Lompat ke konten

Review Aplikasi Pintu: Kelebihan dan Kekurangan (2022)

Review menggunakan aplikasi Pintu

Jual beli cryptocurrency semakin ngetrend di kalangan para investor muda. Ini berimbas pada semakin banyaknya platform trading mata uang digital yang berlomba-lomba memberikan layanan terbaik. Salah satu di antaranya adalah aplikasi jual beli crypto buatan anak negeri, Pintu.

Tidak hanya memberikan fasilitas untuk jual beli dan melakukan trading mata uang crypto, Pintu juga berkomitmen membantu investor dalam melakukan investasi agar aktivitas seputar cryptocurrency benar-benar optimal dan mendatangkan cuan.

Berikut review aplikasi Pintu berdasarkan penggunaan selama setahun.

Tentang Aplikasi Pintu

Pintu merupakan platform jual beli crypto dari PT Pintu Kemana Saja, perusahaan investasi asal Indonesia. Pintu diluncurkan pada April 2020 dan semenjak itu melesat menjadi salah satu platform trading crypto terbaik di tanah air.

Tampilan halaman utama aplikasi Pintu
Tampilan halaman utama aplikasi

Aplikasi pintu termasuk aman dan legal karena telah mengantongi izin Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEPTI), badan yang berwenang mengawasi perdagangan mata uang crypto di Indonesia.

Mata uang crypto yang bisa Anda perdagangkan di Pintu termasuk:

  1. Bitcoin (BTC)
  2. Ethereum (ETH)
  3. Binance Coin (BNB)
  4. Dogecoin (DOGE)
  5. Cardano (ADA)
  6. 1nch (1INCH)
  7. USD Coin (USDC)
  8. Ripple (XRP)
  9. Quant (QNT)
  10. Syntethix (SNX)
Crypto yang bisa diperdagangkan di app Pintu.
Crypto yang bisa diperdagangkan.

Pintu memiliki jargon “instant trading” dan “easy investment”, dengan menjanjikan setiap investasi yang dilakukan di Pintu adalah aman, mudah, dan menghasilkan keuntungan.

Platform trading yang digunakan Pintu adalah aplikasi mobile yang bisa dipasang pada smartphone maupun tablet yang berbasis Android dan iOS. Tidak hanya fasilitas jual beli, Pintu juga membekali investornya dengan informasi menarik dan tanya jawab terkait aset crypto.

Cara Daftar Aplikasi Pintu

Cara daftar di aplikasi Pintu sangat mudah dan hampir tanpa syarat apa pun. Indonesia cukup mengunduh lalu memasang aplikasi Pintu pada ponsel pintar Indonesia, lalu ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Pintu, lalu pilih bahasa yang akan Indonesia gunakan, misalnya Bahasa Indonesia.
  • Klik “Mulai Sekarang”.
  • Klik tombol “Daftar” untuk membuat akun baru.
  • Masukkan alamat email valid dan isikan password yang akan Anda pakai untuk login di aplikasi.
  • Klik “Buat Akun”.
  • Buka email Anda, akan ada email verifikasi dari Pintu untuk mengkonfirmasi pendaftaran. Klik tautan yang ada dalam badan email untuk memverifikasi.
  • Anda akan diarahkan kembali ke aplikasi Pintu. Atur PIN yang nantinya Anda gunakan untuk transaksi di aplikasi.
  • Selesai, Anda sudah punya akun di Pintu.

Agar dapat melakukan transaksi dengan aman dan nyaman, Pintu menyarankan penggunanya untuk melakukan verifikasi akun dan identitas (KYC). Berikut cara verifikasi akun dan identitas di aplikasi Pintu:

  • Buka aplikasi Pintu lalu masuk ke akun Anda.
  • Pada pojok kanan bawah, terdapat menu “Akun”. Klik menu tersebut lalu pilih Verifikasi Identitas.
  • Masukkan nomor telepon aktif, lalu pilih metode pengiriman OTP yang Anda inginkan (via SMS/telepon).
  • Pilih KTP, SIM, atau paspor untuk verifikasi identitas.
  • Unggah foto identitas Anda, lalu unggah selfie Anda sambil memegang kartu identitas.
  • Klik Kirim Verifikasi ID.
  • Tunggu sampai Pintu melakukan review verifikasi Anda. Jika proses selesai, Anda akan mendapat pemberitahuan melalui aplikasi.

Berdasarkan pengalaman kami, proses pendaftaran di Pintu terhitung sangat mudah. Akun yang kami daftarkan bisa segera digunakan setelah seluruh proses KYC selesai.

Fitur Aplikasi Pintu

Aplikasi Pintu hadir dengan user interface yang bersih dan mudah dipahami, sehingga menghasilkan user experience yang baik meskipun pada pengguna yang belum terlalu akrab dengan aplikasi trading.

Pintu memiliki beberapa fitur unggulan yang akan Anda nikmati jika tergabung sebagai investor. Fitur-fitur ini antara lain:

1. Jual beli crypto

Seperti layaknya platform trading crypto, Pintu dilengkapi dengan fasilitas standar untuk jual beli aset crypto. Beberapa fitur trading yang dipunyai Pintu antara lain jual dan beli aset crypto (dengan pilihan koin yang beragam), kirim dan terima aset crypto, dompet crypto, dan akses untuk withdraw atau menarik tunai dalam mata uang Rupiah.

2. Portal berita crypto

Selain fitur standar bursa crypto, Pintu juga melengkapi diri dengan portal berita crypto yang dapat diakses semua pengguna. Pada awla kemunculannya, portal berita ini menjadi salah satu keunggulan Pintu yang belum banyak dijumpai pada platform trading lainnya, setidaknya belum terlalu maksimal.

3. Fitur keamanan berlapis

Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna dalam bertransaksi crypto, Pintu memberlakukan sistem keamanan berlapis yang dapat Anda pilih untuk diaktifkan atau tidak. Beberapa pilihan keamanan yang disediakan Pintu misalnya:

  • Sidik jari untuk membuka dan mengunci akun.
  • Pengenalan wajah (face ID) untuk membuka dan mengunci akun.
  • PIN untuk mencegah orang lain menggunakan akun Anda.
  • Kode OTP melalui SMS pada nomor yang Anda daftarkan untuk mengkonfirmasi suatu aktivitas di aplikasi.
  • Dua Faktor Autentikasi (2FA) dari Google untuk memperketat keamanan akun.
  • Multi Party Computation (MPC) sebagai protokol cryptografi untuk melindungi aset crypto Anda yang ditransaksikan dalam aplikasi.

4. Address book

Salah satu fasilitas unik yang diberikan Pintu adalah fitur address book untuk mengenali akun Anda sebagai @username. Anda dapat membuat username unik yang tidak boleh sama dengan yang dipunyai pengguna lain. Username ini dapat disimpan sebagai kontak dalam buku alamat. Untuk mengirim dan menerima mata uang crypto, Anda cukup menggunakan @username saja.

5. Alert

Fitur Alert merupakan fasilitas reminder yang disediakan Pintu untuk memberikan notifikasi pada Anda jika aset crypto yang Anda pantau mencapai suatu titik harga tertentu. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memaksimalkan keuntungan dengan take profit (TP) serta meminimalisir kerugian dengan cut loss (CL).

6. Chat

Customer service merupakan fitur yang membuat Pintu relatif lebih unggul dibanding platform trading crypto lain. Pintu mengklaim customer service akan melayani pelanggan selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Anda dapat langsung menghubungi CS via chat di menu Akun lalu pilih Chat Support.

7. Referral

Pintu memiliki program referral di mana Anda sebagai pengguna dapat mengundang teman untuk bergabung dengan aplikasi ini menggunakan tautan unik dari akun Anda, dan Anda akan mendapat komisi tiap ada yang bergabung menggunakan link tersebut.

Komisi berjenjang yang diterapkan Pintu untuk referral adalah sebesar 0,004% dari nominal transaksi untuk pengundang langsung, 0,012% untuk downline 1, 0,006% untuk downline 2, dan 0,004% untuk downline 3.

Cara Deposit di Pintu

Sebelum melakukan transaksi apa pun di aplikasi Pintu, Anda disarankan melakukan deposit atau top-up dana ke akun Anda sehingga pembayaran bisa dilakukan dengan lancar. Cara deposit di Pintu sangat praktis, Anda bahkan tidak perlu menukar dengan mata uang crypto stablecoin seperti Binance USD (BUSD) atau Tether (USDT) terlebih dahulu.

Berikut langkah-langkah melakukan deposit di aplikasi Pintu:

  • Buka aplikasi Pintu, pastikan telah login ke akun Anda.
  • Klik menu Wallet lalu pilih Wallet Rupiah. Anda juga dapat mengakses Deposit langsung dari beranda.
  • Pada laman saldo Rupiah, ada beberapa pilihan transaksi. Klik Deposit.
  • Akan muncul nomor Virtual Account (VA) pada laman deposit. Anda dapat melakukan pembayaran dengan nomor VA melalui transfer bank (BNI/Mandiri/BRI/Permata). Pembayaran juga dapat dilakukan melalui e-wallet seperti GoPay, OVO, DANA, LinkAja, dan ShopeePay.
  • Masukkan nomor VA ini pada aplikasi perbankan atau ATM Anda. Untuk pembayaran dengan e-wallet, langsung buka aplikasi e-wallet masing-masing.
  • Isikan nominal yang akan Anda deposit. Minimal top-up adalah Rp 50.000.
  • Periksa nomor VA dan nominal yang Anda isikan. Jika sudah yakin, tekan OK.
  • Anda akan mendapat pemberitahuan di aplikasi Pintu jika saldo Anda sudah masuk ke akun.

Deposit atau top-up tidak dikenakan biaya, kecuali biaya admin antar bank jika Anda menggunakan bank di luar BNI, Mandiri, BRI, dan Permata.

Cara Transaksi di Pintu

Transaksi perdagangan crypto yang dapat Anda lakukan di aplikasi Pintu adalah jual dan beli. Pintu berusaha memberikan nasabahnya harga-harga koin terbaik dari pasar yang bekerja sama dengan mereka.

Ini cara transaksi di aplikasi Pintu:

  • Buka aplikasi Pintu, lalu login ke akun Anda.
  • Di beranda, pilih mata uang crypto yang ingin Anda beli atau jual, misalnya Bitcoin (BTC).
  • Pada laman aset crypto yang Anda pilih, akan muncul performa mata uang tersebut dalam periode tertentu. Di bagian bawah, terdapat estimasi harga beli dan harga jual.
  • Klik tombol Beli jika Anda ingin membeli dan tombol Jual untuk menjual. Misalnya, Anda akan melakukan pembelian.
  • Masukkan harga pembelian yang Anda inginkan dalam Rupiah atau crypto. Minimal pembelian crypto adalah setara Rp 22.000.
  • Jika sudah yakin dengan nominal pembelian, klik Berikutnya.
  • Harga pembelian akan dipotongkan dari saldo Anda. Klik OK.
  • Tunggu sampai Pintu memproses transaksi Anda. Jika transaksi berhasil, Anda akan mendapat pemberitahuan dan aset crypto Anda sudah dapat dipantau di akun.

Perlu dicatat, transaksi beli dan jual aset crypto di aplikasi Pintu bebas biaya transaksi. Ini berbeda dengan aplikasi Indodax yang mengenakan biaya berupa market taker/maker.

Kelebihan Aplikasi Pintu

Aplikasi Pintu menawarkan kemudahan dalam bertransaksi aset crypto, salah satu kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan banyak investor. Selain itu, beberapa kelebihan lain yang akan Anda nikmati dalam platform trading crypto ini adalah:

1. UI/UX aplikasi relatif simpel

Aplikasi mobile Pintu sangat mudah digunakan. Tampilannya clean dan instruksi-instruksinya tidak membingungkan. Shortcut-shortcut penting seperti deposit dan watchlist ditempatkan di beranda sehingga pengguna dapat langsung mengakses tanpa harus mencari-cari di menu.

Tampilan watchlist
Watchlist.

Menurut kami, aplikasi Pintu lebih mudah digunakan dibandingkan Indodax maupun Tokocrypto.

2. Top-up mudah

Deposit sangat praktis, Anda bisa langsung transfer dari bank atau e-wallet dan tidak perlu menukarnya dengan stablecoin terlebih dahulu. Selain itu, gratis biaya deposit.

3. Semua harga dalam IDR

Sebagai aplikasi besutan anak negeri, Pintu memanjakan investor yang berasal dari Indonesia dengan memberikan semua harga dalam Rupiah, sehingga investor tidak kerepotan menyesuaikan kurs sebelum transaksi.

4. Jual beli gratis biaya admin

Pintu menggratiskan biaya admin alias Rp0 untuk transaksi jual beli. Satu-satunya yang membebankan biaya admin adalah withdrawal atau penarikan yang dikenakan Rp 4.500. Sangat terjangkau dibanding platform crypto yang lain seperti aplikasi Tokocrypto dan Rekeningku.

Kelemahan Aplikasi Pintu

Beberapa kelemahan aplikasi Pintu yang bisa menjadi pertimbangan investor crypto adalah:

1. Koin yang bisa dibeli sangat sedikit dibanding platform lain

Dalam hal jumlah crypto yang bisa diperdagangkan, aplikasi Pintu masih kalah dibandingkan Indodax yang melayani perdagangan lebih dari 180 crypto.

2. Tidak bisa auto order

Belum ada fasilitas auto order di aplikasi Pintu, sehingga pengguna hanya bisa mengaktifkan fitur Alert jika ada aset crypto yang sesuai kriteria harga mereka lalu melakukan pembelian/penjualan secara manual.

3. Harga jual lebih rendah dari harga beli

Harga jual aset crypto seringkali lebih rendah dibanding harga belinya, sehingga investor perlu berpikir dua kali jika ingin menjual asetnya melalui aplikasi Pintu.

Demikian review aplikasi Pintu, semoga bermanfaat.

nv-author-image

Melvern Pradana

Melvern Pradana adalah seorang investor yang aktif menanam modal di pasar saham, cryptocurrency, P2P lending, dan reksa dana. Idolanya adalah Warren Buffett dan Peter Thiel.

1 tanggapan pada “Review Aplikasi Pintu: Kelebihan dan Kekurangan (2022)”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.