Lompat ke konten

Review Akseleran: Kelebihan dan Kekurangan (2022)

Review Lengkap Akseleran

Salah satu platform P2P (Peer to Peer) Lending paling terkenal di Indonesia adalah Akseleran yang telah berdiri sejak 2016. Akseleran bukan penipu, karena sudah terdaftar di  OJK serta merupakan anggota dari AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Indonesia).

Nah bagi yang tertarik menjadi pemodal maupun borrower, review Akseleran berdasarkan pengalaman pemakaian kali ini bisa membantu Anda untuk melihat kelebihan, kekurangan, mekanisme pendanaan, dan peminjaman dan informasi penting lainnya.

Mengenal Akseleran

Akseleran adalah platform yang menghubungkan UKM dan pemilik modal untuk bekerja sama dalam pengadaan pinjaman dan modal. Platform P2P lending ini dibuat oleh PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia.

Di Akseleran, UKM mendapat keuntungan berupa tambahan modal usaha dan pemodal mendapat keuntungan dari imbal hasil dari modal yang disalurkan.

Produk di Akseleran sangat fleksibel dari sisi tenor dan agunan, persyaratan yang mudah dan imbal hasil yang menarik. Selain itu, TKB yang dimilikinya selalu di atas 99%. Apalagi sistem di Akseleran sudah terintegrasi dengan baik, sehingga baik pengusaha dan pemilik modal sangat nyaman menyimpan uang dan menjalankan usahanya.

Bagi pemilik modal yang tertarik dengan layanan Akseleran, bisa menggunakan fitur Kalkulator Finansial untuk mendapatkan proyeksi hasil atas pendanaan yang disalurkan. Jadi Anda seorang pemula, fitur ini bermanfaat untuk bisa mendapatkan estimasi keuntungan dari dana yang Anda.

Produk Layanan dari Akseleran

Produk layanan Akseleran berupa Beri Pinjaman dan Ajukan Pinjaman. Untuk bisa transaksi di Akseleran Anda bisa memanfaatkan situs web resmi maupun aplikasi yang bisa Anda instal di HP melalui Google Play Store maupun App Store.

Produk Beri Pinjaman

Melalui layanan P2P lending Akseleran, Anda bisa memilih mitra UKM yang sedang membutuhkan pinjaman berupa tambahan modal usaha. Jika Anda tertarik untuk berinvestasi di mitra Akseleran (disebut juga Lender), Anda bisa berpeluang mendapat keuntungan imbal hasil mulai dari 10.5-12% per tahun.

Kategori UKM

Akseleran berisi kumpulan UKM dari berbagai sektor industri. Jadi pada saat mencari UKM, Lender bisa memilih berdasarkan kategori yang tersedia seperti:

  • Kategori : Advertising, Hiburan, Telecom Services, Big Data, Fashion, Kuliner, Finance, Otomotif dan masih banyak lagi.
  • Tipe Kampanye : Pinjaman Bisnis, Online Merchant Financing, Loan Purchase Financing, Pinjaman Karyawan, PayLater Bisnis, Distributor/Buyer Financing hingga Supply Chain Financing.
  • Tenor : < 6 bulan dan > 6 bulan.
  • Bunga Efektif : < 22%, > 22% dan 26%.
  • Agunan : Bergaunan dan Tanpa Agunan.
  • Urutkan : Kampanye Terbaru, Terlama, Pinjaman Terkecil, Bunga Terbesar dan Bunga Terkecil.

Berdasarkan berbagai kriteria di atas, Anda lebih mudah menemukan mana tipe UKM yang sesuai dengan profil risiko dan ketertarikan masing-masing Lender.

Auto Lending

Akseleran juga menyediakan fitur canggih yang bernama Auto Lending yang cocok bagi Anda yang tidak ingin repot memilih UKM seperti langkah sebelumnya. Pasalnya, ada kurang lebih 2000 UKM yang mencari pendanaan yang terdata di Akseleran.

Pengisian kelengkapan Auto Lending
Form Auto Lending

Auto Lending merupakan fitur P2P lending yang bisa menemukan tipe UKM yang sesuai dengan keinginan Lender secara otomatis.

Cara Memberikan Pinjaman di Akseleran

Cara meminjamkan modal ke UKM sangat mudah, Anda hanya perlu mendaftar > melengkapi data diri seperti KTP, Nomor Rekening Bank, NPWP > verifikasi online. Pendaftaran Anda akan diproses atau disetujui dalam jangka waktu 1×24 jam.

Daftar kampanye pinjaman di Akseleran
Conth daftar pinjaman yang bisa Anda danai

Mengenal Risiko Beri Pinjaman di Akseleran

Risiko memberikan pinjaman di Akseleran hampir sama dengan risiko investasi pinjaman modal lainnya. Risiko tidak perlu ditakuti, melainkan bisa jadi pembelajaran dan menyiapkan mitigasi risiko yang baik.

Berikut risiko yang perlu Anda ketahui sebagai Lender.

  • Risiko Gagal Bayar Oleh Peminjam. Risiko ini bisa saja dialami jika peminjam di Akseleran dianggap gagal bayar.
  • Risiko Likuiditas Agunan. Risiko ini berupa kesulitan dalam mencairkan nilai agunan atau menurunnya nilai agunan.
  • Risiko Proses Hukum. Risiko ini terjadi jika ada permasalahan hukum dengan pihak peminjam. Tim Akseleran memiliki konsultan hukum terbaik di bidangnya.

Produk Ajukan Pinjaman

Ajukan pinjaman merupakan produk permodalan yang sangat membantu pemilik UKM mendapatkan modal dengan cepat dan mudah.

Produk Ajukan Pinjaman ini bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan konsumsi pribadi atau kebutuhan bisnis.

Pinjaman Usaha

Pinjaman usaha digunakan untuk tambahan modal usaha.

Pinjaman Bisnis

Dengan total 500 ribu orang yang sudah instal aplikasi Akseleran di HP mereka, artinya sangat banyak peluang para pemodal yang bisa memberikan pinjaman kepada pengusaha lokal di Indonesia.

Produk Pinjaman Bisnis bisa Anda maksimalkan untuk berbagai kebutuhan diantaranya :

PayLater Bisnis

Paylater Bisnis merupakan pinjaman bagi buyer digital platform rekanan Akseleran. Anda tetap bisa belanja kapan pun dan bayar belakangan. Nominal pinjaman PayLater Bisnis mencapai Rp 1 – Rp 2 Miliar dengan bunga 18-30% per tahun.

Online Merchant Financing

Pinjaman ini bisa dimanfaatkan bagi para pebisnis online. Pasalnya penjual online sering kali kekurangan modal untuk pembelian persediaan, saat sedang menghadapi momen belanja seperti saat Ramadhan.

Tingkatkan persediaan Anda dengan pinjaman Online Merchant Financing mulai dari Rp 5 juta – Rp 2 Miliar dari Akseleran, bunga hanya 10  – 15% per tahun Flat.

Supply Chain Financing

Pinjaman ini cocok untuk para pebisnis besar seperti supplier, vendor dan kontraktor dari rekanan perusahaan Akseleran. Untuk mendapatkannya, Anda cukup memberikan tagihan / invoice / PO.

Total pinjaman bisa mencapai 80% dari nilai invoice atau 70% dari nilai COGS atau Rp 75 – Rp 2 Miliar dengan bunga 10 – 24% per tahun.

Pinjaman Distributor/Buyer

Bagi yang sedang menjalankan bisnis sebagai distributor/buyer, pinjaman ini bisa memberikan dana pinjaman sebesar Rp 1 juta hingga Rp 2 Miliar dengan bunga efektif 18 – 30% per tahun.

Pinjaman Multiguna dan Konsumtif

Tidak hanya pebisnis yang memiliki kebutuhan atau tanggungan, sehingga Akseleran juga menyediakan tipe pinjaman konsumtif untuk para karyawan dan umum.

Pinjaman Karyawan

Pinjaman karyawan merupakan jenis pinjaman untuk pemenuhan kebutuhan bagi seseorang yang berstatus sebagai karyawan perusahaan. Anda bisa mendapat hingga 2x gaji dengan bunga 0.99% per bulan.

Untuk pengajuannya cukup melengkapi data diri dan memberikan bukti slip gaji. Proses pencairan pinjaman akan ditransfer ke rekening bank yang Anda daftarkan.

Pinjaman Online Tunai

Pinjaman Online Tunai ini bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, biaya kesehatan, modal usaha dan kebutuhan darurat. Nilai pinjaman yang diberikan berkisar Rp 2 – Rp 15 Juta dengan bunga 3.99% per bulan. Tenor yang ditawarkan bervariasi, mulai dari 2 bulan, 3, 6 dan 12 bulan.

Kelebihan Akseleran

Akseleran sebagai perusahaan P2P terkemuka di Indonesia, memberikan banyak kemudahan bagi pemilik modal yang ingin menyalurkan dananya dan mendapat keuntungan serta pemilik usaha yang membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usahanya.

Dibawah ini beberapa kelebihan Akseleran yang bisa Anda dapatkan.

1. Imbal Hasil Tinggi

Produk Akseleran menawarkan keuntungan imbal hasil yang cukup tinggi dibandingkan jenis investasi lainnya. Umumnya produk investasi seperti reksa dana bisa memberikan keuntungan sekitar 7-8% per tahun, sedangkan produk Beri Pinjaman di Akseleran bisa memberikan rata-rata 10.5-12% per tahun.

2. Proses Mudah dan Sederhana

Layanan Akseleran sangat mudah digunakan, baik dari sisi Lender (pemodal) dan Penerima Pinjaman. Bagi Lender, Anda bisa melihat semua informasi portofolio  dengan jelas pada profil masing-masing calon penerima pinjaman. Sedangkan bagi UKM, proses pengajuan dan pencairan cepat dan agunan fleksibel.

Detail kampanye pada sebuah pinjaman
Deskripsi kampanye pinjaman

Berdasarkan pengalaman investasi di Akseleran yang saya alami selama 2 tahun terakhir, UI yang dimilikinya sangat mudah dimengerti bahkan oleh investor pemula sekali pun.

3. Transaksi Aman

Akseleran merupakan perusahaan resmi sehingga bagi Anda pemilik modal tidak perlu khawatir, karena dana Anda akan aman. Anda juga bisa bebas memberikan pinjaman kepada UKM yang sudah muncul pada marketplace Akseleran. Pasalnya UKM tersebut sudah melewati verifikasi dan pendampingan oleh tim profesional dari Akseleran.

4. Minimal Investasi yang Rendah

Minimal investasi pinjaman di Akseleran adalah sebesar Rp 100.000. Angka ini terhitung kecil sehingga investor dengan modal rendah bisa tetap memberikan pinjaman P2P lending. Dibanding dengan Investree yang menetapkan minimal pemberian pinjaman sebesar Rp 1.000.000, maka Akseleran unggul dalam hal ini.

Kekurangan Akseleran

1. Likuiditas Lebih Rendah

Saat Anda menyalurkan modal pinjaman melalui Akseleran, modal pinjaman hanya bisa ditarik setelah tenor berakhir. Jadi per bulan Anda hanya mendapat bunganya saja. Apalagi rata-rata tenor pinjaman di Akseleran lebih dari 90 hari, artinya modal Anda akan berhenti di platform ini saja.

Sehingga banyak yang menganggap pinjaman di platform Akseleran kurang likuid, dibandingkan fintech kompetitor.

2. Tidak Semua Simpanan Dijamin Asuransi

Akseleran menyediakan proteksi Asuransi untuk melindungi modal yang Anda setorkan. Sayangnya, tidak semua campaign memiliki proteksi asuransi ini, hanya campaign pinjaman tertentu yang ditandai dengan logo proteksi asuransi yang akan mendapat jaminan.

3. Proses Pencairan Asuransi Cukup Lama

Asuransi akan berlaku saat peminjam tidak bisa melunasi pinjaman dalam waktu 90 hari setelah tenor. Setelah itu, proses klaim asuransi bisa memakan waktu hingga 1 bulan. Jadi semakin lama modal pinjaman yang tertahan dan menjadi modal yang tidak produktif.

4. Bunga Pinjaman Tinggi

Bunga pinjaman di Akseleran berbeda-beda sesuai tujuan pinjaman, seperti pinjaman bisnis, pinjaman karyawan dan sebagainya. Meski begitu, rata-rata bunga pinjaman tergolong cukup tinggi. Misalnya untuk jenis Pinjaman Online Tunai, akan dikenakan bunga flat per bulan 3.99% dan biaya layanan 6% dari nilai pinjaman.

5. Proses Verifikasi Lambat

Layanan verifikasi di Akseleran dinilai lambat oleh beberapa pengguna. Keterlambatan ini dialami oleh beberapa pengguna bahkan per tahun 2022 ini. Jenis keterlambatannya seperti:

  • Proses verifikasi akun lebih dari 2 hari
  • Proses pengajuan pinjaman memakan waktu 1 bulan dan statusnya masih dalam proses
  • Sudah melakukan verifikasi akun, namun saat ingin melakukan pendanaan, semua campaign sudah terisi 100%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.