Lompat ke konten

Review Phillip Sekuritas: Cara Daftar, Kelebihan, dan Kekurangan

Ulasan lengkap Phillip Sekuritas

Salah satu broker yang banyak dilirik oleh pegiat saham di Indonesia adalah Phillip Sekuritas yang memiliki platform POEMS. Berbeda dari Mandiri Sekuritas dan Indo Premier yang merupakan perusahaan sekuritas dan broker lokal, Phillip Sekuritas merupakan bagian dari jaringan global yang membawahi belasan negara.

Jika Anda sedang mempertimbangkan broker saham apa yang terbaik, berikut review Phillip Sekuritas berdasarkan pengalaman pemakaian selama setahun terakhir.

Profil Singkat Phillip Sekuritas

PT Phillip Sekuritas Indonesia (kode broker: KK) merupakan perusahaan broker milik Phillip Capital yang berpusat di Singapura. Perusahaan pialang saham ini terdaftar secara resmi di Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak 1994.

Saat ini Phillip Sekuritas sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui dua izin yakni: Penjamin Emisi Efek dengan Nomor KEP-02/BL/PEE/2007 dan Perantara Pedagang Efek dengan Nomor KEP-225/P/1992.

Untuk memudahkan perdagangan saham nasabah di tanah air, pada 2003 Phillip Sekuritas meluncurkan aplikasi trading yang disebut POEMS (Phillip’s On-line Electronic Mart System). POEMS telah memiliki versi bahasa Indonesia tersendiri dan disesuaikan dengan pasar modal Indonesia.

Nama Phillip Sekuritas sempat disebut-sebut pada kasus investasi PT Jouska Finansial Indonesia pada 2020 lalu. Namun di sini Phillip Sekuritas hanya berperan sebagai pendukung edukasi finansial yang diselenggarakan Jouska, sehingga Phillip Sekuritas sebagai perusahaan pialang saham tetap aman Anda gunakan sebagai platform investasi.

Dengan menargetkan nasabah baru sebanyak 250.000 pada tahun 2021, Phillip Sekuritas berpeluang menjadi salah satu sekuritas berpredikat terbaik di waktu mendatang.

Cara Daftar Phillip Sekuritas

Ada dua cara yang bisa Anda tempuh untuk mendaftarkan diri di Phillip Sekuritas, yaitu melalui website atau melalui gerai investasi/Sekolah Pasar Modal (SPM). Prosesnya tidak jaduh berbeda dengan pembukaan rekening saham di broker lain.

Pendaftaran melalui website POEMS

Ini adalah cara pendaftaran yang lazim dan disarankan oleh Phillip Sekuritas. Umumnya nasabah trading Phillip bergabung melalui website POEMS. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka laman pendaftaran di website resmi POEMS: www.poems.co.id/Home/OpenAccount.
  • Pilih tipe akun yang akan Anda gunakan: Reguler atau Syariah.
  • Isi formulir yang ada di laman pendaftaran dengan lengkap.
  • Phillip Sekuritas akan mengirimi Anda email berisi berkas PDF yang merupakan ringkasan dari formulir yang telah Anda isi sebelumnya.
  • Download berkas PDF tersebut, cetak, lalu baca dengan saksama. Jika Anda telah setuju, tempelkan materai Rp 10.000 dan bubuhkan tanda tangan Anda di atasnya.
  • Siapkan berkas-berkas fisik berikut: fotokopi KTP, NPWP, dan halaman depan buku tabungan (dari bank yang didukung oleh Phillip Sekuritas). Khusus mahasiswa, lampirkan juga fotokopi KTM.
  • Masukkan berkas formulir yang telah Anda tanda tangani dan berkas-berkas wajib lainnya ke amplop, lalu kirim via pos ke alamat: PT Phillip Sekuritas Indonesia – ANZ Tower Lantai 23B, Jln. Jenderal Sudirman Kav 33A Jakarta.
  • Setelah menerima dan memeriksa berkas-berkas yang Anda kirimkan, Phillip Sekuritas akan memverifikasi melalui telepon atau email. Pastikan keduanya aktif.
  • Setelah proses verifikasi selesai, Phillip Sekuritas akan memproses penerbitan rekening saham Anda. Username dan password untuk mengakses aplikasi POEMS akan dikirim melalui email.

Dari pengalaman pendaftaran yang kami lakukan, akun berhasil dikonfirmasi oleh pihak Phillip Sekuritas dalam waktu kurang dari 1 minggu.

Pendaftaran melalui gerai investasi/Sekolah Pasar Modal

Selain mendaftar melalui website, Anda juga bisa bergabung dengan Phillip Sekuritas melalui Sekolah Pasar Modal atau Sekolah Pasar Modal Syariah yang diselenggarakan oleh Bursa Efek Indonesia. Berikut langkah-langkahnya:

  • Registrasi ke Sekolah Pasar Modal.
  • Pilih Phillip Sekuritas sebagai perusahaan sekuritas tempat Anda membuka rekening saham.
  • Transfer sejumlah yang ditentukan ke Phillip Sekuritas, yang nantinya akan dikonversikan sebagai modal awal.
  • Isi formulir pendaftaran secara online. Jangan lupa cantumkan SPM sebagai tempat Anda mengenal Phillip Sekuritas.
  • Cetak formulir pendaftaran Anda lalu tanda tangani.
  • Kirim formulir pendaftaran bersama fotokopi KTP, NPWP, halaman depan rekening tabungan, dan KTM (khusus mahasiswa).
  • Pihak Phillip Sekuritas akan menghubungi Anda melalui video call untuk verifikasi. Berdasarkan pengalaman beberapa pengguna, verifikasi ini mengharuskan Anda memegang KTP di depan kamera dengan pose tegak, agar wajah dan keterangan di KTP jelas terlihat.
  • Tunggu konfirmasi penerbitan rekening dana nasabah serta username dan password.

Rekening dan Fee Phillip Sekuritas

Pilihan bank untuk rekening dana investor

Phillip Sekuritas menyediakan lima pilihan bank untuk rekening dana investor, yaitu Bank BCA, Bank Mandiri, Bank Permata, Bank Sinarmas, dan Bank BCA Syariah (khusus untuk akun Syariah).

Deposit awal

Setelah rekening dana nasabah siap, Anda akan diminta melakukan deposit awal. Deposit awal untuk masyarakat umum adalah Rp 500.000. Sedangkan jika Anda mendaftar melalui SPM atau dengan status mahasiswa, deposit awal Anda cukup Rp 100.000.

Fee Phillip Sekuritas

Untuk transaksi pembelian, Phillip Sekuritas memberlakukan fee beli sebesar 0,2% dan fee jual sebesar 0,3%. Biaya transaksinya cukup kompetitif dibanding broker lain, namun belum termasuk jajaran sekuritas dengan fee termurah karena masih lebih mahal dibanding Ajaib Sekuritas dan Mirae Sekuritas.

Stock withdraw (transfer ke sekuritas lain)

Nasabah yang ingin melakukan stock withdraw atau transfer dari Phillip Sekuritas ke sekuritas lain, akan dikenai charge Rp 22.000 per emiten, tidak peduli berapa jumlah lotnya.

Datafeed

Jika fitur Datafeed yang berisi real market info diaktifkan, maka fee-nya akan menyesuaikan dengan akumulasi total fee transaksi yang dilakukan dalam sebulan. Jika total fee transaksi dalam sebulan kurang dari Rp 25.000, maka Phillip Sekuritas akan membebankan sisa biayanya kepada nasabah.

Namun jika fee sebulan lebih dari Rp 25.000, maka datafeed akan digratiskan. Artinya, minimal perputaran uang Anda melalui Phillip Sekuritas adalah sekitar Rp 25-30 juta tiap bulan untuk menikmati real market info tanpa biaya.

Fitur POEMS

Aplikasi trading Phillip Sekuritas, POEMS, bisa Anda akses dengan tiga cara, yakni POEMS website (diakses menggunakan web browser), POEMS ID baik Android dan iOS (dipasang pada smartphone), dan POEMS Desktop atau Protrader (dipasang pada laptop/komputer).

Kotak login di POEMS
Menu login POEMS dengan fitur fingerprint.

Ketiganya memiliki fitur yang kurang lebih sama. POEMS juga mendukung sistem trial (percobaan) menggunakan demo account bagi Anda yang menginginkan simulasi trading sebelum benar-benar mendaftar di Phillip Sekuritas.

Fitur POEMS dibagi ke dalam dua kategori besar, yaitu Prostocks dan Profunds. Prostocks digunakan untuk transaksi saham sedangkan Profunds untuk transaksi reksa dana. Review ini akan khusus membahas fitur-fitur yang ada di kategori Prostocks.

Bagian Prostocks
Tampilan menu Prostocks
Tampilan menu Profunds
Tampilan menu Profunds

Berikut fitur-fitur POEMS Prostocks yang akan membantu Anda melakukan transaksi di pasar modal:

1. Kategori Favorite

  • Running trade: untuk memantau pergerakan saham secara real time pada jam-jam perdagangan dibuka.
  • Research: berisi analisis-analisis yang dilakukan oleh tim riset Phillip Sekuritas, meliputi rekomendasi saham, laporan emiten, dan info pasar, semua dapat diakses dengan gratis.
  • Chart: berisi diagram-diagram untuk memudahkan Anda melakukan analisis teknikal saham dengan indikator yang cukup lengkap dan mudah dimengerti.
  • Trading equity: berisi informasi yang menjadi acuan Anda dalam melakukan transaksi, seperti jumlah dana yang tersedia dan outstanding (dana yang akan masuk dan keluar berdasarkan transaksi yang Anda lakukan). Menu ini juga berisi trading equity, yaitu fasilitas yang memungkinkan nasabah membeli saham melebihi jumlah cash yang dimiliki, dengan mempertimbangkan jumlah cash dan portfolio.
  • Indices & curr: untuk melihat indeks pasar saham dunia serta nilai tukar rupiah terhadap mata uang luar negeri.
  • Stock scanner: untuk memudahkan Anda memilih saham yang berpeluang paling bagus, disortir berdasarkan analisis teknikal dan fundamental.
  • Smart SAFE: fasilitas antrian jual/beli saham secara otomatis.
  • Outstanding: berisi informasi order pembelian dan penjualan yang belum Anda lunasi.
  • News: berisi berita-berita seputar pasar modal dan keuangan dari dalam dan luar negeri.
  • Portfolio: memuat informasi seluruh saham dan reksadana yang Anda miliki di Phillip Sekuritas.
  • Promo: berisi promo dan iklan dari Phillip Sekuritas.
  • Smart PLAN: fasilitas untuk menabung saham dan reksadana sesuai waktu yang telah Anda tentukan.
  • Exercise: untuk memudahkan Anda melakukan penebusan terhadap right issue yang Anda miliki.

2. Kategori Trade

  • Buy/Sell: untuk melakukan transaksi jual beli, serta melihat informasi stock profile dan order book.
  • Order status: untuk mengecek status transaksi yang telah Anda lakukan, apakah dalam posisi antrian (received), selesai (done), dilakukan perubahan (amend), atau pembatalan (withdraw).
  • Smart SAFE: fasilitas antrian jual/beli saham secara otomatis.
Menu buy order di Phillip Sekuritas
Menu buy order

3. Kategori Market Info

  • Stock profile: informasi saham berdasarkan data fundamental dan informasi transaksi harian.
  • Top stocks: untuk melihat informasi saham teratas hari ini.
  • Top broker: untuk melihat peringkat transaksi broker yang dilakukan hari ini.
  • Order book: informasi harga jual dan harga beli saham yang disajikan secara real time.
  • Watchlist: fasilitas pengamatan pergerakan saham secara real time, Anda dapat menambahkan saham-saham mana saja yang ingin Anda pantau.

Menurut penilaian kami dari tes pemakaian, POEMS layak disejajarkan dengan aplikasi lain seperti MOST dari yang sudah kami bahas di review Mandiri Sekuritas. Akan tetapi dari sisi kemudahan pemakaian oleh pemula, POEMS masih kalah dengan aplikasi dari Ajaib Sekuritas.

Mekanisme Pembelian dan Penjualan Saham di POEMS

Berikut langkah-langkah untuk melakukan pembelian saham di aplikasi POEMS:

  • Masuk ke menu Buy/Sell yang ada pada kategori Trade.
  • Untuk melakukan pencarian saham spesifik, langsung masukkan kode saham pada kolom pencarian, lalu klik Search.
  • Anda juga bisa menyortir daftar saham berdasarkan tipe saham, range harga, dan sektor saham. Bisa juga diurutkan berdasarkan alfabet, harga tertinggi, maupun harga terendah.
  • Setelah menentukan saham yang akan Anda beli, klik tombol Buy untuk masuk ke form order.
  • Masukkan harga yang Anda inginkan pada kolom Price (tanpa satuan Rp), lalu masukkan jumlah saham yang akan Anda beli pada kolom Quantity (dalam lots).
  • Jika sudah yakin, klik Buy.
  • Anda akan dibawa pada laman konfirmasi. Pada halaman ini akan diinformasikan harga per lot, jumlah lot, dan nominal dana yang akan dibayarkan. Tekan Submit jika semuanya sudah benar.
  • Klik tombol OK, dan order Anda sudah masuk dalam antrian bursa.

Sedangkan jika ingin melakukan penjualan saham di Phillip Sekuritas, ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

  • Masuk ke menu Portfolio untuk melihat daftar saham yang Anda miliki.
  • Pilih saham yang akan dijual, klik tombol Sell untuk masuk ke laman form.
  • Masukkan harga pada kolom Price dan jumlah saham yang akan Anda jual pada kolom Quantity.
  • Jika sudah yakin, klik Sell.
  • Laman konfirmasi akan muncul, menginformasikan harga per lot, jumlah lot, dan nominal dana yang akan Anda terima. Tekan Submit jika sudah benar.
  • Klik tombol OK untuk menutup informasi penjualan, dan order Anda sudah masuk dalam antrian bursa.
Detail tentang portofolio berisi saham yang dimiliki.
Tampilan portofolio di aplikasi Phillip Sekuritas.

Kelebihan Phillip Sekuritas

Dibanding broker lain, berikut beberapa kelebihan yang dimiliki Phillip Sekuritas:

  1. Merupakan sekuritas dengan mekanisme pendaftaran yang paling mudah. Nasabah BCA mendapat prioritas karena Phillip Sekuritas akan langsung mengecek ke BCA untuk kelengkapan persyaratan dan verifikasi.
  2. Rekening dana nasabahnya menaungi dua skema investasi sekaligus, yaitu transaksi saham (melalui prostocks) dan transaksi reksadana (melalui profunds).
  3. Mendukung transaksi ala Dollar Cost Averaging, yakni strategi investasi rutin dalam jumlah dan periode tertentu, atau dengan kata lain tabungan investasi, baik saham atau reksadana.
  4. Pembelian reksadana di Profunds mendukung manajemen profil resiko.
  5. Excercise (proses penebusan saham yang mengalami right issues) mudah.
  6. Menampilkan chart ala Tradingview dengan gratis karena Phillip Sekuritas bekerjasama dengan trading platform yang satu ini.
  7. Penarikan dana cukup mudah.
  8. Banyak reward yang diberikan oleh Phillip Sekuritas kepada nasabah.

Kekurangan Phillip Sekuritas

Dari tes yang kami lakukan selama setahun terakhir, berikut beberapa kekurangan dari layanan Phillip Sekuritas:

  1. Auto order kurang user friendly, terutama bagi pengguna yang masih awam.
  2. Keranjang untuk booking order baru dibuka pada pukul 19.30, jadi nasabah terpaksa harus menunggu beberapa lama sebelum bisa mengantri untuk transaksi esok hari.
  3. Iklan produk dan promosi dari Phillip Sekuritas cukup masif, sampai pada tahap agak mengganggu kenyamanan pengguna.

Apakah Kami Merekomendasikan Philliip Sekuritas?

Ya! Phillip Sekuritas layak menjadi pilihan Anda untuk melakukan transaksi jual beli saham. Aplikasi POEMS sangat bisa diandalkan serta jarang memiliki error, dan kami tidak menemukan kesulitan berarti selama pemakaian setahun terakhir.

Memang aplikasi POEMS secara kemudahan pemakaian masih kalah jika dibandingkan dengan Ajaib dan IPOT, namun jika Anda sudah lama berkecimpung di dunia saham maka aplikasi trading dari Phillip Sekuritas tidak akan menyusahkan kegiatan investasi Anda.

nv-author-image

Melvern Pradana

Melvern Pradana adalah seorang investor yang aktif menanam modal di pasar saham, cryptocurrency, P2P lending, dan reksa dana. Idolanya adalah Warren Buffett dan Peter Thiel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.