Lompat ke konten

Review RHB Sekuritas: Cara Daftar, Kelebihan, dan Kekurangan (2022)

Ulasan lengkap RHB Sekuritas

Investor pasar modal Indonesia yang terus menggeliat jumlahnya dari tahun ke tahun, membuat Indonesia dipandang sebagai negara yang potensial di mata perusahaan broker asing. Per September 2021, jumlah investor pasar modal Indonesia adalah 6,29 juta SID, melonjak 61,86% dibanding tahun sebelumnya, serta melesat 1000% dibanding tahun 2017 yang baru 600 ribu SID. Tak heran, pialang saham mancanegara optimis melebarkan sayapnya di Indonesia.

Salah satu perusahaan broker asing yang telah lama hadir di Indonesia adalah RHB Sekuritas. Melalui layanannya di bidang efek, perusahaan yang berasal dari Negeri Jiran ini berkomitmen mengajak masyarakat Indonesia meningkatkan literasi saham alias melek pasar modal. Tidak heran, RHB Sekuritas adalah pemain besar di pasar modal ASEAN.

Berikut review RHB Sekuritas berdasarkan pengalaman setahun pemakaian.

Mengenal RHB Sekuritas dan RHB Tradesmart

PT RHB Sekuritas Indonesia merupakan anak perusahaan dari RHB Banking Group yang berkantor di Malaysia. Di negara berbahasa Melayu tersebut, RHB Group (RHB Capital Berhad) adalah perusahaan perbankan ketiga terbesar secara nasional. Cabangnya tersebar di banyak negara di Asia Tenggara.

RHB Sekuritas masuk ke Indonesia pada 1990. Waktu itu namanya adalah PT OSK Nusadana Securities Indonesia. Perusahaan pialang saham ini diakuisisi oleh OSK Investment Bank (OSKIB) pada 2008, dan diakuisisi lagi oleh RHB Capital Berhad pada 2012. Tahun 2013, perusahaan resmi berganti nama menjadi RHB Sekuritas dan berada di bawah payung RHB Investment Bank (RHBIB).

RHB Sekuritas bukan pemain kecil. Pada 2019, broker yang berkode DR ini membukukan transaksi jual beli saham di pasar reguler dan non reguler sebanyak 420 ribu transaksi dengan nominal total Rp7,45 triliun.

Apakah RHB Sekuritas adalah penipu? Tentu bukan, karena perusahaan ini diawasi oleh OJK dan telah menjadi salah satu sekuritas pilihan banyak investor di Indonesia.

Dukungan terhadap layanan online trading diwujudkan dengan meluncurkan aplikasi RHB Tradesmart. Fitur bawaan aplikasi yang sangat diunggulkan oleh platform ini adalah ARO (Assisted Robo Optimization), sehingga sering disebut RHB Tradesmart with ARO. Aplikasi ini dapat dipasang di Android maupun iOS.

Cara Daftar di RHB Sekuritas

Untuk bergabung dengan RHB Sekuritas, mula-mula Anda harus mendaftar secara online via aplikasi, kemudian ditindaklanjuti dengan pengiriman berkas-berkas secara fisik. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pasang aplikasi RHB Tradesmart di aplikasi Anda. Atau bisa juga melalui situs rhbtradesmart.co.id yang dibuka di web browser.
  • Isi formulir pendaftaran secara lengkap.
  • Unggah scan KTP Anda.
  • Cek email yang Anda daftarkan untuk melihat username dan password yang akan Anda gunakan untuk login aplikasi RHB Tradesmart.
  • RHB Sekuritas akan memverifikasi melalui telepon.
  • Setelah verifikasi, Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) akan mulai memproses pendaftaran dan penerbitan Rekening Dana Investor (RDN) Anda.
  • RHB Sekuritas akan mengirimkan dokumen pendaftaran melalui kurir ke alamat Anda. Pastikan dokumen tersebut telah sesuai, lalu tanda tangani.
  • Siapkan fotokopi KTP, NPWP, dan halaman depan tabungan. Satukan berkas-berkas ini dengan dokumen yang telah Anda tanda tangani, lalu kirimkan ke kantor RHB Sekuritas Indonesia di alamat:
    Wisma Mulia lt. 20, Jl. Gatot Subroto No. 42, Jakarta
  • Jika RDN dan investor ID sudah jadi, RHB Sekuritas akan meneruskannya ke email Anda.
  • Anda diwajibkan melakukan setoran awal minimal Rp 100.000 ke RDN, setelah itu Anda sudah bisa melakukan transaksi saham.

Proses pendaftaran yang kami lalui berjalan dengan sangat lancar tanpa adanya hambatan yang signifikan. Pihak RHB juga aktif dan ramah dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar registrasi yang kami ajukan.

Fee dan Layanan RHB Sekuritas

Fee

Biaya transaksi yang dibebankan RHB Sekuritas kepada investor adalah 0,15% untuk pembelian dan 0,25% untuk penjualan. Sebagai perbandingan, nilai tersebut lebih murah dibandingkan fee yang ditetapkan Mandiri Sekuritas. Hal tersebut menjadikannya termasuk salah satu sekuritas dengan fee paling rendah di Indonesia.

Pilihan bank untuk RDN

RHB Sekuritas memberikan tiga pilihan bank untuk membuka RDN, yakni Bank BCA, Bank Permata, dan Bank Panin.

Fasilitas margin trading

RHB Sekuritas menyediakan fasilitas margin (utang) untuk investor yang kerap melakukan transaksi saham melebihi jumlah uang tunai yang mereka miliki di RDN. Limit margin yang diberikan adalah 2x jumlah jaminan (cash di RDN) dengan bunga 18% per tahun.

Menariknya, jika margin Anda tidak melebihi rasio 65% dari limit margin, Anda akan diberi fasilitas tanpa jatuh tempo, artinya Anda punya keleluasaan maksimal untuk melunasi kewajiban, meskipun tentu dengan bunga yang terus bertambah.

Fitur RHB Tradesmart

Fitur utama dari aplikasi RHB Tradesmart adalah ARO (Assisted Robo Optimization), sebuah fitur yang memberikan analisis dan notifikasi real time seputar saham kepada penggunanya, sehingga mengoptimalkan kinerja trader dan investor terutama yang memiliki waktu terbatas untuk mengamati pergerakan saham.

Tampilan aplikasi RHB Tradesmart setelah login
Halaman RHB Tradesmart setelah login.

Terdapat tiga fitur ARO, yaitu:

1. ARO Signal

Berisi informasi mengenai saham-saham apa saja yang sedang trending di pasar bursa hari itu. Pengguna juga mendapat sinyal trading dari BULL, HOLD, dan BEAR. Sehingga investor yang menggunakan aplikasi ini tidak akan ketinggalan informasi saham apa yang paling panas di pasaran.

Menu watchlist dengan indikator
Pada menu watchlist, terdapat sinyal Bull, Bear, dan Hold.

Fitur ini menurut pengalaman kami sangat membantu dalam menganalisis saham untuk dibeli dan dijual.

2. ARO Library

Fungsinya hampir sama seperti Watchlist, yaitu mengumpulkan saham-saham tertentu yang Anda minati untuk dipantau secara khusus. Kelebihannya, ARO Library memfasilitasi dengan indikator dan parameter tambahan yang mendetail mengenai saham-saham pilihan tersebut, sehingga investor memiliki trading plan yang lengkap sebelum memutuskan akan membeli atau menjual suatu saham. Anda juga akan mendapat notifikasi real time jika terdeteksi kejadian yang signifikan pada saham-saham itu.

3. ARO Technical

Sesuai namanya, fitur ini untuk mendongkrak kinerja analisa teknikal tanpa perlu melibatkan chart yang rumit. ARO Technical memberikan rekomendasi saham-saham mana yang unggul secara performa. Fitur ini juga dilengkapi automatic support dan resistance sebagai panduan untuk melakukan antrian jual atau antrian beli.

Informasi support dan resistance pada ARO
Pada setiap saham terdapat informasi support dan resistance.

Untuk menggunakan fitur ARO, Anda cukup mengakses menu ARO dari aplikasi RHB Tradesmart. Masukkan kode saham yang ingin Anda lihat performanya (misal: BBNI untuk saham PT Bank Negara Indonesia, Tbk). Akan muncul laman saham BBNI yang telah dianalisis oleh ARO.

Di bagian bawah harga saham, akan ada keterangan BULL jika saham tersebut menguat atau BEAR jika sahamnya melemah. Keterangan TREND akan menunjukkan UP atau DOWN tingkat kepopuleran saham tersebut di pasar modal.

Terdapat pula indikator baterai 5 bar (tampilannya persis baterai handphone) yang menunjukkan seberapa kuat sinyal saham tersebut untuk saat ini. Anda dapat menggunakan analisis-analisis ini untuk melakukan eksekusi Buy atau Sell terhadap saham tersebut.

Portofolio pada perangkat lunak mobile
Informasi portofolio.

Berdasarkan penilaian yang kami lakukan, dibanding aplikasi BIONS dari BNI Sekuritas, aplikasi RHB Tradesmart memiliki fitur yang lebih banyak dan juga mudah digunakan pemula. Namun, secara UX menurut kami RHB Tradesmart masih kalah dibanding aplikasi Ajaib.

Cara Transaksi Saham

Berikut step by step untuk melakukan pembelian saham menggunakan RHB Tradesmart:

  • Masuk ke menu Order.
  • Pada bagian paling bawah tampilan, klik tanda +Order.
  • Lakukan pencarian saham yang Anda minati dengan klik tombol Search pada sisi kanan atas.
  • Setelah ketemu, laman order akan menampilkan informasi kinerja saham tersebut di pasar bursa.
  • Masukkan harga beli yang Anda inginkan pada kolom Input Price.
  • Masukkan jumlah saham yang akan Anda beli (per lot/100 lembar) pada kolom Quantity.
  • Jika Anda ingin memaksimalkan seluruh jumlah cash yang Anda miliki untuk membeli saham tersebut, klik Max Cash.
  • Jika Anda ingin memaksimalkan seluruh limit margin yang Anda punya (2x cash) untuk membeli saham tersebut, klik Max Buy Limit.
  • Tekan Submit Order Buy untuk mengirimkan pesanan pembelian Anda ke pasar bursa.
Buy dan sell pada aplikasi RHB Sekuritas.
Bagian buy dan sell di RHB Sekuritas.

Sedangkan jika Anda ingin melakukan penjualan saham yang Anda miliki, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Masuk ke menu Portfolio, lalu klik submenu Stocks.
  • Akan muncul daftar saham-saham yang Anda punyai. Pilih yang ingin Anda jual, lalu tekan Sell.
  • Laman order akan memunculkan performa saham tersebut di pasar bursa secara real time.
  • Masukkan harga jual yang Anda inginkan pada kolom Input Price.
  • Masukkan volume saham yang ingin Anda jual pada kolom Quantity.
  • Jika ingin menjual keseluruhan saham dari emiten tersebut yang ada di portofolio Anda, klik Max Sell.
  • Tekan Submit Order Sell, dan order penjualan Anda akan dikirimkan ke pasar bursa.

Kelebihan RHB Sekuritas

Berdasarkan pemakaian selama setahun, berikut kelebihan yang dimiliki RHB Sekuritas:

  1. Deposit awal sangat murah dibanding sekuritas lain, hanya Rp 100.000 saja.
  2. Rekening dana nasabah cukup fleksibel karena ada 3 pilihan: di Bank BCA, Bank Permata, dan Bank Panin.
  3. Riset fundamental tersedia tiap hari, tersedia di aplikasi dan dapat dikirimkan ke email pengguna. Equity research dilakukan oleh CFA charterholder dengan kualitas pelaporan yang baik dan mudah dimengerti.
  4. Fasilitas margin trading sangat menguntungkan investor yang kepepet beli saham dalam jumlah banyak namun terkendala uang tunai yang belum di-top up.
  5. Terdapat kalender dividen yang menunjukkan emiten mana saja yang siap membagikan dividen kepada investornya dan tanggal pembayaran dividen tersebut.
  6. Fee termasuk yang paling murah dibanding sekuritas lain.

Kekurangan RHB Sekuritas

Terdapat beberapa kekurangan RHB Sekuritas dibandingkan sekuritas lain:

  1. Chart yang kurang komprehensif dibanding platform trading yang lain. Contohnya, chart yang disajikan Mirae Sekuritas masih lebih lengkap.
  2. Tidak ada reksa dana kecuali ETF, sehingga investor yang ingin diversifikasi portofolio belum bisa melakukannya di RHB Tradesmart.

Demikian review kami tentang RHB Sekuritas. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin mulai berkecimpung di pasar modal dan melirik sekuritas asal Malaysia ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.