Lompat ke konten

IPOT vs Ajaib, Lebih Baik Yang Mana?

Perbandingan IPOT vs Ajaib

IPOT dan Ajaib merupakan dua aplikasi saham dari perusahaan sekuritas ternama di Indonesia, yang sudah membantu 2 juta lebih investor saham pemula maupun profesional di Indonesia.

Kedua platform ini memberikan kemudahan investasi serta trading saham, reksa dana, dan ETF. Fitur yang dimiliki Ajaib dan IPOT termasuk news highlight atau berita terkait saham yang sedang tumbuh atau turun, notifikasi pergerakan saham secara real time, biaya broker murah, dan masih banyak lagi.

Jika Anda masih bingung untuk mencari aplikasi saham terbaik, silakan simak perbandingan IPOT vs Ajaib di bawah ini.

Mengenal IPOT

IPOT (Indo Premier Online Technology) merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh PT Indo Premier Sekuritas pada tahun 2007. Perusahaan Indo Premier sendiri sudah beroperasi dan terdaftar secara resmi di OJK dan Badan Pengawas Pasar Modal sebagai perusahaan jasa keuangan yang terintegrasi dengan pasar modal sejak 1996. Per 31 Desember 2019 lalu, perusahaan ini menjadi pelaku pasar modal dengan kapitalisasi 1,5 triliun lebih.

Halaman portfolio return di website IPOT
Tampilan member area IPOT

PT Indo Premier menjalankan bisnis di 3 sektor kategori, yaitu level Institusi, Ritel dan ETF. Kategori Institusi memberikan pelayanan transaksi efek untuk perusahaan lokal maupun mancanegara.

Pada kategori ritel, Indo Premier mengembangkan aplikasi keuangan yang terintegrasi dan bisa digunakan oleh masyarakat umum. Sehingga perusahaan meluncurkan beberapa produk layanan seperti aplikasi IPOT Stock, IPOT News, IPOT Plan, IPOT Syariah, IPOT Journey dan IPOT Fund.

Terakhir pada sektor ETF, Indo Premier telah meluncurkan produk Exchange Traded Fund saham pertama di Indonesia dengan total pengelolaan dana mencapai Rp 10 triliun di tahun 2019.

Ulasan lengkap sudah kami tulis di artikel review IPOT.

Keunggulan Yang Dimiliki IPOT

1. Perusahaan Sekuritas Ternama

Indo Premier merupakan perusahaan yang sudah populer di Indonesia. Lebih dari 25 tahun menyediakan layanan transaksi keuangan efek. Sementara Ajaib Sekuritas masih merupakan nama baru di kancah pasar modal Indonesia.

Popularitas tersebut menjadikan Indo Premier Sekuritas masuk dalam 7 besar sekuritas dengan transaksi terbesar.

2. Proses Pembukaan Rekening Cepat

Membuka rekening di IPOT bisa dilakukan via aplikasi. Menariknya, proses verifikasi akun hanya dalam hitungan jam, jadi Anda bisa langsung menyetor saldo ke RDN (Rekening Dana Nasabah) sehingga bisa untuk transaksi saham.

3. Perusahaan Sekuritas Modal Terbesar

Indo Premier berdasarkan data laporan keuangan 2021, merupakan perusahaan sekuritas yang punya permodalan hingga Rp 1.7 Triliun lebih.

4. Mudah Digunakan

Aplikasi saham IPOT didesain dengan tampilan yang mudah digunakan, layaknya aplikasi jual beli online. Meski begitu, fitur yang disajikan meliputi analisa dan transaksi tetap lengkap.

5. Hanya Perlu 1 Akun

Anda hanya perlu buat 1 akun untuk transaksi berbagai jenis efek, reksa dana, saham, ETF dan obligasi atau transaksi transfer lainnya.

6. Pantau Pasar Real Time

Aplikasi IPOT menyediakan fitur untuk melihat pergerakan saham secara real time. Cocok untuk melihat tren supaya tidak ketinggalan momen.

7. Robo Trading

Robo Trading adalah sistem yang bisa menjalankan instruksi yang diatur oleh pengguna secara otomatis. Jadi Anda tidak perlu melihat terus menerus aplikasi ketika ingin melakukan jual beli efek di harga yang tepat. Cukup setting di harga dan waktu yang diinginkan, maka aplikasi akan menjalankannya ketika telah menemukan momen yang sudah ditentukan.

8. Charting Stock & Fund

Aplikasi IPOT mendukung fitur charting lengkap untuk saham, reksa dana dan ETF. Fitur tersebut sangat up to date dan tersedia kalender aksi korporasi, sehingga informasinya bisa bermanfaat untuk mengambil keputusan investasi.

9. Pencairan Dana Dalam Sehari

IPOT memberikan layanan untuk mencairkan dana hasil jual saham lebih cepat dari ketentuan T+2, yaitu dalam waktu sehari atau T+0. Layanan ini menguntungkan jika Anda sedang membutuhkan dana cepat. Meski begitu, Anda akan dikenakan biaya khusus.

Kelemahan Yang Dimiliki IPOT

Dibalik keunggulan-keunggulan IPOT di atas, kami menemukan sedikit kelemahan di antaranya:

1. Aplikasi Lemot

Aplikasi IPOT dinilai sering mengalami gangguan, seperti koneksi tidak stabil (meski sudah gonta-ganti jaringan), sehingga muncul notifikasi ACCESS TIMEOUT, alias aplikasi tidak bisa masuk.

Aplikasi IPOT juga dianggap lemot dibandingkan platform sejenis dan terlalu banyak popup. Sehingga proses transaksi menjadi terganggu. Dalam hal ini, aplikasi Ajaib masih lebih kencang digunakan dibandingkan aplikasi IPOT.

2. Gagal Verifikasi

Gagal pada saat pendaftaran, proses aktivasi memakan waktu berhari-hari, persyaratan yang ditolak sering kali dialami oleh pendaftar baru. Sehingga kebanyakan membuat calon pengguna tidak jadi menggunakannya,

Mengenal Ajaib

Ajaib merupakan aplikasi saham dan reksa dana di Indonesia yang dimiliki oleh Ajaib Group. Ajaib Group sendiri menaungi Ajaib Sekuritas (PT Ajaib Sekuritas Asia) dan Ajaib Reksa Dana (PT Takjub Teknologi Indonesia). Ajaib Sekuritas telah berdiri sejak 1989 dan terdaftar di OJK pada tahun 1992.

Platform Ajaib saat ini sangat populer di Indonesia, pasalnya perusahaan Ajaib menyasar kalangan milenial yang sangat aktif di media sosial. Anda dapat dengan mudah mencari investor saham di Internet yang sampai saat ini setia menggunakan Ajaib. Selain itu Ajaib juga memberikan fitur referral, yang secara otomatis mempercepat penyebaran informasi tentang Ajaib.

Ditambah lagi, pada halaman resminya, Ajaib juga memberikan menu Belajar saham secara lengkap. Jadi sangat cocok bagi para pemula, yang ingin kenal saham dengan baik dan benar secara gratis.

Aplikasi Ajaib yang menampilkan sektor saham
Tampilan aplikasi Ajaib

Meskipun merupakan pendatang baru, Ajaib Sekuritas menurut Investbro merupakan salah satu sekuritas terbaik di Indonesia.

Bagi investor pemula, Ajaib menyatakan diri sebagai aplikasi saham yang paling mudah digunakan. Hal ini didukung dengan tampilan UI/UX yang sederhana, namun aktivitas transaksi efek bisa Anda lakukan tanpa batas.

Ulasan lengkapnya sudah kami bahas di artikel review Ajaib.

Keunggulan Yang Dimiliki Ajaib

1. Perusahaan Sekuritas Resmi di Indonesia

Selain terdaftar resmi di OJK sejak tahun 1992, Ajaib juga dimiliki oleh warga Asli Indonesia, yaitu Anderson Sumarli. Namun Ia juga didampingi oleh Yada Piyajomkwan yang berasal dari Thailand.

2. Memiliki Lebih dari 1 Juta Pengguna

Aplikasi Ajaib memiliki pengguna aktif sebanyak 1 juta +, bahkan berdasarkan survei, 1 dari 4 orang investor baru Reksa Dana di Indonesia menggunakan Ajaib. Namun, di pasar saham, nama Ajaib Sekuritas masih kalah dibandingkan Indo Premier Sekuritas.

3. Fee Terendah

Ajaib menawarkan fee transaksi terendah, yaitu untuk transaksi <Rp 150 juta dikenakan 0.15% (fee beli) dan 0.25% (fee jual), transaksi Rp 150 juta hingga  Rp 1.5 miliar dikenakan 0.14% (fee beli) dan 0.24% (fee jual), dan transaksi lebih dari Rp 1.5 miliar dikenakan 0.13% (fee beli) dan 0.23% (fee jual).

Dalam hal ini, biaya transaksi Ajaib lebih rendah dibandingkan IPOT.

Selain itu, Anda juga tidak akan dikenakan biaya transaksi pembelian dan penjualan pada produk reksa dana.

4. Aplikasi Multifungsi

Melalui Ajaib, Anda bisa transaksi 600+ saham dan memilih produk Reksa Dana terbaik dengan Manajer Investasi terbaik di bidangnya. Kelengkapan aplikasinya menjadikan Ajaib sebagai salah satu aplikasi investasi terbaik di Indonesia.

5. Tanpa Minimum Investasi

Ajaib tidak menentukan dana minimal untuk Investasi. Jadi Anda hanya perlu menyiapkan dana sebesar nilai saham atau reksa dana yang dibeli. Bahkan beberapa produk efek, bisa dimulai dari Rp 100 ribuan saja.

6. Informasi Lengkap

Sebelum memutuskan untuk membeli saham, Anda bisa mencari tahu informasi penting seperti nilai utang emiten, pembagian dividen, nilai buku, keuntungan, jumlah modal dan masih banyak lagi. Hal ini bertujuan untuk memilih saham yang tepat, jadi Anda bisa merasakan manfaat (keuntungan) di kemudian hari.

Dengan Ajaib, Anda tidak perlu lagi harus mencari manual tentang informasi fundamental di atas, melainkan semuanya sudah tersedia dengan jelas pada masing-masing efek.

7. Mudah Digunakan

Bagi yang baru pertama kali menggunakan Ajaib, tidak perlu khawatir karena aplikasi ini punya desain tampilan yang sederhana dan proses yang mudah. Kemudahan penggunaannya hanya bisa disaingi oleh Stockbit, sebagaimana telah kami paparkan di artikel Ajaib vs Stockbit.

Menurut penilaian dari penggunaan yang kami lakukan, aplikasi Ajaib lebih mudah digunakan dibandingkan aplikasi IPOT, terutama untuk pemula.

8. Competitive Ranking

Anda bisa dengan mudah mengetahui perbandingan fundamental pada tiap perusahaan dengan jenis industri yang sama. Hal ini bisa dijadikan pengambilan keputusan.

Kelemahan Yang Dimiliki Ajaib

1. Belum Ada Histori Gain/Loss

Meski tiap transaksi kita mengetahui jumlah persen keuntungan dan kerugian yang dialami, namun kebanyakan ingin mengetahui secara keseluruhan total gain/loss yang dialami pada periode tertentu.

Sayangnya, aplikasi Ajaib belum mendukung detail gain/loss tersebut pada informasi portofolio yang Anda miliki.

2. Tidak Bisa Ubah Email / No Telp

Untuk membuat akun Ajaib, pastikan Anda memakai nomor hp dan email yang sering digunakan. Pasalnya saat ini Ajaib belum tersedia pilihan untuk mengubah nomor hp dan email.

3. Customer Service Hanya Pada Jam Operasional

Apabila ada permasalahan pada aplikasi dan ingin melaporkannya ke customer service Ajaib, Anda mungkin akan mendapat balasan hanya pada jam operasional saja. Hal ini tentu menyulitkan jika terjadi hal yang urgen karena tidak bisa segera mendapat solusinya.

Dari pengalaman kami menghubungi customer service, pihak IPOT lebih responsif dibandingkan Ajaib.

4. Market Delay

Aplikasi Ajaib memiliki delay market sekitar 10-15 menit, hal ini berakibat beberapa trader yang mengandalkan momen pada jam buka, bisa mengalami susah buy/sell.

Kesimpulan: Lebih Baik IPOT atau Ajaib?

Ajaib lebih baik dibandingkan IPOT untuk investor pemula, karena memiliki piihan produk investasi yang lebih beragam, serta memiliki aplikasi yang lebih mudah digunakan.

Namun, jika Anda lebih mementingkan kecepatan transaksi di awal pembukaan bursa, IPOT merupakan pilihan yang lebih tepat karena Ajaib memiliki delay market.

nv-author-image

Melvern Pradana

Melvern Pradana adalah seorang investor yang aktif menanam modal di pasar saham, cryptocurrency, P2P lending, dan reksa dana. Idolanya adalah Warren Buffett dan Peter Thiel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.