Lompat ke konten
Daftar Isi
ForexIMF leaderboard banner ads.

Cara Membuka Rekening Saham Online dan Syaratnya

Cara Membuka Rekening Saham Online dan Syaratnya

Salah satu mitos investasi yang saat ini banyak beredar di masyarakat adalah bahwasanya cara membuka rekening saham atau rekening dana nasabah itu susah. Permasalahan ini bisa jadi relevan beberapa tahun lalu, mengingat saat itu untuk membuka kedua rekening ini Anda harus datang ke kantor perusahaan sekuritas terdekat. 

Tapi yang jelas, isu ini sudah tidak relevan lagi sekarang. Sebab, kini Anda bisa membuka rekening saham online kapanpun dan dimanapun hanya dengan menggunakan aplikasi di ponsel. Lantas, bagaimana caranya? Simak cara membuka rekening saham online dan syaratnya berikut ini:

Keuntungan Membuka Rekening Saham Online

Pertama, mari kita bahas dulu keuntungan membuka rekening saham online melalui aplikasi. Berikut ini beberapa kelebihannya:

  1. Pembuatan rekening dari manapun dan kapanpun. Dengan adanya mekanisme pembukaan rekening saham secara online ini, kini Anda tidak harus tinggal di kota besar untuk berinvestasi saham. Asalkan ada handphone dan koneksi internet yang baik, proses pembuatan rekening dan investasi saham jadi bisa dilakukan meskipun Anda tinggal di pelosok desa. 
  2. Mengamati pergerakan harga saham secara real time. Harga saham bisa berubah hanya dalam hitungan menit atau jam. Nah, dengan adanya aplikasi trading saham, Anda bisa memantau perubahan harga ini secara real time sehingga bisa membuat keputusan investasi yang lebih tepat guna. 
  3. Aplikasi trading saham online memiliki banyak fitur menarik, mulai dari berita ekonomi, informasi keuangan perusahaan, sampai hal-hal lain yang masih terkait dengan perdagangan surat berharga ini pun bisa diakses melalui aplikasi ini. 

Tantangannya adalah keamanan data. Sebagaimana teknologi digital lain, tantangan dari aplikasi investasi saham adalah keamanan data nasabah. Hal ini bisa Anda tekan dengan memilih aplikasi dengan tingkat keamanan terbaik, tanpa track record kebocoran data dan tentunya dengan menjaga password dan PIN akun Anda sendiri.

Syarat Membuka Rekening Saham

Berikut ini beberapa syarat dokumen yang harus dimiliki untuk membuka rekening saham:

1. Kartu identitas

Kartu identitas ini bisa berupa KTP, SIM, Paspor atau KITAS alias kartu izin tinggal terbatas untuk Warga Negara Asing (WNA). Jika Anda belum memiliki KTP atau ingin membuatkan rekening saham untuk anak Anda, maka Anda bisa menggunakan nomor identitas sang anak yang terletak di kartu keluarga. Sebab, ketika anak tersebut sudah berusia 17 tahun, nomor itulah yang akan menjadi nomor KTP-nya. 

2. NPWP

Saham adalah objek pajak. Ini artinya, keuntungan investasi saham baik itu berupa capital gain maupun dividen akan dikenai pajak PPh, sehingga investor saham perlu memiliki NPWP. Masalahnya adalah, Nomor Pokok Wajib Pajak ini hanya dimiliki oleh pegawai negeri, karyawan atau tenaga professional. 

Oleh sebab itu, dokumen NPWP bersifat mandatory. Kalau Anda adalah ibu rumah tangga atau masih belum kerja, sehingga tidak memiliki NPWP, Anda bisa meminta surat pernyataan tidak memiliki NPWP dari perusahaan sekuritas terkait. 

3. Cover buku tabungan

Cover buku tabungan (bagian yang ada data diri Anda dan tanda tangan yang telah di tempel) diperlukan pihak sekuritas untuk melakukan verifikasi ketika Anda menjual hasil investasi saham Anda. Rekening di buku tabungan inilah yang digunakan untuk menampung uang hasil penjualan tersebut. 

4. Tanda tangan di atas kertas

Beberapa aplikasi investasi saham membutuhkan tanda tangan di atas kertas untuk kemudian difoto dan diubah ke dalam tanda tangan digital untuk memastikan legalitas dokumen atau formulir yang telah Anda isi. Tidak menutup kemungkinan aplikasi investasi lainnya tidak menggunakan sistem ini melainkan menggunakan sistem pembubuhan tanda tangan digital secara langsung, sehingga dokumen ini bisa Anda persiapkan terlebih dahulu bisa juga tidak. 

Cara Membuka Rekening Saham Online 

1. Pilih perusahaan sekuritas yang tepat

Perusahaan sekuritas adalah lembaga yang diberi hak oleh otoritas terkait untuk melakukan kegiatan perantara jual beli saham. Oleh sebab itu, faktor pertama yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih perusahaan ini adalah pastikan legalitasnya terlebih dahulu. Pastikan perusahaan tersebut telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Faktor kedua yang harus Anda perhatikan adalah rekam jejak perusahaan tersebut alias apakah perusahaan tersebut pernah melakukan kegiatan yang melanggar hukum sebelumnya atau tidak. Hal ini berguna untuk mencegah hal-hal tidak terduga yang bisa terjadi di masa depan. 

Faktor ketiga, perhatikan juga kualitas aplikasi trading saham yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Saat ini sudah banyak perusahaan sekuritas yang memiliki aplikasi trading online, namun sayangnya tidak semua aplikasi trading berkualitas bagus. Padahal kualitas aplikasi yang bagus berperan penting dalam investasi dan trading saham. 

Dalam melakukan hal ini, periksa fasilitas-fasilitas yang dimiliki aplikasi tersebut. Cek juga reviewnya di Playstore dan Appstore. Anda juga bisa melihat review aplikasi trading saham dengan mengklik tautan berikut ini:

Review aplikasi trading saham

2. Unduh aplikasi dan mulai daftar

Setelah menentukan perusahaan sekuritas dan aplikasi trading saham yang tepat, Anda bisa mulai mengunduh aplikasi tersebut di Google Playstore atau Appstore. Langkah-langkah selanjutnya untuk membuka rekening saham online setelah ini adalah:

  1. Klik register. 
  2. Masukkan nomor handphone dan alamat email. 
  3. Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan oleh aplikasi melalui SMS.
  4. Klik lanjut. 
  5. Masukkan nomor KTP dan NPWP (opsional). 
  6. Jawab berbagai pertanyaan dan isi formulir secara lengkap dan benar. 
  7. Masukkan nomor rekening bank. 
  8. Foto selfie bersama E-KTP. Pastikan saat melakukan hal ini, cahaya di ruangan Anda mencukupi dan tangan Anda tidak bergetar supaya lebih fokus.
  9. Foto dan unggah E-KTP Anda. 
  10. Foto dan unggah tanda tangan di atas kertas Anda. 
  11. Buat username dan password. 
  12. Buat nomor PIN. 
  13. Periksa kembali data Anda. 
  14. Baca dan centang surat pernyataan yang tertera di aplikasi. 
  15. Klik buka rekening efek.
  16. Proses registrasi selesai. 

3. Tunggu proses verifikasi

Sesuai dengan peraturan OJK, pihak perusahaan sekuritas akan melakukan validasi terlebih dahulu terhadap rekening efek yang Anda buat. Setelah proses validasi selesai, Anda akan mendapatkan email berisi link verifikasi. Klik link verifikasi tersebut lantas masukkan username dan password yang telah Anda buat di atas sebagai tanda verifikasi. 

Setelah nomor rekening Anda dinyatakan telah diverifikasi oleh pihak sekuritas, Anda akan mendapatkan email pemberitahuan. Kira-kira 1 jam setelah Anda melakukan verifikasi tersebut, rekening saham Anda sudah bisa digunakan. 

4. Menyetor dana deposit

Eits, tunggu dulu. Proses pembuatan rekening saham online memang sudah selesai, namun Anda masih belum bisa investasi saham kalau belum menyetorkan dana deposit ke akun Anda tersebut. Besaran dana deposit minimum ini bervariasi tergantung dengan kebijakan setiap perusahaan sekuritas. Akan tetapi, saat ini sudah ada sekuritas yang memungkinkan minimal dana deposit hanya sebesar Rp100.000 saja.  Murah dan mudah bukan?

nv-author-image

Farichatul Chusna

Setelah lulus dari Ilmu Ekonomi Universitas Gadjah Mada, Farichatul Chusna aktif sebagai penulis artikel ekonomi, investasi, bisnis, dan keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *