10 Pinjaman Online Syariah Terbaik, Resmi Terdaftar di OJK (2021)

Pinjol Syariah

Pinjaman online syariah merupakan platform untuk mendapatkan kredit yang sesuai dengan syariat Islam. Prinsip syariah menerapkan pinjaman uang tanpa riba di dalamnya. Hal ini sesuai dengan hukum dalam agama Islam yang menganggap bahwa riba adalah transaksi yang haram.

Hadirnya berbagai aplikasi pinjol di tengah-tengah kita bukan berarti membuat Anda percaya sepenuhnya. Ada beberapa hal penting dalam memilih platform, seperti melihat perizinan, produk yang ditawarkan, dan kelebihan-kelebihannya. Hal ini bertujuan agar transaksi Anda aman dan tidak terdapat masalah keuangan nantinya.

Berikut rekomendasi pinjaman online syariah terpercaya yang resmi terdaftar di OJK.

1. Investree

Investree

Investree termasuk perusahaan peminjaman bunga rendah terbaik di Indonesia, yang menyediakan layanan syariah dan konvensional. Dari sisi layanan, pinjaman online berbasis syariah dari Investree  hampir sama dengan aplikasi pinjol resmi lainnya. Kelebihan Investree adalah semua biaya dijelaskan secara transparan dan tanpa tambahan biaya lain.

Pinjaman online syariah dari Investree juga menawarkan pinjaman tanpa agunan, proses peminjaman mudah dan bisa langsung cair. Yang membedakan kedua jenis pinjaman ini adalah pinjaman syariah menggunakan sistem mudharabah (akad jual beli) dan ijarah (akad manfaat atas jasa).

Produk pinjaman online syariah terdiri dari invoice financing syariah untuk pinjaman kepada UKM yang bekerjasama dengan perusahaan nasional dan multinasional dan “Online Seller Financing Syariah” untuk pinjaman kepada penjual online di marketplace.

2. Ammana

Ammana

Ammana merupakan fintech yang berbasis syariah dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Ammana memiliki visi untuk menghubungkan orang-orang dengan ekonomi halal. Produk dari Ammana menawarkan perencanaan porsi haji yang membantu pembiayaan untuk ibadah haji.

Kelebihan produk ini adalah proses yang mudah dan jaminan pasti berangkat, jadi Anda sudah didaftarkan ke dalam antrean haji dari Kemenag dengan menggunakan pembiayaan Al-Qardh.

Jenis pinjaman ini tidak lantas membuat Anda akan berhaji dengan modal hutang. Karena pinjaman dari Ammana bersifat membantu pemesanan porsi keberangkatan haji, yang umumnya untuk 20 tahun ke depan. Sedangkan tenor pengembalian pinjaman ini adalah 5 tahun, jadi status pinjaman Anda sudah lunas.

3. Alami

Alami

Alami fintek sharia adalah aplikasi pinjaman online syariah terpercaya yang memberikan keuntungan berupa transaksi pinjaman yang cepat dan tidak ada denda. Pinjaman online yang sesuai dengan hukum Islam ini bisa membuat usaha Anda semakin berkah karena menggunakan sumber pinjaman berbasis syariah.

Produk pinjaman dari Alami berupa invoice financing yang merupakan pengalihan atau pengurusan piutang yang akan mencairkan invoice pelanggan menjadi modal secara singkat. Kelebihan produk pembiayaan Alami adalah bisa dilakukan untuk transaksi perdagangan di dalam maupun luar negeri. Jadi jika usaha Anda mengalami piutang macet dengan pelanggan dari luar negeri, Anda tidak perlu khawatir karena bisa mengalihkannya ke produk ini.

Persyaratan untuk bisa mengajukan pinjaman ini adalah UKM berbadan usaha PT atau CV. Bentuk usaha bukan pada industri seperti makanan dan minuman haram. Syarat lainnya adalah telah menjalankan usaha selama 1 tahun lebih.

4. Dana Syariah

Dana Syariah

Dana Syariah merupakan layanan pembiayaan dan pendanaan syariah dalam sektor properti. Jadi bagi Anda yang ingin mengerjakan proyek properti tapi terkendala dana, bisa mempertimbangkan untuk menggunakan layanan pembiayaan dari Dana Syariah.

Pembiayaan tersebut bisa Anda gunakan untuk  melengkapi prasarana properti, membeli lahan atau unit rumah dan transaksi properti lainnya.

Syarat pengajuan pembiayaan dari Dana Syariah di antaranya:

  • Pengajuan proposal proyek yang dibutuhkan, kemudian tim Dana Syariah akan meninjau lokasi proyek, kantor dan tempat usaha Anda
  • Setelah proposal disetujui, Dana Syariah akan menggalang dana selama 30 hari
  • Sistem pinjaman di Dana Syariah menggunakan akad Bagi Hasil
  • Pembayaran imbal hasil berdasarkan perjanjian kerja sama yang telah disepakati

5. Duha Syariah

Duha Syariah

Duha Syariah adalah pinjaman online syariah cepat cair yang telah mendapat izin usaha sebagai penyedia pembiayaan dengan prinsip syariah dari Otoritas Jasa Keuangan pada tanggal 21 April 2021.

Duha syariah telah memberikan pinjaman kepada masyarakat Indonesia sebanyak Rp 60 Miliar lebih. Kelebihan Duha Syariah adalah limit pembiayaan yang cukup besar hingga Rp 30 juta dengan tenor hingga 2 tahun.

Produk pinjaman online syariah platform ini berupa pinjaman untuk konsumtif untuk barang maupun jasa dan pembiayaan untuk perjalanan religi seperti perjalanan umroh dan wisata halal. Proses peminjaman juga mudah, hanya melalui aplikasi yang bisa Anda download di Google Play dan App Store.

Meskipun proses pengajuan mudah, bukan berarti Anda sebaiknya meminjam sebanyak-banyaknya. Terdapat beberapa konsekuensi tidak melunasi pinjaman online jika Anda kewalahan dalam membayar kredit.

6. Qazwa

Qazwa

Qazawa menjadi platform pembiayaan syariah online tanpa riba yang menyediakan pinjaman dengan menggunakan skema supply chain financing, atau kegiatan pinjaman modal dengan terlibat langsung dengan sistem pasokan bisnis yang Anda miliki. Layanan Qazwa banyak digunakan oleh para pemilik usaha seperti pemilik toko, pemasok dan agen terverifikasi atau pihak yang memiliki lembaga organisasi.

Jadi bagi Anda yang berada di posisi tersebut dan membutuhkan tambahan modal kerja, bisa mengajukan pembiayaan di Qazwa dengan syarat berada di Jabodetabek, usaha berjalan selama 6 bulan lebih.

Jenis usaha yang bisa dibiayai oleh Qazwa adalah usaha yang bergerak di bidang peternakan, perkebunan, perdagangan dan usaha halal lainnya. Kelebihan Qazwa adalah proses pembiayaan menggunakan sistem bagi hasil yang menyesuaikan dengan kinerja bisnis Anda, jadi tidak akan terbebani.

Karena sudah resmi terdaftar di OJK, maka Anda tidak perlu khawatir tentang teknik penagihan kasar yang tidak sesuai hukum. Namun, jika itu terjadi, maka Anda perlu mengetahui cara mengatasi debt collector pinjol yang datang ke rumah jikalau sewaktu-waktu hak Anda dilanggar.

7. Papitupi Syariah

Papitupi Syariah

Papitupi hadir sebagai fintech syariah sebagai perusahaan pinjol syariah terpercaya di Indonesia. Papitupi menyediakan layanan pembiayaan yang bukan hanya untuk tambahan modal usaha saja, melainkan untuk kebutuhan sehari-hari. Semua kebutuhan mulai dari pembiayaan untuk obat dan kesehatan, biaya renovasi rumah, beli perlengkapan rumah tangga, perlengkapan sekolah, perlengkapan kendaraan dan kebutuhan khusus lainnya.

Selain itu, Papitupi memiliki banyak keunggulan lain seperti limit pembiayaan besar hingga Rp 50 juta, tenor 36 bulan dan biaya admin yang ringan.

Apabila ingin mendapat pinjaman untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Anda bisa ke Papitupi syariah karena syaratnya mudah, pencairan cepat dan pastinya tanpa riba. Proses pengajuan mudah lewat aplikasi yang bisa Anda unduh di Google Play. Syarat pengajuan adalah WNI, memiliki masa kerja 2 tahun dan usia 21 atau sudah menikah.

8. Berkah Fintek Syariah (BSF)

Berkah Fintek Syariah

Berkah Fintek Syariah merupakan platform marketplace pembiayaan yang mempertemukan antara pemberi dana dan peminjam. BSF memiliki 3 program pembiayaan diantaranya pembiayaan mudharabah, Ijarah Muntahiya Bi Tamlik (IMBT) dan Ijarah Multijasa.

Tim Berkah Fintek Syariah merupakan pihak yang berpengalaman dalam mengembangkan produk inovatif pembiayaan dan pendanaan. Semua transaksi Berkah bisa dilakukan melalui aplikasi, mulai dari pengajuan pinjaman hingga pembayaran.

9. Kapital Boost Indonesia

Kapital Boost Indonesia

Kapital Boost adalah platform pinjaman online syariah tanpa agunan dengan sistem P2P yang bisa menyalurkan dana hingga Rp 2 Miliar. Selain itu pembiayaan juga bisa diajukan tanpa jaminan dan proses pencairan hanya 7-14 hari setelah pengajuan Anda disetujui.

10. Ethis

Ethis

Ethis merupakan penyedia layanan pembiayaan digital yang telah banyak mendapat penghargaan baik nasional maupun internasional, di antaranya award Global Islamic Finance Awards ke-6 dan penghargaan di KTT Ekonomi Islam Global 2016 di Dubai.

Anda bisa mendapatkan pembiayaan dari Ethis untuk sektor industri Properti dan UKM. Jika pengajuan pendanaan proyek disetujui, Anda bisa mendapat akses pendanaan hingga Rp 2 miliar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *