Lompat ke konten

Review Motion Banking by MNC Bank: Kelebihan dan Kekurangan (2022)

Review Lengkap Motion Banking

Bank digital menjadi sebuah kewajaran di era keuangan modern sekarang ini. Sederet perusahaan perbankan, tak peduli yang sudah berdiri mapan maupun yang belum lama beroperasi, ikut meramaikan persaingan bank digital di Indonesia. Salah satunya adalah MNC Bank dengan aplikasi digitalnya Motion Banking.

Berikut kami sajikan review Motion Banking yang membahas kelebihan dan kekurangannya berdasarkan tes pemakaian.

Sekilas tentang Motion Banking

Cikal bakal MNC Bank adalah PT Bank ICB Bumiputera Tbk yang didirikan pada 1989 dan telah beroperasi sejak 1990. Pada 2014, PT MNC Kapital Indonesia Tbk mengakuisisi Bank ICB sebanyak Rp 1,31 miliar atau setara dengan 24% saham.

Pada tahun yang sama, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengukuhkan MNC Kapital sebagai pemegang saham pengendali bank untuk Bank ICB dengan surat bernomor No. SR-120/D.03/2014. Nama Bank ICB kemudian resmi berganti menjadi PT Bank MNC Internasional Tbk (MNC Bank) melalui keputusan Dewan Komisioner OJK No.18/KDK.03/2014 tanggal 15 Oktober 2014.

MNC Bank mencatatkan laba bersih sebesar Rp 34,88 miliar pada kuartal II tahun 2022, melonjak 629% dibanding tahun sebelumnya. Hingga kuartal kedua tahun ini, MNC Bank telah menyalurkan kredit sebanyak Rp 9,68 triliun dan kenaikan pendapatan bunga yang tumbuh 15,28%.

Motion Banking merupakan aplikasi mobile banking MNC Bank yang merupakan pengembangan dari aplikasi MNC Bank Mobile Banking yang telah ada sebelumnya. Motion Banking sengaja didesain sebagai versi digital dari MNC Bank, dengan fitur-fitur yang umum dijumpai pada bank digital.

Saat ini, Motion Banking bersaing dengan aplikasi bank online Indonesia lainnya untuk meraih pangsa pasar yang lebih luas.

Motion Banking bukan penipu karena MNC Bank sudah terdaftar dan diawasi OJK dalam menyelenggarakan aktivitas finansialnya. MNC Bank juga menjadi anggota Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sehingga produk kredit yang dimiliki MNC Bank aman bagi nasabahnya.

Produk Motion Banking

Motion Banking dari MNC Bank memiliki dua produk unggulan, yakni tabungan dan deposito.

1. Tabungan Motion

Keunggulan Tabungan Motion adalah pembukaan rekening bisa melalui aplikasi sehingga tidak membutuhkan dokumen fisik, gratis biaya pembukaan rekening, dan bebas biaya admin bulanan. Saldo mengendap yang disyaratkan bank hanya sejumlah Rp 5.000. Suku bunga normal yang diberikan untuk nasabah sebesar 3,5% per tahun.

Halaman berisi info tabungan dan rekening
Halaman tabungan.

Produk tabungan ini kerap memberikan promo kepada nasabah maupun calon nasabahnya. Misalnya, gratis saldo tabungan Rp 25.000 untuk pembukaan rekening Tabungan Motion melalui aplikasi Motion Banking. Selain itu, pada event-event tertentu, bank bisa memberikan suku bunga yang jauh lebih tinggi, misalnya suku bunga 6% untuk nasabah baru yang mendaftar via aplikasi pada periode 1 Desember 2021 hingga 31 Maret 2022.

2. Deposito online

Sama seperti Tabungan Motion, pembukaan deposito dapat dilakukan melalui aplikasi Motion Banking. Bunga untuk deposito sebesar 3,5% per tahun. Deposito merupakan produk MNC Bank yang terdaftar dalam penjaminan di LPS, selama bunga yang diperoleh nasabah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Nominal pokok minimum deposito adalah Rp 200.000, sedangkan pokok maksimumnya adalah Rp 10 miliar. Satu nasabah dapat membuka hingga 10 deposito online.

Nasabah dapat memilih opsi tenor 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan. Terdapat tiga opsi perpanjangan deposito yang dapat dipertimbangkan nasabah, yakni Automatic Roll Over (ARO), Automatic Roll Over Plus Bunga (ARO Plus Bunga), dan Non-Automatic Roll Over (Non-ARO). Nasabah diperbolehkan melakukan break deposito sebelum jatuh tempo.

Fitur Motion Banking

Dengan tema “The future Motion Banking is here”, MNC Bank berusaha menghadirkan aplikasi bank digital yang memudahkan nasabah sekaligus efisien dan terpercaya, salah satunya dengan membekali Motion Banking dengan fitur-fitur yang dibutuhkan oleh ekosistem keuangan modern.

Berikut ini fitur-fitur yang disematkan pada aplikasi Motion Banking:

1. Terintegrasi MNC Bank

Motion Banking sepenuhnya terintegrasi dengan MNC Bank, artinya Anda akan menemukan fasilitas-fasilitas perbankan yang disajikan oleh MNC Bank di dalam aplikasi. Hal ini dilakukan MNC Bank agar nasabah dapat mengakses semua layanan perbankan dalam satu genggaman.

2. Full biometric digital onboarding

Ini merupakan fitur utama dari Motion Banking, yakni pendaftaran akun dan pembukaan rekening yang sepenuhnya online melalui aplikasi. Pengguna tidak perlu datang ke kantor cabang MNC Bank dengan membawa dokumen, semuanya cukup diproses secara daring.

Bahkan, pembukaan rekening tidak memerlukan video call KYC (Know Your Customer), karena Motion Banking sudah mendukung full biometric digital onboarding yang dapat melakukan verfikasi melalui sidik jari dan pengenalan wajah.

3. Biometric login

Proses masuk ke aplikasi tidak lagi direpotkan dengan mengetik username dan password secara manual. Biometric login memungkinkan pengguna login dengan sidik jari atau pengenalan wajahnya. Fitur biometric ini juga dapat dimanfaatkan untuk pembukaan rekening baru di aplikasi.

Proses autnetikasi ke aplikasi menurut hasil tes kami cukup cepat, tanpa adanya loading yang terlalu lama.

4. Dompet digital

Bagi Anda yang gemar bertransaksi secara cashless atau non tunai, Motion Banking memiliki fitur dompet digital dalam aplikasinya. Anda bisa menggunakan e-wallet dari Motion untuk melakukan pembayaran dengan QRIS pada merchant-merchant terdaftar. Dompet digital Motion mengusung fitur yang sama dengan e-wallet lain, yaitu top up, pembayaran, dan transfer.

Menu top up, pembayaran tagihan, dan layanan MNC.
Menu top up e-wallet.

5. Transfer ke berbagai tujuan

Fasilitas standar perbankan yang juga disematkan pada Motion Banking, yakni kemampuan untuk transfer ke berbagai tujuan, baik itu ke sesama rekening MNC Bank, ke rekening bank lain, ke virtual account, maupun melakukan pembayaran atau tagihan tertentu. Langkah-langkah melakukan transfer pun cukup mudah diikuti. Fitur transfer juga dilengkapi dengan opsi penjadwalan transfer (schedule) maupun transfer berkala.

Pilihan kirim uang ke berbagai tujuan.
Menu transfer.

6. Daftar dan manajemen kartu kredit

Anda dapat mengajukan pembuatan kartu kredit MNC Bank melalui aplikasi Motion Banking. Nasabah cukup mengisi formulir elektronik yang disediakan aplikasi, atau menghubungi tim marketing di 1500 188.

Untuk pendaftaran kartu kredit, Anda akan diminta mengisi form pengajuan yang berisi data diri, data pekerjaan, dan mengunggah berkas-berkas yang diperlukan (kartu identitas, NPWP, buku rekening, dan sebagainya). Jika pengajuan kartu kredit Anda disetujui dan Anda telah mendapatkan limit dari bank, maka Anda dapat mengelola kartu kredit Anda melalui aplikasi.

Kartu kredit MNC Bank Anda akan otomatis terdaftar pada aplikasi Motion Banking. Anda dapat melihat riwayat transaksi, cicilan dan jatuh tempo, serta pengaturan lainnya.

7. Pinjaman online

Nasabah dapat mengajukan pinjaman online melalui aplikasi. Semua prosesnya dilakukan tanpa dokumen fisik dan tanpa agunan. Limit yang ditawarkan sampai Rp 20 juta, namun realisasinya dapat berbeda, sesuai dengan profil keuangan Anda yang dinilai melalui AI Credit Scoring. Sekalipun demikian, MNC Bank menjanjikan pengajuan pinjaman online Anda hampir selalu disetujui, dengan proses yang hanya memakan waktu 5 menit.

Cara Daftar Motion Banking

Registrasi akun di Motion Banking berfungsi sekaligus sebagai pendaftaran pembukaan rekening. Berikut langkah-langkah mendaftar di Motion Banking:

  • Unduh aplikasi Motion Banking dari Play Store atau App Store, lalu pasang pada smartphone Anda.
  • Buka aplikasi, lalu klik “Buat Akun” pada laman utama.
  • Aplikasi akan menampilkan daftar layanan yang bisa Anda manfaatkan di Motion Banking. Klik “Lewati” untuk proses selanjutnya.
  • Anda akan disuguhi laman berisi syarat dan ketentuan pembukaan rekening di MNC Bank. Jika Anda setuju, berikan tanda centang pada kolom Setujui.
  • Isikan alamat email dan nomor HP aktif.
  • Kode OTP akan dikirim ke nomor HP yang Anda daftarkan. Masukkan kode ini ke aplikasi.
  • Ambil foto KTP dengan kamera belakang. Pastikan KTP berada dalam kotak bertanda yang sudah disediakan aplikasi.
  • Ambil foto selfie Anda sambil memegang KTP dengan kamera depan.
  • Ikuti arahan untuk melakukan Live Detection. Pada dasarnya, ini adalah metode pengenalan wajah yang dilakukan oleh fitur biometric sebagai langkah verifikasi.
  • Isi data diri Anda dengan lengkap. Aplikasi akan meminta alamat surat menyurat Anda untuk keperluan pengiriman kartu debit MNC Bank. Jika alamat domisili Anda saat ini berbeda dengan alamat KTP, tulislah alamat tempat Anda tinggal saat ini.
  • Lengkapi formulir berisi data pekerjaan hingga sumber dana.
  • Anda akan diminta membuat passcode. Passcode terdiri dari 8 karakter, sebisa mungkin berisi kombinasi acak dari angka, huruf kecil, dan huruf kapital.
  • Setelah itu, setel PIN Anda. PIN terdiri dari 6 digit angka dan digunakan setiap kali bertransaksi.
  • Periksa semua data yang Anda masukkan, lalu klik Submit untuk mengajukan pembukaan rekening.

Anda tinggal menunggu pengajuan pembukaan rekening Anda disetujui oleh MNC Bank. Prosesnya bervariasi antara 2 jam hingga 5 hari kerja, namun pengajuan kami disetujui kurang dari 1 x 24 jam. Setelah rekening disetujui, Anda akan mendapat notifikasi melalui aplikasi dan detail melalui email, lalu Anda bisa login di aplikasi Motion Banking dan mulai bertransaksi.

Berbeda dari bank digital lain yang tidak memakai kartu, Motion Banking memberi Anda kartu debit yang dikirimkan ke alamat domisili Anda setelah pengajuan rekening disetujui.

Pengaturan profil di aplikasi Motion Banking.
Segera atur profil setelah mendaftar.

Kelebihan Motion Banking

Inilah kelebihan menggunakan Motion Banking yang akan Anda nikmati sebagai nasabah:

1. Gratis pendaftaran dan biaya admin

Tidak ada biaya pendaftaran maupun setoran awal karena pembukaan rekening sepenuhnya online. Juga tidak ada biaya admin bulanan yang membuat tabungan ini semakin layak dipertimbangkan.

Dalam hal ini, Motion Banking lebih unggul dari bank online Jenius yang menetapkan biaya admin sebesar Rp10.000 per bulan.

2. Dapat kartu debit

Sekalipun mendaftar rekening bank digital, nasabah MNC Bank yang membuka rekening melalui Motion Banking tetap memperoleh kartu debit yang dikirim ke alamat nasabah. Berbeda dengan bank-bank digital lain yang tidak memberikan kartu debit untuk nasabahnya.

3. Bunga deposito cukup tinggi

Untuk pembelian deposito yang dilakukan via aplikasi, suku bunga yang diberlakukan adalah 3,5% per tahun, jumlah yang cukup kompetitif dibanding dengan deposito online lainnya, namun masih kalah dibandingkan Neobank by Bank Neo yang menawarkan bunga hingga 8% per tahun.

4.Kredit tanpa agunan

Fitur pinjaman online yang ada di aplikasi merupakan kelebihan Motion Banking. Mengingat kredit tanpa agunan merupakan produk keuangan modern yang cukup krusial dan tren-nya menanjak di era finansial modern ini, kehadiran fitur ini amat memudahkan nasabah.

5. Kombinasi tabungan dan kartu kredit

Motion Banking melakukan inovasi dengan mengombinasikan tabungan digital dengan kartu kredit. Nasabah dapat melakukan pembayaran dengan tagihan kartu kredit melalui saldo rekening tabungan.

Kekurangan Motion Banking

Berikut kekurangan Motion Banking yang masih perlu diperbaiki agar nasabah semakin memperoleh manfaat dari aplikasi bank ini:

1. Bunga tabungan kecil

Suku bunga Tabungan Motion cukup kecil, hanya 3,5% per tahun, bahkan yang dibuka pada masa promo mentok di angka 6% per tahun. Jumlah ini masih kalah dibanding bank-bank digital lain yang menawarkan hingga 7% bunga per tahun.

2. Jumlah ATM sangat terbatas

MNC Bank hanya memiliki 16 kantor cabang dan 70 gerai ATM di seluruh Indonesia. Mesin-mesin ATM ini terbatas pada kota-kota besar yang mayoritas berada di pulau Jawa. Jika daerah Anda belum terjangkau ATM MNC, maka siap-siap menggunakan ATM bank lain atau ATM bersama.

3. Belum bisa tarik tunai tanpa kartu

Belum ada fitur tarik tunai langsung dari aplikasi dan tanpa menggunakan kartu. Padahal ini merupakan fitur sangat penting dan hampir selalu ada pada aplikasi bank digital lain. Contohnya Anda bisa menarik tunai tanpa kartu sebagai nasabah blu by BCA.

Mungkin ini alasan mengapa MNC Bank masih memberikan kartu debit kepada nasabahnya.

4. Merchant masih sedikit

Merchant yang bekerja sama dengan MNC Bank masih terhitung sedikit, artinya Anda hanya bisa menggunakan dompet digital Motion Banking untuk pembayaran cashless pada merchant-merchant yang amat terbatas.

5. Proses pendaftaran kadang gagal

Kendala pendaftaran gagal merupakan hal yang kerap dikeluhkan pengguna Motion Banking yang melakukan pembukaan rekening melalui aplikasi. Pendaftaran terpantau sukses di aplikasi, namun pada kenyataannya, registrasi belum terproses di MNC Bank pusat. Sehingga nasabah harus mengulang pendaftaran beberapa kali.

Demikian ulasan kami mengenai Motion Banking yang dipunyai oleh MNC Bank, semoga bermanfaat.

nv-author-image

Melvern Pradana

Melvern Pradana adalah seorang investor yang aktif menanam modal di pasar saham, cryptocurrency, P2P lending, dan reksa dana. Idolanya adalah Warren Buffett dan Peter Thiel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.