Lompat ke konten

Review Mirae Sekuritas: Cara Daftar, Kelebihan, dan Kekurangan (2022)

Review dan tes Mirae Asset Sekuritas

Mirae Sekuritas merupakan salah satu sekuritas terbaik yang ada di Indonesia. Tiap minggunya, perusahaan pialang saham ini hampir selalu mencatatkan nilai transaksi saham tertinggi di tanah air. Tidak heran, karena nasabah yang terdaftar di Mirae Sekuritas juga tidak sedikit.

Apa yang membuat para investor ini begitu menggemari Mirae Asset Sekuritas? Rupanya, selain menawarkan produk investasi lengkap dengan fee trading yang sangat kompetitif dibanding sekuritas lainnya, dukungan platform trading yang aman dan nyaman juga turut mendongkrak performa broker ini.

Review ini akan membahas mengenai apa saja kelebihan dan kekurangan Mirae Sekuritas, cara daftar, serta berbagai fitur yang ditawarkan berdasarkan pengalaman pemakaian selama 9 bulan terakhir.

Apa Itu Mirae Sekuritas?

Mirae Asset Sekuritas, dulu bernama Daewoo Sekuritas, adalah perusahaan pialang saham yang bermarkas di Korea Selatan. Perusahaan berkode broker YP ini memiliki beberapa cabang di berbagai belahan dunia, seperti di London yang aktif sejak 1991 dan cabang terbaru di New York pada 2018. Di Indonesia sendiri, Mirae Sekuritas masuk pada 2002.

Mirae Sekuritas bukan penipu karena sudah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selama berkecimpung di pasar modal tanah air, Mirae Sekuritas telah mengantongi banyak prestasi. Sepanjang 2020, Mirae Sekuritas merajai peringkat broker saham di tanah air dengan nilai perdagangan saham terbesar, yakni Rp 410,27 triliun dengan total volume 7,44 miliar lot.

Mirae Sekuritas diganjar banyak penghargaan seperti didapuk jadi sekuritas paling aktif berdasarkan frekuensi transaksinya menurut majalah Investor, peringkat kedua dalam kategori Online Trading Terbaik Awards, dan menjadi perusahaan sekuritas asing terbaik menurut Bisnis Indonesia. Pesaing utamanya adalah Indopremier, Mandiri Sekuritas, dan BCA Sekuritas.

form login
Login di aplikasi mobile

Aplikasi Mirae Sekuritas bernama Home Online Trading System (HOTS) yang diluncurkan pada 2003 dan mengalami penyempurnaan pada 2009. Mobile Trading System (MTS) dirilis pada 2010 untuk memudahkan investor bertransaksi melalui smartphone. Saat ini platform trading yang digunakan di Mirae Sekuritas adalah HOTS untuk desktop dan Neo HOTS untuk mobile.

Setelah login, halaman homepage di Mirae Sekuritas
Homepage di aplikasi milik Mirae Sekuritas

Produk dan Layanan Mirae Sekuritas

Saat ini Mirae Sekuritas memiliki empat produk unggulan, yaitu:

  1. Capital market: ditujukan untuk investasi saham pada emiten-emiten secara umum.
  2. MAXFUND: ditujukan untuk transaksi reksa dana.
  3. Investment banking: ditujukan untuk investor yang ingin membeli suatu perusahaan publik atau tertutup.
  4. Exchange Trade Fund (ETF): produk reksa dana yang berbentuk kontrak investasi kolektif.

Pilihan Akun Saham

Dari empat produk di atas, tentu yang paling laris adalah produk investasi saham/efek di pasar modal. Untuk produk ini, Mirae Asset menyiapkan empat pilihan akun saham:

Reguler

Akun Reguler adalah akun default yang didapatkan ketika investor mendaftar di Mirae Sekuritas. Akun ini sifatnya wajib, artinya sebelum bergabung ke tiga tipe akun yang lain, Anda harus terlebih dulu terdaftar sebagai Reguler.

Setoran awal di Mirae Asset Sekuritas adalah sebesar Rp 10 juta untuk umum dan minimal deposit Rp 3 juta untuk mahasiswa. Fasilitas dari akun tipe ini adalah remain trading limit (margin) sebesar 3x cash. Fee transaksi yang dikenakan untuk akun Reguler pada Mirae Sekuritas yaitu sebesar 0,15% untuk pembelian dan 0,25% untuk penjualan.

Syariah

Sebagaimana sekuritas-sekuritas besar lain, Mirae Asset pun memiliki opsi tipe Syariah. Akun Syariah hanya bisa digunakan untuk membeli saham-saham emiten yang lolos lisensi Syariah (perusahaan alkohol, misalnya, tidak termasuk). Setoran awal dan fee transaksi sama persis jumlahnya dengan akun Reguler.

Day trade

Ini adalah akun yang didesain untuk investor yang melakukan trading harian. Marginnya lebih tinggi dari akun Reguler, yakni 5x cash. Akun ini juga khusus dipakai untuk saham-saham LQ45. Selain itu, fee transaksi jauh lebih kecil, hanya 0,08% untuk pembelian dan 0,18% untuk penjualan. Sayangnya ada force sell setiap harinya tiap pukul 15.40 WIB untuk transaksi-transaksi yang belum dilunasi pada hari itu.

Margin

Akun ini dikhususkan bagi investor yang kerap melakukan transaksi besar melebihi jumlah cash yang saat itu tersedia di akun mereka. Fasilitas akun margin cukup banyak, antara lain remain trading limit 2x cash, tidak ada force sell, margin ration hingga 75%, dan margin call ratio lebih dari 65%.

Namun, bunga pinalti yang dikenakan juga cukup besar, senilai 0,05% per hari atau 18% per tahun. Untuk terdaftar di akun Margin, deposit awal yang perlu Anda setor adalah Rp 200 juta.

Cara Daftar Mirae Sekuritas

Untuk bergabung menjadi investor di bawah naungan Mirae Sekuritas, Anda harus mendaftarkan rekening efek untuk akun Reguler terlebih dulu, setelah itu baru bisa memilih tipe-tipe akun lainnya (optional, jika dibutuhkan). Layanan pendaftaran akun Reguler sudah sepenuhnya online, berbeda dengan tiga tipe akun lain yang harus menghubungi Customer Service Mirae.

Berikut langkah-langkah mendaftar rekening saham di Mirae Sekuritas:

  • Pastikan Anda telah memenuhi syarat: berusia di atas 17 tahun, memiliki KTP-el, dan mempunyai tabungan BCA (wajib, tidak bisa bank lain).
  • Siapkan berkas-berkas digital yang diperlukan: scan KTP-el, scan NPWP (untuk mahasiswa bisa diganti dengan KTM), scan cover tabungan BCA, selfie dengan KTP, dan foto/scan tanda tangan di atas kertas putih.
  • Buka laman pendaftaran Mirae Sekuritas di https://open.miraeasset.co.id/id melalui web browser.
  • Masukkan nomor HP Anda dan lakukan verifikasi dengan memasukkan kode OTP yang dikirimkan via SMS.
  • Isi formulir pendaftaran secara lengkap.
  • Unggah berkas-berkas scan yang diminta.
  • Pastikan semua isian formulir dan berkas yang diupload sudah benar, centang Syarat & Ketentuan, lalu klik Verify.
  • Selesai. Mirae Sekuritas menjanjikan 3-5 hari kerja untuk memproses formulir pendaftaran Anda, namun berdasarkan pengalaman investor yang mendaftar di sekuritas ini, proses penerbitan rekening dana nasabah (RDN) bisa sampai 30 hari, rata-rata adalah 17 hari kerja.
  • Setelah rekening efek Anda terbit, Mirae Sekuritas akan menghubungi Anda via email untuk menginformasikan detail akun user ID, password, PIN, SID, dan nomor RDN.

Anda akan diminta melakukan deposit awal sebesar Rp 10 juta (umum) atau Rp 3 juta (mahasiswa). Namun jika Anda mendaftar melalui Sekolah Pasar Modal (SPM) IDX yang diselenggarakan Mirae Sekuritas, setoran awal hanya sebesar Rp 100.000.

Dari proses pendaftaran yang telah kami lalui, semuanya berjalan dengan baik dan akun sekuritas dikonfirmasi oleh pihak Mirae Asset dalam waktu kurang dari 3 minggu.

Fitur Neo HOTS

Aplikasi Neo HOTS milik Mirae Asset Sekuritas yang tersedia di Android dan iOS menurut pengalaman kami merupakan aplikasi trading saham yang “asyik” dari segi fitur-fitur yang ditawarkan.

Seperti yang kami jabarkan di review Ajaib, UX dari sebuah aplikasi adalah faktor penting bagi investor dalam memilih broker. Untungnya, Neo HOTS menurut kami didesain dengan sangat baik sehingga mudah digunakan.

Beberapa fitur unggulan dari Neo HOTS antara lain:

1. Stock Info

Segala informasi mengenai saham ada di sini. Investor dapat melihat data-data bid, offer, bid volume, dan offer volume sampai 10 tick ke atas dan ke bawah. Fitur ini dapat menampilkan data transaksi yang terjadi di hari terakhir perdagangan dan harga penutupan dari hari ke hari.

Tampilan stock ranking di HOTS
Stock ranking di aplikasi HOTS.

Ada juga submenu khusus untuk aktivitas yang dilakukan investor asing. Terakhir, ada stock recommendation berisi daftar saham yang patut diperhitungkan untuk ditransaksikan.

2. Chart

Merupakan bagian dari informasi mengenai bursa yang sedang buka, chart menampilkan grafis pergerakan saham secara real time (per detik). Anda juga dapat menyesuaikan tampilan chart menjadi per periode. Grafis ini sangat membantu investor dalam analisa teknikal.

3. Indeks Saham

Indeks saham menunjukkan data-data saham yang naik, turun, tetap, atau tidak lagi diperdagangkan. Data ditampilkan per sektor emiten.

4. Multi Stock

Fitur Multi Stock merupakan fasilitas basic dalam platform trading online. Menu ini terdiri dari running trade (daftar saham yang ditransaksikan saat ini secara real time di pasar bursa), stock ranking (peringkat saham-saham dalam satu hari perdagangan), dan watchlist (daftar yang terdiri dari saham-saham tertentu yang Anda minati, untuk dipantau secara khusus).

5. Automatic Order

Salah satu keunggulan Neo HOTS adalah fitur automatic order yang dapat disetel hingga periode 1 bulan. Investor dapat mengatur pembelian dan penjualan saham secara otomatis jika sistem mendeteksi kondisi-kondisi tertentu di pasar.

6. Order Booking

Bursa saham terjadwal dimulai pukul 08.55 WIB dan ditutup pukul 16.15 WIB pada hari perdagangan. Neo HOTS memfasilitasi investor jika ingin bertransaksi di luar jam tersebut, yaitu dengan mengatur di menu Order Book, dan transaksi akan diproses pada hari perdagangan berikutnya.

Menu buy order
Tampilan menu pembelian saham

7. Forum

Keunggulan lain dari Mirae Sekuritas adalah adanya forum investor yang dapat digunakan nasabah untuk bertukar informasi, opini, atau pertanyaan. Bentuknya seperti media sosial sederhana di mana pengguna dapat berinteraksi satu sama lain.

8. Berita dan informasi

Neo HOTS membekali penggunanya dengan informasi yang sangat mendukung untuk analisa fundamental, seperti berita-berita terupdate seputar pasar modal dan keuangan, informasi lengkap mengenai emiten yang sahamnya diperdagangkan, sampai laporan keuangan emiten tahunan.

Mirae Sekuritas juga menerbitkan secara berkala tips-tips dan riset-riset mereka mengenai pasar modal. Artikel ini dapat diakses oleh pengguna secara gratis.

Cara Transaksi Saham di HOTS

Untuk melakukan pembelian saham di Neo HOTS, berikut step by step yang perlu Anda lakukan:

  • Masuk ke menu Order, pilih submenu Buy.
  • Pada bilah atas, ketikkan kode saham yang ingin Anda beli.
  • Akan tampil performa harga saham tersebut pada bagian kiri.
  • Masukkan harga yang Anda inginkan pada kolom Price.
  • Masukkan jumlah lot yang ingin Anda beli pada kolom Volume.
  • Jika ingin membeli saham sejumlah seluruh uang tunai yang Anda miliki, klik Max Cash.
  • Tekan Buy untuk membuat order pembelian.

Melakukan penjualan saham sama mudahnya, berikut langkah-langkahnya:

  • Pilih menu Order lalu submenu Sell.
  • Cari saham yang ingin Anda jual. Pastikan saham ini sudah ada dalam portofolio Anda.
  • Masukkan harga saham yang Anda inginkan pada kolom Price.
  • Lalu, masukkan jumlah saham yang ingin Anda jual pada kolom Volume.
  • Untuk menjual seluruh saham dari emiten yang sama pada portofolio Anda, klik Max Sell.
  • Tekan Sell, dan order penjualan Anda akan diproses.

Dari pengalaman dan hasil tes yang kami lakukan, proses jual beli saham di Mirae Sekuritas sangat mudah dilakukan dan tidak terdapat error. Namun aplikasi HOTS yang dimiliki masih perlu ditingkatkan dari segi kesederhanaan, karena masih lebih sulit digunakan dibandingkan contohnya POEMS milik Phillip Sekuritas.

Halaman portofolio Mirae Asset
Saham yang dibeli akan muncul di bagian portofolio.

Kelebihan Mirae Sekuritas

Berikut beberapa kelebihan yang kami rasa dimiliki oleh Mirae Sekuritas dibanding pesaingnya:

  1. Pendaftaran online sangat mudah, tanpa perlu mencetak dan mengirim formulir pendaftaran secara fisik.
  2. Aplikasi Neo HOTS sangat reliable untuk mendukung trading saham.
  3. Agen/CS sigap membantu dalam proses pendaftaran, terutama pendaftaran akun tipe Syariah, Day Trade, dan Margin yang memang tidak bisa dilakukan secara online.
  4. Fee bersaing dengan sekuritas lain, untuk fee akun Day Trade bahkan tergolong kecil.

Kekurangan Mirae Sekuritas

Dari pengalaman pemakaian selama 9 bulan terakhir, kami menemukan beberapa kekurangan dari Mirae Asset Sekuritas:

  1. Deposit awal cukup besar, Rp 10 juta untuk masyarakat umum. Namun Anda bisa menyiasati hal ini dengan mendaftar melalui Sekolah Pasar Modal IDX.
  2. Pendaftaran online hanya untuk pemilik rekening BCA.
  3. Rekening dana nasabah untuk akun Reguler hanya support BCA, sedangkan akun tipe lain (misal Day Trade) hanya support BCA dan Mandiri.
  4. Interface aplikasi cukup rumit, terutama HOTS yang berbasis desktop. Perlu perombakan UI agar aplikasi terkesan fresh dan dinamis.

Demikian review dari kami terkait Mirae Asset Sekuritas. Semoga bermanfaat.

nv-author-image

Melvern Pradana

Melvern Pradana adalah seorang investor yang aktif menanam modal di pasar saham, cryptocurrency, P2P lending, dan reksa dana. Idolanya adalah Warren Buffett dan Peter Thiel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.