6 Investasi Syariah Yang Paling Menguntungkan

Investasi Syariah Untung Besar

Investasi merupakan salah satu cara yang digunakan seseorang untuk mendapatkan keuntungan. Terdapat banyak sekali jenis penanaman modal yang dapat dipilih seperti reksa dana, deposito, properti, dan jenis lainnya. Namun bagi sebagian orang muslim, jenis investasi tersebut masih dianggap kurang sesuai dengan syariat dan ajaran Islam. Oleh karena hal tersebutlah kini muncul yang dinamakan dengan bisnis investasi syariah.

Lalu, sebenarnya apa itu investasi syariah? Apa saja jenisnya? Dan apa keuntungan yang dapat diperoleh saat kita memilih investasi berjenis syariah? Untuk mengetahui jawabannya, langsung saja Anda simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Investasi Syariah

Investasi syariah adalah jenis investasi yang dijalankan sesuai dengan pedoman dan nilai-nilai dalam ajaran umat Islam. Segala jenis investasi yang berbasis syariah haruslah sesuai menurut syariat agama Islam. Dalam praktiknya umumnya tidak memberikan ruang kepada riba. Selain itu, manfaat yang dirasakan dalam investasi ini tidak hanya dirasakan oleh nasabah tetapi juga orang banyak.

Kelebihan dari Investasi Jenis Syariah

1. Halal

Satu hal yang pasti Anda dapatkan saat memilih jenis investasi syariah online maupun offline adalah sudah pasti halal. Pada saat Anda berinvestasi di bank Syariah, segala pendanaan yang Anda lakukan tersebut dipastikan hukumnya halal. Hal tersebut karena semua kegiatan yang mengarah kepada riba tidak digunakan pada jenis investasi ini. Sikap tersebutlah yang membuat umat muslim dapat menanamkan modal dengan halal.

2. Aman

Kelebihan selanjutnya adalah berkarakteristik sebagai investasi aman dan minim terjadi tindak penipuan. Hal tersebut karena jenis investasi yang berbasis syariah ini pelaksanaannya menerapkan prinsip transparansi dalam setiap aktivitas dan prosedurnya. Dengan begitu, setiap nasabah dapat mengetahui hasil keuntungan dan prosedur investasi tanpa dihantui dengan adanya tindak penipuan.

3. Terhindar Dari Riba

Selain aman dan halal, Anda juga akan terhindar dari melakukan riba saat memilih investasi yang berbasis syariah. Segala aktivitas dan kegiatan dalam investasi ini semuanya berdasarkan dengan prinsip dan syariat Islam. Oleh karena itu, karena riba tidak dibolehkan dalam ajaran agama Islam, maka dalam investasi ini juga tidak ada riba.

Mirip dengan asuransi syariah vs konvensional, Anda dapat berinvestasi dengan tenang dan bebas dari riba jika memiliki jenis investasi berbasis syariah. Pada saat Anda terhindar dari riba dan bunga, maka pada saat yang sama Anda sudah terhindar dari melakukan perbuatan dosa.

4. Risiko Kecil

Kelebihan berikutnya adalah risiko dalam investasi yang tergolong kecil jika dibanding jenis investasi yang konvensional. Hal tersebut karena perhitungan yang dilakukan semuanya berdasarkan kekeluargaan. Perhitungan kekeluargaan tersebut tentunya dapat menghindarkan dari riba dan juga meminimalkan risiko yang Anda terima.

5. Bermanfaat Untuk Sosial

Investasi syariah tidak hanya menghadirkan keuntungan bagi para nasabahnya, tetapi juga dapat memberikan manfaat bagi orang banyak. Investasi berbasis syariah ini dapat membantu peningkatan kualitas tingkat ekonomi dengan cara ikut mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia. Bagaimana bisa? Hal itu karena investasi berbasis syariah ini dapat memberi modal tambahan usaha sehingga akan semakin banyak karyawan yang terserap.

6 Jenis Investasi Syariah Terbaik

Setelah tadi mengetahui tentang pengertian dan kelebihannya, berikut adalah macam-macam investasi syariah yang paling menguntungkan:

1. Investasi Emas Syariah

Jenis investasi berbasis syariah terbaik yang pertama adalah investasi emas. Jenis ini tergolong mudah dilakukan sehingga cocok untuk pemula. Berinvestasi emas ini memiliki beberapa keuntungan yang bisa dirasakan seperti dapat dicairkan dengan cepat dan mudah, modal tidak perlu besar, caranya investasi mudah, dan harganya setiap tahun mengalami kenaikan.

tabel Biaya Pembukaan Rekening Tabungan Emas
Biaya pembukaan rekening di Pegadaian Syariah Digital bahkan gratis!

Bahkan, saat ini jenis investasi emas ini sudah dapat dilakukan secara online melalui Pegadaian sehingga dapat semakin memudahkan Anda dalam berinvestasi. Untuk dapat melakukan investasi yang sesuai syariah, salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah emas harus nyata dan tidak menjalankan skema ponzi.

2. Investasi Deposito Syariah

Jenis investasi syariah yang cukup banyak dipilih oleh masyarakat di Indonesia adalah Deposito Syariah. Jenis ini berupa tabungan berjangka yang banyak ditawarkan sebagai investasi di bank Syariah di Indonesia. Untuk mekanismenya, deposito syariah ini memiliki mekanisme yang mirip dengan versi konvensional dan dilindungi LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan.

Konsep dari deposito syariah ini adalah Anda menyimpan dana atau uang dan kemudian pihak bank yang akan mengelola uang tersebut dalam batas waktu sesuai dengan musyawarah antara Anda dan pihak bank syariah. Setelah itu, Anda dapat memperoleh keuntungan setiap bulan dengan besaran sesuai dengan hasil musyawarah sebelumnya.

3. Investasi Saham Syariah

Saham syariah merupakan investasi surat berharga atau efek yang memberlakukan konsep penyertaan modal dengan menggunakan sistem bagi hasil yang mekanisme dan produknya tidak bertentangan dengan nilai dalam sistem syariah.

grafik pergerakan kumpulan saham syariah Jakarta Islamic Index dari 2016-2021.
Grafik Jakarta Islamic Index (JII) periode 2016-2021.

Beberapa kriteria yang tidak termasuk dalam saham syariah ini adalah perbankan yang menerapkan bunga, industri rokok dan alkohol, produsen makanan, dan juga perusahaan yang mempunyai jenis pinjaman yang ada riba. Untuk menjaga aktivitas perusahaan agar tetap berpegang pada prinsip dan nilai syariah, praktik saham syariah ini diawasi langsung oleh Dewan Pengawas Syariah atau DPS. Membelinya pun sekarang sudah sangat mudah karena bisa melalui online.

4. Investasi Properti Syariah

Properti seperti rumah, kondominium, tanah, dan juga apartemen merupakan pilihan investasi syariah paling menguntungkan yang dapat Anda pilih. Tentunya terdapat aturan jual beli yang harus sesuai dengan syariat Islam.

Investasi properti ini memiliki banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan seperti harga jual yang selalu naik, risiko kerugian rendah, dan juga properti tersebut dapat disewakan untuk dapat penghasilan pasif.

5. Investasi Reksa Dana Syariah

Cara investasi reksa dana syariah adalah melalui manajer investasi yang akan mengelola dana dari investor untuk dialokasikan ke beberapa instrumen seperti pasar uang, saham, atau obligasi yang menggunakan nilai dan prinsip syariah.

Pihak manajer investasi dalam hal ini tidak akan mengalokasikan dana investor di perusahaan yang tidak sesuai syariat islam seperti perusahaan minuman keras, bank yang mengandung riba, dan juga di perusahaan rokok. Umumnya, manajer investasi tersebut hanya akan mengalokasikan reksa dana ke tempat yang terdaftar di Daftar Efek Syariah atau DES.

6. Investasi P2P Lending Syariah

Jenis investasi paling menguntungkan berikutnya yang dapat Anda pilih adalah Peer to Peer Lending atau biasa dikenal dengan nama P2P Lending. Konsep dari investasi P2P lending ini adalah penyaluran dana yang dapat menghubungkan antara pihak pencari pinjaman dan pihak pemberi pinjaman (Investor).

Dalam pelaksanaan investasi P2P lending ini, saat ini sudah ada yang menggunakan konsep syariah di mana pendanaan yang disalurkan memiliki tujuan untuk berbagai kegiatan yang sesuai dengan nilai dan prinsip syariah. Umumnya, dana yang diberikan pemodal digunakan untuk tambahan modal usaha si pencari pinjaman.

Kesimpulan

Dengan memiliki investasi berbasis syariah terbaik, Anda dan umat muslim pada umumnya tetap dapat melakukan investasi dengan rasa aman dan tenang karena sistem yang digunakan sesuai dengan syariat Islam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *