Perbedaan Menabung dan Investasi, Pahami Sebelum Memilih

menabung vs investasi

Setelah membahas tentang investasi vs trading, kali ini Investbro ingin membandungkannya dengan yang menabung.

Menabung dan investasi sering dianggap hal yang sama bagi sebagian orang. Padahal, kedua kegiatan ini merupakan hal yang berbeda. Apalagi metode pengelolaan yang dilakukan juga akan menghasilkan nilai yang berbeda juga.

Menabung berarti masyarakat yang memiliki sejumlah uang menempatkan di lembaga penyimpanan seperti bank. Namun, investasi adalah kegiatan mengelola dana yang dimiliki untuk menghasilkan jumlah atau nilai keuntungan tertentu. Sebenarnya masing-masing dari menabung atau investasi bisa menghasilkan nilai tambah. Tentu saja nilai yang dihasilkan sangat berbeda tergantung dari metode pengelolaanya. Ini yang membuat anda harus bisa memilih menabung atau investasi.

Menabung vs Investasi

Masing-masing dari menabung atau investasi memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Hal ini akan menjadi pertimbangan bagi anda untuk menentukan kegiatan pengelolaan yang ideal.

Selain itu, pastikan juga perhitungan nilai dana yang dimiliki sudah sesuai dari cara yang dilakukan. Ini membuat anda bisa membandingkan kegiatan menabung hingga investasi dari sudut pandang kelebihan dan kekurangannya. Semakin baik keputusan anda untuk menentukan kegiatan pengelolaan dana ini maka nilai tambah yang didapatkan juga akan semakin lebih menguntungkan.

Kelebihan Dan Kekurangan Dari Menabung

menabung

Menabung masih menjadi pilihan pengelolaan dana yang paling utama sering dilakukan masyarakat. Sebagian besar dari pemilik dana menganggap bahwa dana yang disimpan bisa digunakan dalam keadaan terdesak. Tentu saja ini akan membantu anda untuk mengatasi berbagai krisis yang dialami.

Kelebihan dari menabung:

  1. Mendapatkan manfaat bunga bank.
    Bagi anda yang memilih untuk menabung di bank tentu saja akan mendapatkan nilai tambah melalui bunga. Namun, besaran bunga yang diberikan juga akan disesuaikan dengan ketentuan pihak bank. Hal ini juga akan diperhitungkan dari nilai atau jumlah tabungan yang dimiliki
  2. Uang yang ditabung akan terjamin.
    Tentu saja ini menjadi pertimbangan yang sangat penting bagi anda. Uang yang anda masukkan ke dalam tabungan akan terjamin keamanannya. Hal ini akan meringankan beban anda untuk menjaga asset keuangan yang dimiliki.
  3. Resiko yang sangat kecil.
    Pengelolaan keuangan melalui tabungan memiliki resiko yang sangat kecil dibandingkan dengan menggunakan untuk kegiatan usaha. Ini membuat anda tidak perlu khawatir berlebihan saat menyimpan uang di bank.
  4. Mendapatkan jaminan dari LPS.
    Seluruh dana yang anda miliki bank telah mendapatkan jaminan dari LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan. Tentu saja jaminan yang diberikan akan disesuaikan dengan peraturan yang berlaku.

Kekurangan dari menabung:

  1. Salah satu kekurangan dari menabung tentu saja akan diberlakukan biaya administrasi.
    Biaya ini akan dipotong dari nilai tabungan yang anda miliki. Bila jumlah tabungan yang anda miliki cukup kecil maka nilai yang berkurang juga sanga terasa. Perhatikan artikel tips memilih tabungan bank untuk menjadi lebih cerdas memilih bank tempat penyimpanan uang.
  2. Bunga yang cukup kecil.
    Anda harus ingat bahwa bunga yang ditawarkan bank dari penyimpanan itu sangat kecil. Hal ini juga akan tergantung dari seluruh kebijakan yang dimiliki oleh bank itu sendiri.
  3. Nilai tambah yang tidak berkembang.
    Perhitungan nilai tambah yang diberikan bank kepada tabungan memang dianggap sangat kecil. Ini membuat nilai dari dana tabungan juga tidak terlalu berkembang sangat pesat.

Kelebihan Dan Kekurangan Dari Investasi

tangga investasi

Investasi menjadi salah satu solusi bagi sebagian orang yang ingin mendapatkan nilai keuntungan. Namun, investasi yang dilakukan juga sering memiliki resiko. Pertanggungan resiko yang diberikan juga akan disesuaikan dengan investasi yang dijalankan.

Selain itu, nilai investasi yang besar selalu memberikan pengaruh terhadap nominal keuntungan yang lebih baik juga. Berikut ini ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari investasi yang patut diperhitungkan seperti:

Kelebihan dari investasi:

  1. Penambahan nilai asset yang lebih cepat.
    Salah satu kelebihan dari investasi yang dilakukan tentu saja bisa menambah nilai asset dengan sangat cepat, meskipun tidak secepat spekulasi yang sangat berisiko. Contohnya, uang kripto dapat berkembang berkali lipat dalam jangka waktu pendek. Tentu saja ini juga disesuaikan dengan pilihan pengelolaan dan metode investasi yang dilakukan. Semakin besar nilai keuntungan yang didapat biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama.
  2. Dana dikelola oleh pihak professional.
    Biasanya dana untuk investasi akan dikelola untuk pihak professional. Hal ini juga tergantung dari pilihan perusahaan yang anda pilih untuk pengelolaan dana investasi. Sebaiknya pilih perusahaan yang sudah dipercaya dan memiliki izin dari OJK. Metode ini dilakukan untuk menghindari modus investasi bodong.
  3. Bisa menghadapi inflasi.
    Investasi juga bisa digunakan untuk menghadapi inflasi yang terjadi dalam jangka waktu tertentu. Jangan sepelekan pengaruh inflasi terhadap investasi. Namun, perhitungan nilai inflasi juga disesuaikan dengan nilai dana yang anda miliki dan gunakan untuk investasi.
  4. Digunakan untuk kebutuhan masa depan.
    Investasi tentu saja dilakukan dalam jangka waktu yang lebih lama. Ini yang membuat anda bisa menikmati hasil dari investasi pada kebutuhan masa depan. Biasanya kebutuhan itu untuk pendidikan hingga jaminan hari tua. Nilai yang didapat juga cukup menguntungkan.

Kekurangan dari investasi:

  1. Resiko sesuai dengan nilai keuntungan.
    Anda harus ingat bahwa investasi memiliki kekurangan seperti resiko yang cukup tinggi. Bahkan, resiko yang anda miliki akan berbanding lurus dengan nilai keuntungan. Semakin besar nilai keuntungan yang diinginkan maka akan semakin besar resiko yang harus anda terima. Karenanya, selalu lakukan diversifikasi dalam mengatur alokasi dana.
  2. Tidak ada lembaga penjamin.
    Investasi yang anda lakukan tidak mendapatkan jaminan dari pihak lembaga apapun. Jadi, perhitungan nilai investasi harus dilakukan secara cermat sehingga anda tidak mengalami kerugian yang sangat besar di kemudian hari.
  3. Investasi bukan untuk kebutuhan mendadak.
    Pastikan bahwa investasi yang anda lakukan untuk kebutuhan jangka panjang. Ini membuat anda harus sadar bahwa pengelolaan dana investasi yang dilakukan tidak bisa digunakan untuk kebutuhan yang bersifat mendadak. Pertimbangan ini memang menjadi hal yang sangat penting untuk menempatkan jumlah dana investasi yang lebih besar.

Jadi, Pilih Menabung Atau Investasi?

Seluruh pertimbangan kelebihan dan kekurangan dari menabung atau investasi memang harus diperhitungkan dengan sangat baik. Bahkan, ini membuat anda bisa mengelola dana yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, pastikan bahwa setiap pengelolaan dana pasti memiliki resiko. Namun, masing-masing dari jumlah resiko akan disesuaikan dengan metode yang digunakan.

Bila anda memiliki dana yang cukup besar cobalah untuk menerapkan metode pengelolaan pada kedua bagian. Cara seperti ini dianggap akan memberikan nilai keuntungan yang berbeda. Selain itu, anda juga bisa menikmati hasil dari pengelolaan secara berbeda.

Namun, bila anda memiliki dana terbatas mungkin bisa disesuaikan dengan rencana finansial untuk jangka panjang. Cara seperti ini dilakukan untuk menghindari resiko yang sangat besar sehingga anda bisa menggunakan dana itu secara mendadak.

Sebagian besar dari pengelolaan dana memiliki konsultan untuk memberikan pemahaman bagi para pemilik dana. Anda bisa melakukan perbandingan dari setiap penawaran yang diberikan untuk mengelola dana yang dimiliki. Bahkan, cara seperti ini juga akan membantu anda untuk mengambil keputusan finansial pada jangka yang lebih panjang lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *