Lompat ke konten

Review IPOT: Kelebihan dan Kekurangan Indo Premier Sekuritas

Review Aplikasi Indo Premier Sekuritas

Indo Premier Sekuritas dengan aplikasi IPOT adalah salah satu dari sedikit broker yang memiliki deposit minimal. Ini merupakan angin segar bagi calon investor dengan modal pas-pasan, mereka bisa mulai bermain saham meskipun dana awal cekak. Tidak heran, Indo Premier menjadi salah satu sekuritas yang menjadi pilihan pegiat pasar modal.

Berikut review IPOT berdasarkan pengalaman trading selama 2 tahun.

Sekilas Tentang Indo Premier Sekuritas dan IPOT

PT Indo Premier Securities membeli sebuah perusahaan efek pada 2002, yang namanya kemudian diubah menjadi PT Indo Premier Sekuritas pada 2017. Izinnya didapat dari Badan Pengawas Pasar Modal dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor KEP-11/PM/PPE/1996. Kode brokernya adalah PD.

IPOT (Indo Premier Online Technology) adalah aplikasi jual beli saham, reksa dana, dan investasi yang diluncurkan oleh Indo Premier Sekuritas.

Berdasarkan data dari Bursa Efek Indonesia (BEI), pada caturwulan pertama 2020 Indo Premier Sekuritas masuk ke dalam 10 besar sekuritas dengan transaksi terbesar di Indonesia. Jumlah transaksi totalnya mencapai Rp 43 triliun dengan 5,3 juta frekuensi transaksi. Indo Premier mencatatkan diri sebagai salah satu pelaku pasar modal terbesar di Indonesia dengan kapitalisasi modal lebih dari Rp 1,5 triliun.

Produk dan Layanan Indo Premier Sekuritas

Indo Premier Sekuritas boleh disebut sebagai supermarket investasi lantaran lengkapnya produk keuangan yang mereka tawarkan. Produk-produk finansial yang dapat diperjualbelikan oleh investor melalui platform trading ini antara lain:

  • Jual beli saham, yakni sebagai sekuritas pelaku pasar modal dan anggota bursa efek.
  • Penjamin emisi saham perdana (Initial Public Offering, IPO).
  • Penjualan obligasi dan SBN Ritel.
  • Penjualan reksa dana.
Tidak hanya membeli saham, Anda juga bisa membeli reksa dana di IPOT.

Untuk mewadahi produk-produk investasi ini, sejak 2007 Indo Premier Sekuritas memiliki beberapa aplikasi yang masing-masing menangani produk finansial secara spesifik. Ada beragam aplikasi yang bisa digunakan nasabah, yakni:

  • IPOTGO untuk jual beli saham dan reksa dana (investasi terintegrasi)
  • IPOTSTOCK yang khusus untuk jual beli saham
  • IPOTFUND yang khusus untuk jual beli reksa dana
  • IPOTPAY sebagai e-wallet atau dompet digital untuk mempermudah pembayaran
  • IPOTNEWS yang berisi berita-berita seputar investasi, emiten, dan keuangan
  • IPOTKU untuk menabung dan deposito online
  • IPOTPLAN untuk perencanaan keuangan modern

Namun, Indo Premier kemudian meluncurkan satu aplikasi terpadu yang dapat mewadahi semua kebutuhan investor di atas. Super app ini disebut New IPOT (atau IPOT saja), dengan trading saham tetap sebagai produk andalan.

Cara Daftar IPOT di Indo Premier Sekuritas

Ada dua cara untuk bergabung menjadi investor saham di Indo Premier Sekuritas, yakni online dan manual. Sangat disarankan untuk menggunakan jalur online karena sangat mudah, murah, dan efisien.

Berikut cara mendaftar IPOT secara online di Indo Premier Sekuritas:

  • Unduh dan pasang aplikasi IPOT (bisa di Android maupun iOS)
  • Masuk ke menu Indo Premier Registrasi.
  • Isikan alamat email dan nomor HP.
  • Masukkan NIK e-KTP Anda.
  • Isi data-data yang diminta secara lengkap.
  • Masukkan data-data rekening tabungan yang Anda miliki, bank apa saja diperbolehkan. Namun untuk Rekening Dana Nasabah (RDN) akan menggunakan Bank Permata.
  • Anda akan diminta swafoto (selfie) sambil memegang KTP.
  • Unggah foto KTP dan spesimen tanda tangan.
  • Anda akan ditunjukkan ringkasan formulir yang telah Anda isi serta syarat dan ketentuan dari Indo Premier Sekuritas. Jika sudah yakin, klik Buka Rekening RDN.
  • Cek email Anda lalu verifikasi pendaftaran.
  • Anda akan mendapat pemberitahuan via email jika RDN sudah siap.

Agar RDN cepat diterbitkan (menurut beberapa pengalaman, ada yang hanya butuh 1-2 jam proses penerbitan RDN), disarankan Anda mendaftar online pada hari dan jam bursa (Senin-Jumat, 09.00-16.00 WIB).

Login page
Jika sudah berhasil mendaftar, Anda bisa login dengan mengisi username dan password.

Cara kedua penerbitan RDN adalah mendaftar secara manual ke website Indo Premier Sekuritas. Cara ini lebih memakan waktu karena Anda perlu mengirimkan formulir fisik ke kantor Indo Premier Sekuritas untuk diverifikasi dan diproses. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka situs resmi Indo Premier di indopremier.com.
  • Isi data-data diri yang diperlukan.
  • Buat user ID dan password.
  • Cek email Anda, akan ada surel dari Indo Premier bertajuk “Pendaftaran Akun IPOT” yang berisi formulir pendaftaran yang telah Anda isi dalam format PDF.
  • Cetak formulir tersebut lalu bubuhi tanda tangan Anda.
  • Lengkapi dokumen: fotokopi KTP, NPWP (jika ada), halaman depan buku tabungan, dan foto diri sambil memegang KTP.
  • Kirim seluruh berkasi ini ke kantor cabang Indo Premier Sekuritas terdekat.

Proses pembuatan RDN melalui offline biasanya memerlukan waktu dua hari bursa. Anda akan dihubungi melalui email jika RDN telah diterbitkan.

Setelah RDN jadi, Anda sudah bisa mulai berdagang saham. Tidak perlu menyetor deposit awal sepeserpun. Anda hanya perlu mengisi RDN (top-up) jika akan digunakan untuk membeli saham, jumlahnya mau Rp 50 ribu atau Rp 50 juta, bebas.

Indo Premier Sekuritas menyediakan beberapa pilihan untuk Rekening Dana Investor, antara lain BCA, BCA Syariah, Mandiri, CIMB dan Permata.

Fitur IPOT

Aplikasi IPOT gratis jika Anda merupakan nasabah Indo Premier Sekuritas. Karena telah terintegrasi menjadi satu aplikasi terpadu, maka fitur-fitur yang dibahas di sini akan fokus pada aplikasi IPOT terbaru saja.

Masing-masing aplikasi yang diusung Indo Premier seperti IPOTGO, IPOTFUND, IPOTPLAN, dan lain-lain, memiliki fungsi spesifik sesuai peruntukannya, sedangkan IPOT yang terbaru merupakan marketplace-nya Indo Premier Sekuritas di mana segala transaksi produk keuangan Indo Premier bisa diakses dari sini.

Ini adalah fitur-fitur yang bakal Anda nikmati jika menggunakan aplikasi IPOT:

1. Tampilan EZ dan Pro

User interface IPOT sudah mengadopsi desain kekinian yang segar dan dinamis, antara lain dengan tampilan menu yang didesain rounded edge (sudut berlekuk), jenis huruf sans seriff (tanpa tangkai), ikon dan ilustrasi menarik, serta mendukung mode gelap. Ini adalah versi Pro dari IPOT, dan secara default investor akan menggunakan versi ini untuk bertransaksi.

Sejak 2021, Indo Premier meluncurkan IPOT EZ, yaitu versi aplikasi yang didesain khusus sehingga lebih ramah untuk investor pemula. IPOT EZ memiliki tampilan yang lebih user friendly dan menarik mata (eye-catching) dibanding versi Pro-nya.

IPOT EZ memiliki tiga keunggulan, yaitu transaksi saham yang semudah belanja online, bebas atur menu di dalam aplikasi, dan fitur-fitur yang komplit untuk menunjang investor newbie memulai kiprahnya di pasar modal.

2. Robo Trading

Bagi Anda yang sangat sibuk sampai tidak memiliki waktu untuk mengikuti pergerakan pasar saat jam bursa, Anda dapat dibantu oleh fitur Robo Trading. Robo Trading adalah sistem jual beli otomatis, Anda bisa menyetel instruksi order jual atau beli pada saham tertentu dan rentang harga tertentu.

Sistem akan mendeteksi jika saham-saham yang Anda inginkan memenuhi kriteria jual atau beli. Anda dapat mengatur sebelumnya akan menjual/membeli saham apa saja, di harga berapa, jumlah lotnya, hingga kapan ordernya akan dieksekusi.

3. Robo Advisor

Fitur Robo Advisor merupakan salah satu update terbaru yang diberikan Indo Premier untuk IPOT pada 2021. Anda akan mendapat rekomendasi saham yang dianggap baik oleh algoritma yang telah ditetapkan. Saran yang diberikan Robo Advisor bisa menjadi pertimbangan pada investor, meskipun harus tetap dilakukan analisis lebih lanjut.

4. IPOT Journey

Untuk mendukung performa investor pemula, Indo Premier menyediakan layanan IPOT Journey, yakni layanan edukasi mengenai pasar modal yang dapat diakses secara gratis oleh siapa pun, bahkan oleh calon nasabah yang belum bergabung dengan Indo Premier.

Ada tiga level Journey yang bisa diikuti, yaitu Beginner (pemula), Intermediate (menengah), dan Advanced (lanjutan). Kegiatan yang diprakarsai Journey misalnya webinar saham dan paparan riset pasar modal.

5. News

Fitur ini diadopsi dari IPOT News di mana investor akan disuguhi berita-berita terupdate seputar investasi. Berita-berita dikumpulkan dalam beberapa kategori, antara lain pasar, saham, reksa dana, dan obligasi.

6. Chat

Salah satu keunggulan IPOT yang belum tentu bisa ditemukan pada platform trading sekuritas lain, yaitu fitur Chat untuk memfasilitasi obrolan antar pengguna. Investor juga dapat bergabung ke forum-forum yang dibuat oleh pengguna lain. Jangan lupa ada IPOTBOT Telegram yang dapat Anda pasang pada aplikasi percakapan Telegram sebagai asisten pribadi Anda dalam aktivitas trading.

7. Chart

Fitur chart yang disediakan IPOT boleh dibilang yang terlengkap dibanding aplikasi sekuritas lain. Bagi Anda yang gemar melakukan analisa teknikal, fitur Chart IPOT akan sangat membantu.

Chart di IPOT dilengkapi berbagai indikator up to date. Model grafik bisa disesuaikan antara model line atau bar. Anda bisa menyimpan hasil analisa teknikal yang Anda lakukan untuk dibagikan kepada pengguna lain.

Anda juga bisa membandingkan chart saham dari berbagai emiten sekaligus. Histori chart dapat ditarik sampai 20 tahun lalu, jika Anda berminat untuk mengetahui performa saham dari emiten tersebut secara keseluruhan.

8. Transaksi saham dari mana saja di dalam aplikasi

Salah satu nilai plus lain dari IPOT yang jarang ditemukan pada aplikasi lain, yaitu transaksi saham yang bisa Anda lakukan lewat mana saja di dalam aplikasi. Berbeda dari platform lain yang harus mengakses menu khusus untuk jual dan beli saham, di IPOT Anda dapat melakukannya melalui simbol “+” yang ada di bagian bawah setiap halaman aplikasi.

Misalnya Anda sedang membuka profil emiten dan ingin membeli saham dari emiten itu, Anda tinggal menekan simbol “+” di bagian bawah. Shortcut ini akan memunculkan menu pop-up, beberapa di antaranya adalah Fast Buy, Simple Buy, Fast Sell, dan Simple Sell.

Cara Jual Beli Saham di IPOT

Jika Anda bingung mengenai cara menggunakan aplikasi IPOT, ikuti panduan di bawah ini.

Berikut step by step untuk melakukan pembelian saham di IPOT:

  • Buka aplikasi IPOT, pastikan Anda telah login.
  • Sebelum melakukan pembelian, cek dulu berapa jumlah dana yang Anda miliki di menu Info Kas.
  • Untuk masuk ke laman order, Anda bisa mengakses menu Stocks lalu klik Simple Buy. Atau dari halaman manapun, klik simbol “+” dan ketuk Simple Buy.
  • Anda telah masuk di laman order. Pada kolom SCODE, isikan kode saham yang ingin Anda beli.
  • Masukkan harga beli yang Anda inginkan dan jumlah saham dalam lot. Aplikasi akan menghitung totalnya.
  • Kalau sudah yakin, klik Submit.
  • Untuk melihat status order Anda, masuk ke menu Portofolio.
Return di portfolio
Terdapat banyak info mengenai “return” di halaman portfolio.

Sedangkan untuk penjualan saham di IPOT caranya kurang lebih sama, yaitu:

  • Setelah membuka aplikasi IPOT, masuk ke laman order penjualan melalui Stocks > Simple Sell. Bisa juga melalui Portofolio untuk langsung memilih saham yang akan dijual dari daftar saham yang Anda miliki.
  • Pastikan kode saham di SCODE sudah betul.
  • Isikan harga jual yang Anda inginkan dan jumlah saham dalam lot yang ingin Anda lepas. IPOT akan menghitung total dana yang akan masuk ke rekening Anda.
  • Jika sudah yakin, klik Submit.
  • Status order Anda dapat dipantau melalui menu Portofolio.
Halaman portfolio
Pemantauan aset dapat dilihat di halaman portfolio.

Untuk transaksi saham, Indo Premier Sekuritas menerapkan fee atau biaya transaksi sebesar 0,19% untuk pembelian dan 0,29% untuk penjualan. Memang bukan fee yang termurah dibanding sekuritas lain, namun jumlah ini masih tergolong kompetitif.

Kelebihan IPOT Milik Indo Premier Sekuritas

Sebagai salah satu sekuritas terbaik di Indonesia, Indo Premier mengusung banyak kelebihan yang membuatnya unggul dari perusahaan broker lain.

Berdasarkan penggunaan kami selama beberapa tahun, berikut kelebihan Indo Premier Sekuritas:

1. CS 24 jam

Layanan customer service Indo Premier dapat dihubungi 24 jam sehari melalui line telepon. Ini sangat membantu investor yang kadang menghadapi kendala di luar jam kerja biasa. Meskipun untuk beberapa permasalahan tertentu tetap diutamakan pada hari dan jam bursa.

Menurut kami kelebihan ini menjadikan Indo Premier menjadi salah satu yang terbaik di antara broker-broker lainnya.

2. Ada saham, reksa dana, dan ETF

Tidak salah jika Indo Premier disebut sebagai supermarket investasi. Melalui satu platform, Anda dapat melakukan transaksi saham, reksa dana, dan ETF sekaligus. Menurut kami, pembelian reksa dana di IPOT sama mudahnya dibandingkan pesaing utamanya yaitu Ajaib, yang juga menyunjung konsep aplikasi untuk berbagai jenis aset investasi.

3. Adanya Robo Advisor

Ini adalah fitur yang jarang dimiliki oleh sekuritas lain. Sebagai contoh, meskipun Mirae Asset Sekuritas merupakan salah satu broker top di Indonesia, namun mereka belum memiliki fitur robo advisor yang telah dimiliki IPOT.

4. Chart lengkap

Chart di IPOT merupakan salah satu dukungan grafik terbaik dibanding chart-chart dari aplikasi sekuritas lain. Sangat membantu bagi investor yang suka pada analisa teknikal.

5. Versi EZ enak untuk pemula

Sebagai versi yang sengaja didesain untuk pemula, IPOT EZ menawarkan kemudahan dalam melakukan trading bagi investor yang baru terjun di dunia bursa efek. Berdasarkan penilaian kami, aplikasi dari Indo Premier lebih mudah digunakan dibanding BIONS yang pada artikel review lengkap BNI Sekuritas telah kami jelaskan bahwa kurang bersahabat dengan pemula.

Daftar menu IPOT.
Daftar menu yang memudahkan navigasi pengguna.

Kekurangan IPOT Milik Indo Premier Sekuritas

Kami menemukan beberapa kekurangan IPOT yang masih dapat ditingkatkan oleh Indo Premier Sekuritas ke arah yang lebih baik, misalnya:

1. Aplikasi sering lag

IPOT memang menawarkan desain yang apik dengan fitur yang komprehensif, namun tidak dipungkiri aplikasi ini kadang mengalami lag atau tersendat ketika melakukan eksekusi.

2. Tidak bisa verifikasi menggunakan passport

Paspor merupakan kartu identitas yang diakui oleh negara, namun untuk pendaftaran di Indo Premier tidak bisa menggunakan tanda pengenal jenis ini. Anda masih harus menggunakan KTP atau e-KTP untuk memverifikasi pendaftaran di Indo Premier.

3. Tidak ada tutorial / on boarding flow

Tutorial akan sangat membantu pengoperasian aplikasi, namun sayangnya di IPOT tidak ada tutorial terintegrasi. Jika ingin mengakses tutorial, Anda harus melakukannya secara terpisah di website resmi Indo Premier.

Demikian review mengenai Indo Premier Sekuritas. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.