayaran yang bisa dilakukan melalui aplikasi BSI Mobile.

Aplikasi BSI Mobile mendukung pembayaran kebutuhan Anda sehari-hari. Pembayaran tagihan dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun untuk berbagai keperluan berikut:

  • Pembayaran listrik PLN pascabayar.
  • Pembayaran telepon pascabayar dan Telkom Pay.
  • Pembayaran internet dan TV kabel yang meliputi Indihome, MNC/OkeVision, Transvision, MNC Play, CBN, Net1, My Republic, dan lain-lain.
  • Pembayaran sumbangan akademik atau biaya pendidikan.
  • Pembayaran air PDAM.
  • Pembayaran iuran BPJS.
  • Pembayaran premi asuransi.
  • Pembayaran belanja di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan sebagainya.
  • Pembayaran haji dan umroh.

4. Pembelian

Menu pembelian yang bisa diakses pengguna.

Selain pembayaran, aplikasi BSI Mobile juga mendukung pembelian secara non-tunai yang dapat dilakukan di mana saja. Lewat fitur ini, Anda bisa membeli pulsa, paket data, token listrik prabayar, tiket transportasi, dan sebagainya.

5. QRIS

Nasabah BSI Mobile semakin mudah dalam bertransaksi dengan dukungan untuk melakukan pembayaran melalui QR Code Indonesian Standard (QRIS). Anda tidak perlu khawatir tidak membawa cukup uang tunai, karena pembayaran belanja bahkan berdonasi bisa dilakukan dalam satu genggaman. Saat ini fitur pembayaran QRIS sudah disematkan pada hampir seluruh bank digital dan aplikasi digital banking untuk menyokong terciptanya cashless society.

Scanning QRIS untuk pembayaran

6. E-mas

Ini adalah fitur investasi yang ditawarkan BSI kepada nasabahnya, yakni pembelian emas secara elektronik melalui aplikasi. Nasabah dapat melakukan pembelian emas dalam satuan gram atau rupiah. Minimal pembelian adalah seharga 0,05 gram emas, maksimal adalah Rp 100 juta dalam satu hari.

Nasabah bisa langsung menjual kembali emas mereka atau melakukan penarikan emas secara fisik. Pencairan tabungan emas ke bentuk emas fisik bersertifikasi dapat dilakukan dengan pecahan emas 2 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram.

7. Tarik tunai

Tarik tunai tanpa kartu dapat dilakukan di ATM BSI dan Indomaret di seluruh Indonesia, cukup dengan mengakses menu penarikan tunai dari aplikasi BSI Mobile Anda. Nasabah dapat melakukan penarikan mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 500.000 per hari.

Daftar ATM yang dekat dengan lokasi pengguna.

8. Favorit

BSI menyadari waktu nasabah sangat berharga, sehingga mereka menghadirkan fitur favorit untuk mengumpulkan transaksi-transaksi “favorit” yang kerap dilakukan nasabah, seperti transfer rutin, pembayaran tagihan bulanan, cicilan, dan sebagainya. Anda tinggal mengakses daftar favorit untuk melakukan transaksi rutin Anda, tanpa perlu memprosesnya dari awal.

9. Buka rekening

Hampir sama seperti bank digital, BSI Mobile memberi fasilitas pembukaan rekening online melalui aplikasi. Syaratnya cukup KTP, NPWP, dan foto selfie dengan KTP. Rekening yang bisa dibuka secara online adalah Tabungan Easy Mudharabah (dengan imbal hasil), Tabungan Easy Wadiah (tanpa bagi hasil), dan Tabungan Mabrur (haji dan umroh). 

10. Top up

Pengisian saldo e-wallet dapat dilakukan melalui BSI Mobile. Jika Anda ingin menambah saldo dompet digital Gopay, ShopeePay, OVO, DANA, LinkAja, maupun saku-saku digital lain, tinggal mengakses melalui menu Top Up di aplikasi.

11. Manajemen kartu

BSI Mobile dilengkapi fitur manajemen kartu debit sehingga nasabah dapat mengelola kartu seperti mengganti PIN, memblokir/menonaktifkan kartu, sampai mengajukan penerbitan kartu baru.

12. Info kurs

Fitur info kurs menampilkan pergerakan nilai tukar Rupiah terhadap mata uang asing seperti US dolar, Euro, Yen, Won, dan lain-lain. Ini memudahkan Anda yang ingin bertransaksi valuta asing.

13. Layanan Islami

Salah satu perbedaan bank konvensional dan bank syariah adalah dibenamkannya fitur-fitur ke-Islaman pada aplikasi mobile bankingnya. Di BSI Mobile, nasabah dapat menyetel pengingat waktu sholat, kompas kiblat, membaca Juz Amma, mempelajari keuangan syariah, dan sebagainya.

14. Layanan berbagi

BSI Mobile memudahkan nasabahnya yang ingin mendonasikan sebagian hartanya melalui fitur berbagi. Di sini, nasabah bisa menyalurkan zakat, infaq, wakaf, dan kurban dengan efisien dan tepat. Ada kalkulator untuk membantu nasabah menghitung zakat maal dan zakat profesi berdasarkan penghasilan tahunan yang dikumpulkan nasabah.

Biaya BSI Mobile

Biaya-biaya yang dibebankan kepada nasabah merujuk kepada biaya-biaya yang sudah disepakati ketika pembukaan rekening. Penggunaan aplikasi BSI Mobile sendiri tidak dipungut biaya, namun rekening yang terafiliasi di BSI Mobile tetap tunduk pada peraturan pembiayaan yang diberlakukan oleh BSI.

Beberapa ketentuan biaya yang kerap muncul saat bertransaksi dengan BSI Mobile adalah:

  • Transfer ke sesama rekening BSI, baik menggunakan aplikasi mobile banking atau tidak, tidak dibebankan biaya alias gratis.
  • Transfer ke rekening Mandiri, jaringan ATM Bersama, dan jaringan ATM Prima, adalah Rp 6.500 per transaksi.
  • Top up e-wallet seperti OVO, ShopeePay, GoPay, DANA, dan lain-lain, dikenakan biaya Rp 1.500 tiap transaksi.
  • Pembayaran tagihan seperti listrik dan internet, dikenai biaya Rp 3.000 per transaksi.

Cara Daftar BSI Mobile

Untuk menggunakan aplikasi BSI Mobile, Anda harus terdaftar dulu sebagai nasabah dan memiliki rekening. BSI memberikan lima opsi untuk mengaktifkan BSI Mobile, yaitu:

Buka rekening online

Bagi Anda yang ingin menghemat waktu atau tidak mau ribet ke kantor cabang, pembukaan rekening BSI dapat dilakukan secara online melalui aplikasi BSI Mobile. Setelah membuka rekening, nantinya aplikasi BSI Mobile akan teraktivasi secara otomatis.

Berikut langkah-langkah daftar rekening BSI secara online:

  1. Pasang aplikasi BSI Mobile dari Play Store atau App Store, setelah itu buka aplikasi.
  2. Akses menu buka rekening.
  3. Pilih jenis rekening sesuai kebutuhan Anda: Easy Mudharabah atau Easy Wadiah.
  4. Setelah itu, mulai proses pendaftaran dengan mengunggah foto KTP, NPWP (jika ada), selfie dengan KTP, dan tanda tangan digital.
  5. Isi formulir pendaftaran yang mencakup data diri, alamat, data pekerjaan, dan sebagainya.
  6. Lakukan video call dengan agen BSI untuk verifikasi. Pastikan koneksi internet Anda stabil.
  7. Setelah verifikasi video, rekening Anda sudah berhasil dibuat. Anda akan menerima kode aktivasi BSI Mobile yang secara otomatis akan mengaktifkan layanan mobile banking Anda.
  8. Lakukan setoran awal minimal Rp 100.000, bisa melalui transfer atau menyetor di kantor cabang.
  9. Untuk kartu debit, Anda dapat memproses dan mengambilnya di kantor cabang BSI terdekat dari alamat Anda.

Nasabah terdaftar

Bagi Anda yang sudah terdaftar sebagai nasabah BSI dan ingin mengaktivasi BSI Mobile saja tanpa mendaftar rekening baru, berikut cara aktivasinya:

  1. Unduh dan pasang aplikasi BSI Mobile dari App Store atau Playstore ke smartphone Anda.
  2. Tekan opsi Sudah Memiliki Rekening.
  3. Klik tombol titik tiga pada kiri atas, lalu pilih Minta Kode Aktivasi.
  4. Anda akan menerima kode aktivasi melalui nomor HP yang Anda daftarkan bersama rekening.
  5. Masukkan kode aktivasi ke aplikasi, dan BSI Mobile Anda sudah bisa digunakan.

Chatbot Aisyah atau WhatsApp

Mengaktifkan BSI Mobile juga bisa dilakukan melalui chatbot Aisyah (pada aplikasi) atau Whatsapp BSI di nomor 0815 8411 4040. Langkah-langkahnya:

  1. Ketik ‘Aktivasi BSI Mobile’ pada chatbot Aisyah atau Whatsapp BSI.
  2. Tunggu sampai agen merespon. Biasanya Anda akan diminta melengkapi sejumlah data seperti nomor HP, alamat lengkap, tanggal lahir, dan NIK KTP sebagai bagian dari verifikasi.
  3. Jika verifikasi berhasil, Anda akan mendapat kode aktivasi melalui SMS ke nomor HP Anda.
  4. Masukkan kode ini ke aplikasi BSI Mobile dan Anda bisa mulai bertransaksi.

Bank Syariah Indonesia Call

Aktivasi BSI Mobile juga bisa melalui Customer Service BSI. Begini caranya:

  1. Hubungi BSI Call di nomor 14040.
  2. Untuk mengakses layanan aktivasi mobile banking, Anda perlu menekan tombol-tombol yang tepat sesuai instruksi dari rekaman BSI Call, agar dapat disambungkan ke Customer Service.
  3. Setelah tersambung, Anda akan menjalani verifikasi data oleh CS.
  4. Setelah verifikasi selesai, kode aktivasi akan dikirim ke nomor HP Anda.
  5. Input kode verifikasi ke aplikasi, dan BSI Mobile Anda siap digunakan.

Kantor cabang

Bagi Anda yang kurang nyaman melakukan verifikasi jarak jauh, ada opsi aktivasi melalui kantor cabang BSI yang dapat Anda pilih. Registrasi dan aktivasi BSI Mobile di kantor cabang tidak dipungut biaya. Cara melakukannya:

  1. Datang ke kantor cabang BSI terdekat untuk bertemu dengan CS.
  2. Jika Anda belum punya rekening, Anda akan diminta mendaftar rekening terlebih dahulu oleh CS, lalu BSI Mobile Anda akan menyusul aktif. Prosesnya dilakukan dalam satu meja tersebut.
  3. Jika Anda sudah punya rekening, tinggal meminta aktivasi BSI Mobile ke CS. Ikuti prosesnya sesuai arahan.
  4. Selesai. BSI Mobile Anda sudah bisa digunakan.

Kelebihan BSI Mobile

Secara umum, aplikasi BSI Mobile sudah cukup mumpuni sebagai mobile banking syariah yang mengklaim diri berfungsi untuk finansial, spiritual, dan sosial. Berikut ini beberapa kelebihan BSI Mobile yang bisa ditemukan nasabah dalam aplikasi:

1. Fitur lengkap

Fitur utama dan fitur pendukung BSI Mobile sudah lengkap. Pengguna bisa menjalankan transaksi baik online maupun offline secara efisien dan nyaman. Bahkan, fitur-fitur yang tidak berhubungan dengan keuangan pun disematkan ke aplikasi sebagai penunjang image ‘syariah’ yang diusung BSI.

2. Mendukung QRIS

Pembayaran cashless saat ini menjadi pilihan banyak orang, terutama generasi muda. Fitur QRIS amat berguna bagi nasabah yang ingin bertransaksi ke banyak pihak tanpa berganti-ganti aplikasi. Tinggal scan, masukkan nominal, dan beres.

3. Layanan Islami

Nasabah BSI yang mayoritas muslim semakin dipermudah membayar zakat, infaq, wakaf, dan kurban dengan adanya fitur di BSI Mobile yang mendukung hal ini. Selain itu banyak pula fitur Islami lain yang relatif berguna bagi nasabah.

4. Pilihan aktivasi banyak

Untuk mengaktifkan BSI Mobile, nasabah dapat memilih metode mana yang paling nyaman untuk mereka. Mulai dari pendaftaran rekening di aplikasi yang 100% online, sampai berkunjung ke kantor cabang BSI.

5. Investasi emas

Emas adalah instrumen investasi yang stabil, sehingga banyak diminati nasabah sampai kapan pun. BSI Mobile memfasilitasi hal ini sehingga nasabah bisa langsung membeli, menjual, atau menukar emas mereka sebagai bagian dari investasi.

Kekurangan BSI Mobile

Meskipun aplikasinya lengkap, namun ada beberapa kekurangan dari BSI Mobile seperti berikut ini:

1. Aplikasi terkesan penuh

Tampilan aplikasi BSI Mobile memang cukup baik dengan ikon dan font yang dinamis, namun banyaknya fitur yang berjejer membuat aplikasi terkesan penuh dan membingungkan. Akan lebih baik jika fitur-fitur ini dikategorikan ke dalam menu dan submenu.

Dalam hal ini, antarmuka BSI Mobile masih kalah dengan antarmuka Bank Jago yang sangat sederhana namun mudah digunakan.

2. Belum ada gratis biaya

BSI masih memberlakukan biaya-biaya ‘normal’ pada bank konvensional seperti biaya admin bulanan, biaya transfer, minimum setoran awal, dan saldo mengendap. Sebenarnya hal ini masih cukup wajar mengingat BSI Mobile hanya aplikasi mobile banking dari bank offline yang masih eksis, bukan sepenuhnya bank digital.

3. Verifikasi masih menggunakan video call

Pembukaan rekening online masih menggunakan video call sebagai sarana verifikasi. Hal ini cukup menyulitkan nasabah yang tidak memiliki internet cukup stabil.

Demikian ulasan kami mengenai aplikasi BSI Mobile, semoga bermanfaat.

Melvern Pradana

Melvern Pradana

Melvern Pradana adalah seorang investor yang aktif menanam modal di pasar saham, cryptocurrency, P2P lending, dan reksa dana. Idolanya adalah Warren Buffett dan Peter Thiel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *